Samsung

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang ingin beradaptasi dengan teknologi masa depan.

Tentu karena harganya yang masih mahal, ini bukan ponsel untuk kelompok ekonomi menengah. Meski harganya sudah lebih murah daripada Z Fold 2.

Kami suka dengan dukungan S Pen Z Fold 3, daya tahan yang lebih besar, dan tahan air dalam desain lipat yang tampak akrab dengan kamera yang tidak berubah.

Jika Anda membuka lipatannya, akan membentang layar fleksibel 7,6 inci. Garis tengahnya hampir samar dan lebih baik dari edisi sebelumnya.

Anda dapat dengan leluasa menggulir layar dengan S Pen yang sangat menyenangkan pada layar sebesar ini. Mungkin banyak pengguna Fold edisi sebelumnya yang iri melihat peningkatan ini.

Anda bisa menulis lebih banyak dan menggambar animasi atau desain maket pada ponsel ini daripada smartphone Galaxy Note mana pun.

Dengan ukuran yang tidak terlalu besar sehingga lebih nyaman dan tidak seperti tablet tradisional berukuran penuh yang harus disimpan di dalam tas. Anda bisa menutup setengah bagian Galaxy Z Fold 3 dan memasukkannya ke saku.

Jelas ponsel ini akan mengubah cara Anda menggunakan telepon dari hari ke hari, apalagi jika Anda menggunakan S Pen dan kasing untuk membawanya. Sayangnya, stylus dijual terpisah dan tidak ada dalam box.

Namun Anda harus sedikit menurunkan ekspektasi Anda pada kamera Fold 3. Meski hasil jepretannya tetap cemerlang seperti biasa, namun kekuatan zoom-in kurang bagus.

Satu keunggulan kamera yang menonjol adalah kamera berbaris dengan rapi ke bawah sehingga meniadakan kebutuhan akan punch-hole. Dengan tampilan bagian dalam yang lebih mulus, meskipun penurunan kualitas kamera 4MP tampak jelas. 

Sedikit menyenangkan bahwa tahu harga Galaxy Fold 3 sedikit lebih murah dibandingkan dengan Galaxy Z Fold 2.

Sembari berharap ada layanan tukar tambah dari Samsung untuk ponsel Fold sebelumnya atau ponsel samsung lain. Tentu akan mengurangi jumlah uang yang harus kita bayarkan untuk satu unit Fold 3.

Saat ini samsung melalui laman resminya melayani tukar tambah Fold 3 dengan ponsel samsung apapun. Ada juga layanan kredit selama 24 bulan dengan cicilan hanya 1.041.000 per bulan.

Desain

Samsung Galaxy Z Fold 3 mempertahankan desainnya yang seperti buku dan fungsionalitas dari dua seri pendahulunya.

Dengan Cover Display 6,2 inci yang terbatas namun dapat digunakan pada bagian luar handset yang terbuka untuk menampilkan layar 7,6 inci besar di bagian dalam.

Dua layarnya menggunakan mekanisme engsel yang memungkinkan Anda melipat dan membuka ponsel ini, menjadi sebuah desain gadget seluler paling menarik pada  tahun 2021.

Kami telah melihat dua seri sebelumnya, tetapi sebagian besar orang yang melihat Galaxy Fold 3 akan mengatakan bahwa engselnya tampak lebih kuat dan gagah.

Untuk itulah Anda mengeluarkan banyak uang, faktor WOW dan decak kagum bagi siapapun. Ketika mereka melihat sebuah ponsel keluar dari saku kemudian Anda membukanya untuk menampilkan layar seukuran tablet 7,6 inci.

Samsung telah melakukan perbaikan pada engselnya, dan bahan yang digunakan lebih tahan lama daripada yang digunakan di semua ponsel lipat sebelumnya yang telah kami uji.

Faktanya, Samsung mengklaim Z Fold 3 80% lebih kuat dari perangkat lipat sebelumnya. Tentu saja, ada perbedaan mencolok saat Anda membuka perangkat, sebuah perubahan yang mencolok dari generasi pertama hingga ketiga.

Bodi Fold 3 lebih kuat daripada Fold 2, dan Kaca Ultra Tipis perusahaan kali ini terasa mantap saat anda memencetnya. Akan lebih nyaman untuk bermain game atau menggesek video Instagram dan TikTok.

Desain Z Fold 3 luar biasa, meskipun tidak selalu tampak praktis. Anda harus melupakan kenyataan bahwa Anda membayar mahal untuk membawa smartphone unggulan paling tebal dalam beberapa dekade ketika ponsel tipis dan ringan saat ini jauh lebih murah

 Ini adalah sentuhan yang lebih ringan dari Z Fold 2 yang mempunyai bobot 282 gram. Fold 3 hanya berbobot 271 gram, tetapi masih merupakan handset yang besar dan kuat.

Yang baru pada Z Fold 3 adalah ketahan pada air, dan kami mengujinya tanpa merusak unit ulasan kami yang sangat mahal. Kami bahkan membuka lipatannya di bawah rintik air hujan, dan itu tidak masalah.

Namun, peringkat ketahanannya hanya IPX8. Artinya Anda tidak akan dapat membawa ponsel ini ke pantai, karena tidak tahan debu.

Tampaknya butir pasir akan menjadi kelemahan ponsel lipat untuk beberapa waktu mendatang.

Tampilan

Layar 7,6 inci seperti tablet Samsung dengan kecepatan refresh 120Hz tetap menjadi nilai jual utama dari smartphone lipatnya.

Dengan rasio aspek 24,5:9 yang lebar, Fold 3 bisa menjadi pilihan kami untuk membaca eBook dan menjelajahi web dengan leluasa di ponsel.

Kolom pada situs web sebenarnya muncul bersebelahan bukannya menumpuk secara vertikal, dan kami bahkan menyelesaikan pekerjaan spreadsheet tanpa merasa kalah dengan tablet.

Anda masih harus belajar untuk mengabaikan garis lipatan tengah yang masih tampak meski samar. Bagaimanapun ini merupakan bagian dari layar AMOLED bagian dalam.

Mudah untuk mengabaikan garis tengah yang samar, karena kami dengan cepat terpesona oleh layar besar.

Kami mendapat banyak kesenangan dari bermain game tanpa ibu jari menutupi seluruh tampilan saat meraih kontrol di layar.

Kami juga bisa menunjukkan video YouTube kepada sekelompok teman tanpa harus menyerahkan perangkat kami. Mereka juga tidak perlu menyipitkan mata karena layar Z Fold 3 sebesar itu.

Tampilan cover depan, diperluas menjadi 6,2 inci ketika Z Fold 2 diluncurkan pada tahun 2020 karena feedback  yang luar biasa dari konsumen pada Z Fold 1.

Perluasan dimensi membuat Anda lebih mudah untuk mengetuk tombol tipis dari keyboard Cover Display yang sempit.

Dengan rasio refresh layar telah ditingkatkan hingga 120Hz, cocok dengan apa yang kami miliki pada tampilan bagian dalam sebelumnya.

S Pen

Galaxy Z Fold 3 kompatibel dengan S Pen, sebuah pembeda dari generasi Fold sebelumnya. Secara tidak resmi Fold 3 merupakan alternatif bagi  Note 21 Ultra.

Samsung menjual S Pen baru yang dirancang khusus untuk ponsel Fold 3, yaitu S Pen Fold Edition, dan S Pen Pro yang lebih besar. Lengkap dengan Bluetooth for Air Actions dan pengisian daya USB-C.

Sementara dalam seri Note, S Pen yang menyertainya berukuran tusuk gigi dan ditempatkan dalam bodi ponsel.

Namun pada Fold 3, Anda harus membeli aksesori S Pen sendiri. Karena Samsung tidak menyertakannya dalam box pembelian.

Kami suka dengan ukurannya yang mirip dengan ukuran S Pen untuk tablet Samsung, agar lebih ramah untuk para artis dan note taker

Jika Anda khawatir bahwa S Pen akan menusuk layar halus Z Fold 3, jangan khawatir. Ujung stylusnya akan masuk ke dalam jika terlalu banyak tekanan yang diberikan.

Sejauh ini kami tidak memiliki masalah saat menggambar dan mencoret-coret catatan selama pengujian kami.

Satu-satunya hal yang kami rasa kurang di sini adalah dukungan S Pen pada Cover Display. Samsung telah menyertakan memo screen-off-nya pada layar bagian dalam yang lebih besar, dan ide tersebut tampaknya cocok untuk Tampilan Sampul.

Kamera

Kamera Samsung Galaxy Z Fold 3 bagus, tetapi tidak inovatif. Anda masih akan puas dengan foto dan video yang sangat detail. Kebutuhan media sosial dan video untuk Youtube pun tidak masalah.

Spesifikasi kamera masih sama seperti Fold 2: kamera utama 12MP f/1.8, kamera ultrawide 12MP f/2.2, dan kamera telefoto 12MP f/2.4 yang mampu melakukan zoom optik 2x.

Anda akan mendapatkan stabilisasi gambar optik di telefoto dan kamera ultra-lebar pada perangkat baru ini.

Z Fold 3 mengambil foto yang tajam dan cerah dengan warna yang mencolok, seperti yang Anda harapkan dari hampir semua ponsel Samsung pada tahun 2021.

Tetapi setelah memeriksanya lebih dekat, kami menemukan bahwa kamera utama S21 Ultra bisa menangkap lebih banyak detail, seperti halnya iPhone 12 Pro Max.

Review, Samsung Galaxy Z Flip 3

Anda mungkin akat melewatkannya, kecuali jika Anda melihat hasilnya secara berdampingan atau memperhatikan detail.

Z Fold 3 menawarkan zoom optik 2x standar, yang sangat standar jika Anda membandingkannya dengan S21 Ultra.

Ada kamera depan pada bagian bawah layar utama 7,6 inci Galaxy Z Fold 3, dan lubang punch disembunyikan oleh sepetak piksel saat tidak digunakan.

Ini tidak sepenuhnya tidak terlihat, tetapi pola crosshatch melakukan pekerjaan yang baik untuk membuat layar sedikit lebih seragam.

Kamera 4MP f/1.8 menangkap foto yang terlihat kurang tajam dibandingkan dengan pengambilan menggunakan kamera selfie 10MP f/2.2 yang ada pada Tampilan Sampul.

Sedikit mengecewakan karena kamera pada layar seperti tablet akan menjadi antarmuka konferensi video yang hebat.

Spesifikasi

Galaxy Fold 3 bekerja dengan dorongan chipset Qualcomm Snapdragon 888 tidak peduli di bagian dunia mana Anda berada. Tidak ada prosesor Exynos buatan Samsung pada ponsel ini.

Kinerjanya cukup cepat untuk menangani multitasking aplikasi yang sebenarnya harus dapat dilakukan oleh perangkat level premium.

Samsung telah memasangkan sistem yang memungkinkan Anda dapat menggunakan dua aplikasi secara bersamaan.

Anda bisa menggeser dok aplikasi ke tingkat berikutnya dengan memungkinkan Anda membuat dok aplikasi permanen.

Anda juga bisa mengatur antarmuka hingga membuka tiga jendela aplikasi sekaligus dengan cara apa pun yang Anda inginkan.

Ini adalah perkembangan besar bagi siapa saja yang pernah berharap perangkat lunak ponsel mereka bertindak lebih seperti perangkat lunak pada laptop mereka.

Mampu beralih antar aplikasi tanpa harus mundur ke layar beranda atau keluar dari dok. Pengaturan ini akan membuat ponsel Android selangkah lebih maju dari iPad dan iPadOS.

Review, Moto GStylus 5G

Kami menyatakan bahwa ini adalah ponsel tablet Android 11 paling baik yang dapat Anda beli. Ada dua konfigurasi Z Fold 3,  256GB dengan RAM 12GB dan 512GB dengan RAM 12GB.

Tidak ada slot kartu microSD pada ponsel, jika Anda punya anggaran lebih maka belilah konfigurasi 512GB. Anda akan leluasamenyimpan rekaman vide ukuran 4K.

Baterai

Kapasitas baterai Galaxy Z Fold 3 adalah 4.400mAh. Mungkin Samsung mengemas begitu banyak teknologi ke dalam bodi yang fleksibel sehingga merasa perlu memangkas 100mAh dari kapasitas tahun lalu, yaitu 4.500mAh.

Meskipun kami dapat melewati pagi hingga sore dengan menggunakan kedua layar, namun dengan membatasi penggunaan kamera dan pemutaran video.

Review, Samsung Galaxy M32

Jika Anda pengguna ponsel yang aktif, maka Anda akan kehabisan baterai tidak sampai sore. Oh iya, Anda juga harus membeli pengisi daya terpisah. Karena samsung tidak menyertakannya dalam kotak pembelian.

Atau lebih baik menggunakan pengisi daya nirkabel, Ini tentu akan mendukung atmosfir teknologi masa depan pada meja Anda.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

15 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago