Review ASUS ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue

Asus ROG Zephyrus pertama kali diluncurkan pada tahun 2016. Sejak kemunculannya, telah menjadi barometer bagi laptop gaming modern. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya teknologi baru yang di adopsi oleh laptop gaming tersebut.

Hingga teknologi tersebut membuat tampilan bodi laptop gaming menjadi jauh lebih ringan, tipis, dan ringkas.

Karena itulah Asus pun bernai untuk mengeluarkan Seri terbarunya yang dikeluarkannya saat ini yaitu ROG Zephyrus S GX502GW. Seri tersebut hadir dengan prosesor 9th Gen Intel Core serta chip grafis NVIDIA GeForce RTX.

Asus pun tidak ‘’egois’’, berani untuk memperluas cakupan segmen penggunannya, salah satu caranya adalah dengan menghadirkan laptop spesifikasi gahar tetapi dibalut warna yang terang, seperti Galcier Blue agar bisa menghilangkan kesan garangnya yang biasanya mengusung warna hitam dan merah.

Laptop ini pun bukan hanya memanjakan para gamer, tetapi juga sangat cocok untuk para professional kreatif yang membutuhkan laptop dengan kualitas powerful dan bisa dibawa kemana-mana. Adapun review lengkapnya tentang ASUS ROG Zephyrus S GX502GW akan dibahas pada pembahasan berikut ini.

Sama seperti lini ROG Zephyrus lainnya, desain ROG Zephyrus S GX502GW juga fokus pada dua hal yaitu mobilitas dan performa. Dari segi mobilitas, ROG Zephyrus S GX502GW merupakan salah satu laptop gaming paling portable yang ada saat ini.

Bodinya memiliki dimensi yang ringkas dengan panjang 36cm dan lebar 25cm, sementara ketebalannya berada di angka 1,8cm. Bahkan laptop gaming ini bisa dibawa menggunakan sling bag untuk laptop 14 inci.

1. Memiliki Bodi yang Slim

ASUS ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue

Pada umumnya sebuah laptop memiliki bodi yang cukup berat dan tebal, apalagi jika memiliki komponen-komponen yang cukp canggih didalamnya.

Berbeda halnya dengan ASUS ROG Zephyrus S GX502GW dimana laptop gaming ini memiliki bodi yang slim.

Tentunya, inovasi ini membuat perusahaan pesaing dan konsumennya pun bertanya-tanya, bagaimana bisa ASUS ROG menghadirkan bodi yang seperti itu?

Ternyata rahasianya ada pada ukuran bezel, dimana laptop tersebut sudah menggunakan teknologi Super Narrow Bezzel yang mengusung layar 15,6 kemudian memiliki screen-to-body ratio hingga 81 persen.

Bahkan laptop yang menggunakan teknologi bezel tersebut sangat memungkinkan untuk ukuran seluruh bodinya dibuat menjadi slim dan ringan.

Selain menghadirkan bodi yang slim, laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini pun menggunakan teknologi sistem pendingin unik yang bernama Active Aerodynamic System (AAS).

Sebenarnya teknologi ini tidak terlalu ‘’istimewa’’ karena selalu digunakan pada produk ASUS sebelumnya.

Sistem pendingin AAS ini merupakan sistem pendingin khusus yang letaknya berada di bagian bawah laptop dan akan terbuka ketika digunakan.

Selain berfungsi membuat bodi menjadi lebih slim, AAS ini bisa membuat mengetik menjadi lebih nyaman.

Hadirnya ASUS ROG Zephyrus S GX502GW dengan bodi yang slim membuat laptop ini tidak hany cocok untuk para gamers, tapi juga bisa digunakan oleh para pekerja kreatif professional yang sering bekerja secara mobile.

Kehadirannya ‘’menyelematkan’’ mereka karena tidak perlu bersusah payah membawa laptop yang terkadang memiliki ukuran yang cukup berat.

2. Baterai Tahan Lama

Selain bodinya yang slim dan bisa ‘’diajak’’ untuk mobile, keunggulan yang dimiliki ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini adalah memiliki baterai yang tahan lama.

Karena para pengguna laptop yang sering mobile, kerap kali memperhitungkan ketahanan baterai mengingat tidak selamanya mereka berada di ruangan indoor atau ramah dengan stop kontak untuk mencharger laptop.

