Arus

Samsung Odyssey G7, Monitor Gaming Fantastis

Samsung Odyssey G7 adalah monitor gaming melengkung yang fantastis untuk siapa saja yang mencari kepuasan bermain Game. Kecepatan refresh 240Hz dan resolusi 1440p, Anda mendapatkan kecepatan dan resolusi yang fantastis. Meski ada harga yang layak untuk menebus monitor ini.

Ukuran27 inci
Tipe PanelVA
Resolusi2.560 x 1.440
Kecerahan500 nits
Kontras2.500: 1
Respon Piksel1ms
Refresh Rate240Hz
Port Eksternal1 x HDMI 2.0, 2x DisplayPort, 1x output headphone 3,5mm, 3 x USB 2.0
KameraBelakang 12MP + 10MP + ToF12MP + 10MP + ToF, Depan 12MP
Berat682 gr
Spesifikasi Samsung Odyssey G7

Ulasan Singkat Samsung Odyssey G7

Samsung Odyssey G7 mungkin adalah monitor impian bagi para gamer, kualitasnya yang premium membuat Anda tidak perlu mengupgrade hingga 5 tahun ke depan.

Memiliki beragam fitur penyesuaian bergantung pada genre apa yang Anda mainkan dan bagaimana Anda bermain. Ini merupakan keinginan Samsung untuk mengoptimalkan pengalaman Anda.

©www.samsung.com

Jika Anda menginginkan kecepatan refresh yang tinggi untuk grafik yang halus untuk beberapa game seperti Apex Legends dan Call Of Duty: Warzone, maka Anda bisa menggunakan resolusi 1080p.

Namun jika Anda ingin menikmati grafik 4K yang gila pada game seperti Red Dead Redemption 2, maka harus sedikit mengurangi kecepatan refresh ke 60Hz.

Titik yang paling nyaman menurut kami untuk memainkan Game adalah pada resolusi 1440P dengan kecepatan refresh yang agak lebih cepat antara 144-160Hz.

Beberapa orang mengatakan bahwa refresh rate yang melebihi 144Hz itu berlebihan. Mengingat betapa sedikit perbedaan yang akan Anda lihat dalam lompatan antara 144-240Hz.

Tetapi dengan kartu grafis terbaru dari Nvidia dan AMD yang mendukung PC gaming, Anda dapat mengharapkan banyak lompatan perbedaan pada rentang refresh rate 144-240Hz.

Namun yang pasti terlihat adalah layar 1000R yang memiliki lekukan cukup rapat akan membuat minder monitor lama Anda. Anda tidak akan menemukan gambar yang pecah dan kabur pada sisi lengkungan tersebut.

Baca yuk, iMac 2021 Meninggalkan Tren Desain Klasik iMac Yang Kaku

Samsung memilih untuk menggunakan panel VA (Vertikal Adjusment) pada Samsung Odyssey G7. Menghasilkan lengkungan yang konsisten sehingga tidak akan mengganggu aktifitas bekerja atau bermain game.

Mungkin Anda akan sedikit terganggu dengan lengkungan ini ketika menggunakannya untuk mengedit foto atau video.

Samsung Odyssey G7 mendapatkan dukungan sinkronisasi adaptif dan kompatibilitas untuk Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync. Sinkronisasi ini mengoptimalkan pengalaman bermain game tanpa menyakiti mata Anda.

©www.samsung.com

Samsung memasang lampu LED funky di bagian belakang monitor untuk menerangi dinding bagian belakang. Ini hanya untuk memberikan efek dramatis saja, bahkan warna lampunya tidak bisa diganti.

Juga tidak akan memberikan pengaruh apapun pada sinkronisasi dengan perangkat lain, atau bereaksi ketika Anda sedang berperang sengit dalam Game. Ini murni hanya lampu hias biasa. Ehehe.

Mengeluarkan Odyssey G7 dari dusbox adalah urusan yang lebih mudah daripada kebanyakan monitor gaming melengkung lainnya. Tetapi kami sedikit agak canggung saat akan merakitnya.

Kami merekomendasikan agar Anda memasang lengan penyangga terlebih dahulu saat monitor itu sendiri masih terpasang erat ke dalam busa penyangga kotak untuk menghindari agar tidak jatuh.

Desain dudukan memungkinkan Anda untuk memutar layar dan menyesuaikan sudut pandang. Tetapi ada dudukan penyangga di dalam kotak jika Anda ingin memasang monitor di dinding.

Samsung Odyssey G7 adalah salah satu monitor gaming terbaik di kelasnya, terutama bagi siapa pun yang tidak ingin membeli banyak layar untuk memenuhi kecepatan refresh tinggi dan resolusi tinggi.

Kecepatan pencahayaan cepat 240hz pada resolusi 1440p lebih dari cukup untuk memainkan semua judul Game yang Anda inginkan. Meskipun Anda perlu menggunakan PC yang cukup kuat untuk memanfaatkan apa yang ditawarkan Samsung Odyssey G7.

Yuk simak ulasan, Moto G100, Ponsel Kelas Menengah Dengan Prosesor Level Premium

Desain Samsung Odyssey G7

Samsung Odyssey G7 merupakan monitor gaming dengan tampilan modern dengan lekukan yang agresif. Bodinya serba hitam dengan pencahayaan RGB yang dapat dikontrol di bezel bawah dan cincin lampu melingkar di bagian belakang.

Samsung Odyssey G7 memiliki dudukan berbentuk V, sehingga Anda tetap dapat meletakkan benda di depan dudukan. Dudukan ini membentang agak lebar, jadi Anda memerlukan ruang yang luas di meja Anda, dan secara keseluruhan dudukan ini mendukung monitor dengan baik.

Samsung Odyssey G7 LC32G75T memiliki jangkauan kemiringan dan putar terbatas. Anda hanya bisa memiringkan monitor ini ke kanan dan ke kiri maksimal 15 derajat.

Bagian belakang monitor Samsung Odyssey G7 adalah plastik yang kuat dengan tekstur di atasnya. Terdapat pencahayaan pada cincin tempat dudukan terpasang di bagian belakang untuk memberikan kesan dramatis.

Anda juga akan menemukan pengait headphone, beberapa gamer suka dengan adanya pengait ini. Dudukan VESA juga bisa menjadi pilihan jika Anda ingin memasangnya di tembok.

Kami sendiri lebih suka menggunakan lengan dudukannya yang kokoh. Lengan dudukan memiliki ruang di dalamnya untuk menyembunyikan kabel HDMI atau apapun. Ini membuat tampilan belakang lebih rapi dan bersih.

Samsung Odyssey G7 memiliki border yang tipis dan tidak mengganggu pemandangan. Namun karena lengkungannya yang memiliki kedalaman 30cm, maka akan sulit untuk melihat monitor ini dari sisi samping.

Karena kurva agresif Samsung Odyssey G7, layarnya sendiri sangat tebal dan menjadi lebih tebal dengan dudukan terpasang. Anda membutuhkan meja yang dalam jika Anda masih menginginkan ruang untuk meletakkan keyboard dan mouse Anda.

©www.rtings.com

Samsung Odyssey G7 memiliki kualitas build yang hebat. Ini terbuat dari plastik berkualitas baik yang terasa kokoh.

Kurva tidak tampak seragam seluruhnya karena tampak lebih melengkung di tengah daripada di samping, tetapi secara keseluruhan, tidak ada masalah yang jelas dengan monitor ini.

Performa Samsung Odyssey G7

Samsung Odyssey G7 memiliki kecepatan refresh yang luar biasa. Memiliki dukungan FreeSync VRR asli dan sertifikasi oleh NVIDIA agar kompatibel dengan G-SYNC. G-SYNC hanya berfungsi melalui koneksi DisplayPort dan kecepatan refresh melalui HDMI dibatasi hingga 144Hz.

©www.rtings.com

Samsung Odyssey G7 memiliki gamut warna SDR yang luar biasa. Ini memiliki cakupan ruang warna sRGB yang hampir sempurna dan cakupan yang mengesankan dari ruang warna Adobe RGB yang digunakan dalam pengeditan foto.

Volume warna HDR pada Samsung Odyssey G7 bagus. Gamut warna HDR yang bagus membantu monitor menampilkan berbagai warna pada tingkat pencahayaan yang berbeda.

Kami mendapatkan kontras warna yang bagus pada Odyssey G7 ini. Layar menampilkan gamut warna yang cerah tanpa menyilaukan mata. Rasio kontras maksimal pada Odyssey G7 bisa mencapai 3000 : 1.

Rasio kontras ini mampu menampilkan warna hitam pekat sebagai hasil dari teknologi panel VA. Ini memiliki fitur peredupan lokal, tetapi tidak meningkatkan rasio kontras sama sekali.

Layar ini juga memiliki keseragaman abu-abu yang sangat baik. Tepi layar sedikit lebih gelap, tetapi ini seharusnya tidak terlalu terlihat pada sebagian besar konten. Hampir tidak ada efek layar kotor di bagian tengah, dan keseragamannya hampir sempurna dalam pemandangan yang hampir gelap.

Odyssey G7 mempunyai fitur peredupan otomatis, tetapi seperti kebanyakan monitor, ini tidak terlalu efektif. Hanya ada sedikit zona peredupan vertikal dan transisi zona sangat terlihat saat setiap zona menyala.

Samsung Odyssey G7 memiliki kecerahan puncak SDR yang hebat, mirip dengan Samsung CHG70 . Cukup terang untuk melawan silau, tetapi itu tidak terlalu konsisten dengan konten yang bervariasi. Sehingga area layar yang besar dan terang tidak menjadi sangat cerah.

Kami menguji kecerahan puncak setelah kalibrasi dengan peredupan lokal aktif dan mengatur kecerahan maksimal. Kami mendapatkan gambar dengan warna yang terang dengan kecerahan puncak mencapai 600 nits.

Samsung Odyssey G7 memiliki akurasi warna yang luar biasa. Temperatur warna agak hangat, memberikan warna merah / kuning pada gambar. Sayangnya, gamma sangat mengikuti kurva, dan sebagian besar pemandangan terlalu cerah, terutama dengan pemandangan yang sangat cerah.

Untungnya layar ini memiliki penanganan refleksi yang sangat baik. Ini bekerja sangat baik dengan sedikit cahaya di atasnya, tetapi pantulannya bisa mengganggu jika Anda menempatkan monitor di seberang jendela.

Baca yuk, Canon EOS M50 Mark II, Kamera Khusus Konten Kreator Untuk Merekam Video Vertikal

Maka kami menyarankan Anda menaruhnya di tempat yang teduh, jika terpaksa harus berada di dekat jendela maka pastikan ada korden untuk menghalangi terlalu banyak sinar yang masuk.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago