Mau Beli Kendaraan? Ini 10 Rekomendasi Harga Motor Murah 2020

Yang namanya kendaraan bermotor, saat ini memang sangat dibutuhkan untuk transportasi. Apalagi bagi Anda yang harus bepergian ke banyak tempat dalam waktu singkat, kendaraan pribadi jelas akan sangat membantu sekalipun layanan transportasi umum saat ini makin modern.

Salah satu kendaraan yang sangat digandrungi di Indonesia adalah sepeda motor. Yap, transportasi roda dua ini memang dipilih selain karena praktis, efisien, juga memiliki harga yang lebih murah daripada mobil. Bahkan saat ini banyak sekali penawaran pembelian sepeda motor dengan cara kredit, yang tidak membutuhkan persyarakat rumit.

Hal inilah yang membuat jumlah sepeda motor di Tanah Air begitu banyak dari tahun ke tahun. Dari data yang dilansir BPS (Badan Pusat Statistik) pada Januari 2020 lalu, hingga akhir 2018 ada 137,7 juta unit sepeda motor. Sementara jika mengacu pada data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), pada 2019 ada sekitar 6,05 juta unit sepeda motor terjual. Sehingga setidaknya, ada lebih dari 140 juta unit sepeda motor yang melaju di jalanan Indonesia.

Baca juga: Antena Parabola Mini Murah Berkualitas (Rekomendasi 2020)

Jumlah yang sangat besar ini disebabkan oleh minat masyarakat untuk membeli sepeda motor, sebagai kendaraan pribadi. Bahkan di kala pandemi Covid-19 seperti saat ini, masih ada saja yang membutuhkan sepeda motor. Meskipun memang laporan penjualan sepeda motor selama wabah corona tercatat anjlok hingga 87%, seperti dilansir Katadata.

Namun kendati demikian, sepeda motor kini tak dipungkiri lagi menjadi salah satu kebutuhan pokok. Ingin membeli sepeda motor tapi budget pas-pasan lantaran pandemi? Tenang saja. Berikut ini akan kami bahas rekomendasi 10 sepeda motor dengan harga murah yang bisa dipertimbangkan!

Rekomendasi 10 Sepeda Motor dengan Harga Terjangkau (Agustus 2020)

1. TVS Dazz FI – Rp12 Jutaan

TVS Dazz FI © tvsmotor.co.id
TVS Dazz FI © tvsmotor.co.id

Inilah sepeda motor yang menduduki peringkat pertama dalam daftar termurah kami kali ini. Diproduksi oleh pabrikan asal Chennai, India, TVS Motor, TVS Dazz FI adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin sepeda motor matic dengan budget sangat pas-pasan. Dibanderol dengan harga Rp12,5 juta, TVS tampaknya ingin bersaing dengan pabrikan sepeda motor Jepang yang begitu berkuasa di Indonesia.

Meskipun harganya sangat terjangkau, kemampuan mesin dan teknologi yang disematkan pada Dazz FI justru sangat memuaskan. Yap, motor matic ini sudah menggunakan teknologi Digitech-R dan DFI Logic (Full Injection System) yang membuat mesin lebih responsif, tangguh, dan pastinya irit bahan bakar. Tak hanya itu saja, motor dengan kapasitas mesin 109.65cc ini sudah memakai ban tubeless dan fitur charging HP! Sangat menggoda, bukan?

2. Suzuki Nex Reborn – Rp12 Jutaan

Suzuki Nex Reborn © otomaniac
Suzuki Nex Reborn © otomaniac

Dengan selisih Rp100 ribu dari peringkat pertama, posisi runner-up sepeda motor berharga murah dan berkualitas memuaskan di tahun 2020 kali ini jatuh kepada Suzuki Nex Reborn. Nama Nex sendiri sebetulnya sudah dikenal sebagai salah satu brand motor matic termurah sekaligus terbaik di Indonesia. Kesuksesan Nex membuat perusahaan yang berpusat di Hamamatsu, prefektur Shizuoka, Jepang ini akhirnya merilis Nex Reborn.

Ditawarkan pada harga Rp12,6 juta, Nex Reborn mengusung mesin 113cc dengan teknologi SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection). Melalui tagline LeaP (Light, Efficient and Powerful), Nex Reborn membuktikan kalau mampu menghasilkan tenaga besar tapi tetap irit bahan bakar. Konon dari klaim Suzuki, Nex Reborn bisa menempuh jarak hingga 109,3 kilometer hanya menggunakan satu liter bensin. Luar biasa, bukan?

3. Honda Revo Fit – Rp13 Jutaan

Honda Revo Fit © Arif Hidayatullah-dapurpacu.com
Honda Revo Fit © Arif Hidayatullah/dapurpacu.com

Revo memang menjadi andalan Honda sebagai sepeda motor bebek yang paling digandrungi di Tanah Air. Bahkan varian Revo X FI, berhasil duduk di posisi pertama motor bebek terlaris di Indonesia. Menurut data AISI, Honda sudah mencatat penjualan lebih dari 76.300 unit Revo X FI pada semester pertama 2020 ini. Namun jika harga Revo X FI yang lebih dari Rp15 juta terasa cukup mahal, maka Anda bisa mempertimbangkan Revo Fit.

Baca juga: Cari Kamera Baru? Ini 10 Kamera Panasonic Lumix Terbaik 2020

Ada di kisaran Rp13,6 juta, Revo Fit memiliki kapasitas mesin 109.17cc. Honda pun memasangkan teknologi Fuel Injection, pada mesin SOHC 4 katup yang membuat Revo Fit begitu irit bahan bakar serta tangguh melaju di jalanan apapun. Tak perlu cemas boros, motor bebek satu ini diklaim mampu menempuh jarak 62,2 kilometer hanya dengan satu liter bensin.

4. Honda New Spacy CW FI – Rp14 Jutaan

Honda New Spacy CW FI © otomaniac
Honda New Spacy CW FI © otomaniac

Sebagai penguasa sepeda motor di Tanah Air, Honda juga menawarkan matic dengan harga terjangkau, bukan hanya tipe motor bebek. Adalah New Spacy CW FI yang duduk di posisi pertama sepeda motor matic termurah dari Honda. Ditawarkan dengan harga mulai Rp14,4 juta, New Spacy CW FI memiliki mesin dengan kapasitas 108cc yang berpendingin kipas.

Motor dengan bagasi cukup luas yakni mencapai 18 liter atau setara satu helm full face ini sudah dilengkapi dengan teknologi PGM-FI. Sehingga meskipun mampu menghasilkan tenaga sebesar 8.54 PS pada 8.000 rpm, New Spacy CW FI sangat hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

5. All New Honda Beat Pop – Rp14 Jutaan

All New Honda Beat Pop © beritasatu
All New Honda Beat Pop © beritasatu

Bukan hanya New Spacy CW FI, Honda juga memiliki sepeda motor matic yang berharga terjangkau lainnya yakni All New Beat Pop. Dibanderol dengan harga mulai dari Rp14,7 juta sampai Rp15,4 juta, All New Beat Pop memang mampu memenuhi kebutuhan banyak orang. Setidaknya ada enam varian All New Beat Pop yang ditawarkan pabrikan asal Jepang ini yakni CW, CBS dan CBS ISS yang masing-masing punya jenis Pixel serta Comic.

Berbeda dengan New Spacy CW FI, All New Beat Pop sudah dibekali mesin generasi terbaru dengan kapasitas 110cc yang menggunakan teknologi eSP. Keberadaan teknologi eSP membuat All New Beat Pop sangat irit bahan bakar sehingga nyaman digunakan untuk perjalanan jauh atau dekat. Yang menarik, ada tiga fitur unggulan pada All New Beat Pop yakni Parking Brake Lock, Side Stand Switch dan Secure Key Shutter.

6. TVS Classic – Rp14 Jutaan

TVS Classic © gridoto
TVS Classic © gridoto

Mendambakan sepeda motor yang bergaya retro layaknya motor matic Vespa? Mungkin banyak yang menyarankan Honda Scoopy. Namun jika Scoopy yang berharga Rp17,8 juta dianggap terlalu mahal, maka Anda bisa mempertimbangkan TVS Classic. Sepeda motor pabrikan India ini bisa menjadi alternatif Scoopy lantaran punya tampilan retro dengan harga yang jauh lebih murah yakni sekitar Rp14,9 jutaan.

Kendati harganya cukup terjangkau, Classic punya performa motor matic yang cukup memuaskan. Dengan mesin berkapasitas 109.7cc, Classic mampu menghasilkan tenaga 7.88 bhp dengan torsi 8 Nm. Bagian transmisi CVT yang cukup nyaman menjadikan Classic sebagai motor matic pilihan bagi Anda yang ingin tampil berkendara secara klasik, terjangkau, tapi tidak murahan.

Baca juga: 10 Aplikasi Pembuat Cover Buku Supaya Jadi Lebih Menarik

7. Yamaha Mio M3 – Rp15 Jutaan

Yamaha Mio M3 © gridoto
Yamaha Mio M3 © gridoto

Inilah brand sepeda motor asal Jepang yang menjadi pesaing kuat Honda di Indonesia. Tak mau kalah dari sang seteru abadinya, Yamaha juga memiliki banyak sepeda motor berharga terjangkau dengan kualitas memuaskan. Salah satunya adalah Mio M3. Tentunya nama Mio sendiri sudah sangat populer, bahkan disebut sebagai motor matic sejuta umat.

Dalam daftar termurah kali ini, Mio M3 masuk lantaran dibanderol dengan harga mulai Rp15,2 juta (tipe standar). Yamaha menggunakan mesin kapasitas 125cc yang sudah dilengkapi teknologi Blue Core untuk Mio M3, sehingga membuatnya irit bahan bakar. Sementara untuk tipe AKS SSS, harganya dijual lebih mahal yakni Rp16,4 juta lantaran sudah terintegrasi fitur ASS (Answer Back System) dan SSS (Stop & Start System).

8. Suzuki Address Playful – Rp15 Jutaan

Suzuki Address Playful
Suzuki Address Playful

Bukan hanya Nex Reborn saja yang dimiliki Suzuki sebagai motor matic berharga murah. Satu lagi yang bisa Anda pertimbangkan adalah Suzuki Address Playful yang dibanderol pada kisaran Rp15,2 juta. Memiliki kapasitas mesin setara Nex Reborn yakni 113cc, Address Playful sudah menggunakan teknologi Fuel Injection.

Namun jika dibandingkan Nex Reborn, tampilan Address Playful jelas lebih sporty apalagi pada jok dual tone dengan paduan hitam dan abu-abu. Ada 10 pilihan warna untuk Address Playful yang tentunya sangat cocok digunakan kalangan muda. Mempunyai kapasitas tangki 5,2 liter, Address Playful memiliki satu silinder pendingin udara.

9. Yamaha Vega Force – Rp15 Jutaan

Yamaha Vega Force © kompas otomotif
Yamaha Vega Force © kompas otomotif

Jika Honda menempatkan Revo Fit sebagai motor bebek dengan harga murah, maka Yamaha menawarkan Vega Force. Sepeda motor dengan kapasitas mesin 115cc ini dijual dengan harga mulai Rp15,5 juta. Sama seperti Revo Fit, Vega Force juga sudah dibekali teknologi Fuel Injection serta memenuhi standar emisi Euro 3.

Yamaha mengklaim jika Vega Force mampu menghasilkan daya maksimal sebesar 6.41 kW pada 7.000 rpm dan torsi 9.53 Nm pada 5.500 rpm, sehingga membuktikan kalau mesinnya cukup responsif serta penuh tenaga. Jadi jika Anda ingin membeli motor bebek yang setara dengan Revo X, bisa mempertimbangkan Vega Force.

10. Yamaha Mio Z – Rp15 Jutaan

Yamaha Mio Z © otosia
Yamaha Mio Z © otosia

Menutup daftar sepeda motor dengan harga termurah yang bisa dipertimbangkan pada tahun 2020 ini adalah Yamaha Mio Z. Sebagai keluarga besar Mio, Mio Z jelas sangat layak dipilih apalagi harganya ada pada kisaran Rp15,6 juta. Sama seperti Mio M3, Mio Z juga sudah memakai mesin blue core dengan kapasitas 125cc juga.

Baca juga: Covid-19 Usai, Twitter-Facebook Tetap WFH Hingga 10 Tahun

Melalui mesin dengan sistem pembakaran injeksi ini, Yamaha menjamin kalau Mio Z akan jadi motor matic yang irit bahan bakar, bertenaga serta tentunya handal. Anda tak perlu cemas kalau harus bermanuver lantaran diburu waktu, karena Mio Z mempunyai ban tapak lebar yang membuatnya cukup stabil. Keberadaan fitur ECO Indicator membuat pengendara mengetahui pemakaian bahan bakar.

Lewat 10 sepeda motor di atas, terbukti kalau motor-motor berharga murah bukanlah monopoli motor bebek atau motor matic saja. Anda tentu bisa memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Pastikan Anda tetap merawat sepeda motor sepenuh hati, supaya kendaraan tersebut bisa awet. Karena meskipun harganya murah, jika dirawat maksimal jelas akan tahan lama selayaknya motor-motor berharga lebih mahal.