Samsung

Samsung Galaxy S21 Ultra, Anak Emas Keluarga S21

Jika pada tahun – tahun sebelumnya model “Plus” menjadi andalan pada setiap seri ponsel Samsung, sejak tahun lalu anda diperkenalkan dengan model “Ultra” sebagai peningkatan dari model “Plus”.

Meski terlihat sebagai sebuah peningkatan, tapi beberapa pengamat pasar teknologi, ini menjadi bumerang bagi Samsung karena membuat perbedaan kualitas dalam sebuah seri ponseol antara model biasa dengan model Ultra semakin lebar.

Sebagai contoh, jika sebelumnya Samsung hanya mengeluarkan model Samsung Galaxy S10 dan Samsung Galaxy S10 Plus. Sejak tahun 2020 Samsung sedikitnya mengeluarkan tiga model yaitu Samsung Galaxy S20, Samsung Galaxy S20 Plus, dan yang menjadi andalan adalah Samsung Galaxy S20 Ultra.

Mengikuti template yang sama seperti tahun lalu, Samsung telah merilis tiga model Galaxy S21, dengan handset Galaxy S21 Plus, yang merupakan perangkat andalan beberapa tahun yang lalu, berada di tengah kisaran.

Jika perbedaan utama antara S20 Ultra dan S20 Plus terletak pada pengaturan kameranya, tahun ini Samsung telah membuat perbedaan yang lebih jelas antara kedua model tersebut.

Samsung Galaxy S21 Ultra diumumkan pada 14 Januari bersamaan dengan Galaxy S21 dan Galaxy S21 Plus pada acara Unpacked virtual Samsung yang meluncurkan jajaran produk andalannya pada 2021 sebulan lebih awal dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya diluncurkan setiap bulan Februari.

Galaxy S21 Ultra adalah ‘ponsel segalanya’ baru Samsung dengan lebih banyak kamera, spesifikasi yang lebih kuat, dan bahkan kompatibilitas S Pen untuk mengungguli Note 20 Ultra yang sangat disukai . Jika Anda cemas dengan rumor akhir seri Note, coba saja S21 Ultra.

Ini adalah visi Samsung tentang kelebihan smartphone untuk tahun 2021: lima kamera dipimpin oleh sensor 108MP, dua kamera telefoto, zoom 100x dan selfie 40MP, ditambah 5G, masa pakai baterai sepanjang hari dan RAM hingga 16GB.

Semua hal tersebut dikemas ke dalam ponsel Android dengan layar 6,8 inci 120Hz Quad HD dan sensor sidik jari dalam layar yang bisa ditingkatkan hingga luas permukaan 1,7x lebih besar daripada yang ada pada ponsel tahun lalu.

Kamera

Samsung Galaxy S21 Ultra dilengkapi dengan 4 kamera, iya 4 kamera. Kamera utama (wide) 108 MP (f/1.8), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera telephoto 10MP (zoom 3x, f/2.4), dan kamera telephoto 10 MP (zoom 10x f/4.9)

Kamera

Satu hal utama yang menjadi andalan Samsung pada model S21 Ultra ini adalah melengkapi kamera utamanya dengan laser untuk memperbaiki masalah fokus otomatis pada Galaxy S20 Ultra dan juga meningkatkan spesifikasi untuk memenuhi tuntutan pemrosesan foto besar 108MP, selfie 40MP, dan video 8K.

Kualitas foto tampak tajam, rentang dinamis mengesankan, dan fitur perangkat lunak ‘tripod lock’ Samsung mengatur tingkat zoom 30x dan 100x pada subjek untuk mencegah jendela bidik melompat-lompat sehingga tidak bisa fokus.

Pada Samsung Galaxy S21 Ultra anda akan jauh lebih mudah untuk melakukan 100x Space Zoom, meskipun hasilnya akan menimbulkan bintik cahaya seperti lampu pesta. Maka disarankan hanya menggunakan maksimal sampai 50x Space Zoom.

Memiliki dua kamera telefoto memang tampak konyol, tetapi keduanya menawarkan perspektif yang berbeda: 3x dan 10x, semuanya memberikan hasil optimal tanpa harus menggunakan digital dan hybrid.

Fungsionalitas zoom pada keduanya adalah optik, meskipun perangkat lunak kamera Samsung seringkali menentukan pengaturannya secara otomatis sesuai dengan objek.

Fotografi dan kecepatan hanyalah dua pertiga dari ulasan ini. Sisanya adalah tentang keindahan desain dan performa yang “galak”, dengan layar tepi-ke-tepi yang melengkung lembut, tonjolan kamera belakang yang lebih kecil, dan pilihan warna Phantom Black matte yang memukau yang seperti lubang hitam yang menyedot pandangan anda, meski Samsung juga menyediakan warna lain.

Sejujurnya bisa dikatakan sulit untuk berpaling. Galaxy S21 Ultra adalah ponsel Samsung paling tampan yang pernah ada.

Layar

Layar Galaxy S21 Ultra memiliki lengkungan dari kanan ke kiri sehingga nyaris tidak terlihat bezel di kedua sisi.

Layar Galaxy S21 Ultra

Layar S21 Ultra adalah yang pertama dari Samsung (di antara smartphone) yang mampu berjalan pada kecepatan refresh 120Hz yang mulus sementara dalam resolusi Quad HD pikselnya tampak begitu rapat.

Dalam keadaan di luar ruangan Galaxy S21 Ultra bisa secara otomatis menghasilkan hingga 1.500 nits super terang jika diperlukan.

Ponsel lain dengan layar AMOLED, termasuk S21 dan S21 Plus, maksimal 1.200 nits, dan sedikit membantu di bawah sinar matahari langsung.

Sensor sidik jari dalam layar Samsung yang didesain ulang menggunakan teknologi ultrasonik milik Qualcomm, memulai debutnya pada seri Galaxy S21. Ada 1,7x lebih banyak area permukaan pada bantalan biometrik yang tidak terlihat sehingga lebih mudah untuk menempelkan ibu jari di area yang lebih luas.

Stylus Pen

Galaxy S21 Ultra adalah ponsel pertama Samsung diluar versi Note yang kompatibel dengan stylus S Pen-nya.

Namun ada sedikit kekurangan dalam ha ini, pertama tidak ada S Pen yang disertakan dengan ponsel dan yang kedua bahkan saat Anda melakukan pembelian terpisah, tidak ada celah khusus untuk menyematkan stylus ke dalam bodi ponsel.

Solusinya adalah dengan membeli folio case yang menampung S Pen dengan desain baru yang sedikit lebih besar dan lebih nyaman dipegang daripada versi yang menyelipkan di dalam bodi ponsel Galaxy Note. S Pen dengan rapi dimasukkan ke dalam tulang belakang casing dan terasa aman di sana.

Spesifikasi

Seri S21 memang disebut-sebut memiliki pemrosesan paling cepat dibanding seri S sebelumnya. Exynos 2100 adalah rahasia dibalik performa seri S21 yang gahar.

Dengan tampilan antarmuka yang disederhanakan dalam OneUI 3.0 membuat kerja prosesor semakin ringan dengan tampilan yang tajam.

Untuk RAM dan memori, S21 Ultra tersedia dalam tiga pilihan yaitu kapasitas 12/128GB, 12/256GB, dan 16/512GB.

Hal yang disayangkan pada S21 Ultra adalah tidak adanya slot untuk Micro SD, meski memori 512GB sudah dirasa cukup besar bahkan untuk puluhan video dengan format 8K.

Baterai

Baterai 5.000mAh-nya cocok dengan kapasitas dan segala fitur yang disematkan dalam Galaxy S20 Ultra, dan anda akan mendapatkan masa pakai baterai sepanjang hari jika Anda tetap menggunakan pengaturan default Samsung dengan resolusi layar 1080p.

Anda tidak akan mendapatkan pengisi daya dengan Galaxy S21, dan Samsung berpikir bahwa anda masih memiliki pengisi daya yang lama, atau anda akan membeli yang baru dengan harga diskon.

Baca juga ; Samsung S21 atau Samsung S20 FE, Mana Yang Anda Pilih?

Anda juga dapat mengisi daya dengan cepat secara nirkabel hingga 15W, dan juga bisa mengisi daya secara nirkabel Samsung Galaxy Buds Pro atau apa pun yang mengisi daya Qi dengan fitur PowerShare.

Spesifikasi Lengkap Samsung S21 Ultra

Berat227g
Dimensi165,1 x 75,6 x 8,9 mm
Ukuran layar6,8 inci
ResolusiQHD (3200 x 1440)
Kecepatan refresh120Hz
Kepadatan piksel515ppi
ChipsetSnapdragon 888 / Exynos 2100
RAM12GB / 16GB
Penyimpanan128GB / 256GB / 512GB
Kamera belakang108MP + 10MP + 10MP + 12MP
Kamera depan40MP
Baterai5.000mAh
Spesifikasi Lengkap Samsung S21 Ultra
Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago