Memori Jumbo 128GB, Samsung Galaxy A21s Dijual Rp3 Jutaan

Pertama kali dijual secara global pada awal Juni 2020 lalu, Samsung Galaxy A21s kembali ditawarkan untuk pasar ponsel Tanah Air. Tentu saja varian terbaru ini punya kelebihan dibandingkan pendahulunya, yaitu pada bagian memori internal.

Tak main-main, raksasa smartphone asal Korea Selatan itu memboyong varian Galaxy A21s dengan memori terbesar yakni 128GB untuk pasar ponsel Indonesia. Keberanian Samsung ini tak lepas dari ambisi mereka untuk menjadikan Galaxy A21s sebagai smartphone Awesome untuk daily driver.

Hadir dengan warna silver, tampilan Galaxy A21s memang tak sama dengan yang telah dirilis sebelumnya. Dimana saat dijual beberapa bulan lalu, Galaxy A21s cuma punya empat pilihan warna yakni hitam, putih, biru dan merah.

Baca juga: 7000 mAh! Review Samsung M51, HP Menarik dengan Baterai Jumbo

Menurut Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia kepada Droidlime, kehadiran Galaxy A21s memang dipicu oleh kebiasaan masyarakat selama pandemi Covid-19. Pembatasan kegiatan sosial menjadikan gaya hidup serba online adalah kebutuhan utama sehingga Galaxy A21s diharapkan bisa menjadi salah satu pilihan favorit.

Spesifikasi Samsung Galaxy A21s

unboxing Samsung Galaxy A21s
© Media Indonesia
  • Sistem Operasi: Android 10, One UI 2.0
  • SIM: Nano-SIM dual stand-by atau single stand-by
  • Layar: PLS TFT 6.5″ dengan resolusi 720×1600 piksel
  • Chipset: Exynos 850 (8nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52
  • Internal/RAM: 128GB/6GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (depth), 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 13MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5.000mAh dengan fast charging 15W

Meningkatnya gaya hidup serba online terutama berbelanja produk selama wabah corona hingga 68%, dianggap Samsung sebagai peluang yang menjanjikan untuk semua orang. Hal ini membuktikan kalau bisnis online akan semakin memiliki prospek positif, apalagi jika didukung oleh konten-konten digital terbaik dengan Galaxy A21s.

“Konten-konten Awesome seperti foto atau video produk bisa membuat konsumen makin tertarik. Karena itu Galaxy A21s dihadirkan Samsung sebagai perangkat komunikasi untuk mewujudkan konten Awesome. Dengan kapasitas memori lebih besar, pengguna dapat makin leluasa menyimpan konten promosi,” tambah Irfan.

Samsung Galaxy A21s resmi mulai dipasarkan dengan harga Rp2,999 juta selama periode flash sale pada 23-25 November 2020 kemarin. Untuk harga normalnya sendiri, Galaxy A21s dibanderol Rp3,099 juta. Konsumen akan memperoleh perlindungan Samsung Care+ selama setahun senilai Rp499 ribu, cover smartphone Disney Mickey Mouse seharga Rp399 ribu, YouTube Premium gratis selama dua bulan dan kuota IM3 Ooredo 36GB jika Anda membelinya dalam event flash sale.

Baca juga: Dibanderol Rp33,8 Juta, Samsung Boyong Galaxy Z Fold 2 ke Indonesia

Desain Bodi Premium Untuk Ponsel Kelas Menengah

tampilan layar Samsung Galaxy A21s
© Gadgetren

Sebagai smartphone kelas menengah, Galaxy A21s memang punya desain yang tak mengecewakan. Sudah pasti lebih baik daripada ponsel-ponsel entry-level, Samsung menggunakan desain premium dan kekinian untuk membungkus Galaxy A21s. Bodi belakang ponsel ini punya semburat bias pelangi segaris yang semakin memberikan kesan elegan, meskipun terbuat dari material plastik polikarbonat.

Samsung memasang keempat kamera alias quad-camera di bodi belakang Galaxy A21s dalam sebuah modul persegi panjang berbentuk huruf L. Melengkapi quad-camera itu, diletakkan pula lampu flash yang menjadikan modul di pojok kiri atas ini makin manis. Tak jauh dari modul kamera utama, ada area sensor fingerprint yang jadi ciri khas ponsel-ponsel kelas menengah.

Untuk bagian layarnya, Samsung Galaxy A21s menggunakan desain Infinity-O Display, dimana lensa kamera selfie terletak di pojok kiri atas dalam tampilan punch hole. Hanya saja kendati sudah masuk jajaran ponsel kelas menengah, layar Galaxy A21s masihlah tampak biasa saja dengan panel PLS TFT kendati punya ukuran lega yakni 6.5″

Namun Anda tak perlu cemas karena aspek rasio layar Galaxy A21s yang HD+ sudah mencapai 20:9 yang membuat ponsel ini dapat digunakan untuk split screen jadi makin proporsional. Samsung memasang tombol power dan volume di sisi kanan ponsel, berseberangan dengan SIM tray.

Empat Kamera Utama Dengan Hasil Foto Menjanjikan

modul quad-camera Samsung Galaxy A21s
© Youtube/TechTag

Berpindah ke konfigurasi quad-camera, sudah bisa dipastikan kalau Galaxy A21s ini adalah ponsel idaman generasi Z. Generasi Z yang identik dengan membuat konten-konten digital untuk media sosial, tentu akan sangat dimanjakan oleh kemampuan kamera Galaxy A21s. Apalagi lensa kamera utama di bodi belakang sudah berukuran 48MP dengan sensor Samsung ISOCELL GM1.

Baca juga: Mulai 1,5 Jutaan! Inilah 8 Smartphone Samsung Terbaik Tahun 2020

Satu-satunya kekurangan dalam lensa kamera utama Samsung Galaxy A21s hanyalah pada absennnya fitur AI (Artificial Intelligent) alias Kecerdasan Buatan untuk Scene Optimizer, seperti dilansir Daily Social. Samsung hanya membenamkan HDR otomatis agar dynamic range saat memotret obyek makin luas.

Untuk Anda yang doyan mengambil foto spontan dalam waktu hitungan detik, ada baiknya memasang pengaturan mode 12MP agar hasilnya menjanjikan, alih-alih mode 48MP karena tak didukung HDR, meski hasilnya sangat tajam. Dalam kebutuhan foto-foto landscape seperti saat memotret pemandangan alam atau mengabadikan momen dengan teman-teman, Anda bisa memanfaatkan lensa ultrawide 8MP yang punya luas 123 derajat.

Dua kamera tersisa di modul belakang ponsel adalah lensa depth 2MP untuk kebutuhan Live Focus dan macro 2MP. Sementara untuk kamera selfie, Galaxy A21s memiliki lensa 13MP yang menjadikan video-video diri entah diposting di Instagram, Twitter, TikTok atau WhatsApp jadi makin jernih. Tak perlu cemas kalau terlalu hobi memotret, Galaxy A21s punya pilihan foto dalam format HEIF yang ukuran filenya lebih kecil setengah kali daripada format JPG.

Terakhir untuk kebutuhan perekaman video, Samsung Galaxy A21s juga menawarkan format HEVC yang tak boros memori. Anda bisa merekam video kualitas 1080p secara baik entah memakai kamera belakang atau kamera depan.

Chipset Buatan Samsung yang Tidak Kaleng-Kaleng

seperangkat Samsung Galaxy A21s
© Android Infotech

Berpindah ke dapur pacu, Galaxy A21s menjadi produk Samsung yang sudah memakai chipset buatan mereka sendiri yakni Exynos 850. Dari penjelasan Samsung pada awal Juni 2020 lalu, Exynos 580 adalah SoC (System-on-Chip) kelas entry-level yang dibangun pada proses LPP 8nm.

Sudah menggunakan delapan inti Cortex-A55, CPU Exynos 850 bisa berjalan pada frekuensi maksimal 2.0GHz. Untuk bagian grafis, Exynos 850 mempunyai Mali-G52 yang sudah mendukung RAM LDDR4x dan penyimpanan eMMC 5.1. Dari uji coba yang dilakukan Jagat Gadget, Galaxy A21s tidak mengecewakan saat digunakan untuk gaming PUBG Mobile dan PES 2020.

Dimana PUBG Mobile bisa berjalan dikisaran 32-38 fps dalam konfigurasi grafis Smooth-Ultra. Sementara untuk PES 2020, dapat dimainkan di 37-43 fps dengan konfigurasi Low. Saat bermain PUBG Mobile, Galaxy A21s mengalami pengurangan daya baterai sebanyak 7% ketika digunakan selama 30 menit.

Jadi, Apakah Samsung Galaxy A21s Layak Dibeli?

Melihat apa yang ditawarkan termasuk memori dan RAM yang lebih baik daripada varian sebelumnya, Galaxy A21s memang bisa jadi smartphone terbaik untuk dibeli saat ini. Anda tak perlu cemas kekurangan memori, karena Galaxy A21s bahkan bisa dipasangi memori tambahan alias microSD hingga 512GB.

Baca juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Tata suaranya yang sudah memuaskan dengan dukungan Dolby Atmos, menjadikan konsumen bisa memperoleh simulasi 3D surround saat streaming video online. Untuk urusan baterai pun tak usah cemas karena Cortex-A55 termasuk core hemat daya, sehingga memasangnya sebagai otak dari ponsel berdaya 5.000 mAh adalah pilihan terbaik.

Jadi untuk Anda yang ingin ganti ponsel ke kelas menengah dari brand populer, Samsung Galaxy A21s bisa jadi pertimbangan terbaik.