Minat Beli iPhone 12? Ini Perbedaan dan Review Selengkapnya!

Akhirnya iPhone 12 sudah di rilis secara resmi. Penggemar iPhone pasti sudah menunggu kapan hp seri terbaru keluaran Apple ini di jual di Indonesia. Pasalnya di Singapura, iPhone 12 sudah mulai di pasarkan pada Oktober 2020 lalu. Menurut seorang Market Analyst International Data Corporation Indonesia (IDC) Indonesia, iPhone 12 kemungkinan akan resmi di jual di Indonesia pada awal tahun 2021.

Kabar terbarunya, iPhone sudah mengantongi sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) pada tanggal 27 Oktober yang lalu.

Mungkin kita sempat tahu dari bocoran informasi tentang hp yang satu ini, bahwa iPhone 12 ini memiliki 4 tipe yakni iPhone model A2399 (iPhone 12), iPhone model A2403 (iPhone 12 Mini), iPhone model A2407 (iPhone 12 Pro), dan iPhone model A2411 (iPhone 12 Pro Max).

Keempat ponsel Apple tersebut kini telah mendapatkan sertifikat tersebut. Sebagai informasi, sertifikat ini adalah salah satu syarat sebuah handphone 4G bisa di pasarkan di Indonesia.

Mumpung series iPhone 12 kemungkinan akan hadir pada awal 2021, kita masih memiliki waktu untuk mengenal lebih jauh mengenai iPhone yang satu ini.

Jika Anda ingin membeli iPhone 12, tidak ada salahnya menyimak reviewnya terlebih dahulu untuk memastikan apakah hp ini cocok untuk Anda. Namun sebelum itu kita kenali dulu perbedaan 4 tipe iPhone 12 terlebih dahulu yuk!

Perbedaan 4 Varian iPhone 12

Untuk Anda yang berminat membeli iPhone 12 nanti, jangan sampai Anda salah beli. Sebab iPhone 12 hadir dengan 4 tipe, berikut adalah beberapa perbedaan diantara ke empatnya!

PonselLayarRAMSupport Jaringan 5GWarnaHarga (Perkiraan)
iPhone 12 miniOLED 5,4 inch4 GBYaHitam, Putih, Biru, Hijau, MerahRp. 10,3 Juta
iPhone 12OLED 6,1 inch4 GBYaHitam, Putih, Biru, Hijau, MerahRp. 11,8 Juta
iPhone 12 ProOLED 6,1 inch6 GBYaGraphite, Silver, Gold, dan Pacific BlueRp. 14,7 Juta
iPhone 12 Pro MaxOLED 6,7 inch6 GBYaGraphite, Silver, Gold, dan Pacific BlueRp. 16,2 Juta

Nah itulah sekilas perbedaan dari 4 tipe series iPhone 12. Untuk Anda yang penasaran dengan iPhone 12 ikuti reviewnya di bawah ini ya!

Review iPhone 12

review lengkap iphone 12

Saat iPhone 12 Anda tiba, jangan kaget kalau box iPhone 12 yang terima sangatlah kecil yakni setengah dari ukuran box iPhone 11 atau yang lainnya. Ini memang ukuran kotak dari iPhone 12 ini sudah di minimalkan. Apakah android akan mengikuti sistem box seperti ini?

Hm.. tunggu saja nanti. Karena memang dengan ukuran box yang kecil, bisa lebih memaksimalkan jumlah pengiriman.

Pada desain boxnya sendiri masih sama dengan iPhone sebelumnya. Terdapat gambar bentuk tampak depan iPhonenya. Untuk warna boxnya, iPhone 12 memiliki background box berwarna putih, berbeda dengan iPhone 12 Pro yang berwarna hitam.

Apple mengklaim bahwa iPhone 12 ini lebih enteng, lebih ringan dan layarnya lebih luas dari iPhone 11. Kita langsung lanjut saja meriew pada bagian lain dari iPhone 12 ini!

Flat Design

Untuk Anda yang mengikuti perkembangan Apple sejak lama, design dari iPhone 12 ini akan membuat Anda terngat kembali pada hp-hp Apple lama seperti misalnya iPhone 5,atau 5s.

Hal ini karena iPhone ini memiliki sisi lurus pada bodynya yang memberi kesan elegan. Nah, saat iPhone 12 menggunakan design yang mirip ternyata kesan elegan ini tetap sama.

Baca Juga : Spesifikasi dan Review Macbook Air 2020 Lengkap!

Namun untuk awal-awal menggunakannya karena sisi-sisi pada iPhone terasa tegas, jadi terasa kurang nyaman saat di genggam. Karena memang, design lengkung lebih nyaman kalau hubungannya dengan kenyamanan dalam genggaman tangan. Jika sudah terbiasa, 2 sampai 3 hari sudah terasa nyaman.

Review Built Quality iPhone 12

Hal lain yang membuat hp ini lebih terkesan elegan adalah bodynya yang dove. Beberapa waktu yang lalu, ada berita yang mengabarkan kalau flat side dari iPhone 12 ini terlalu runcing sehingga bisa melukai bagian tubuh.

Tapi ternyata hal itu tidak benar, banyak reviewer yang sudah mencoba langsung iPhone 12 tidak terganggu dengan flat sidenya. Dari bagian belakangnya, tetap masih sama dengan iPhone seri sebelumnya yakni menggunakan material kaca yang tampak glossy.

Masih membahas bagian belakang yakni, material yang digunakan sekitar kameranya. iPhone 12 memiliki finishing frosted glass yang mengeliling kamera. Secara keseluruhan, iPhone 12 ini memiliki body yang di dominasi oleh alumunium yang terasa solid ketika digenggam. Bobotnya kurang lebih 164 gram saja.

Salah satu bagian yang telah di upgrade pada iPhone 12 ini adalah tentang fitur magsafe. iPhone 12 sudah di bekali magnet bulat di bagian belakangnya agar kita bisa menempelkan wireless charger sehingga bisa lebih mudah dalam mengecas hp atau dompet kecil.

Layar OLED

layar oled iphone 12

Banyak orang lebih terkesan dengan upgrade dari layar iPhone 12 ini. Akhirnya hp ini punya layar yang lebih tajam di banding pendahulunya karena sudah menggunakan panel OLED full HD.

Ukuran layarnya memang sama, namun ukuran bezelnya lebih tipis. Kelebihan lainnya adalah soal ketahanan layarnya yang telah menggunakan ceramic shield, yang di klaim apple 4x kali lebih tahan dari keretakan.

Seperti yang sudah di sebutkan sebelumnya, ukuran layar dari iPhone 12 ini adalah 6,1 inch menggunakan layar super retina XDR dengan resolusi 2532 x 1170 piksel pada 460 ppi. Layarnya memiliki sudut lengkung yang mengikuti design. Dengan layarnya yang sangat tajam, akan bisa memanjakan mata Anda saat menatap layar hp.

Chip A14 Bionic dan Efisiensi Daya

Upgrade lainnya ada di pada chipnya, dimana iPhone 12 sudah menggunakan A14 Bionic. Sebenarnay A13 Bionic yang di sematkan pada iPhone 11 sudah sangat kencang performanya, jadi A14 Bionic ini lebih kencang lagi.

Namun tetap saja ketika hp terlalu lama digunakan, performanya akan otomatif di turunkan karena suhu hp yang menjadi panas. Hal ini mungkin yang seharusnya di pertimbangkan oleh Apple.

Tapi walaupun kapasitas baterai dari iPhone 12 ini bisa dikatakan lebih kecil dari iPhone sebelumnya, efesiensinya cukup terjaga. Mungkin karena pengaruh dari chip A14 Bionic ini. Sebagai informasi saja, chip ini adalah chip yang juga digunakan pada iPhone 12 Pro.

Kualitas Kamera iPhone 12

Bagaimana dengan kualitas kameranya? Tentu saja tetap super bagus. Pada iPhone 12 ini di bekali dengan 2 lensa kamera belakang sebesar 12 MP untuk lensa utamanya dan 12 MP lensa ultrawide serta kamera dpean 12 MP.

Kameranya dibekali kemampuan zoom optik 2x memperkecil dan zoom digital hingga 5x. Pada malam hari, kualitas gambar tetap bisa terjaga karena night mode-nya.

Ketika selfie pun kita tetap bisa menggunakan mode yang ada pada kamera belakang. Misalnya saja Deep Fusion, Smart HDR 3, perekaman Dolby Vision, dan lainnya. Ini memang termasuk perkembangan dari iphone-iphone sebelumnya.

Selain itu Anda juga bisa merekam video HDR 4K 30 fps dengan Dolby Vision. Apple mengklaim bahwa inilah kamera satu-satunya yang bisa merekam dengan menggunakan Dolby Vision.

Konektivitas 5G

Semua iPhone series 12 sudah support konektivitas 5G walaupun di Indonesia sendiri belum ada jaringan 5G. Hal inilah yang membuat design iPhone di USA dan untuk negara-negara Asia termasuk di Indonesia agak sedikit berbeda.

Pada iPhone di USA mungkin Anda melihat terdapat antena band 5G di sisi body iPhone 12. Namun pada iPhone 12 yang di peruntukan untuk negara-negara Asia tidak akan ada.

Baca juga : Review Spesifikasi dan Harga iPhone SE 2020, Apakah Layak Dibeli?

Lalu apakah jika nanti di Indonesia sudah support 5G hp ini akan tetap bisa menangkap signalnya? Jawabannya, ya tetap bisa. Tapi kecepatannya saja yang akan berbeda dari 5G di USA.

Jadi untuk Anda yang ingin bersiap menyambut era 5G, bisa menjadikan iPhone 12 sebagai pilihan. Sehingga jika saatnya tiba, Anda tidak perlu berganti handphone.

Ringkasan Spesifikasi iPhone 12

Jika Anda sudah membaca reviewnya, Anda bisa mencermati kembali detail spesifikasi iPhone 12 secara ringkas untuk membantu Anda membandingkan dan memilih. Berikut spesifikasi teknis iPhone 12!

  • OS : iOS A14 Bionic
  • RAM : 4 GB
  • Storage : 64 GB/ 128 GB/ 256 GB
  • Baterai : 2815 mAh
  • Layar : Super Retina XDR OLED 6,1 inch
  • Kamera Belakang : 12 MP & 12 MP Utra Wide Camera
  • Kamera Depan : 12 MP (Mode Malam, Deep Fusion, Smart HDR 3)
  • Face ID : Yes
  • Water/Dust Resistant : Level IP68 (kedalaman max 6 meter selama 30 menit)
  • Sim Card : SIM ganda (nano‑SIM dan eSIM)
  • Berat : 162 gram

Informasi Harga Berdasarkan Storage

Beberapa orang mungkin bingung memilih variasi storage karena pastinya berpengaruh dengan harga. Soal performa iPhone, ukuran storage ini tidak ada pengaruhnya jadi Anda bisa memilih ukuran yang mana saja.

Namun storage akan berpengaruh untuk penggunaan jangka panjang. Jika memory Anda penuh tentu saja ini akan menghambat pemakaian. Jadi tentukanlah dengan bijak.

Karena belum resmi di jual di Indonesia, maka perkiraan harga akan di ulas dalam dollar saja. Ada tiga varian storage iPhone 12, yakni mulai dari varian 64 GB, 128 GB dan 256 GB. Untuk iPhone 12 yang memiliki storage 64 GB di bandrol seharga $799, varian 128 GB nya yakni $849 sementara storage 256 GB harganya $949.

Itu adalah harga pasaran di USA, namun jika Anda ingin membeli iPhone yang bisa menggunakan sim card dari berbagai negara, maka Anda harus membeli versi Global Versionnya.

Baca juga : Mana Brand Terbaik, Samsung Atau Apple? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Untuk mendapatkan iPhone Global Version, Anda akan di kenakan biaya tambahan. Inilah mengapa harga iPhone di masing-masing negara bisa berbeda karena menyesuaikan dengan provider dan kebijakan yang ada. Jadi jangan kaget jika harga resmi iPhone di Indonesia nanti lebih mahal dari yang tertera di atas.

Penutup

Banyak reviewer yang sangat terkesan dan merekomendasikan iPhone 12 karena kualitas upgradenya yang cukup memuaskan. Ditambah lagi harganya yang lebih murah di bandingkan saat iPhone 11 di luncurkan pertama kali. Bagaimana, apakah Anda semakin mantap membeli iPhone 12? Sekian review iPhone 12 kali ini, tunggu ulasan gadget pada artikel selanjutnya.