Arus

Ini Dia 6 Smart Speaker Terbaik Menjelang 2021

Jika anda baru-baru ini mengikuti drama korea Netflix pasti melihat speaker kecil di ruangan Pak Han yang dipanggil Yong Sil, itu adalah contoh dari perangkat pintar. Ada banyak versi nama dari alat ini ada yang menyebutnya Smart Speaker, Smart Assistant, Voice Assistant, atau Virtual Assistant.

Apapun sebutannya, alat ini memang sangat memanjakan penggunanya. Anda hanya perlu memanggilnya melalui suaramu untuk memberikan dia perintah seperti menyalakan musik, membacakan berita, melihat ramalan cuaca dan sebagainya. Perintah apapun bisa anda berikan kecuali mencarikan anda jodoh.

Perangkat pintar ini dibuat oleh banyak produsen gadget, seperti Google, Apple, Amazon, dan tidak ketinggalan Xiaomi.

Perangkat pintar ini awalnya disematkan di Smartphone berbasis OS Android yaitu Google Assistant, cukup dengan memanggil “hey Google” kemudian dia muncul di tampilan layar smartphone anda dan siap untuk melayani sesuai perintah.

Kini dengan mudah kita bisa menemukan aneka Smart Speaker dengan range harga yang middle low sampai high end. Tergantung seberapa besar budget anda dan bagaimana fitur yang anda inginkan.

Apa fitur yang paling penting menurut anda?. Apakah kualitas musik menjadi perhatian utama Anda? Apakah Anda menginginkan layar sentuh, atau apakah bantuan suara saja sudah cukup?

Apakah speaker Anda perlu terhubung ke gadget rumah pintar lainnya? Di situlah menemukan opsi terbaik menjadi lebih sulit. Jangan khawatir, Anda akan menemukan apa yang Anda cari!

1. Sonos One

Ada lebih banyak speaker dengan suara yang lebih kencang dan lebih portabel, tetapi tidak ada speaker pintar yang lebih baik daripada Sonos One sekarang.

Sonos One bisa menyesuaikan suara dengan lingkungan yang ada di sekitarnya, ditambah dengan audio multi-ruang yang stabil, dan bisa tersambung dengan perangkat rumah pintar lainnya.

Meski hadir dengan sistem operasi alea, namun Sonos One juga mendukung Google Assistant dan Apple’s AirPlay 2. Sehingga bisa disambungkan dengan Smartphone Android maupun Apple.

Di bagian depan audio, Sonos One memiliki profil suara yang seimbang dan bass yang kuat untuk ukuran speaker. Sonos One juga terhubung paling tida dengan 100 layanan audio streaming di seluruh dunia. Sehingga kamu bisa menikmati siaran audio streaming dari berbagai negara.

2. Amazon All New Echo

Speaker Echo terbaru dari Amazon adalah sebuah bola suara yang lucu dan mampu menghadirkan suara dengan bass yang optimal. Dengan jangkauan suara lebar dan luas sehingga suara yang dihasilkan lebih memenuhi ruangan.

Anda dapat meletakkannya di mana saja — dapur, kamar mandi, bahkan ruang keluarga yang lebih kecil — dan dengan mudah memenuhi ruangan dengan suara 360 derajat.

Untuk memberikan perintah, kamu tida harus berhadapan muka dengannya, cukup dengan berteriak ya tapi jangan dari luar rumah atau lapangan, tentu tida akant terdengar.

Alexa juga dengan mudah bisa mengakses berita terkini dan perkiraan cuaca,  untuk mengatur timer dan jam alarm juga sangat mudah dan menyenangkan.

Baca juga : Bikin Rumah Canggih, Ini 10 Jenis Produk Smart Home Terbaik

Alexa dilengkapi tombol fisik untuk mematikan mikrofon saat kamu ingin mematikannya ketika pergi keluar rumah.

Jika Anda mencari Smart Assistant sederhana yang berfokus pada audio dengan jangkauan luas, Alexa adalah pilihan terbaik untuk Anda.

3. Google Nest

Nest Audio diluncurkan oleh Google sebagai pesaing untuk Amazon Echo dengan harga yang hampir sama antara keduanya, yaitu di kisaran 600ribuan.

Memiliki bentuk yang ringkas seperti bantal dan suara yang bagus akan dengan mudah memenuhi ruangan berukuran kecil dan sedang.

Seperti semua perangkat yang didukung Google Assistant, Anda dapat meminta Nest Audio untuk menyetel timer, memutar musik, atau memberi tahu cuaca, dan Anda dapat menanyakannya apa pun yang Anda cari di Google.

Google Nest Mini menggunakan aplikasi Google Home sebagai hub untuk smart home. Yang artinya, semua smart device yang support protocol milik Google Home dapat terkoneksi dengan smart speaker ini serta Google Nest Mini juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan device tersebut.

Tercatat hingga kini sudah lebih dari 5000 smart device yang terkoneksi dengan Google Home. Buat anda yang ingin mewujudkan rumah pintar, Google Nest adalah langkah awal yang bagus untuk memulainya.

4. Google Nest Hub Max

Masih dari Google, sekarang kita akan membahas tentang speaker pintar dengan layar diatasnya, yaitu Google Nest Hub Max. Produk ini menawarkan sepasang speaker yang cukup mengesankan di bawah layar 10 inci.

Perangkat ini paling cocok ada di dapur atau ruang keluarga, selain sebagai asisten yang cerdas kamu juga bisa membuka aneka tutorial memasak atau aneka kreasi rumahan cukup dengan perintah suara dan gerakan tangan tanpa menyentuhnya, iya tanpa menyentuh layarnya.

Karena perangkat ini dirancang untuk wanita muda yang sedang mencoba aneka resep menu masakan di youtube, maka mungkin saja tangannya sedang berlumur minyak atau tepung.

Maka cukup dengan gerakan sapuan tangan di udara dari atas layar, maka layar akan merespon dengan cepat.

Baca juga : Gadget Terfavorit Tahun 2020 yang Akan Tetap Cocok di 2021

Nest Hub Max adalah layar pintar favorit kami saat ini karena sejumlah alasan lain juga. Kami senang karena dapat menggunakan kameranya untuk mengidentifikasi anggota individu rumah, hanya menampilkan informasi yang berkaitan dengan masing-masing, dan layar yang lebih besar membuatnya bagus untuk menonton tutorial YouTube.

Google juga menambahkan dukungan untuk panggilan video grup melalui Duo dan Google Meet, menjadikannya pilihan yang lebih baik jika Anda secara teratur terhubung dengan teman menggunakan layanan tersebut.

5. Apple HomePod

Tidak lengkap kiranya kita membahas aneka gadget tanpa menyertakan keluaran dari brand yang satu ini, siapa lagi kalau bukan pabrikan dengan logo apel tergigit.

Apple tentu tidak mau ketinggalan dalam persaingan pasar Smart Assistant dengan mengeluarkan produk andalannya, Apple HomePod.

Sebagai produk Apple, HomePod tentu mengguakan Siri sebagai smart assitant untuk memproses semua perintah, memainkan musik, dan menjawab pertanyaan yang kamu berikan. HomePod menggunakan HomePod iOS 13 dan bisa diperbaharui sesuai kebutuhan.

6. Mi Smart Speaker

Sebagai orang Asia, kita tidak perlu minder dengan aneka produk besutan Amerika diatas. Kita masih bisa berbangga dengan Xiaomi yang selalu tampil untuk bersaing dengan aneka brand dari Amerika.

Mi Smart Speaker menjawab kebutuhan kita akan Smart Speaker yang bagus, bisa diandalkan dan pasti MURAH!.

Mi Smart Speaker yang dibanderol kisaran 500ribuan menjadi jawaban untuk kita yang berkocek dangkal namun tetap tida ingin ketinggalan di dunia gadget. Dengan desain yang minimalis kamu bisa menjejerkan Mi Smart Speaker dengan barang dekorasi rumah lain.

Dengan Google Assistant di dalamnya, kamu bisa memanggilnya dengan “Ok google” dan menyambungkan Mi Smart Speaker dengan perangkat yang kompatibel dengan Google dan Android. Sangat menyenangkan kan, kamu punya Google Nest dengan kearifan lokal Cina. Hehehe.

Kualitas audio Mi Smart Speaker hampir sama dengan Google Nest atau Amazon Echo, dengan harga yang lebih murah tentu ini menjadi senjata andalan Xiaomi untuk merebut hati para pengguna gadget.

Baca juga : 6 Modem Wi-Fi terbaik untuk Work From Home, Murah dan Anti Lemot

Dilengkapi dengan beberapa tombol manual seperti play, pause, dan connectivity namun tanpa terlihat terlalu menonjol sehingga desainnya tetap elegan.

Penutup

Sebagai pengguna gadget kalian tentu mempunyai preferensi masing – masing mengenai gadget yang paling nyaman untuk digunakan, entah itu dari sisi fitur, kualitas, dan harga. Beberapa pilihan diatas adalah referensi buat kamu yang baru saja ingin membeli Smart Speaker terbaik untuk memenuhi kebutuhan audio dan aktifitas digital lainnya. Terimakasih.

Share
Agus Prasetio

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

21 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

3 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago