Samsung

Dijual Rp4,9 Juta, Samsung Galaxy A52 Ludes Dipesan di Indonesia

Meskipun ada banyak smartphone Tiongkok yang hadir di Indonesia, Samsung sepertinya tidak pernah kehilangan pasar. Pabrikan asal Korea Selatan ini bahkan baru saja mengenalkan unggulan baru mereka, Samsung Galaxy A52 kepada konsumen di Tanah Air. Yang menarik, Galaxy A52 jelas akan mengikuti jejak kesuksesan Galaxy A51.

Sekadar informasi, saat pertama kali dirilis tahun 2020 lalu, Galaxy A51 terpilih sebagai smartphone Android terlaris di dunia. Kendati pasar ponsel sempat terpuruk karena pandemi Covid-19, Galaxy A51 berhasil menembus penjualan sekitar enam juta unit di seluruh dunia pada kuartal-I 2020. Melanjutkan kesuksesan Galaxy A51, Galaxy A52 hadir dengan sejumlah peningkatan.

Neil Mawston selaku Executive Director SA menjelaskan jika Galaxy A51 memang sukses diminati pasar Asia dan Eropa.

Sehingga kehadiran Samsung Galaxy A52 yang punya karakter hampir mirip pun diprediksi akan dengan mudah meneruskan tongkat estafet. Karena melalui Galaxy A52 ini, Samsung menghadirkan ponsel dengan fitur sekelas flagship tapi harga terjangkau.

Baca juga: Samsung Galaxy M02 Dijual Rp1,3 Juta dengan Baterai 5000mAh

Spesifikasi Samsung Galaxy A52

© Gizmologi
  • Sistem Operasi: Android 11, One UI 3.1
  • SIM: Single SIM (Nano-SIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED 6.5″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Internal/RAM: 128GB/4GB, 128GB/6GB, 128GB/8GB, 256GB/8GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 12MP (ultrawide), 5MP (macro), 5MP (depth)
  • Kamera Selfie: 32MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4500mAh dengan fast charging 25W

Resmi dikenalkan secara global termasuk di Indonesia pada 17 Maret 2021 kemarin, Samsung Galaxy A52 baru akan dijual akhir pekan ini yakni 26 Maret 2021.

Untuk pasar Tanah Air, Samsung cuma memboyong Galaxy A52 4G yang dijual dengan harga Rp4,999 juta (128GB/8GB) dan Rp5,399 juta (256GB/8GB). Ada empat pilihan warna yakni Awesome Black, White, Violet dan Blue.

Kendati termasuk ponsel kelas menengah dan masih dalam situasi wabah corona, faktanya pemesanan Galaxy A52 di Indonesia sangat laris manis. Hanya dalam waktu tiga hari saja, Samsung menyebutkan kalau Galaxy A52 yang dirilis berbarengan dengan Galaxy A72 itu ludes dipesan di e-commerce rekanan.

Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager SEI (Samsung Electronics Indonesia) kepada KompasTekno menegaskan bahwa sejak event Awesome Offer dibuka, minat terhadap Galaxy A52 sangat tinggi. Sehingga untuk calon konsumen yang tidak kebagian di marketplace, bisa membeli di situs resmi SEI.

Konsumen akan mendapat voucher pembelian aksesoris Samsung senilai Rp1 juta, jika melakukan pemesanan Galaxy A52 hari Jumat (19/3) pekan lalu. Jika sesuai jadwal, konsumen yang telah memesan Samsung Galaxy A52 entah di situs resmi Samsung Indonesia atau marketplace (Lazada, Shopee, Blibli) dikirimi smartphone ini secara serentak hari Senin (22/3) kemarin.

Baca juga: Pre-Order Terakhir Hari Ini, Samsung Galaxy S21 Dijual Mulai Rp12,9 Juta

Bodi Desain dan Layar Memikat

Tak bisa dipungkiri bahwa hal pertama yang akan memikat siapapun dari Samsung Galaxy A52 adalah tampilan desain dan layarnya.

Smartphone satu ini memang layak jadi terbaik di kelas menengah, berkat desain visualnya yang sangat elegan dan ’mahal’. Bahkan bisa dibilang, ponsel ini hadir begitu cantik meskipun memang keseluruhan material bodi masih plastik polikarbonat.

Dengan ukuran layar 6.5 inci, kebutuhan entertainment jelas sangat terpuaskan. Samsung menggunakan panel Super AMOLED Infinity-O-Display dengan refresh rate 90Hz yang membuat gerakan dan animasi di layar lebih mulus. Punya tingkat kecerahan hingga 800 nits, layar Galaxy A52 tetap bakal terlihat meski terpapar cahaya matahari.

Galaxy A52 punya dua pilihan yakni Basic yang memberikan kesan akurat dan lebih hangat serta Vivid yang punya warna tajam dan terlihat dingin. Dibekali teknologi Eye Comfort Shield, Galaxy A52 bisa meminimalkan efek buruk dari cahaya smartphone (blue light) hingga 12,5%. Terpasangnya kaca pelindung Gorilla Glass 5 pada layar, membuat layar ponsel tak mudah tergores.

Hanya saja karena ukurannya ponsel cukup besar dan bezel agak tebal, cukup sulit untuk dioperasikan dengan satu tangan saja, seperti dilansir Phone Arena.

Baca juga: Memori Jumbo 128GB, Samsung Galaxy A21s Dijual Rp3 Jutaan

Kemampuan Tahan Air dan Anti Debu

© Cari Sinyal

Kendati punya desain dan layar menawan, Samsung Galaxy A52 tidak mau hadir begitu saja tanpa kemampuan khusus lainnya. Hal itu akhirnya terjawab saat Samsung membekali produk ini dengan fitur water dan dust resistant alias tahan air dan debu, yang sudah bersertifikasi IP67. Diklaim, Galaxy A52 bisa bertahan hingga 30 menit di dalam air dengan tingkat kedalaman 1,5 meter.

Menurut Irfan, kemampuan anti air yang dimiliki Galaxy A52 ini memang sangat cocok dalam kondisi musim penghujan dan masih diterapkannya protokol kesehatan. Karena seperti yang Anda tahu, salah satu aturan protokol kesehatan adalah membersihkan barang dengan disinfektan.

Kamera Yahud dengan Fitur Premium

© Cari Sinyal

Empat lensa kamera di bagian bodi belakang adalah salah satu unggulan yang ditawarkan Samsung Galaxy A52. Keempat kamera terpasang dalam modul persegi panjang di bagian kanan atas belakang ponsel, lengkap dengan sensor LED flash.

Tak ingin cuma hadir dengan quad-camera biasa, Samsung pun membekalinya dengan fitur premium OIS (Optical Image Stabilizer).

Yang istimewa, modul fisik penstabil gambar ini adalah kali pertama di lini Galaxy A Series. Tak hanya OIS, Galaxy A52 juga memiliki fitur Super Steady yang membuat hasil foto dan video lebih stabil serta minim guncangan, seolah-olah Anda menggunakan tripod. Fitur premium lain yang muncul adalah mode perekaman video ala ponsel flagship Samsung, Pro Video.

Dengan fitur Pro Video, Anda bisa melakukan berbagai pengaturan manual seperti white balance, ISO, autofocus dan lain-lain.

Lantaran mampu merekam sampai resolusi 4K, tentu saja kemampuan seluruh kamera Galaxy A52 sangatlah memuaskan. Tak heran target pasar Galaxy A52 adalah kalangan milenial dan generasi Z yang berprofesi sebagai content creator.

Dapur Pacu Cukup Elit dan Nilai Plus Lainnya

Samsung memasang chipset keluaran Qualcomm, yakni Snapdragon 720G pada Galaxy A52. Bisa ditebak, kode G menandakan kalau chipset ini memang fokus pada kemampuan gaming.

Tak heran kalau beberapa fitur Elite Gaming Qualcomm pun disertakan seperti game HDR, Qualcomm aptX Adaptive Audio dan grafis halus.

Dipadukan dengan RAM hingga 8GB, membuat Galaxy A52 sangat lancar dalam menghadapi aplikasi berjalan di layar, meskipun smartphone ini bukan monster multitask. Pilihan chipset juga membantu kinerja sensor pemindai sidik jari di bawah layar (underscreen), NFC dan face recognition. Dibekali slot microSD dan jack audio 3.5mm, Galaxy A52 makin istimewa.

Keberadaan fitur NFC pada ponsel ini juga sangat mendukung gaya belanja masa kini yang sudah cashless. Terakhir, Samsung memasang baterai tanam dengan kapasitas 4.500mAh.

Adanya fitur Adaptive Power Saving juga membuat penggunaan baterai makin hemat saat dayanya menipis. Proses charging pun lebih efisien berkat teknologi fast charging 25W.

Baca juga: Dibanderol Rp33,8 Juta, Samsung Boyong Galaxy Z Fold 2 ke Indonesia

Jadi, Apakah Samsung Galaxy A52 Layak Dibeli?

Lewat serangkaian keunggulan yang ditawarkan, tidak salah memang jika Samsung Galaxy A52 dijuluki sebagai salah satu mid-range terbaik. Dengan harga yang sesuai dengan kelasnya, tentu memiliki ponsel ini sebagai teman kegiatan sehari-hari adalah suatu hal yang sangat menguntungkan.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago