Samsung

Ini Rasanya Pakai Hp Lipat Samsung Z Flip! (Review dan Spesifikasi)

Jika Anda penggemar drakor, mungkin hp lipat Samsung Z Flip sudah tidak asing lagi Anda lihat. Hp lipat dari Samsung ini memang terlihat imut dan menarik. Tapi sebenarnya, hp dengan model lipat memang bukan hal yang baru.

Sejak dulu kita sudah kenal dengan hp lipat poliponik. Namun kini, rasanya sudah berbeda karena hp jaman now sudah smart. Jadi bagian yang terlipat adalah bagian layar touchscreen dari smartphone yang menambah kesan sebagai hp berteknologi canggih masa depan. Menarik ya?

Smartphone lipat kabarnya juga akan menjadi salah satu trend smartphone di masa depan. Nah, pada Februari 2020 lalu, Samsung mengeluarkan terobosan smartphone lipatnya yakni Samsung Z Flip yang di pakai di drama-drama korea. Karena penggemar drakor sangat banyak, otomatis banyak juga yang penasaran dengan hp yang satu ini.

Tapi dengan harganya yang bisa di bilang lumayan membuat kita berpkir dua kali, apakah Samsung Z Flip ini worth it? Nah sebelum membeli Samsung Z Flip, yuk simak dulu review dan spesifikasi selengkapnya!

Spesifikasi Samsung Z Flip

Di situs resminya, Samsung Z Flip di bandrol seharga Rp. 18 jutaan. Sudah turun dari harga saat awal perilisannya yakni sekitar Rp 21 jutaan. Harganya bhakan lebih mahal dari Samsung S21 ultra yang sudah di rilis lebih dulu. Tapi, apakah Hp ini memang wort it?

Sebelum masuk ke reviewnya, untuk Anda yang ingin tahu spesifikasi Samsung Z Flip, inilah sekilas spesifikasi Samsung Z Flip di atas kertas!

  • Chipset : Snapdragon 855+
  • Operating System : Android 10 – One UI 2
  • RAM/ROM : 8 GB/ 256 GB
  • Baterai : 3300 mAh
  • Layar : 6,7 Inches Foldable Dynamic AMOLED, HDR10+
  • Kamera Belakang : 12 MP + 12 MP
  • Kamera Depan : 10 MP
  • Fingerprint : Yes (side-mounted)
  • SIM : Single SIM
  • Berat : 183 gram
  • Warna : Mirror purple, Mirror Black, Mirror Gold

Dari spesifikasi di atas, kita bisa tahu kalau Samsung Z Flip ini memang tergolong sebagai hp yang bagus. Ya, dengan harga belasan juta spesifikasi tersebut nampaknya sudah wajib bukan?

Tapi, spesifikasi singkat saja tentunya tidak cukup untuk memutuskan membeli Samsung Z Flip ini atau tidak. Jadi kita ulas saja bagaimana review hp lipat Samsung yang satu ini dari berbagai sisi.

Review Samsung Z Flip

Punya Ukuran 1/2 Hp

Salah satu fitur terunik dari Samsung Z Flip ini memang pada bentuk layar touchscreennya yang bisa di lipat. Kali ini kita akan membicarakan feel yang di dapatkan dari segi ukurannya dulu.

Karena Samsung Z Flip bisa di lipat, ukurannya jadi lebih mungil atau lebih tepatnya mirip 1/2 dari ukuran smartphone kekinian. Dengan ukuran yang super kecil, membuat hp ini lebih pocket-able, menghemat space dan mudah di simpan ketika buru-buru.

Fleksibilitas Layar Lipat

Jika di buka secara penuh layarnya berukuran 6,7 inches. Namun jika di lipat maka Samsung Z Flip tersisa setengahnya. Dengan layar yang fleksibel seperti ini membuat kita bisa lebih mudah menaruhnya di meja.

Misalnya jika kita ingin selfie, menonton video, melakukan videocall. Kita tidak perlu lagi tripod untuk menahan hp supaya bisa berdiri tegak. Banyak aplikasi yang sudah bisa support layar lipat Samsung Z Flip ini. Jadi Anda bisa tetap nyaman saat layarnya di buat melipat seperti laptop. Asik sekali bukan?

Kualitas Layar Lipat Samsung Z Flip

Masih berbicara tentang layar lipat dari Samsung Z Flip yang bisa di buka tutup seperti laptop. Layar selebar 6,7 inchesnya sudah full HD, sudah support HDR10+ dan menggunakan panel AMOLED.

Jadi selain ukuran layarnya sudah kekinian, kualitasnya sudah tidak perlu diragukan. Layar sentuhnya oke, dan yang pasti Anda akan nyaman menatap layar Samsung Z Flip.

Secara built quality-nya, Samsung Z Flip ini juga sudah lebih baik di banding Samsung Galaxy Fold. Sebab, layar samsung Fold hanya menggunakan plastik. Namun pada Samsung Z Flip ini sudah menggunakan kaca.

Jadi selain kesan lucu dan unik sudah tentu di dapatkan saat membuka layar Samsung Z Flip yang terlipat, kesan futuristic di hp ini juga sangat kental. Karena sangat jarang ada smartphone yang layarnya bisa di lipat.

Apalagi sebagai orang awam pastinya kita tahu layar smartphone terbuat dari kaca LCD itu sifatnya padat. Tapi di Samsung Z Flip ini, kaca yang padat bahkan bisa di lipat!

Layarnya dilengkapi dengan Ultra Thin Glass yang di klaim tahan goresan. Tapi Anda juga perlu tahu, kalau ketahanan layar Samsung Z Flip ini belum sekuat Gorilla Glass.

Selain itu, karena hp ini di lipat, akan ada sedikit bekas lipatan pada hp yang agak sulit di hindari. Jadi mungkin ini bisa jadi catatan untuk Anda sebelum membelinya karena masih hal-hal yang perlu di kembangkan dari layar lipat Samsung Z Flip.

Material Body Belakang Gorilla Glass

Pada bagian belakangnya juga terbuat dari kaca Gorilla glass dan di sisi-sisinya di lapisi metal. Sementara itu, permukaan bagian belakang Samsung Z Flip ini merupakan fingerprint magnet.

Anda pastinya tidak mau harga Samsung Z Flip ini anjlok drastis karena human error, misalnya terbanting bukan? Mengingat harganya yang wow, kita nampaknya wajib melindungi bagian belakang Samsung Z Flip.

Untuk melindungi bagian belakang bisa menggunakan cover leather. Tapi jangan kaget, karena harga cover leather Samsung Z Flip ini berkisar Rp 900 ribuan. Ya benar, Rp 900 ribuan. Jadi selain hpnya yang mahal, biaya “perawatannya” juga lumayan.

Ada Secondary Screen Berukuran 1,1 inch di Belakang

Kita mungkin punya pertanyaan, pada posisi layar terlipat apakah kita tidak bisa melakukan aktifitas apapun di hp ini?

Jawabannnya ada pada layar kecil (secondary screen) berukuran 1,1 inch yang berada di body bagian belakang Samsung Z Flip ini. Saat layar Samsung Z Flip kita lipat layarnya akan menjadi berpindah bagian depan hp ini. Apa sih fungsi dari layar kecil ini?

Saat stand by, layar kecil ini akan menunjukan jam. Nah ternyata kita juga bisa menunjukan nama dan isi chat ketika ada chat whatsapp masuk ataupun notifikasi dari aplikasi lain berbentuk scrolling text.

Beberapa aplikasi sudah support sistem ini dan ada yang belum. Tapi, untuk menggunakan fungsi smartphone 100%, kita tetap harus membuka lipatan layarnya.

Layar kecil ini juga ternyata sudah super AMOLED. Selain itu, secondary screen bisa di jadikan cover screen preview (menampilkan apa yang di tangkap oleh kamera belakang), atau memotret dengan posisi selfie.

Secondary screen ini tidak selalu hidup, jadi untuk melihat notifikasi masuk, perlu double tap terlebih dahulu. Tapi layar ini akan tetap menyala saat baterai di charge.

Performa Chipset Sangat Kencang

Dibekali dengan chipset Snapdragon 855+ Samsung Z Flip ini bisa di jalankan tanpa hambatan. Walaupun bukan chipset terbaru, tapi performasi masih sangat kencang. Anda akan nyaman menggunakan Samsung Z Flip ini.

Ditambah lagi dengan RAM 8 GB serta 256 GB membuat smartphone yang satu ini lebih leluasa memproses aplikasi-aplikasi yang sedang di jalankan.

Baca juga : Ponsel Super Premium, Huawei Mate 40 Pro Dihargai Rp16 Juta

Jadi hp ini ini bisa di ajak multitasking dengan smooth dan juga di pakai bermain game berat dengan graphic quality high. Tapi jika terlalu, layarnya akan terasa cukup panas.

Kualitas Kamera Samsung Z Flip

Dengan harga hampir Rp. 20 jutaan, Samsung Z Flip ini hanya di bekali 2 buah kamera belakang. Yakni 12 MP main camera dan 12 MP Ultra wide camera.

Secara pribadi, 2 buah kamera ini membuat body kamera menjadi lebih simple dan bagus. Mengingat hp-hp jaman sekarang yang banyak menyisipkan jumlah kamera di belakang membuat body hp semakin terasa sempit dan mengurangi segi estetikanya.

Berbicara mengenai kualitas hasil jepretannya, kamera belakangnya menghasilkan warna yang cenderung vivid.

Kualitas kamera utamanya sudah bagus ketika digunakan untuk memfoto indoor dan outdoor. Untuk foto bokeh, kamera belakangnya menghasilkan kualitas foto yang lebih baik di banding kamera depannya.

Di samping itu fitur video stabilizernya baru bisa di gunakan pada saat perekaman video 4K saja. Pada segi perekaman audionya terdengar baik dan minim noise. Ada juga fitur live focus video dengan berbagai background yang bisakita pilih.

Kelengkapan Fitur

Dari segi keamanan, saat ini kita sudah biasa menggunakan fingerprint bukan?

Samsung Z Flip ini juga punya fitur fingerprint, namun bukan di depan ataupun di belakang layar melain ada di samping, tepatnya di bawah tombol power. Sensor fingerprint dari Samsung Z Flip ini sangat cepat dan sudah support 4 sidik jari.

Selain fingerprint, smartphone ini juga menyediakan fitur face unlock. Namun pada kondisi ruangan low light, face lock ini kadang menjadi lambat. Anda lebih nyaman yang mana? Tinggal pilih saja.

Ada juga fitur NFC dan wireless charger. Namun Samsung Z Flip belum support water resistant untuk saat ini. Jadi hati-hati saat membawanya ke tempat yang agak berair.

Baterainya Kecil

Terakhir, kita bahas masalah baterai. Kapasitas baterai dari Samsung Z Flip ini tergolong kecil, yakni hanya sebesar 3300 mAh saja.

Baca review kami yang lain ; Menanti Smartphone Layar Gulung, Tren Baru 2021

UNtuk durasi penegcasan sendiri, Samsung Z Flip membutuhakn waktu kurang lebih 2 jam untuk pengecasan 0-100%. Bisa di bilang, waktu pengecasannya tidak terlalu cepat untuk ukuran hp flagship.

Kesimpulan

Apakah Samsung Z Flip ini worth it?

Tergantung. Jika Anda mencari smartphone anti mainstream yang punya spek lumayan di harga belasan juta Anda bisa memilihnya. Samsung Z Flip ini memang sudah anti mainsteam dengan layar lipat kacanya itu.

Jika Anda ingin ukuran smartphone yang lebih compact dan menghemat space, hp ini juga bisa di pilih. Selain itu, kesan lucu dan keren dari hp ini sudah pasti di dapatkan.

Dalam hal ini, Samsung memang cukup berani untuk mengeluarkan inovasi terbarunya untuk pasar yang sangat segmented, mengingat harganya yang mahal, melebihi hp-hp flagship Samsung yang lain. Tapi jika tidak terlalu mencari hal tersebut, maka Anda bisa mempertimbangkan hp lain yang lebih sesuai dengan kriteria yang Anda cari.

Share
Yulinda Nurlisdiana

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago