Samsung The Sero, TV Yang Bisa Berputar

Samsung  seolah tidak pernah berhenti untuk berinovasi untuk memanjakan pelanggan setianya. Meski dunia masih dirundung pandemi dan daya beli masyarakat secara umum menurun, namun samsung tetap konsisten mengeluarkan produk baru yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

Samsung menghadirkan The Sero – televisi dengan rotating screen unik, yang memberikan cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan TV mereka.

Mengusung slogan “Mobile Entertainment. Best on TV”, Samsung The Sero meraih Gold Award pada CES Innovation Award 2020. World First Rotating TV, begitu kata Samsung pada website resmi mereka mengenai Samsung The Sero.

Sero dalam bahasa Korea bermakna ‘vertikal’, sebuah kata yang secara eksplisit menjelaskan kemampuan Samsung The Sero untuk berpindah orientasi antara horizontal dan vertikal, persis seperti cara pengguna menikmati konten pada smartphone atau tablet.

Samsung The Sero hadir dengan spesifikasi  layar 43 inci dengan QLED panel dan fitur HDR, speaker dan woofer berada di bagian bawah badan penyangga layar dengan suara yang menggelegar, ditambah input eksternal berupa 3 slot HDMI 2.0, 2 slot USB, dan dan dukungan untuk CI, terrestrial, dan eARC (untuk menghubungkan soundbar).

 Samsung The Sero memiliki berat 33 kg sehingga cukup berat untuk menggesernya jika hanya menggunakan tangan sehingga dibuatlah perangkat pendukung berupa roda tambahan yang dijual terpisah.

1. Layar

Layar Samsung The Sero
Layar Samsung The Sero

Layarnya hadir dengan bezel yang lumayan besar, dan dipasang pada penyangga berbentuk skateboard, dengan speaker berlapis kain yang terletak di bawah layar. Seluruh kit diwarnai dengan biru tua / tengah malam yang agak menarik juga.

Sebagai pernyataan televisi, itu bisa membuktikan merusak pemandangan atau wahyu, tergantung pada dekorasi di sekitarnya, tetapi itu adalah TV yang sulit untuk diabaikan ketika ada di dalam ruangan.

Layar The Sero dapat berputar secara dinamis, seutuhnya menyesuaikan orientasi layar untuk menampilkan konten selular pada format vertikal, dan dapat kembali beralih pada format horizontal untuk menikmati tampilan konten TV.

The Sero didukung teknologi Quantum Dot yang menjanjikan kualitas gambar dengan warna realistis layaknya obyek yang ditampilkan.

Apabila konten asal memiliki resolusi rendah, The Sero menggunakan AI Upscaling untuk menganalisis konten adegan demi adegan, kemudian meningkatkan warna dan tekstur, hingga detail pencahayaan dan kontras sehingga konten tampil dengan kualitas gambar 4K.

2. Sistem Operasi dan Konektivitas

Tizen Sistem Operasi dan Konektivitas
Tizen Sistem Operasi dan Konektivitas

Samsung The Sero menggunakan OS Tizen yang umum dipakai pada perangkat TV Pintar keluaran Samsung. Tentu dengan OS ini maka Samsung The Sero bisa terhubung ke smartphone Samsung anda melalui aplikasi Samsung Smart Things.

OS Tizen dalam Samsung The Sero dirancang untuk secara otomatis menyesuaikan posisi layar dengan tampilan yang sedang anda mainkan, jadi apabila anda memutar youtube atau netflix maka secara otomatis layar Samsung The Sero akan memosisikan dirinya ke posisi horizontal.

Akan lebih mudah ketika anda menggunakan Samsung Galaxy Note 10 dan seri lain diatasnya, layar Samsung The Sero akan mengikuti bagaimana anda memposisikan smartphone anda.

Samsung The Sero tetap bisa tersambung dengan smartphone merk lain berbasis android dengan sistem koneksi Tap View, meski Samsung mengatakan hal ini tidak bisa menghasilkan konektivitas yang maksimal seperti layaknya menggunakan Samsung Smart Things.

Pengguna Iphone juga tetap bisa menyambung ke Samsung The Sero dengan fitur Air Play 2 atau mengunduh aplikasi Smart Things. Namun Samsung memastikan bahwa dua cara tersebut tetap tidak bisa membuat Iphone memanfaatkan fitur secara penuh dalam Samsung The Sero.

3. Kualitas Gambar

Kualitas Gambar
Kualitas Gambar

Samsung memimpin pasar dalam meningkatkan kualitas video dari sumber yang beresolusi rendah. Itu terlihat jelas pada layar 8K -nya , seperti Q800T atau Q950TS , bahkan dari sumber video 4K Samsung The Sero dapat menampilkan dengan kualitas HD yang masih terlihat tajam dan detail.

Variasi warna yang kaya pada SDR dengan mencoba mengurangi kepekatan warna hitam memberikan pengalaman visual yang tidak terlupakan. Cahaya layar secara otomatis juga mampu menyesuaikan kondisi pencahayaan ruangan anda.

Samsung The Sero didukung dengan processor Quantum 4K seperti pada Smart TV besutan Samsung yang lain. Processor ini terbukti mampu menampilkan visual yang halus dan tidak ada gangguan pada video dengan gerakan yang cepat, seperti adegan Action misalnya.

Baca juga : 6 Keunggulan Smart Monitor Samsung

Ada satu catatan yang perlu diperhatikan yaitu layar tidak ditempatkan secara simetris dalam mode lansekap. Layar tergantung sedikit lebih jauh di sisi kanan, tetapi hanya satu atau dua sentimeter.

Dengan rasio aspek 16: 9, berarti Anda masih menonton sebagian besar TV dan film dalam format yang diinginkan, meskipun itu berarti Mode Portrait cenderung memotong beberapa layar smartphone yang anda transmisikan.

4. Performa Audio

Performa Audio
Performa Audio

Dengan output penuh 60W mampu menggetarkan dinding ruangan anda, multi channel speaker dengan 4 twitter dan 1 woofer tentu anda tidak perlu speaker tambahan lagi.

Samsung The Sero mempunyai fitur memperkuat suara khususnya pada dialog, beberapa orang menyukai fitur ini untuk kenikmatan menonton drama atau mengikuti webinar.

Baca juga : Menanti Smartphone Layar Gulung, Tren Baru 2021

Kamu juga bisa terhubung dengan bluetooth dan hanya menggunakan Samsung The Sero sebagai sebuah speaker bluetooth yang mungkin paling mahal harganya. Meski tidak mempunyai fitur Dolby Atmos, tapi kami yakin Audio Samsung The Sero ini sudah cukup layak untuk dinikmati sebagai One Stop Entertainment.

5. Media Sosial dan Game

Media Sosial dan Game
Media Sosial dan Game

Memantau Media Sosial menggunakan Samsung The Sero akan membuat anda seolah berada di pusat komando dengan mengamati aneka komentar atau postingan dengan sangat menyenangkan. Anda tidak perlu menyipitkan mata untuk membaca thread di twitter atau status di Facebook.

Anda bisa dengan seksama menyaksikan sebuah konten tanpa harus berkerumun dan video TikTok pun bisa terlihat dengan jelas lho di Samsung The Zero. Tentu ini sangat menarik buat para konten kreator di TikTok, apakah anda salah satunya?.

Sedikit kelemahan bahwa jika anda menampilkan layar media sosial pada dimensi yang lebih besar maka ada lebih lama waktu yang anda butuhkan untuk melihat satu tweet baru atau menampilkan satu gambar yang baru saja dikirim.

Baca juga : 7 Tips Memilih Smartwatch Yang Cocok Buat Kamu

Hal ini juga berlaku saat anda mencoba untuk memainkan game dengan menampilkannya pada layar Samsung The Sero, akan ada kesulitan saat memainkan game dengan tombol kendali ada di Smartphone sedangkan mata anda menatap ke layar Samsung The Sero. Mungkin kesulitan ini akan bisa dilewati jika anda secara rutin melakukan hal tersebut.

Penutup

Samsung The Sero dirancang tak hanya sekedar berfungsi sebagai TV, namun pendukung gaya hidup modern. Baik dalam orientasi portrait maupun landscape, The Sero menghemat penggunaan ruang dan menambahkan nilai estetika modern untuk desain ruangan apapun.

Minimalis elegan dengan dudukan berwarna navy blue, The Sero tampil kontemporer sebagai bagian dari interior baik saat dimatikan maupun saat dinyalakan. Dengan mengaktifkan Portrait Mode, pengguna dapat menampilkan jam, wallpaper, foto favorit, ataupun efek suara untuk melengkapi interior ruangan.

Jika anda tertarik, maka siapkan budget sekitar 19 jutaan, harga yang pantas untuk sebuah kenyamanan dan kemewahan dalam rumah anda.

 

Tinggalkan komentar