Oleh karena itu, laptops ASUS ROG Zephyrus ini memiliki kapasitas lebih besar dari sebelumnya hingga bisa bertahan hampir 4 jam lamanya. Hal itu telah diuji berdasarkan para reviewers laptop yang menggunakan PCMark 8.

Bahkan, baterai pun bisa digunakan lebih dari 4 jam ketika Anda mematikan fitur NVIDiA G-Sync dan memanfaatkan chip grafis intel HD Graphics yang bisa membuat daya baterai
ROG Zephyrus S GX502GW dapat bertahan lebih lama.

Uniknya lagi, jika baterai habis dan tidak ada sumber listrik, Anda bisa menggunakan fitur power delivery melalui port USB Type-C atau dengan kata lain, laptop ini bisa mengisi ulang daya baterai menggunakan power bank.

Selain itu bisa menggunakan alternative lain yaitu adapter charger USB Type-C yang bentuknya lebih ringan dan slim.

3. Cocok untuk Para Content Creator

Cocok untuk Para Content Creator

Seperti yang telah disebutkan di atas, Laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini memang dirancang untuk para gamers.

Namun, untuk Anda yang bukan pecinta games pun bisa memiliki laptop ini karena memang dirancang pula untuk para content creator.

Hal tersebut didukung dengan fitur khusus yang ada dilayarnya, yaitu menggunakan layar IPS-level dengan refresh rate tinggi dan respon time yang rendah mencapi 240Hx dan 3ms.

Tidak hanya itu, laptop pun dilengkapi dengan layar tersertifikasi pantone validated display, yang artinya tidak hanya bisa menampilkan frame rate tinggi melainkan juga memiliki warna yang cukup akurat.

Perlu diektahui, laptop yang mempu menghasilkan warna akurat sangat penting bagi para content creator agar mereka bisa memasikan karyanya memiliki warna yang sesuai keinginan mereka.

Kabar baiknya, laptop ASUS ROG Zephyrus ini bisa mereproduksi berbagai warna yang lebih banyak dibandingkan laptop gaming lainnya.

Tingkatan reprodukis warna pun bisa mencapai hingga 100 persen pada color space sRGB. Setiap unit ROG Zephyrus S GX502GW juga hadir dengan layar yang telah dikalibrasi menggunakan ProArt™ TruColor Technology.

4. Memiliki RGB yang Menarik

Memiliki RGB yang Menarik

Perlu diketahui bahwa laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini memiliki tampilan yang berbeda dengan laptop gaming pada umumnya.

Biasnaya laptop gaming akan dipenuhi lampu RGD yang menghiasi halaman muka laptop. Sedangkan pada laptop ini berbeda, dimana Anda bisa membuat tampilan RGB sesuai selera dan kebutuhan menggunakan fitur perkey RGB yang ada di laptop gaming tersebut.

Jika ingin membuat RGB yang lebih canggih lagi bisa melakukannya dengan menggunakan fitur Aura Sync yang bisa menghubungkan semua perangkat gaming ROG terhubung ke ROG Zephyrus S GX502GW yang memiliki tampilan RGB yang seragam.hingga efeknya pun bisa disesuaikan dengan game yang sedang dimainkan.

5. Konektivitas Laptop

konektifitas

Jangan anggap enteng tentang konektivitas yang dimiliki laptop karena biasanya hal tersebut menjadi pertimbangan seseorang untuk jadi membelinya atau tidak.

Karena itulah, perusahaan yang memproduksi ASUS ROG Zephyrus menghadirkan konektivitas yang lengkap di laptop gaming ini mulai dari penggunaan USB 3.1 TYPE-A, HDMI, dan dua audio jack.

USB Type -C ini memiliki keungulan untuk mendukung display output dan power delivery seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

ASUS ROG Zephyrus S GX502GW juga menghadirkan kamera terpisah yang mampu melakukan perekaman dengan kapasitas resolusi Full HD 60 fps.

6. Dilengkapi Fitur Aplikasi yang Canggih untuk Bermain Game

Pada laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini dilengkapi sebuah aplikasi canggih bernama Armoury Crate. Aplikasi tersebut ‘’kedudukannya’’ sangat penting karena seperti pusat komando yang bisa mengontrol pengguna untuk menggunakan laptop gaming ROG tersebut.

Fungsi dari armoury crate itu sendiri bisa mengatur performa sesuai dengan kebutuhan serta keinginan dari para penggunanya.

ASUS sendiri telah dibelaki empat preset yang bisa digunakan, yaitu mode Windows, Silent, Performance, dan Turbo.

Selain itu, laptop tersebut juga menawarkan mode manual untuk bisa mengatur performa GPU dan CP, serta kecepatan kipas sesuai dengan selera.

Adapun pengaturan mode manual tersebut disimpan melalui sistem cloud dengan syarat Anda harus menghubungkannya dengan akun ASUS.

7. Memiliki Kualitas Audio yang Baik

Keunggulan lain yang ditonjolkan daro ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini memiliki kualitas audio yang baik, tidak seperti laptop gaming pada umumnya.

Suara yang dihasilkan daari laptop ini memapu menghadirkan kualitas suara yang kaya dengan bass, cukup dalam, terdengar sangat jelas, dan menghasilkan suara yang tergolong lantang.

Tidak hanya itu, performanya pun semakin spektakuler dengan adanya tools bernama sonic studio.

Adapun untuk bisa mengakses tool tersebut bisa dilakukan langsung melalui armoury crate dan sangat memungkinkan untuk bisa mengatur sistem audio secara keseluruhan bukan hanya bisa mengatur volumenya saja.

Tidak hanya itu, aplikasinya pun sangat bisa untuk mengatur input audio. ASUS pun menawarkan fasilitas lain seperti noise reduction, volume stabilizer, accoustic echo cancellation, sampai Voice Equalizer yang dapat di-custom. Fitur tersebut pun sangat berguna ketika Anda melakukan live streaming.

8. Memiliki Performa Kencang dan Super Ngebut

Laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW ini memang memiliki tampilan yang sederhana, sehingga banyak orang yang berasumsi dan meragukan kualitas dari laptop tersebut.

Pasalnya, setiap laptop gaming pasti memiliki tampilan yang khas yaitu dipenuhi lampu RGB sedangkan pada laptop ASUS jenis ini sendiri sangatlah berbeda.

Pada laptop seri ini, Anda benar-benar dibuat ‘’tertipu’’, walaupun tampilannya sangat sederhana ternyata memiliki performa yang garang dan sangat kencang berbeda dengan laptop gaming lainnya.

Performa yang maksimal tersebut ternyata adanya kombinasi antara Intel Core i7-9750H dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 yang merupakan komponen kelas tinggi.

Berdasarkan percobaan pada performa ROG Zephyrus S GX502GW menggunakan aplikasi benchmark PCMark 10 dan Cinebench R15, laptop gaming tersebut berhasil mencetak skor yang cukup tinggi dibandingkan laptop gaming lainnya.

Prestasi tersebut ternyata mampu dipertahankan oleh ASUS ROG Zephyrus S GX502GW setelah dilakukan beberapa kali uji coba. Dengan kata lain, salah satu faktor keberhasilan tersebut ada pada teknologi pendingin yang dimilikinya yaitu AAS sehingga mampu menghadirkan performa pendingin yang sangat baik.

Selain itu, dengan adanya teknologi Chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 yang digunakan di laptop gaming ini sangat memungkinkan untuk bisa bermain game kekinian, Tom Clancy’s Ghost Recon: Breakpoint dan Tom Clancy’s The Division 2. Ketika bermain, Anda akan mendapatkan tampilan dengan rata-rata frame rate di atas 60 fps dan kualitas grafis “rata kanan”.

Selain performanya yang oke, laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW juga memiliki tampilan grafis yang baik. Hal tersebut juga telah teruji ketika menggunakan aplikasi benchmark 3DMark. Fire Strike dan Time Spy, ROG Zephyrus S GX502GW mampu menghadirkan frame rate dan skor yang baik.

Selain prosesor dan chip grafis yang oke, Laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW juga ditemani NVMe PCIe SSD berkapasitas 1TB dan RAM DDR4 2666 Mhz berkapasitas 32GB.

Dengan adanya fitur diatas, laptop tersebut bisa untuk multitasking dan mengoperasikan aplikasi yang memakan banyak space pun tidak menjadi masalah. Kombinasi keduanya membuat laptop ini memiliki loading time dan boot time yang sangat cepat.

Demikianlah review tentang laptop ASUS ROG Zephyrus S GX502GW. Semoga degan informasi di atas bisa membantu Anda untuk memberikan pertimbangan lain untuk yakin atau tidaknya memiliki laptop tersebut. Semoga bermanfaat.