7000 mAh! Review Samsung M51, HP Menarik dengan Baterai Jumbo

Samsung M51 merupakan seri smartphone seri M dari Samsung yang baru resmi di rilis di Indonesia pada tanggal 11 September 2020 yang lalu. Samsung memperkenalkan hp ini sebagai hp dengan kapasitas baterai jumbo 7000 mAh, hingga memiliki tagline “sobat anti lowbat”.

Itu adalah kapasitas baterai yang sangat besar untuk sebuah handphone. Bagi Anda penggemar setia produk samsung yang ingin ganti hp, review samsung M51 biasanya menjadi salah satu list artikel yang di cari ya.

Sebagai informasi saja, jika Anda berniat membeli samsung M51 ini sebaiknya sekalian memesan casingnya juga. Mengingat body hp ini yang bukan terbuat dari metal dan sangat mungkin terkena goresan. Karena dalam pembelian samsung M51 ini tidak di sertai casing hp.

Di dalam box hanya terdapat 1 unit hp, kepala charger 25 Watt dengan type type-c, kabel usb type-c , ejector dan buku panduans serta kartu garansi.

Mungkin banyak yang heran mengapa seri M51 ini di jual dengan harga 5 jutaan, padahal seri M31 yang memiliki kapasitas baterai 6000 mAh saja di jual seharga 3 jutaan.

Sekilas hanya soal selisih baterai 1000 mAh saja. Tapi apakah benar seperti itu? Nah untuk itu kali ini kita kan mengulasnya lebih dalam, mengapa samsung M51 bisa menyentuh harga 5 jutaan.

Spesifikasi Samsung M51

spesifikasi samsung m51

Sebelum mereview samsung M51, agar Anda memiliki gambaran awal tentang smartphone yang satu ini kita bahas dulu spesifikasinya. Sebenarnya secara spesifikasi, samsung M51 ini mirip dengan samsung A71 namun dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

Baca juga : Dibanderol Rp33,8 Juta, Samsung Boyong Galaxy Z Fold 2 ke Indonesia

Samsung M51 juga di jual dengan 1 variasi RAM dan ROM saja, yakni 8/128 GB yang mana storagenya bisa di tambah dengan sd card. Langsung saja, inilah spesifikasi samsung M51!

  • OS : Samsung One UI Core
  • Chipset : Snapdragon 730G
  • Layar : Super AMOLED Plus 6,7 inch
  • Body Ratio : 20 : 9
  • RAM : 8 GB
  • ROM : 128 GB (Up to 512 GB)
  • Baterai : 7000 mAh
  • Kamera Belakang : 64 MP +12 MP +5 MP + 5MP
  • Kamera Depan : 34 MP
  • SIM Slot : SIM + SIM 2 + MicroSD
  • Proteksi : Corning Gorilla Glass 3
  • Warna : White/ Black
  • Berat : 213 gram

Review Samsung M31

Lanjut ke bagian reviewnya. Sebenarnya para reviewer teknologi di Indonesia sudah banyak yang mereview hp samsung M31 ini.

Karena hp ini di anggap menarik, dapat menjawab kebutuhan akan chipset dan baterai yang balance bagi pengguna, dan harganya yang affordable. Kira-kira bagian apa saja yang layak kita review? Inilah beberapa aspek dari samsung M51 yang biasanya mendapat sorotan dari user!

1. Design

Samsung M51 memang terasa tebal dan berat terbuat dari poly carbonat. Ketebalannya sekitar 9,5 mm dan beratnya 213 gram. Jadi ketika di genggam memang terasa tebal namun masih bisa di katakan cukup ergonomis.

Kenyamanan dalam menggenggam handphone memang berbeda pada setiap orang. Ada yang cukup nyaman memegang handphone besar dan tebal dengan satu tangan saja, tapi adapula yang kurang nyaman.

Namun secara umum, hp ini mungkin akan benar-benar terasa beratnya saat menggunakan hp sambil tiduran. Pada bagian samping, terdapat tombol power yang merangkap menjadi sensor finger print.

Mungkin tujuannya agar mudah saat kita membuka kunci layar pada saat menggenggam hp dan speakernya hanya ada 1 di dekat connector USB type C nya. Design kameranya masih sama dengan seri sebelumnya yang mana ada 4 kamera dengan bingkai berbentuk kotak.

Baca juga : Mulai 1,5 Jutaan! Inilah 8 Smartphone Samsung Terbaik Tahun 2020

2. Performa Samsung M51

Untuk Anda yang mencari performa dalam memilih hp, samsung M51 ini bisa menjadi salah satu pilihan. Karena sudah di bekali dengan chipset canggih kelasan hp 5 jutaan keatas yakni snapdragon 730G.

Chipset ini seharusnya sangat bisa digunakan untuk melakukan aktifitas berat, misalnya saja bermain game. Namun jika Anda tidak terlalu mencari performa mungk adiknya Samsung M31 bisa Anda pilih, bisa hemat 2 juta kan?

Saat di tes melakukan game-geme yang cukup berat seperti call of duty mobile, mobile legend dan PUBG layarnya cukup stabil dan tetap responsif. Apalagi di pergunakan untuk aktifitas medsos harian, tentunya sangat smooth. Jadi untuk hp ukuran middle range, hal ini sudah sangat bagus.

Untuk suhu hpnya, ketika digunakanbermain game berat dalam pemakaian lama dengan data selular tanpa casing tambahan hasilnya bisa sampai 38-40 derajat. Cukup panas ya? Namun harusnya suhunya bisa lebih turun jika menggunakan wifi.

3. Baterai 7000 mAh

Baterainya yang jumbo ternyata sesuai dengan harapan ketika di pakai untuk bermain games yang cukup berat seharian. Hal ini mungkin juga karena di tambah lagi dukungan chipset menengah keatas yang cukup kencang.

Bahkan hp ini bisa tahan hingga 2,5 hari tanpa charging dengan asumsi penggunaan hotspot dan 4 jam screen on time. Jadi baterainya benar-benar badak!

Saat di tes dengan memainkan games berat seperti PUBG selama 30 menit, penurunan baterainya berkisar 4-5% saja. Bahkan untuk menonton video 1080p, hp ini bisa bertahan selama 35-37 jam.

Memang sedari awal sepertinya samsung M51 hadir sebagai solusi bagi mereka yang malas mengecas hp tapi suka dengan aktifitas multimedia. Smartphone ini juga sudah memiliki fasilitas fast charger 25 watt ala samsung. Mirip dengan charger yang ada pada samsung S20 dan samsung note 20.

Walaupun judulnya fast charging, tapi butuh waktu hampir 3 jam untuk melakukan charging baterai samsung M51 ini dari 7% hingga 100%. Ini mungkin bisa kita wajari karena kapasitas baterai hp ini memang terhitung sangat besar.

Jadi bisa dikatakan bahwa charger 25 watt ini cukup membantu mengecas hp dengan baterai jumbo 7000 mAh.

4. Set-up Kamera

Pada bagian kameranya, bisa dikatakan bahwa kita bisa mengandalkan kamera samsung yang telah di bekali 4 kamera belakang ini. Terdiri dari 64 MP main camera, 12 MP Ultra wide camera, 5 MP macro caera dan 5 MP Depth camera. Ketajaman gambar yang di hasilkan cukup memuaskan.

Hal menarik lainnya dari kamera milik Samsung M51 ini adalah pada mode pro-nya. Biasanya pada seri M biasanya mode pro-nya sangat basic namun pada seri M51 ini sangat lengkap.

Hp ini juga punya fitur single take yang mana kita bisa memilih beberapa hasil jepretan dalam satu waktu. Ada juga mode macro, untuk membantu Anda mengambil gambar dari jarak dekat dengan akurat.

Selain itu, hasil warna dari videonya tentu cukup baik begitupun tentang ketajaman kestabilannya saat merekam video 4K. Memang tidak sempurna, namun cukup untuk penggunaan sehari-hari jika di bandingkan dengan mode ultra steady videonya. Jadi kualitasnya sekelas seri A paling atas.

Dari sisi kamera depannya yang memiliki 32 MP, sepertinya masih sangat oke saat digunakan untuk merekam video. Gambarnya cukup stabil, tidak terlalu kabur saat backlight dan audionya juga bagus. Jadi masih enak juga di gunakan untuk vlogging.

Namun kameranya belum di bekali pro video, yang biasanya ada di hp-hp samsung flagship. Walaupun kameranya bukanlah kamera jawara yang super spesial, tapi mengingat bahwa hp ini bukanlah hp flagship samsung bisa kita katakan kameranya telah di buat dengan maksimal.

5. Layar Infinity-O

Samsung memang terkenal dengan design layar infinity-O yang cantik dengan bezel yang super tipis. Design ini juga di gunakan pada samsung M51-nya. Ditambah lagi layarnya yang sangat lebar yakni 6,7 inch, membuat aktifitas multimedia sangat nyaman.

Warnanya sudah sangat vibrant, dan masih aman ketika Anda menggunakannya di bawah terik matahari. Untuk Anda yang suka menonton video atau film dari netflix, layar Samsung M51 ini benar-benar enak di pandang. Super nyaman!

Sayangnya samsung M51 ini belum menggunakan layar 90 hertz. Walaupun layarnya sudah super AMOLED Plus dan ketajamannya bagus, namun dengan layar 90 hertz nampaknya hp ini masih bisa memanfaatkan baterai besarnya. Tapi over all, layar ini sudah cukup, karena warnanya yang tajam dan sangat responsif ketika di sentuh (swipe, touch).

6. Haptic Feedback Belum Senyaman Kelas Premium

Ketika kita menggunakan smartphone, pastinya kita harus menyentuh layarnya. Inilah yang dinakan haptic atau sensasi yang ditimbulkan karena sentuhan perangkat komputer/teknologi dengan penggunanya.

Nah, biasanya pada hp-hp kelas premium atau beberapa smartphone lain haptic feedbacknya sudah sangat di perhatikan.

Namun pada saat mencoba mengetik menggunakan samsung M51 ini, haptic feedbacknya masih terasa kurang nyaman. Jadi sebagian pengguna samsung M51 akhirnya lebih memilih menggunakan suara karena lebih enak.

7. Konektivitas

Bagaimana dengan signal 4Gnya? Apakah konektivitas 4G pada seri M51 ini bisa di andalkan? Nah, ketika di bandingkan dengan hp samsung flagship seperti note 20 ultra ternyata kemampuan penangkapan signal 4Gnya sangat mirip walaupun pada penangkapan wifi 5 Ghz masih di bawah. Tapi setidaknya soal penangkapan signal ini tidak menjadi masalah.

Tapi memang, samsung M31 belum di lengkapi dengan wi-fi sharing, kecuali pada hp-hp kelas premiumnya saja.

Walaupun begitu, Anda bisa menggunakan aplikasi separate audionya. Pada samsung M51 ini, lampu led notifikasi memang di hilangkan, namun Anda tetap bisa menggunakan fitur always on display untuk menggantikannya.

Baca juga : 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Jadi layar hp akan tetap menyala untuk menampilkan jam, baterai, dan notifikasi tanpa menyentuh hp. Sementara dari segi sensornya, samsung M31 ini cukup lengkap. Ada accelerometer, gyro, proximity, ambient light dll.

Kesimpulan

HP Samsung M51 ini cocok untuk Anda yang hobby main games. Jika Anda mencari performa dan baterai, samsung M51 bisa Anda pilih. Karena ketika di cek, harga terbarunya di marketplace sudah cukup turun di banding harga resminya. dari Rp. 5,5 jutaan menjadi Rp. 5,1 juta.

Sebagai informasi tambahan, seri M ini artinya adalah seri hp samsung yang di jual hanya secara online saja. Sehingga Anda perlu mencarinya secara online jika berminat, karena mungkin akan susah mendapatkankan di offline store. Inilah samsung M51, hp 5 jutaan terbaik untuk gamers dan orang-orang yang lebih aktif di luar ruangan.