Samsung

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah bagi Samsung. Brand elektronik raksasa asal Korea Selatan itu bahkan tampak tenang dan terus merilis smartphone unggulan mereka di Indonesia. Salah satunya yang hadir pada pekan terakhir bulan Oktober 2021 kemarin adalah Samsung Galaxy M52 5G.

Dari namanya saja, kami cukup yakin kalau smartphone yang satu ini sudah memperoleh tenaga akses internet 5G. Tentu saja kehadiran Galaxy M52 5G ini akan menjadi opsi lain bagi Anda yang tengah mencari ponsel 5G berkualitas di kelas menengah alias mid-range. Lantaran bukan entry-level, komponen dan harga yang ditawarkan Galaxy M52 5G akan sedikit lebih pricey.

Baca juga: Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Dikenalkan oleh Samsung secara global pada 24 September lalu dan mulai dijual resmi pada 3 Oktober, Galaxy M52 5G memang butuh waktu hampir empat pekan sebelum akhirnya bisa dinikmati gadgetfreak di Tanah Air. Samsung bisa dibilang cukup percaya diri dalam menghadirkan Galaxy M52 5G, karena saat ini Indonesia tengah dalam masa pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 berkepanjangan.

Jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel keluaran pabrikan Tiongkok entah dari Xiaomi, realme, Oppo bahkan Vivo, Samsung Galaxy M52 5G memang lebih mahal. Karena memang seri M dari ponsel Samsung memang berstatus sebagai smartphone terbaik dan termahal untuk tahun 2021. Dengan banyak anggapan bahwa Galaxy M52 5G merupakan yang terbaik di seri M, yuk simak ulasannya!

Spesifikasi Samsung Galaxy M52 5G

  • Sistem Operasi: Android 11, One UI 3.1
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: Super AMOLED Plus 6.7″ dengan resolusi 1080×2400 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM7325 Snapdragon 778G 5G (6 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.4 GHz Kryo 670 & 4×1.8 GHz Kryo 670)
  • GPU: Adreno 642L
  • Internal/RAM: 128GB/6GB, 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 64 MP (wide), 12MP (ultrawide), 5 MP (macro)
  • Kamera Selfie: 32 MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh

Melihat spesifikasi yang ditawarkan terutama mulai dari kamera, pilihan chipset dapur pacu hingga kapasitas memori serta baterai, tak ayal lagi jika Samsung Galaxy M52 5Gmempunyai segudang keunggulan. Anda yang memang tengah mengincar ponsel berkualitas dan sudah mampu mengikat jaringan internet 5G, Galaxy M52 5G tentu bisa jadi pilihan yang tepat.

Sesuai dengan namanya, Galaxy M52 5G sendiri merupakan penerus dari Galaxy M51 yang sudah diboyong Samsung pada Oktober tahun lalu.  Menurut Ilham Indrawan selaku Product Manager Marketing SEI (Samsung Electronics Indonesia), Galaxy M52 5G memang dihadirkan oleh SEI demi menjawab permintaan pasar, terutama yang butuh gawai berkualitas untuk produktivitas sehari-hari.

Mempunyai tiga pilihan warna global yaitu icy blue, blazing black dan white, Samsung Galaxy M52 5G dibanderol dengan harga Rp5,399 juta. Hanya saja demi menggenjot penjualannya saat dirilis pada 22 Oktober 2021 hampir dua pekan lalu, SEI melakukan skema Flash Sale di website resmi Samsung dan jaringan outlet resmi SEI di seluruh Tanah Air, serta marketplace-marketplace yang diajak kerjasama.

Dalam periode Flash Sale yang sudah digelar pada 25-31 Oktober kemarin, Galaxy M52 5G dijual dengan harga khusus yakni Rp4,999 juta. Bukan tanpa alasan kenapa SEI memilih mendatangkan Samsung Galaxy M52 5G ke Tanah Air, karena meskipun jaringan internet 5G masih terbatas dalam hal akses, rupanya penjualan ponsel 5G sangat laris manis. Apakah Galaxy M52 5G bisa mengikuti jejaknya? Patut dinantikan.

Baca juga: Dijual Rp4,9 Juta, Samsung Galaxy A52 Ludes Dipesan di Indonesia

Premium Minimalis dengan Layar Super Lega

Bukan Samsung namanya kalau tidak bisa menghadirkan ponsel dengan desain yang meskipun sederhana, tampak classy. Hal serupa juga terjadi pada Galaxy M52 5G yang memiliki tampilan bodi premium minimalis, seperti layaknya ponsel-ponsel kelas menengah. Masih menggunakan ciri khas desain seri M, bagian belakang ponsel yang dibuat dari material plastik polikarbonat ini dikemas dalam finishing glossy.

Sedangkan untuk layarnya, Samsung membenamkan panel Super AMOLED Plus yang memang cukup besar yakni 6.7”. Dengan begitu akan sangat memuaskan pengguna yang hobi gaming maupun streaming menonton film dan series. Lantaran punya refresh rate 120Hz, layar ponsel bakal sangat nyaman untuk scrolling media sosial pula.

Samsung memasang lapisan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang membuat Anda tak perlu cemas pada goresan-goresan benda tajam seperti kunci kendaraan yang bisa merusak tampilan layar. Untuk penggunaan di luar ruangan, Samsung Galaxy M52 5G bisa memberikan tingkat kecerahan dan kontras warna memuaskan karena tampilan layar masih terlihat jelas.

Triple Camera dan Lensa Selfie Super

Sebagai ponsel menengah ke atas, Samsung tentunya tidak main-main dalam pemasangan kamera utama. Untuk Galaxy M52 5G ini, terdapat tiga lensa yang terpasang dalam modul persegi panjang di belakang bodi ponsel. Dilengkapi dengan LED flash, modul kamera terpasang begitu elegan. Dengan lensa kamera utama 64 MP f1.8, Galaxy M52 5G tentu lebih dari cukup untuk memotret dan merekam momen menarik.

Sementara itu dua lensa pendukungnya adalah lensa ultrawide 12 MP f2.2 dan lensa macro 5 MP f2.4, menjadikan Samsung Galaxy M52 5G sebagai teman terbaik yang lebih dari cukup. Anda yang hobi fotografi juga bisa melakukan pengambilan foto atau gambar sesuka hati entah landscape, portrait atau mungkin street photography yang kualitasnya bahkan sangat memuaskan.

Dari ulasan yang dikutip SINDOnews, ketiga kamera utama Galaxy M52 5G ini memang sudah mampu memberikan hasil foto atau video yang bagus dan tajam meskipun tampak tidak terlalu konsisten. Namun Anda harus sepakat jika Samsung memberikan dynamic range yang sangat baik untuk kamera-kamera Galaxy M52 5G, terutama dalam menangkap highlight dan shadow hingga penggunaan mode HDR.

Bagaimana dengan penggunaan di malam hari?

Tenang saja, Samsung Galaxy M52 5G sudah melengkapi diri dengan fitur Night Mode yang mampu memberikan hasil potret foto atau perekaman video sangat terang. Kendati begitu kamera pada smartphone premium ini bukannya tanpa cela karena absennya teknologi OIS (Optical Image Stabilizer) membuat hasil rekaman video atau potret foto cukup shaking lantaran tingkat kestabilannya minim.

Baca juga: Samsung Galaxy M02 Dijual Rp1,3 Juta dengan Baterai 5000mAh

Itu dengan lensa kamera belakang, bagaimana dengan kamera selfie?

Bagi Anda yang hobi membuat konten atau mungkin berprofesi sebagai content creator entah di Instagram atau TikTok? Samsung Galaxy M52 5G jelas lebih dari sekadar cukup untuk menjadi perangkat andalan. Yap, lensa kamera ponsel ini terpasang dalam desain punch hole di bagian layar dan punya resolusi cukup melegakan yakni 32 MP. Dengan resolusi lensa kamera depan yang lega itu, Galaxy M52 5G diklaim mampu merekam video higga 4K 30fps.

Bisa dibilang dengan kemampuan perekamnya itu, Anda bisa memproduksi video-video Reels yang menarik. Atau bahkan kalau Anda hobi membuat vlog dan diunggah ke YouTube, Galaxy M52 5G akan melakukan tugasnya dengan baik. Anda yang sering mengikuti webinar dan bertugas sebagai pembicara pun akan bisa menghasilkan video live streaming yang jelas lewat Galaxy M52 5G.

Performa Yahud dengan Chipset Terbaik

Sebuah hal yang tidak mungkin jika Samsung Galaxy M52 5G hadir dengan performa biasa-biasa saja. Dengan statusnya sebagai ponsel menengah ke atas, performanya jelas memuaskan terlihat dari chipset yang dipakai yakni Snapdragon 778G 5G besutan Qualcomm. Seperti namanya, chipset ini jelas jauh lebih powerful daripada 780G.

Dilengkapi dengan CPU Kyro 670 yang dibuat khusus oleh Cortex-A78, Snapdragon 778G 5G ini kabarnya mampu mencapai kecepatan 2,4GHz. Keberadaan kartu grafis Adreno 642L memungkinkan Galaxy M52 5G menampilkan layar dengan resolusi Full HD+, serta mendukung fresh rate hingga 144Hz. Untuk para gamer, Qualcomm memasang fitur Snapdragon Elite Gaming sehingga nge-game jadi lebih optimal.

Kebutuhan konektivitas juga didukung penuh oleh Snapdragon 778G 5G ini mulai dari kemampuan akses Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.2, GPS frekuensi ganda, USB 3.1, USB-C dan tentunya NFC yang kini sangat dibutuhkan dalam keseharian. Anda juga akan menemukan fitur pemindai sidik jari Qualcomm 3D Sonic dan 3D Sonic Max yang melengkapi otentikasi biometrik iris mata, suara hingga wajah.

Memori dan Baterai HP Jumbo

Hal terakhir yang layak dibahas dari Samsung Galaxy M52 5G adalah memori dan baterai yang sama-sama diklaim jumbo. Yap, Samsung rupanya memberikan pilihan dua varian RAM untuk calon pengguna yakni 6GB dan 8GB. Tentu dengan RAM yang begitu besar itu, Galaxy M52 5G akan lebih dari mampu melakukan berbagai kegiatan multitasking entah untuk media sosial, menonton film, gaming sampai pekerjaan.

Agar seimbang, memori internal yang dipasangkan oleh Samsung adalah 128GB, membuat Anda bebas mengunduh dan memasang berbagai aplikasi sampai game-game spesifikasi dewa. Masih terasa kurang? microSD pun bisa digunakan. Dengan begitu Anda tak perlu bingung menghapus file-file foto atau video yang dimiliki hanya karena kapasitas ponsel sudah terlalu penuh.

Dan untuk mendukung berbagai kebutuhan kerja tanpa henti itu, Galaxy M52 5G dilengkapi oleh baterai besar berkapasitas 5000 mAh yang tentunya tak akan mudah boros. Smartphone akan punya screen on time yang lebih lama. Untuk pengisian daya pun, keberadaan fitur fast charging 25W akan membuat Anda bisa mengisi penuh baterai tanpa menunggu terlalu lama.

Baca juga: Pre-Order Terakhir Hari Ini, Samsung Galaxy S21 Dijual Mulai Rp12,9 Juta

Jadi Apakah Samsung Galaxy M52 5G Layak Dibeli?

Dengan spesifikasi yang tidak main-main, Galaxy M52 5G tentu sangat layak jadi incaran calon konsumen yang butuh smartphone berkualitas. Ponsel ini seolah membuktikan statusnya sebagai yang terbaik di seri M, berkat berbagai keunggulan. Sehingga dengan banderol harga cukup mahal, Anda tidak akan kecewa dalam penggunaannya.

Bagi Anda yang tak terlalu terpikat dengan Galaxy A52s 5G yang sudah diboyong di akhir September 2021, Samsung Galaxy M52 5G adalah produk unggulan 5G berikutnya dari SEI. Menawarkan fitur prima, apakah Galaxy M52 5G bisa bersaing dengan Xiaomi Mi 11T yang sama-sama fokus di kelas mid-range? Patut dinantikan hasilnya.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 bulan ago