Oppo

Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo A9 2020

OPPO setiap tahunnya selalu menghadirkan produk-produk smartphone yang terbaik. Salah satunya adalah OPPO A9 2020.

Oppo dengan seri tersebut merupakan salah satu andalan terbaik dari Oppo yang diperuntukkan bagi customer kelas menengah ke bawah. Walaupun bukan seri premium, fitur yang ada di OPPO A9 2020 layak disebut dengan smartphone menengah ke atas.

Smartphone Oppo A9 2020 ini mampu menarik hati para konsumennya karena memiliki kualitas kamera yang mumpuni dan mampu bermain gaming dengan performa yang sangat baik.

Spesifikasi dari smartphonenya pun sudah sangat baik dan mendukung kebutuhan para customer terutama para penggemar OPPO.

Penasaran bukan dengan kelebihan dan kekurangan dari OPPO A9 2020? Yuk, simak reviewnya di bawah ini !

Spesifikasi OPPO A9 2020

Sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya ada baiknya untuk mengetahui spesifikasi dari OPPO A9 2020. Adapun rincian spesifikasinya adalah sebagai berikut;

  • Nama: Oppo A9 (2020)
  • Rilis: September 2019 
  • Berat: 195 gram (g) 
  • Material: kaca (depan), plastik (bodi) 
  • Jenis dan Ukuran Layar: IPS 6,5 inci 
  • Resolusi Layar: HD+ 720 x 1.600 piksel, rasio 20:9
  • Pelindung Layar: Corning Gorilla Glass 3+ 
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 665 (11 nm)
  • Prosesor: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB 
  • Kamera Belakang: 48 MP (lensa wide, f/1.8, PDAF) + 8 MP (lensa ultrawide, f/2.3) + 2 MP (lensa makro, 2 MP, f/2.4) + 2 MP (depth sensor) 
  • Kamera Depan: 16 MP, f/2.0, 1/3.1″, 1.0µm 
  • Bluetooth: 5.0, A2DP, LE 
  • USB: Micro USB 2.0, USB On-The-Go 
  • Sensor: Fingerprint (belakang), accelerometer, gyro, proximity, compass 
  • Baterai: 5.000 mAh (20W)
  • Harga: Harga resmi Rp 3.999.000

Review Kelebihan OPPO A9 2020

1. Design dan RAM Seperti Menggunakan Flagship

Sama seperti produknya seri sebelumnya, yaitu OPPO A5 2020, masih menampilkan ciri khas design tiga dimensi dengan memiliki perubahan warna dan pantulan indah, siapapun yang melihatnya akan terpikat dan jatuh hati akan produk tersebut.

Hal itu dikarenakan, pihak OPPO masih konsisten menggunakan pola nano hingga menjadikan seri A9 2020 menjadi lebih premium.

Karena design, warna, dan pantulan cahaya yang memukau di setiap sisi inilah mampu membuat nilai lebih pada smartphone ini. Warna yang dihadirkan Oppo A9 2020 ini adalah Space Purple dan Marine Green.

Tidak hanya design dan warnanya yang special, OPPO A9 2020 ini memiliki RAM sebesar 8 GB.

Hal tersebut begitu luar biasa, mengingat sangat jarang ditemukan pada smartphone kelas menengah bawah yang biasanya ditemukan pada smartphone flagship.

2. Memiliki Empat Lensa Kamera yang Berkualitas

Seperti yang telah dibahas diawal, smartphone OPPO A9 2020 ini memiliki keunggulan dalam hal kamera terutama empat lensa kameranya yang sangat berkualitas.

Lensa kamera tersebut dilengkapi dengan teknologi lensa wide utama 48 MP, Isocell GM 1 dengan bukaan f/1.8.

Kamera kedua untuk ultra-wide menggunakan lensa Omnivision. Tidak hanya itu, kamera tersebut sudah menggunakan lensa Monokromatik 2MP f/2.4 dan lensa depth sensor juga.

Sedangkan untuk kamera bagian depannya dilengkapi dengan kamera berkualitas 16 MP dengan bukaan f/2.0.

Tentu saja dengan kualitas kamera tersebut menjadikan hasil dari gambarnnya adalah yang terbaik dan Anda akan sangat puas menggunakannya.

Terutama untuk Anda yang senang berswafoto

3. Memiliki Kualitas Video Rekaman yang Stabil dan Jernih

Keunggulannya tidak hanya dalam kualitas kamera, melainkan kualitas video rekamannya patut untuk diacungi jempol.

Rahasia video yang berkualitas tersebut dikarenakan ada penunjang fitur-fitur yang berkualitas seperti slow-mo, time lapse, ultra night mode 2.0, dan Electronic Image Stabilization (EIS). Dimana resolusi yang digunakan adalah 2160p di 30 frame per second (fps).

4. Terbaik untuk Gaming

Selain unggul dalam hal kamera, OPPO A9 2020 ini pun unggul untuk fitur gaming. Karena inilah, banyak pecinta gadget terutama yang suka bermain game memburu smartphone OPPO seri tersebut.

Performa terbaik untuk gaming tersebut ditunjang oleh teknologi Adreni 610 dan snapdragon 665. Selain itu, fitur yang diunggulkan adalah Frame boost dan Touch Boost.

Manfaat fitur frame boost adalah untuk meminimalisir latensi dan lag yang disebabkan oleh sinyal lemah. Adapun fungsi touch boost adalah untuk meningkatkan sensitivitas respons sentuhan layar saat sedang dimainkan.

5. Memiliki Daya Baterai yang Besar

Selain kamera, baterai pun kerap menjadi sorotan pertama oleh para customer ketika akan membeli smartphone.

Karena itulah, pihak OPPO sebisa mungkin bisa memenuhi keinginan para customernya dengan meningkatkan daya baterai sebesar 5.000 mAh yang menggunakan baterai jumbo Li-Po.

Baterai tersebut sudah dilengkapi dengan fitur Reverse Charging yang memiliki fungsi untuk menghemat daya baterai dan alur baterai menjadi fleksibel.

6. Memiliki Fitur Teknologi Audio Dolby Atmos 360 Derajat

Smartphone Oppo A9 2020 ini sudah dilengkapi dengan teknologi audio dolby atmos 360 derajat, yang merupakan generasi terbaru dari dolby atmos dan memiliki kualitas audio yang unggul.

Keunggulan tersebut tersirat dari suaranya yang jernih, akurat, dan juga detail. Sehingga Anda semakin bersemangat untuk gaming, mendengarkan lagu dan juga film.

7. Harga Terjangkau

Harga juga biasanya menjadi pertimbangan setiap konsumennya. Biasanya keinginan para konsumen adalah memiliki smartphone yang canggih namun harga masih terjangkau.

Jelas, maksud dari harga terjangkau ini berbeda-beda persepsinya tergantung dari penghasilan setiap orang.

Tentunya atas pertimbangan tersebut, OPPO membandrol harga tersebut dengan harga Rp 3 jutaan.

Mengingat spesifikasi dan kualitas serta keunggulannya, harga dari OPPO A9 2020 ini masih terjangkau dan masih bisa bersaing dengan produk smartphone lainnya.

8. Memiliki Kualitas Layar yang Bagus dan Ruang Memori yang Banyak

Smartphone OPPO A9 2020 ini juga memiliki keunggulan dalam hal memori internal.

Dimana ruang kapasitas memorinya sebesar 128 GB sehingga bisa digunakan untuk berbagai hal seperti bermain game, menyimpan hasil foto kamera, dan untuk mengunduh berbagai jenis aplikasi yang diperlukan.

Tidak hanya memorinya saja yang memiliki kualitas terbaik. Layar pada smartphonenya pun sudah beresolusi HD+ serta layarnya sudah menggunakan teknologi IPS dan sunlight screen.
Manfaat sunlight screennya sendiri berfungsi agar ketika menggunakan smartphone di bawah sinar matahari, cahaya yang dihasilkan masih terlihat jelas dan terang.

Kekurangan Oppo A9 2020

Oppo A9 2020 ini nyaris sempurna dan layak untuk disandingkan dengan smartphone merk lainnya.

Hanya saja, setelah diteliti lebih dalam OPPO A9 2020 ini memiliki kekurangan yang berulang sama seperti seri sebelumnya.

Kekurangan pada oppo A9 2020 ini memang tidak fatal bagi sebagian orang, tetapi patut untuk Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan.

Adapun kekurangan yang dimaksud adalah sebagai berikut;

1. Tidak Memiliki Fitur NFC

Oppo saat ini sudah menjadi ‘’idola’’ baru bagi para pecinta smartphone. Terkadang para ‘’fans’’ tersebut meminta sesuatu hal yang lebih walaupun tidak memiliki pengaruh yang besar.

Ya, ada beberapa customer yang meminta OPPO dilengkapi fitur NFC. Sayangnya, hal tersebut belum bisa terpenuhi pada OPPO A9 2020 tersebut.

Pada dasarnya fungsi dari fitur NFC ini adalah agar bisa terjadi pertukaran data dengan cepat di zaman yang serba modern ini.

2. Memiliki Spesifikasi yang Tidak Jauh Berbeda dengan Seri Sebelumnya

Sebelum hadir OPPO A9 2020, telah hadir lebih dahulu Oppo A5 2020.

Dilihat dari harga, perbandingannya memang cukup jauh, hanya saja memiliki spesifikasinya yang hampir sama sehingga banyak orang yang lebih memilih membeli seri sebelumnya.

Sepesifikasi yang berbedanya hanya terletak pada resolusi kamera dan RAM nya saja. Untuk Anda yang sudah puas menggunakan RAM 64 GB, maka tidak perlu terburu-buru mengupgradenya pada seri OPPO A9 2020.

3. Resolusi Layar Masih Terlalu Kecil

Kekurangan berikutnya adalah masih memiliki resolusi layar yang terlalu kecil jika dilihat dari harga yang dibanderolnya.

Layar yang dimiliki OPPO A9 2020 memiliki resolusi HD+ (1.600 x 720 piksel) dalam layar 6,5 incinya.

Padahal, merk smartphone lain dengan harga mendekati 4 jutaan tersebut resolusi layarnya sudah lebih dari itu.

4. Tidak Dilengkapi Fitur VOOC

Smartphone OPPO selalu memiliki fitur unggulan yang ada di setiap produknya, yaitu fitur VOOC.

Fitur tersebut memiliki fungsi untuk bisa mengisi daya ke bateraI OPPO A9 2020 dengan cepat.

Sayangnya, pada OPPO A9 2020 tersebut tidak ditemukan fitur tersebut

Dan hal tersebut membuat para customernya bertanya-tanya, apakah OPPO akan mengubah terobasannya ?

Kesimpulan Review OPPO A9 2020

Oppo A9 2020 bisa diposisikan sebagai smartphone menengah ke atas. Hal itu terlihat dari fitur multimedia yang sudah cukup mumpuni, mulai dari menggunakan layar lebar 6,5 inci, kamera depan dengan kapasitas 16 MP.

Tidak hanya itu, smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan empat buah kamera (48 MP (wide) + 8 MP (ultrawide) + 2 MP + 2 MP (depth sensor)) pada sisi belakang juga yang bisa digunakan dengan baik.

Anda pun akan semakin jatuh cinta dengan spesifikasi hardware yang dimilikinya yaitu menggunakan chipset octa-core snapdragon 665 dengan RAM berkapasitas4/8 GB serta memori internal 128 GB.

Dengan kapasitas tersebut, tentunya sudah bisa memuaskan customernya untuk menggunakan berbagai aplikasi multimedia kelas menengah ke atas secara mandiri maupun multitasking.

Apalagi jika ditunjang dengan kapasitas baterainya yang mencapai 5.000 mAh juga dapat membuatnya bertahan seharian penuh.

Dari segi penampilan, walaupun ada yang terlihat kurang, tetap saja masih memukau terutama pada bagian desain bodi smartphone yang memang terlihat elegan.

Walaupun resolusi layar belum terlalu tinggi, layarnya tamapak dan stylish karena tidak menggunakan bezel.

Baca juga :

Tampak stylish tersebut juga karena memiliki cat bodi yang bisa berkilauan pada sisi belakangnya.

Penutup

Membeli sebuah smartphone memang tergantung selera dan kebutuhan seseorang. Beragamnya smartphone di zaman sekarang memang membuat kita semua harus selektif untuk bisa membeli smartphone.

Uniknya, smartphone yang ada juga sudah memiliki spesifikasi keunggulan tersendiri sehingga semuanya sudha memiliki pasar tersendiri.

Contohnya, OPPO A9 2020 ini juga banyak yang mengakui telah memiliki spesifikasi dalam hal kamera. Dan hal tersebut terbukti terutama pada OPPO seri ini. Semoga review kekurangan dan kelebihan OPPO A9 2020 di atas bermanfaat untuk Anda.

Share
Tohir

Recent Posts

Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Oppo A94 5G adalah ponsel Android yang solid, dan layak menjadi perangkat andalan yang tidak…

2 hari ago

Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Realme GT adalah smartphone Android kecil yang kuat dengan prosesor level atas. Xiaomi menyematkan semua…

1 minggu ago

Manjakan Content Creator, Oppo Reno6 Dibanderol Rp5,2 Juta

Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Indonesia sejak 3 - 20 Juli 2021,…

2 minggu ago

The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2018, sub-brand milik Xiaomi yakni POCO, kini sudah menjelma…

2 minggu ago

Sony Xperia 1 III, Pertama di Dunia Dengan Layar 4K

Sony Xperia 1 III memang bukan untuk banyak orang, tetapi bagi para pengguna ponsel puluhan…

3 minggu ago

Standar Emas TV OLED 2021, LG C1 OLED

LG C1 OLED merupakan salah satu TV terbaik dengan harga berapa pun. C1 menghasilkan gambar…

4 minggu ago