Samsung

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di Indonesia dengan total korban meninggal dunia mencapai 132 ribu. Kondisi yang muram membuat negeri ini belumlah usai dengan pandemi yang sangat berdampak ke perekonomian. Namun tampaknya perekonomian yang belum pulih bukanlah alasan bagi Samsung Galaxy M32 untuk batal hadir di Tanah Air.

Dirilis pertama kali pada pekan ketiga bulan Juni 2021, Galaxy M32 memang jadi salah satu unggulan pabrikan ponsel asal Korea Selatan itu. Yang menarik, Samsung tampaknya tidak mau mengekor menghadirkan ponsel-ponsel entry level dengan harga Rp1 jutaan. Kali ini Samsung menawarkan salah satu unggulannya di rentang harga kelas menengah.

Namun apakah tidak merugikan mengingat Indonesia masih saja melakukan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) di seluruh Tanah Air? Kondisi ini sepertinya bukan kecemasan bagi Samsung. Lewat lini Galaxy, Samsung justru memboyong M32 yang memiliki ciri khas ponsel-ponsel kelas menengah lain yakni RAM cukup lega.

Baca juga: Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

Di tengah persaingan ponsel-ponsel 5G dan beberapa unggulan entry level dari seteru abadinya yakni pabrikan smartphone Tiongkok, Samsung Galaxy M32 seolah hadir memperkuat hagemoni raksasa elektronik Negeri Ginseng itu di Tanah Air. Bakal seperti apakah Galaxy M32 ini penampilan, spesifikasi dan untung-ruginya untuk dibeli? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M32

  • Sistem Operasi: Android 11, One UI 3.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED 6.4″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: MediaTek Helio G80 Gaming
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Internal/RAM: 64GB/4GB, 128GB/6GB, 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (depth), 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 20MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh

Ditawarkan dengan pilihan warna white, black dan light blue, Samsung Galaxy M32 memang hadir sebagaimana ciri khas perusahaan yang tidak terlalu ’bermain-main’ dengan bodinya secara visual. Hanya saja mereka dengan cukup percaya diri kalau ponsel kelas menengah ini sangatlah sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang ingin smartphone berkualitas dengan harga murah di masa PPKM.

Hal itulah yang diungkapkan oleh Ilham Indrawan selaku Product Marketing Manager Samsung Electronics Indonesia (SEI) pada hari Senin (30/8) kemarin, seperti dilansir detikinet. Dengan tiga pilihan RAM yakni 4GB, 6GB dan 8GB, tentu saja calon konsumen akhirnya dapat memperoleh ponsel terbaik sesuai dengan budget yang dimiliki.

Kalau Anda ingin meminang yang diperkuat RAM 6GB, Samsung membanderol Galaxy M32 dengan harga Rp2,799 juta. Harga ini merupakan harga spesial yang bisa diperoleh calon konsumen di sepanjang bulan September 2021 dalam masa Flash Sale, sebelum akhirnya Galaxy M32 dijual dengan harga normal Rp2,999 juta. Tentu saja ini terbilang cukup terjangkau dengan spesifikasi yang ditawarkan.

Sedangkan jika Anda ingin memiliki Samsung Galaxy M32 dengan kekuatan RAM 8GB, sediakan dana Rp3,3 juta. Sekadar informasi, Galaxy M32 yang diperkuat RAM varian tertinggi ini sudah diluncurkan pada publik Tanah Air sejak bulan Juli 2021. Kembali lagi pada Galaxy M32 varian RAM 6GB, periode Flash Sale bakal mulai digelar pada 1-3 September 2021 di website resmi Samsung dan marketplace Blibli.

Dalam siaran pers-nya, Ilham menegaskan kalau M32 dengan varian RAM lebih kecil dan harga terjangkau ini hadir demi memenuhi kebutuhan konsumen supaya makin produktif selama PPKM. “Samsung Galaxy M32 dirancang sebagai ponsel kelas menengah yang punya harga terjangkau demi mendukung aktivitas atau mengeksplorasi passion pengguna.”

Desain Bodi Sederhana Nan Nyaman

© Tech2/Chandrakant Isi

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Samsung memang tidak terlalu ’bermain’ dalam pemilihan desain bodi untuk ponsel-ponsel mereka terutama bukan kelas flagship. Hal itu pula yang terlihat dari Galaxy M32 yang bisa dibilang hadir dengan tampilan desain bodi lumayan sederhana. Kendati punya dimensi layar cukup lebar, ponsel ini sangat nyaman dipegang dan tidak berat.

Baca juga: Dijual Rp4,9 Juta, Samsung Galaxy A52 Ludes Dipesan di Indonesia

Pada bagian bawah ponsel terdapat headphone jack sekaligus port USB Type C dan speaker. Sedangkan untuk bagian kanan ponsel dilengkapi dengan tombol volume dan power. Seperti kebanyakan ponsel masa kini, tombol power Galaxy M32 juga bertindak sebagai pemindai sidik jari. Untuk slot SIM, Samsung memasangnya di bagian kiri bodi ponsel.

Memakai material glasstic, bodi Galaxy M32 memang menyerupai kaca sehingga noda sidik jari mudah menempel. Untuk itulah jika Anda menggunakannya tanpa casing, harus sering dibersihkan supaya tak berkesan kotor.

Panel Super AMOLED, Terbaik di Kelasnya

© NewsUpdateUK/Andrew McCollum

Berpindah ke layar, panel Super AMOLED jelas membuat ponsel satu ini jauh lebih unggul daripada smartphone lain di kelasnya. Dengan menggunakan panel Super AMOLED, pengguna Samsung Galaxy M32 jelas bakal begitu dimanjakan. Di mana pandel ini akan menghadirkan kualitas warna layar yang luar biasa jempolan.

Dengan bentang 6.4″, layar ponsel ini mampu menghadirkan resolusi Full HD+ yang tentunya membuat Anda benar-benar puas saat gaming atau sekadar streaming serial TV baru. Lantaran telah mendukung refresh rate 90Hz, Galaxy M32 terasa begitu halus saat Anda menggeser tampilan layar ketika sedang browsing atau scrolling timeline media sosial, hingga main game online.

Tak berhenti di situ saja, keberadaan panel Super AMOLED ini membuat tingkat kecerahan layar Galaxy M32 dapat mencapai 800 nits. Dengan nilai itu, layar ponsel ini jelas bakal tetap jelas dipandang sekalipun tengah digunakan di bawah pancaran sinar matahari. Adanya lapisan kaca Gorilla Glass 5 juga menambah kemampuan perlindungan atas gesekan benda-benda tajam seperti kunci kendaraan saat disaku.

Empat Kamera Istimewa Untuk Bikin Konten

© NewsUpdateUK/Andrew McCollum

Sejauh ini konsumen yang mengenal ponsel Samsung tentu begitu identik dengan kualitas layar dan juga kamera. Hal itulah yang ditunjukkan lewat Galaxy M32. Diperkuat dengan quad-camera di bagian belakang ponsel, Samsung memasang keempat sensor lensa kameranya dalam konfigurasi modul persegi yang tentunya begitu elegan dan nyaman dilihat.

Berdasarkan review yang dilakukan Adi Fida Rahman, lensa utama Samsung Galaxy M32 mampu memberikan hasil memuaskan kala dipakai di siang hari. Karena dalam kondisi cahaya maksimal, sensor lensa kamera 64MP itu mampu membidik foto atau merekam video dengan baik. Tak hanya lensa utama, lensa quad-camera pendukung lain entah ultrawide, depth atau macro pun bekerja memuaskan pula.

Namun jika digunakan dalam kondisi pencahayan tidak maksimal, kemampuan quad-camera itu sedikit berkurang dan bisa menimbulkan noise pada hasil jepretan. Sedangkan untuk lensa kamera selfie notch waterdrop dengan sensor 20MP, sudah pasti benar-benar memuaskan apalagi jika digunakan untuk membuat konten TikTok, stories di Instagram atau WhatsApp, bahkan video webinar di Zoom.

Dapur Pacu Multitasking dari Chipset Gaming

Tidak lengkap rasanya membahas Samsung Galaxy M32 tanpa membedah kemampuan dapur pacunya. Diperkuat chipset gaming keluaran MediaTek yakni Helio G80, ponsel ini sebetulnya lebih dari mampu dalam mengolah kebutuhan multi-tasking. Apalagi ada sejumlah ponsel menengah ke atas lainnya yang memakai chipset sama, tentu saja pengguna Galaxy M32 bisa lebih berbangga.

Baca juga: Samsung Galaxy M02 Dijual Rp1,3 Juta dengan Baterai 5000mAh

Jika digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing, jualan online di media sosial, PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) hingga berbagai webinar di Zoom atau Google Meet, Galaxy M32 memang cukup mampu. Bahkan untuk beberapa game online sekelas PUBG Mobile, Anda tak akan memperoleh masalah berarti. Hanya saja untuk penggunaan game dengan spesifikasi lebih berat, ponsel ini jelas bakal menderu.

Untuk game-game online pada umumnya, chipset ini hanya bisa menjalankan kinerjanya secara apik jika diatur dalam tingkat grafis rendah hingga menengah. Namun lantaran dipasarkan bukan sebagai ponsel gaming, tentu saja keberadaan Helio G80 sudah cukup mengakomodir kebutuhan konsumen di masa PPKM yang masih harus melakukan kegiatan secara mobile.

Fitur Tambahan dan Kemampuan Baterai

© Youtube/Agrawalji Technical

Desain bodi sudah, layar sudah, kamera dan performa chipset pun sudah. Hal berikutnya yang layak dibahas dari Samsung Galaxy M32 adalah perihal fitur tambahan yang disematkan. Sayang sebagai ponsel kelas menengah, sebetulnya tak banyak hal yang ditawarkan sehingga membuat smartphone ini sudah cukup memuaskan dalam kebutuhan sehari-hari.

Diperkuat dengan RAM 6GB, tentunya pembuatan konten akan bisa dilakukan tanpa repot-repot ngelag, termasuk Podcast. Seperti yang Anda tahu, saat ini menjadi contect creator memang sebuah profesi yang cukup menjanjikan di Tanah Air. Sehingga Galaxy M32 diharapkan bisa menjadi salah satu ’senjata’ terbaik untuk membuat sejumlah konten berkat RAM yang melegakan.

Kebutuhan entertainment pengguna pun bisa dipenuhi oleh Galaxy M32 lewat layar yang memuaskan. Meskipun untuk urusan audio, ponsel ini sedikit memiliki kelemahan lantaran belum mendukung stereo.

Hmm, performa oke dan bisa dipakai entertainment, bagaimana kemampuan baterainya? Apakah boros?

Tenang saja. Samsung membenamkan baterai berkapasitas 5000mAh yang tentunya sangat mampu bertahan dalam waktu lama. Jika dipakai untuk kebutuhan normal, Galaxy M32 diklaim bisa bertahan selama 3-4 hari tanpa diisi ulang dayanya. Namun dengan catatan, Anda mematikan ponsel saat malam hari ketika sedang tidur, maupun saat tidak dipakai.

Sedangkan kalau digunakan non-stop untuk gaming atau bahkan streaming video, Galaxy M32 juga tidak cepat boros. Kondisi ini jelas sangat membantu kebutuhan WFH (Work From Home) yang memang masih diterapkan hingga saat ini, begitu pula anak-anak sekolah dan mahasiswa yang PJJ. Yang cukup memuaskan, kemampuan pengisian daya ponsel ini lumayan kencang.

Dibekali teknologi super fast charging 25W, ponsel ini bisa mengisi baterai sampai penuh dari posisi 15-18 persen dalam waktu kurang dari dua jam, tepatnya 100 menit saja. Fakta ini jelas sangat membantu pengguna yang memang dituntut memiliki mobilitas tinggi.

Baca juga: Pre-Order Terakhir Hari Ini, Samsung Galaxy S21 Dijual Mulai Rp12,9 Juta

Jadi, Apakah Samsung Galaxy M32 Layak Dibeli?

Melihat yang ditawarkan oleh Samsung, Galaxy M32 memang begitu cocok digunakan untuk kebutuhan di masa PPKM. Harga yang cukup terjangkau dan berbagai keunggulan fitur dan spesifikasi terutama urusan panel layar, baterai sampai kamera, membuat calon konsumen dapat mempertimbangkannya secara bijaksana.

Apapun itu, Samsung Galaxy M32 sepertinya hadir sebagai salah satu ponsel kelas menengah unggulan di Indonesia. Di tengah tingginya kebutuhan ponsel dengan kapasitas RAM dan layar cukup lega, smartphone ini hadir sebagai solusi. Meskipun belum bisa mengakses jaringan internet 5G, bukanlah masalah berarti karena Anda masih bisa menikmati ponsel ini.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

20 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago