Review Spesifikasi ROG Strix G G531GW Glacier Blue

Laptop ASUS sampai hari ini masih menjadi salah satu laptop yang disukai oleh para konsumen. Apalagi saat laptop ini bertransfprmasi menjadi laptop gamin ASUS ROG yang semakin memanjakan para konsumen pecinta game.

Laptop gaming ASUS ROG ini memiliki kualitas yang beragam dan harganya pun disesuaikan dengan kualitas laptop tersebut.

Seperti pada pembahasan kali ini, akan mereview tentang laptop ASUS versi terbaru dari jajaran laptop gaming andalannya.

Walaupun masih menggunakan nama kode yang sama, yaitu ROG Strix G G531, tetap saja ada komponen berbeda yang perlu Anda ketahui.

Laptop ASUS ROG Strix G G531GW Glacier Blue merupakan seri terbaru dari ASUS yang ada di Indonesia. Adanya merk dengan akhiran Glacier blue ini mengisyaratkan bahwa laptop tersebut menggunakan casing yang dibalut warna tersebut.

Perlu diketahui pula kode akhiran dibelakang huruf W, mengisyaratkan bahwa laptop menggunakan chip grafis yang sangat mumpuni, yaitu Nvidia GeForce RTX 2070.

Adapun kejutan-kejutan lainnya yang perlu Anda ketahui ada dalam pembahasan berikut ini!

1. Memiliki Fitur dan Design yang Berkualitas

Laptop ASUS ROG Strix G G531GW Glacier Blue merupakan seri terbaru dari ASUS

Laptop ASUS ROG Strix G G531GW adalah salah satu laptop gaming yang designya terinspirasi dari TIM ROG dan BMW Designworks Group.

Sehingga laptop gaming tersebut memiliki gabungan bentuk dan fungsi dengan 3D flow Zone yang menawarkan sistem pendingin canggih.

Pada bagian penutup atas juga di design agar anti gores, sedangkan aksen cut-out asimetris ada pada bagian belakang bodinya dengan tujuan aliran udara bisa lebih lancar.

Dalam hal design ini, ada sesuatu yang cukup unik yaitu pada bagian engsel yang tidak seperi laptop gaming pada umumnya.

Laptop ROG Strix G G531GW ini memiliki design engsel khusus yang bisa tersembunyi ketika layar ditutup.

Dengan kehadiran design engsel tersebut, tidak hanya membuat laptop menjadi elegan, melainkan designya menjadi lebih kokoh dan rongga udara ekstra bagian pendingin pun bisa bekerja lebih optimal.

Selain designya engsel yang tidak biasa, hal menarik yang dimiliki laptop ROG Strix G G531GWini adalah mekanisme keyboardnya. Keyboard pada laptop sudah dilengkapi dengan sistem anti-ghosting dengan menggunakan teknologi Key Rollover.

Pada bagian tombol keyboard pun sudah dirancang dengan nyaman agar para penggunanya bisa bermain game lebih lama dan memilii ketahanan hingga mencapai lebih dari 20 juta kali tekan.

Agar para pengguna mendapatkan pengalaman bermain yang menyenangkan, dilengkapi pula dengan sistem audio dengan teknologi SmartAmp.

Teknologi tersebut mampu menghasilkan suara yang lebih baik ketika bermain game dan bsa memantau aktivitas pengguna sehingga komponen audionya tidak rusak atau terganggu faktor lain seperti keadaan suhu keyboard, dan lain sebagainya.

2. Memiliki Fitur Sistem Pendingin yang Canggih

Memiliki pendingin mantap

Laptop ASUS ROG Strix G G531GW ini memiliki fitur sistem pendingin ROG intelligent cooling terbaru yang dilengkapi dengan tiga teknologi tercanggih yang eksklusif.

Pertama adalah 3D Flow Zone Designm yaitu design bodi khusus yang diadopsi oleh ROG Strix G G531GW. Design menghadirkan lebih banyak ventilasi udara agar aliran udara dan sistem pendingin bisa berjalan lebih optimal.

Teknologi kedua adalah Anti-Dust Colling yang sudah dipatenkan. Teknologi tersebut menghadirkan terowongan khusus untuk membuang debu dan partikel besar agar tidak tersangkut dalam sistem pendingingan.

Hadirnya teknologi ini membuat pengguna laptop ROG Strix G G531GW tidak perlu khawatir dengan masalah tersumbatnya saluran udara pada sistem pendingin yang umumnya selalu dialami para pengguna laptop gaming.

Sedangan teknologi ketiga adalah penggunaan kipas dan heatsink khusus. Di dalam laptop tersebut menggunakan dua kipas N-Blade yang telah dipatenkan.

Kipas tersebut memiliki bilah yang jumlahnya lebih banyak dan membuat aliran udara lebih kencang.

Sementara heatsink pada laptop gaming ini memiliki sirip atau fin yang sangat tipis. Dengan begitu, panas bisa didistribusikan dan dibuang dengan lebih optimal.

3. Memiliki Konektivitas yang Lengkap

Memiliki konektivitas lengkap

Laptop gaming pada umumnya memiliki port hingga bisa menghubungkan ke berbagai perangkat. Laptop ASUS ROG Strix G G531GW ini selain memiliki USB 3.1 Type-A, ASUS juga menyediakan port USB 3.1 Type-C hingga Anda tetap dapat menghubungkan perangkat terbaru yang telah mengadopsi USB Type-C.

Selain itu, laptop tersebut memiliki port HDMI dan combo audio jack yang bisa menghubungkan perangkat display tambahan dan audio.

Laptop ASUS ROG Strix G G531GW pun dilengkapi dengan port ethernet agar ketika bermain game tidak terganggu oleh latency.

Untuk Anda yang senang menggunakan koneksi wireless, laptop ini pun sudah memiliki fitur Gigabit WiFi Intel 802.11ac (2×2) terbaru yang dilengkapi dengan teknologi RangeBoost.

4. Menggunakan Prosessor Generasi Terbaru

Menggunakan Prosessor Generasi Terbaru

Laptop ASUS ROG Strix G G531GW adalah salah satu laptop yang sudah menggunakan prosesor 9th Gen Intel Core, yaitu Intel Core i7-9750H.

Prosesor tersebut dikenal memiliki konfigurasi 6 core 12 thread sehingga bisa bekerja dengan kecepatan 2,6GHz dan sanggup dipacu hingga 4,50Ghz.

Tentunya, Banyaknya jumlah thread ini sangat bermanfaat saat Anda multitasking ataupun menjalankan aplikasi yang bisa menjalankan seluruh core sekaligus.

Adapaun yang menarik adalah prosesor tersebut menggunakan arsitektur intel terbaru dengan pemrosesan 14 nm. Karenanya, performanya tidak hanya kencang tetapi juga bisa menghemat daya dibandingkan dengan prosesor intel pada generasi sebelumnya.

Laptop ROG Strix G G531GW pun dibekali dengan memori DDR4 yang berjalan di frekuensi 2666MHz hal ini bisa membuat lebih performanya semakin kencang dari laptop sekelasnya. Menggunakan memori yang lebih kencang ini bisa lebih memastikan minimum framerate di dalam game dan hal ini merupakan sesuatu yang baik dalam dunia per-laptopan.

Berdasarkan hasil dari benchmark sintesis menunjukkan bahwa laptp ASUS ROG Strix G G531GW memiliki performa CPU yang sangat mumpuni untuk bermain game.

Sedangkan adanya GPU NVIDIA GeForce RTX 2070 sangat baik untuk menjalankan berbagai game eSport dengan lancar, serta game AAA secara cukup baik pada pengaturan grafis tinggi.

Dilansir dari situs dunia game, telah dilakukan uji coba untuk melihat hasil performa laptop ROG Strix G G531GW Glacier Blue ketika dimainkan game. Saat pengujian berlangsung, performa laptop terlihat sangat baik apalagi game yang dimainkan cukup berat seperti game Final Fantasy XV dan juga Shadow of the Tomb Raider.

Rahasia lain yang dimiliki laptop ROG Strix G G531GW Glacier Blue selain memiliki CPU, GPU, dan RAM DDR 4 yang mumpuni, ASUS juga menyimpan harddisk lega sehingga performanya sangat baik.

Selain itu, laptop tersebut menyimpan storage berbasis M.2 NVM2 PCIe SSD berkapasitas 512GB disediakan untuk menampung sistem operasi dan game-game Anda. Tentunya performa tersebut semakin cepat dan semakin menunjukkan kualitasnya yang berkelas.

Adapun yang dikhawatirkan para pengguna adalah apakah laptop bisa bertahan lama, Jangan khawatir, Anda yang menggunakan laptop ini untuk bekerja dengan aplikasi office, daya tahan baterainya pun cukup lumayan.

5. Memiliki Audio yang Smart

Memiliki Audio yang Smart

Laptop ROG Strix G G531GW sudah dilengkapi dengan sistem audio yang SmartAmp terintegrasi. Karena hal itulah, output audio jauh lebih baik karena telah melalui proses konversi Digital-to-Analog.

Pengguna Audio SmartAmp juga bisa membuat kualitas suara 2 buah speaker 4 Watt-nya 2.5x lebih kencang namun tetap clear di setiap frekuensi.

Tak hanya lebih kencang, nada bass nya juga terdengar lebih konsisten. Ketika Anda mendengarkan lagu atau bermain game akan menghasilkan suara yang cukup jernih dan membuat Anda betah berlama-lama di depan laptop tersebut.

Spesifikasi Laptop ROG Strix G G531GW Glacier Blue Edition

Main Spec.ROG Strix G G531GW Glacier Blue Edition
CPU9th Gen Intel Core i7-9750H Processor Hexa Core (12M Cache, up to 4.5GHz)
Operating SystemWindows 10
Storage512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920×1080), 120Hz, 100% sRGB
GraphicsNVIDIA GeForce RTX 2070 8GB GDDR6 VRAM
Input/Output3 x USB 3.1 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.1 Type-C (Gen2), 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI
CameraROG GC-21 Webcam, Full HD 60fps (GeForce RTX 2070 variant only)
ConnectivityWi-Fi 5(802.11ac) 2*2 + Bluetooth 5.0
Audio2 x 4W speakers with Smart AMP technology, Array Microphone
Battery48WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension360 (W) x 275 (D) x 24.9 (H) mm (15-inch model)
Weight2,57Kg (15-inch model)
ColorsGlacier Blue
HargaRp38.999.000

Baca juga : Review ASUS ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue

Penutup

Laptop ROG Strix G G531GW Glacier Blue merupakan salah satu laptop gaming yang sangat cocok untuk Anda pecinta game. Kualitas suara yang dihasilkan sangatlah jernih dan bisa memainkan game-game dengan memori cukup berat tanpa ada kendala.

Sekilas tampilannya tidak seperti laptop gaming, namun jika Anda melihat dan memainkannya, laptop tersebut memiliki performa yang sangat baik dengan teknologi yang cukup mutakhir.

Jika hanya mengandalkan review ini saja mungkin masih ada perasaan tidak percaya dalam benak Anda. Tentunya untuk meyakinkan hal tersebut Anda harus memilikinya langsung dan mencoba ‘’kehebatan’’ dari laptop tersebut.

Demikianah informasi mengenai review Laptop ROG Strix G G531GW Glacier Blue, semoga bermanfaat.