Samsung

Samsung Galaxy M02 Dijual Rp1,3 Juta dengan Baterai 5000mAh

Sudah dirilis secara global pada 9 Februari 2021, sepertinya tak butuh waktu lama bagi Samsung Galaxy M02 untuk hadir di Indonesia. Tepat di pekan terakhir bulan Februari, SEIN (Samsung Electronics Indonesia) resmi memboyong Galaxy M02 ke Tanah Air. Menyasar segmen entry-level, kehadiran Galaxy M02 tentu menambah variasi smartphone lagi.

Seperti yang sudah diketahui, pandemi Covid-19 yang berkepanjangan memang membuat siapapun harus semakin menyesuaikan diri dengan gaya hidup serba online. Terutama para pelajar, orangtua akhirnya wajib menyediakan gawai yang lancar saat chatting online dengan guru. Hanya saja keinginan memberikan smartphone terganjal oleh dana yang pas-pasan.

Baca juga: Pre-Order Terakhir Hari Ini, Samsung Galaxy S21 Dijual Mulai Rp12,9 Juta

Seolah menjawab kebutuhan itulah, Samsung Galaxy M02 hadir sebagai salah satu ponsel di harga terjangkau. Bahkan tak hanya untuk belajar saja, smartphone yang satu ini cocok digunakan untuk Anda yang baru saja menggeluti bisnis online atau hobi belanja di internet. Memang selayak apa Galaxy M02 ini dipertimbangkan? Simak ulasan lengkapnya dari kami.

Spesifikasi Samsung Galaxy M02

© SEIN
  • Sistem Operasi: Android 10, One UI 2.0
  • SIM: Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: 6.5″ PLS IPS dengan resolusi 720×1600 piksel
  • Chipset: Mediatek MT6739W (28 nm)
  • CPU: Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53
  • GPU: PowerVR GE8100
  • Internal/RAM: 32GB/2GB, 32GB/3GB
  • Kamera Utama: 13MP (wide) dan 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 5MP
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam dengan kapasitas 5000mAh

Dilaporkan tek.id pada Kamis (18/2) pekan lalu, Samsung Galaxy M02 hadir sebagai ponsel khusus #SobatAntiLowbat. Tentu tagline yang diusung SEIN ini cukup menarik karena sebagai ponsel kelas entry-level dengan harga terjangkau, Galaxy M02 menawarkan keunggulan pada kapasitas baterai yang tentu membuatnya cukup menonjol di kelasnya.

Dalam variannya secara global, ada empat warna yang tersedia untuk Galaxy M02 yakni hitam, abu-abu, biru dan merah. Namun untuk pasar Indonesia, tampaknya SEIN memilih varian biru dan merah untuk bisa dipilih calon konsumen. Dari informasi yang ada, Galaxy M02 dibanderol dengan harga Rp1.349.000 per unit.

Hanya saja untuk pembelian di momen Flash Sale mulai hari Senin (22/2) hingga Kamis (25/2) besok, Anda bisa membawa pulang Samsung Galaxy M02 dengan harga lebih murah yakni Rp1.299.000. Harga promo ini dapat diperoleh di website resmi samsung.com dan secara eksklusif di e-commerce Lazada.

Baca juga: Memori Jumbo 128GB, Samsung Galaxy A21s Dijual Rp3 Jutaan

Selain harganya yang lebih murah, konsumen berpeluang memperoleh bonus langsung earphone original dari Samsung dengan harga Rp149 ribu. Menurut Irfan Rinaldi selaku Product Marketing Manager SEIN, Galaxy M02 memang hadir sebagai wujud komitmen Samsung untuk memenuhi kebutuhan #SobatAntiLowbat yang memang punya mobilitas sangat tinggi.

Selain Galaxy M02, pabrikan ponsel asal Korea Selatan ini juga membawa Galaxy A02. Dengan tampilan desain yang cukup identik, kedua seri keluarga besar Galaxy ini dijual di rentang harga Rp1 jutaan. Meskipun memang Galaxy A02 dijual lebih mahal Rp150 ribu, mempertimbangkan memiliki Galaxy M02 juga cukup memuaskan.

Desain Bodi Sederhana Minimalis

© detikINET/Adi Fida Rahman

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dari segi tampilan memang desain yang diusung Galaxy M02 memiliki kemiripan dengan Galaxy A02. Namun karena hadir sebagai ponsel kelas murah dari Samsung, tampaknya memang desain yang dipilih tidak terlalu rumit. Bahkan bisa dibilang cukup sederhana dan minimalis.

Memilih material plastik baik pada bodi ponsel dan bagian bingkai, menjadikan Galaxy M02 tak ubahnya smartphone kelas entry-level lainnya. Dengan dimensi 164×75.9×9.1mm, membuat ponsel ini cukup tebal bahkan jika dibandingkan dengan smartphone premium Samsung lainnya. Bobot yang mencapai 206 gram menjadikannya cukup berat karena kapasitas baterai.

Namun Samsung Galaxy M02 akan menjadi ponsel yang sempurna bagi Anda yang memang menyukai hal-hal berbau minimalis. Dengan modul mungil yang menyimpan dua lensa kamera di bagian belakang dan tekstur bodi ponsel, menjadikan Galaxy M02 cukup nyaman digenggam dan tidak akan mudah tergelincir.

Baca juga: Dibanderol Rp33,8 Juta, Samsung Boyong Galaxy Z Fold 2 ke Indonesia

Layar Lega di Kelas Entry-Level

Dengan harga yang tidak sampai Rp1,5 juta, Samsung sepertinya tak mau terlalu banyak bermain pada tampilan fisik Galaxy M02 ini. Pada bagian layarnya saja, cuma memakai panel PLS IPS LCD tapi sudah terbentang selebar 6.5″. Ukuran layar ini cukup melegakan untuk kebutuhan sehari-hari dasar entah chatting, scrolling media sosial hingga browsing standar.

Untuk kamera selfie, Samsung memilih desain layar Infinity-V. Sekadar informasi, kendati layarnya tampak sederhana dan ’cuma’ memiliki resolusi HD+ dengan kerapatan 270ppi, tampilan visual yang dihadirkan cukup menarik. Namun Anda harus waspada karena Galaxy M02 tak dilengkapi pelindung layar bawaan sehingga mudah tergesek benda tajam.

Kamera Standar Untuk Pengguna Android Pemula

Jika Anda mencari smartphone dengan kemampuan kamera yang sangat memuaskan, tentu Samsung Galaxy M02 bukanlah pilihannya. Kenapa begitu? Sebab ponsel ini cuma dibekali dengan lensar kamera standar. Dua lensa kamera utama di bodi belakang ponsel masing-masing cuma beresolusi 13MP dan 2MP, sementara lensa kamera selfie berukuran 5MP.

Namun Anda tak perlu cemas karena Samsung sudah memasang LED flash pada modul kamera belakang. Bahkan disebutkan kalau kamera utama mampu melakukan perekaman video 1080p@30fps yang tentu bisa dipertimbangkan jika Anda termasuk yang hobi merekam kondisi sekitar sewaktu-waktu, meskipun tanpa dilengkapi fitur HDR dan panorama.

Dapur Pacu Oke Meski Chipset Sederhana

perbandingan Galaxy A02 dan M02

Berpindah ke dapur pacu, lagi-lagi Samsung tidak terlalu banyak memberikan keistimewaan. Samsung bahkan memilih chipset lawas milik MediaTek yang sudah dirilis tahun 2017 lalu yakni MT6739W sebagai ’otak’ dari ponsel. Sekadar informasi, MT6739W sendiri memang menjadi chipset yang mendukung operasional smartphone kelas pemula.

Namun meskipun begitu, MT6739W sudah mendukung akses jaringan 4G LTE sehingga Anda tak perlu cemas browsing atau streaming YouTube bakal lelet. Dilengkapi prosesor Quad Core 1.5Ghz Cortex-A53, menjadikan dapur pacu Samsung Galaxy M02 bisa bekerja dengan ketepatan dan kecepatan standar.

Apalagi keberadaan dua varian RAM yakni 2GB dan 3GB menjadikan Galaxy M02 mampu melakukan kebutuhan multitasking sederhana. Jika memori terlalu kecil yakni 32GB, Anda bisa menambahkan ruangan penyimpanan dengan kartu SDXC. Terlepas dari kesederhanaan dapur pacu, Galaxy M02 justru sudah dilengkapi pengolahan grafis maksimal dan jaminan gambar HD.

Baca juga: Imbas Covid-19, Samsung Bakal Rilis Ponsel 5G Murah

Fitur Navigasi Handal dengan Baterai Besar

Agar konsumen makin puas, Samsung Galaxy M02 sudah memiliki sistem navigasi fungsional. Dimana Samsung memasang A-GPS dan GLONASS yang saling terhubung sehingga bisa membuat Galaxy M02 menentukan akses lokasi dengan tingkat akurasi tinggi. Keberadaan Bluetooth versi 5.1, WiFi Direct dan micro USB menjadikan konektivitas smartphone ini memuaskan.

Terakhir untuk sektor baterai yang memang ditonjolkan oleh Samsung, ponsel ini memiliki daya baterai tanam berjenis Li-Po sebesar 5000mAh. Dari klaim Samsung, baterai Li-Po dianggap lebih punya akses penyaluran dana efisien dibandingkan baterai tipe Li-Ion. Dengan kapasitas baterai besar, Galaxy M02 disebut bisa tahan minimal 15 jam hingga seharian.

Jadi, Apakah Samsung Galaxy M02 Layak Dibeli?

Menimbang berbagai keunggulan dan kekurangan yang ditawarkan, Samsung Galaxy M02 tetap bisa jadi salah satu ponsel entry-level yang patut dibeli. Apalagi nama besar Samsung seolah jadi jaminan layar dan kamera meskipun memang hardware yang dipakai sangat sederhana. Sehingga jika Anda yang butuh ponsel murah dengan kemampuan standar, Galaxy M02 dapat dipilih.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

5 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago