Xiaomi

Segera Hadir Ponsel Redmi 5G Pertama, Xiaomi Redmi Note 9T

Redmi 5G Pertama, Xiaomi Redmi Note 9T. Meski kita belum tahu kapan teknologi internet 5G terpasang di Indonesia, namun setidaknya kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Apalagi kalau bukan dengan meng-upgrade ponsel yang memiliki fitur 5G.

Xiaomi bergerak secepat kilat membaca perkembangan teknologi 5G dengan meluncurkan ponsel 5G pertama di tahun 2021. Xiaomi Redmi Note 9T menjadi jawaban atas keinginan anda melakukan upgrade tanpa harus menguras isi kantong anda yang memang sedang kering diterpa pandemi.

Redmi Note 9T via www.mi.com

Desainnya begitu kompak di tangan, meski tampilan layar yang sedikit kurang cerah dan kemampuan kamera standard seperti ponsel low-end biasa. Namun jika anda fokus pada kemampuan 5G dan kapasitas internal 128GB, maka Xiaomi Redmi Note 9T adalah pilihan.

Xiaomi adalah salah satu produsen ponsel kelas menengah dan terjangkau yang paling produktif, sedemikian rupa sehingga pesaing terbesarnya seringkali adalah dirinya sendiri.

Dari segi fitur dan spesifikasi, Redmi Note 9T lebih bersaing dengan handset lain dari merek tersebut, seperti Xiaomi Mi 10T Lite dan Poco X3 NFC , dibandingkan dengan ponsel dari Motorola, Nokia atau Oppo.

Redmi Note 9T adalah bagian dari jajaran ponsel terjangkau Xiaomi Redmi – meskipun Xiaomi juga merilis handset yang terjangkau di bawah merek Xiaomi Mi dan Poco.

Ini adalah hal yang masih sering jadi pertanyaan saya pribadi, mengapa harus ada versi Mi, Redmi, Poco. Bikin bingung gak sih? Hehe

Bagaimana tidak membingungkan, bicara tentang pesaing dari Redmi Note 9T ternyata adalah Mi 10T Lite. Tetapi Mi 10T Lite memiliki kamera yang lebih baik, chipset yang lebih cepat, bahan bangunan yang lebih premium, pengisian yang lebih cepat, dan sudah 5G juga.

Yang membedakan adalah bahwa Redmi Note 9T mempunyai memori internal 128GB dan  Mi 10T Lite dengan harga yang sama hanya mempunyai memori internal 64GB. Karena Anda harus membayar lebih banyak untuk versi Mi 10T Lite dengan memori internal 128GB.

Redmi Note 9T dilengkapi dengan processor chipset MediaTek yang bekerja dengan baik dan tidak ada masalah saat digunakan untuk bermain game. Anda tidak perlu khawatir layar anda akan tergores kuku jari saat bermain game, karena layar ponsel ini sudak dilapisi Corning Gorilla Glass 5.

Redmi Note 9T memiliki bodi yang berbahan plastik, bagi beberapa orang terlihat murahan dan ringkih. Bagian belakang plastik memiliki lapisan bertekstur yang mirip dengan bahan kulit saat disentuh, dan mudah untuk digenggam. Pemindai sidik jari yang dipasang di samping responsif dan mudah dijangkau, meskipun ini akan tergantung pada ukuran ibu jari anda.

Ada tiga Kamera belakang di Redmi Note 9T berkumpul pada bidang persegi dan satu kamera depan sebagai bulatan di pojok kiri atas. Jangan terlalu berharap pada mantanmu kamera Redmi Note 9T. Hanya kemampuan standard.

Desain

Sensor sidik jari yang dipasang di samping yang mudah dijangkau
Bagian belakang plastik bertekstur terasa nyaman untuk digenggam
Hadir dalam warna hitam atau ungu
Desain Xiaomi Redmi Note 9T

Xiaomi Redmi Note 9T memiliki dimensi 161,2 x 77,3 x 9,1mm dan berat 199g. Di tepi kanan ponsel terdapat pemindai sidik jari yang dipasang di tombol daya – menurut kami ini mudah dijangkau dan diaktifkan, membuat ponsel nyaman untuk dibuka kuncinya.

Diatas pemindai sidik jari adalah tombol volume. Pengisi daya pada Xiaomi Redmi Note 9T  memiliki port USB-C, jack headphone 3.5mm, dan blaster inframerah.

Blaster inframerah adalah fitur yang membuat ponsel Anda bisa mengirimkan sinyal inframerah, terutama digunakan oleh aplikasi Mi Remote yang memungkinkan Anda menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai TV, proyektor, kamera, atau remote AC.

Sebagian besar ponsel pada level harga yang sama umumnya memiliki punggung plastik,  bahkan membuat ponsel dengan harga ‘terjangkau’ terasa sedikit terlalu ‘murah’.

Namun, bagian belakang plastik Redmi Note 9T memiliki tekstur bergelombang yang membuatnya terasa seperti kulit, dan nyaman untuk dipegang – ini menawarkan pegangan yang lebih baik daripada plastik ‘biasa’.

Lensa kamera ditempatkan dalam tonjolan yang hampir melingkar, tetapi memiliki bagian atas dan bawah yang berbentuk persegi, diatur dalam wadah melingkar – Poco X3 NFC dan Mi 10T Lite juga menggunakan desain ini.

Meski benjolan ini tidak terlalu mencolok, tapi saat anda meletakkannya dalam posisi berbaring dengan layar diatas maka akan terlihat posisi ponsel tidak mendatar dengan sempurna.

Baca artikel lainya dari kamu yuk, Sudah Bisa Dipesan, Oppo Reno5 Dijual Rp4,9 Juta.

Redmi Note 9T tersedia dalam warna hitam atau ungu. Warna apa pun yang Anda pilih, Anda akan menemukan teks putih di bagian belakang ponsel yang bertuliskan ‘Redmi’ dan ‘5G’.

Layar

Layar FHD + 6,53 inci dengan refresh rate 90Hz
Panel LCD, kontrasnya kurang
Corning Gorilla Glass 5
Layar Xiaomi Redmi Note 9T

Ukuran layar dari Xiaomi Redmi Note 9T adalah 6,53 inci dengan resolusi Full HD+, satu sentuhan lebih besar dari layar 6,3 inci dari Note 8T, tetapi cocok dengan Note 9 dan lebih kecil dari layar 6,67 inci Note 9 Pro .

Ini adalah layar LCD, jadi warna biasanya tidak semeriah yang kita inginkan, dan gelap juga tidak terlihat ‘gelap’ seperti pada OLED – secara keseluruhan kontrasnya kurang.

Kami menemukan bahwa profil warna default tampilan cukup hangat, yang dapat Anda ubah di menu pengaturan, meskipun orang yang terbiasa dengan tampilan dingin OLED mungkin menganggap hasilnya masih terlalu hangat.

Tidak seperti kebanyakan ponsel Redmi sebelumnya, Anda mendapatkan tampilan 90Hz di sini, sehingga gambar di layar diperbarui 90 kali per detik, bukan 60 kali pada smartphone ‘standar’.

Ini membuat gerakan terlihat lebih mulus, dan beberapa orang menyukai refresh rate yang tinggi.

Redmi Note 9T via.www.mi.com

Kamera

48MP + 2MP + 2MP
Kualitas foto yang biasa saja
Kamera selfie 13MP cukup bagus menangkap warna
Layar Xiaomi Redmi Note 9T

Xiaomi Redmi Note 9T mewarisi tiga kamera belakang pendahulunya – 48MP f / 1.8 utama, makro 2MP f / 2.4 dan sensor kedalaman 2MP f / 2.4 – tetapi kehilangan kamera ultra-wide.

Anda tidak akan mengambil foto yang menakjubkan dengan Note 9T, karena warna yang dihasilkan relatif sama dengan warna objek aslinya.

Perekaman video pada Redmi Note 9T hingga 4K 30fps, dengan mode letterboxing dan grid-line tambahan. Ada juga mode video makro, tetapi ini hanya tersedia pada 720p 30fps.

Note 9T memiliki beberapa mode kamera dan video yang telah ada pada ponsel Xiaomi sebelumnya, termasuk VLOG (di mana Anda mengambil cuplikan video pendek dan ponsel secara otomatis mengeditnya), timelapse, gerakan lambat, dan fotografi potret dan malam.

Salah satu hal baik dari segi fotografi Xiaomi Redmi Note 9T adalah kamera selfie-nya dengan kinerja kamera 13MP f / 2.3 mampu menangkap gambar tampak cerah dan detail.

Performa dan spesifikasi

Chipset MediaTek Dimensity 800U dengan performa mengagumkan
Memainkan game dan membuka aplikasi dengan baik
Kompatibel dengan 5G
Performa dan spesifikasi

Di dalam Xiaomi Redmi Note 9T terdapat chipset MediaTek Dimensity 800U. Meskipun ini adalah prosesor untuk ponsel murah, namun tetap bisa memberikan jumlah kekuatan pemrosesan yang cukup mengesankan.

Dalam tes benchmark, Note 9T mengembalikan skor multi-core 1.799, nilai yang cukup tinggi untuk ponsel dengan harga terjangkau. Ini mengalahkan Motorola Edge dan Google Pixel 5 , keduanya harganya jauh lebih mahal daripada Note 9T, meskipun Mi 10T Lite, yang seperti yang kami sebutkan harganya sama, memang mencetak skor 1.931.

Jika Angka itu diterjemahkan menjadi sebuah kinerja, maka memberikan hasil yang mengesankan. Redmi Note 9T memainkan game dengan baik – PUBG mampu dimainkan di level grafik teratas begitu pula dengan game ukuran besar lainnya yang bisa loading dengan cepat.

Processor MediaTek Dimensity 800U memiliki modem 5G, jadi ponsel ini mendukung konektivitas generasi berikutnya – ini adalah ponsel Redmi pertama yang melakukannya, meskipun jelas bukan ponsel 5G pertama yang dibuat oleh Xiaomi.

Artikel menarik lainnya tentang smartphone, Dijual Mulai 26 Januari, Xiaomi Poco M3 Dihargai Rp1,8 Jutaan.

Ada speaker stereo di Redmi Note 9T, tetapi kami merekomendasikan penggunaan jack audio 3.5mm untuk musik Anda – lagu yang diputar melalui speaker terdengar agak terdistorsi dan tidak memiliki bass.

Redmi Note 9T via www.mi.com

Perangkat lunak

Android 10 dengan MIUI diletakkan di atas
Masalah bloatware bawaan Xiaomi
MIUI berguna, meskipun sering mengganggu
Perangkat lunak

Xiaomi Redmi Note 9T berjalan dengan Android 10, dengan MIUI Xiaomi diletakkan di tampilan paling atas. Ini adalah interface yang berguna, dengan banyak opsi penyesuaian dan desain yang terlihat bagus, tetapi ada satu masalah besar: bloatware.

Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan dengan masalah ini, tetapi bisa dibilang ini adalah pelanggaran terburuk.

Saat Anda menghidupkan telepon untuk pertama kalinya, Anda akan menemukan banyak aplikasi yang sudah terpasang sebelumnya, yang sebagian besar mungkin akhirnya akan Anda hapus.

Ini termasuk Amazon Shopping, TikTok, eBay, LinkedIn, AliExpress, Agoda, WPS Office dan enam game, serta banyak aplikasi milik Xiaomi sendiri.

Ponsel Xiaomi telah mengalami masalah ini selama beberapa waktu, dan meskipun tampaknya mengurangi jumlah bloatware pada ponsel yang dirilis menjelang akhir tahun 2020, namun tetap masih ada saja bolatware yang tidak bermanfaat.

Salah satu fitur MIUI yang paling menonjol adalah ia memindai aplikasi sebelum Anda menginstalnya, sehingga Anda dapat memeriksa apakah aplikasi tersebut bebas dari malware – namun, pemberitahuan konfirmasi untuk ini mengambil seluruh layar dan meminimalkan apa pun yang Anda lakukan.

Android 10, yang menjadi dasar MIUI 12, mencakup fitur-fitur seperti mode gelap seluruh sistem dan alat kesehatan digital – ini juga salah satu ponsel Xiaomi pertama yang memiliki perekam layar yang dapat Anda aktifkan dari menu Pengaturan Cepat.

Daya tahan baterai

Baterai 5.000mAh
Mudah digunakan sehari penuh, tetapi tidak akan bertahan dua hari penuh
Pengisian daya berkabel 18W
Daya tahan baterai

Dengan baterai 5.000mAh, Xiaomi Redmi Note 9T dengan mudah bertahan selama satu hari penggunaan. Kami menduga masa pakai baterai hanya akan bertahan hingga hari kedua jika Anda sangat hemat dengan penggunaan fitur dan aplikasi.

Redmi Note 9T mengisi daya pada voltase 18W, ini hal yang bagus terutama mengingat ukuran baterainya yang besar. Butuh lebih dari satu jam untuk mengisi penuh baterai dari posisi 0% menjadi 100%.

Yuk baca artikel kami lainya, Samsung Galaxy S21 Ultra, Anak Emas Keluarga S21.

Haruskan Anda membeli Redmi Note 9T?

Jika anda menginginkan ponsel 5G yang murah namun memiliki prosesor yang bagus dan memori internal besar, maka Redmi Note 9T adalah jawaban. Terlebih jika anda menyukai pemindai sidik jari yang berada di bodi samping. Tidak seperti ponsel lainnya yang meletakkan pemindai sidik jari di bagian belakang yang tampak seperti cekungan.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Oppo A94 5G adalah ponsel Android yang solid, dan layak menjadi perangkat andalan yang tidak…

2 hari ago

Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Realme GT adalah smartphone Android kecil yang kuat dengan prosesor level atas. Xiaomi menyematkan semua…

1 minggu ago

Manjakan Content Creator, Oppo Reno6 Dibanderol Rp5,2 Juta

Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Indonesia sejak 3 - 20 Juli 2021,…

2 minggu ago

The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2018, sub-brand milik Xiaomi yakni POCO, kini sudah menjelma…

2 minggu ago

Sony Xperia 1 III, Pertama di Dunia Dengan Layar 4K

Sony Xperia 1 III memang bukan untuk banyak orang, tetapi bagi para pengguna ponsel puluhan…

3 minggu ago

Standar Emas TV OLED 2021, LG C1 OLED

LG C1 OLED merupakan salah satu TV terbaik dengan harga berapa pun. C1 menghasilkan gambar…

4 minggu ago