Categories: Samsung

Dibanderol Rp33,8 Juta, Samsung Boyong Galaxy Z Fold 2 ke Indonesia

Seperti yang diketahui bahwa, di Indonesia telah hadir banyak merk telepon canggih, salah satunya adalah Samsung.

Merk ini sangat terkenal dikarenakan kecanggihannya dan performa yang sangat baik. Kini merk smartphone ini menghadirkan sebuah inovasi baru dengan menghadirkan Samsung Galaxy Z Fold 2.

Ketika di masa seperti ini, banyak perusahaan telepon pintar yang meluncurkan ponsel dengan seri terbaru dan harga yang sangat terjangkau.

Namun, berbeda dengan Samsung yang malah dengan berani mengeluarkan smartphone dengan harga yang terbilang sangat mahal.

Dengan harga yang terbilang untuk kelas sultan, Samsung memberikan spesifikasi yang sangat keren dan sesuai oleh harga yang dibandrolnya.

Baca juga: Mulai 1,5 Jutaan! Inilah 8 Smartphone Samsung Terbaik Tahun 2020

Langkah yang dilakukan oleh Samsung ini, telah membuktikan bahwa perusahaan yang berpusat di Daegu, Korea Selatan percaya jika pasaran ponsel flagship masih terbilang sangat menggiurkan.

Meskipun, tengah adanya pandemi virus tak membuat perusahaan handphone ini merasakan kebingungan akibat faktor ekonomi. Pihaknya merasa jika peminat Samsung masih banyak yang berada di kelas atas.

Strategi yang dipilih dan dilakukan oleh pihak ini memanglah sangat cerdas dalam hal marketing. Setelah sebelumnya juga, Samsung telah merilis beberapa ponsel dengan kualitas atau spesifikasi serta harga yang terbilang cukup merogoh kantong.

Kini melalui Galaxy Z Fold 2, Samsung siap untuk memanjakan pembelinya dengan desain paling terbaru dan hits.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 2

tiga tampilan Samsung Galaxy Z Fold 2 © Future
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Nano-SIM dan/atau eSIM serta Samsung Pay (Visa, MasterCard certified)
  • Layar: Foldable Dynamic AMOLED 2X berukuran 7.6″ dengan resolusi 1768 x 2208 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×3.09 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • Internal/RAM: 256GB/12GB dan 512GB/12GB
  • Kamera Utama: 12MP (wide), 12MP (telephoto), 12MP (ultrawide)
  • Kamera Selfie: 10 MP (wide), cover camera 10MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4500 mAh dengan fast charging 25W, fast wireless charging 11W dan reverse wireless charging 4.5W

Dengan berbagai spesifikasi yang ditonjolkan, Galaxy Z Fold 2 ini memang jelas tak perlu diragukan. Tidak heran apabila dibandrol dengan harga yang mahal yakni mencapai Rp33,8 juta per unit, pada saat masa pre-order tanggal 11-19 September silam.

Meskipun harga jualnya benar-benar fantastis, Denny Galant selaku Head of IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia menyebutkan jika hasil pre-order sangatlah bagus.

Hal ini membuktikan jika Galaxy Z Fold 2 sangat mampu menjawab kebutuhan konsumen atas luxury tech, seperti dilansir Liputan6.

Ditawarkan di Indonesia dengan dua pilihan warna yakni Mystic Bronze serta Mystic Black, Galaxy Z Fold 2 adalah generasi ketiga dari smartphone layar lipat milik Samsung.

Adanya teknologi Flex Mode membuat pengguna bisa membuka layar perangkat sesuai keinginan dari banyak pilihan sudut kemiringan.

Baca juga: 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M21

Desain dan Layarnya Sangat Elegan dan Lebar

tampilan layar Galaxy Z Fold 2 © Future

Dengan mengusung konsep layar lipat, banyak pihak yang mengatakan bahwa ponsel dengan tema seperti itu mudah rusak.

Belajar dari berbagai kesalahan yang ada di dunia elektronik, kini Samsung dengan berani hadir kembali dengan mengusung sistem layar lipat.

Pada layarnya sendiri memiliki ukuran jauh lebih besar. Dimana layar utamanya berukuran 7.6 Inci dengan panel Foldable Dynamic AMOLED 2x, yang mana memiliki resolusi 1768 x 2208 pixels.

Serta tak lupa didukung oleh fitur teknologi HDR10+ dan refresh rate tinggi untuk menghasilkan pengalaman gaming yang lebih smooth.

Menghadirkan dua layar, membuat Samsung juga memberikan teknologi canggih pada layar sekundernya. Menggunakan cover display dengan ukuran 6.23 Inci.

Layar terebut memiliki resolusi 816 x 2260 pixel dan memakai panel Super AMOLED yang dapat digunakan pada saat menutup layar utamanya. Pada cover display-nya pun juga telah dilengkapi dengan adanya sebuah kamera.

Performa Canggih Anti Kecewa

Samsung Galaxy Z Fold 2 untuk gaming

Guna semakin menunjangnya teknologi yang ada, Samsung memilih untuk menggunakan chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ dengan processor berkecepatan Octa-core.

Hadir dengan RAM 12GB dan memori internal sebesar 256GB. Perlu diingat bahwa, Samsung Galaxy Z Fold 2 tidak memiliki slot microSD.

Kekurangan ini bukan menjadikan suatu masalah yang berarti, bila dilihat dengan memorinya yang sudah sangat mencukupi kebutuhan.

Membahas soal Snapdragon 865, chipset yang satu ini memang masuk kategori premium milik Qualcomm.

Sebagai chipset premium, Snapdragon 865 membuat tiga fungsi utama Galaxy Z Fold 2 makin canggih pada lini kamera, gaming dan AI (Artificial Intelegent). Bahkan ketiga fungsi ini yang membuat Snapdragon 865 tak bisa disetarakan dengan chipset-chipset lainnya.

Baca juga: Imbas Covid-19, Samsung Bakal Rilis Ponsel 5G Murah

Contohnya untuk kebutuhan kamera, Snapdragon 865 diberkahi Qualcomm Spectra 480 CV-ISP yang bisa membuat proses tangkapan gambar jadi lebih efisien dan sangat cepat.

Kemampuan 4 pixel per Clock Cycle membuat kamera Galaxy Z Fold 2 bisa mengurangi noise ketika Anda memotret dalam kondisi minim cahaya, seperti dilansir Selular.

sudut pandang tampilan Samsung Galaxy Z Fold 2 © Future

Tak hanya itu saja, teknologi ISP ini juga menghemat tenaga sampai 16% meskipun tekstur dan detil sensor meningkat 18%! Warna foto atau video yang direkam Galaxy Z Fold 2 ini juga sudah bisa menghasilkan 10 Bit HDR hingga satu miliar warna.

Bukan hanya memanjakan penggemar fotografi, Anda yang hobi gaming juga akan sangat terbantu oleh paduan GPU Adreno 650 di dapur pacu, yang dianggap versi tercanggih Qualcomm untuk saat ini.

Adreno 650 memiliki fitur Desktop Forward Rendering sehingga pengalaman gaming bisa terasa lebih nyata. Anda pun tak perlu cemas akan adanya flicker, karena obyek yang bergerak dalam game bakal jauh lebih lembut berkat refresh rate 144Hz.

Terakhir untuk bagian AI, Snapdragon 865 sudah mencapai generasi kelima sehingga kemampuan AI chipset ini bahkan dua kali lipat lebih baik daripada Snapdragon 855.

Dalam sekali proses AI, Snapdragon 865 bisa mencapai 15 Tops (triliun operation per session).

Keunikan Kamera Ponsel dengan Fitur Dual Pixel

lensa kamera belakang Samsung Galaxy Z Fold 2 © Future

Setelah membahas kemampuan dapur pacu yang sangat mendukung fitur kamera, Anda harus tahu jika Galaxy Z Fold 2 memiliki 3 kamera belakang yang semuanya telah beresolusi 12 Megapixel.

Ketiga lensa kamera belakang yang kembar itu telah dilengkapi dengan fitur wide, ultra wide dan telephoto.

Baca juga: Baterai 6000 mAh dan Kamera 64MP, Samsung Galaxy M31 Dijual Rp3,6 Juta

Untungnya Samsung tetap melengkapi ponsel ini dengan fitur Dual Pixel PDAF dan OIS, yang mana terdapat pada kamera utamanya.

Sedangkan pada bagian lensa telephoto sudah mendukung OIS dan 2x Optical Zoom. Lalu pada bagian kamera depannya, tepat pada sisi luar dan dalam sama-sama beresolusi 10MP.

Samsung Galaxy Z Fold 2, Ponsel 5G dengan Charging Beragam

tampilan normal Galaxy Z Fold 2 © Future

Meskipun kapasitas baterai Galaxy Z Fold 2 cukup standar yakni 4.500 mAh, Anda tidak perlu kecewa. Smartphone ini telah mengadopsi sebuah teknologi dengan pengaturan baterai ganda sama seperti Galaxy Fold generasi pertama.

Selain itu baterainya mendukung Fast Charging 25W dan Wireless Charging 11W. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki sebuah fitur Reverse Wireless Charging 4.5W untuk mengisi baterai smartphone lain.

Terakhir, yang patut dipertimbangkan pula jika ingin membeli Galaxy Z Fold 2 ini adalah, produk unggulan Samsung ini sudah mengusung sebuah teknologi 5G dan WiFi 6.

Bukan cuma itu saja, di sisi lain tersedia pula Bluetooth v5.1, GPS, NFC, dan port USB Type-C. Tak lupa juga, pada ponsel ini telah dilengkapi berupa sensor pemindai sidik jari yang ditempatkan pada tubuh ponsel bagian samping agar lebih mudah untuk dioperasikan.

Baca juga: Keunggulan dan Kekurangan Samsung Galaxy A51

Memang semua terkesan tampak begitu sempurna dan canggih, hanya saja Anda harus tahu bahwa hingga saat ini belum ada kepastian kapan teknologi 5G bisa diuji cobakan secara masal dan dinikmati masyarakat Indonesia.

Kondisi ini tentu sangat berbeda dengan negara kelahiran Galaxy Z Fold 2, dimana di Korea Selatan sana, teknologi 5G sudah lazim digunakan.

Demikianlah informasi mengenai spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy Z Fold 2. Ponsel ini kini telah hadir di Indonesia, bagi para pecinta gawai pastinya tidak akan ragu untuk menikmati keunggulan dan keistimewaan yang dihadirkan pada ponsel ini.

Sebelum membeli suatu ponsel pintar alangkah baiknya menggunakan sesuatu dan memilikinya sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

HP Elite Dragonfly G2, Kemewahan Laptop Berpadu Menjadi Satu

HP Elite Dragonfly G2 adalah penerus dari HP Elite Dragonfly yang pernah kami ulas, klik…

3 hari ago

Huawei MatePad Pro 2021 Dengan OS Terbaru Buatan Huawei, HarmonyOS

Huawei MatePad Pro 2021 hadir dengan dua pilihan layar, 10.8 inci dan 12.6 inci. Untuk…

7 hari ago

Moto G50, Peningkatan Dari Moto G10 dan Moto G30

Moto G50 adalah ponsel yang dapat diandalkan, meski fiturnya biasa-biasa saja. Namun, jika Anda mencari…

7 hari ago

Huawei MateBook X Pro 2021, Simbol Kecantikan Sebuah Ultrabook

HUAWEI MateBook X Pro menghadirkan kemewahan di meja Anda. Hadir dalam 2 warna alami yang…

1 minggu ago

Acer Enduro N3, Laptop Standar Militer Untuk Aktifitas Outdoor.

Ketika Anda mendengar kata Enduro, yang berasal dari kata Endure, pasti Anda memikirkan sebuah hal…

2 minggu ago

5 Jam Tangan Pintar Baru di Bulan Mei 2021, Mana Pilihanmu?

Apakah Anda suka memakai jam tangan atau sedang mencari jam tangan yang multi fungsi? Memang…

2 minggu ago