Ludes Terjual, Sony PlayStation5 Dihargai Rp7,3 Juta di Indonesia

Setelah lama menjadi penantian para penggemar game di seluruh dunia, Sony PlayStation5 (PS5) akhirnya resmi dirilis pada 12 November 2020 kemarin. Dalam waktu sekejap saja, konsol game paling digandrungi manusia itupun langsung jadi perbincangan hangat.

Sejak diumumkan di awal tahun ini, desas-desus perilisan PS5 memang sangat ditunggu. Apalagi sempat berhembus kabar kalau Sony akan memundurkan perilisan konsol kesayangannya itu sampai tahun 2021, mengingat dunia masih dilanda pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi.

Namun tampaknya perekonomian yang memburuk bukanlah masalah bagi penggemar game. Faktanya PS5 langsung ludes dalam waktu singkat dalam penjualan perdana. Dilansir Gizchina, pS5 yang dibanderol US$500 (sekitar Rp7 juta) atau US$400 (sekitar Rp5,6 juta) untuk versi digital ini sudah tak tersisa di platform penjualan online utama di Jepang.

Baca juga: Resmi Rilis, Game ‘THE LAST OF US 2’ Dijual Rp860 Ribu – Rp3,3 Juta

Demi memenuhi permintaan yang luar biasa tinggi, para pengecer sampai menjual lewat pengundian karena memang PS5 jumlahnya masih terbatas. Bahkan marketplace khusus barang loak terkenal di Jepang yakni Mercari Inc, sampai menyediakan PS5 senilai US$900 (sekitar Rp12,6 juta)!

Seminggu setelah sambutan yang begitu antusias, Sony pun akhirnya angkat bicara lewat Twitter resminya. Perusahaan teknologi raksasa asal Jepang ini mengakui bahwa tingginya permintaan akan PS5 adalah sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya. Namun Sony menegaskan kalau akan ada banyak unit PS5 yang didistribusikan sebelum akhir tahun 2020.

Hanya saja dilansir dari The Verge, belum ada yang tahu berapa total penambahan unit dari Sony PlayStation5 tersebut. Karena memang permintaan besar konsol ini dipengaruhi oleh kebosanan konsumen atas situasi pandemi yang membuat mereka harus ada di rumah terus. Bermain game dengan konsol secanggih PS5 dianggap sebagai sebuah hiburan yang sangat menjanjikan.

3.500 Unit PS5 Diborong Calo di Inggris

tampilan Sony PlayStation5
© Gizmochina

Bisa dibilang para gamer di seluruh dunia memang begitu menantikan perilisan Sony PlayStation5 ini. Bukan hanya untuk konsumsi pribadi, bahkan ada yang berniat dijual kembali. Hal inilah yang dilakukan CrepChiefNotify asal Inggris.

Baca juga: 10 Rekomendasi Game Strategi Perang PC yang Seru Dimainkan

Kepada Business Insider, Tom selaku manajer CrepChiefNotify dengan bangga menyebutkan jika kelompoknya berhasil memboyong 2.472 konsol PS5 pada saat perilisan perdana dan sudah membeli 1.000 unit sebelumnya di masa pre-order. Denggan menggunakan bot, CrepChiefNotify memang memborong PS5 di berbagai marketplace sehingga mampu melewati antrean dan membeli lebih cepat.

Sebagai grup calo berpengalaman, CrepChiefNotify memang memberikan pelayanan untuk pembelian produk limited-edition atau gawai-gawai berharga mahal. Disebutkan jika layanan bot mereka dibanderol GBP29.99-399 (sekitar Rp565 ribu – Rp7,5 juta). Lantaran tingginya permintaan atas konsol PS5 ini, CrepChiefNotify sampai mengubah pelayanan dari bot khusus sneakers ke bot multiguna khusus perangkat elektronik.

Tak hanya CrepChiefNotify, calo perseorangan juga meraup untung dari perilisan PS5. Konsol ini bahkan dijual dengan harga berkali-kali lipat oleh calo baik di media sosial atau eBay. Dilaporkan sampai ada seorang reseller yang menjual PS5 seharga US$1.100 (sekitar Rp15,6 juta) untuk versi standar saja.

Dirilis Januari 2021 di Indonesia, Sony PlayStation5 Dijual Rp7,2 Juta

PS5 dan sejumlah aksesoris
© NBC News

Kehebohan penjualan perdana PS5 ternyata juga terasa hingga Indonesia. Hanya saja Anda harus cukup sabar jika menginginkannya, karena perilisan resmi PS5 di Tanah Air menunggu hingga tahun depan. Hal inilah yang diungkapkan oleh Sony Interactive Entertainment Singapore (SEIS) melalui situs resmi mereka.

Disebutkan bahwa Sony memilih 22 Januari 2021 sebagai tanggal perilisan resmi PS5 di Indonesia.
Tak berbeda jauh dengan harga di tingkat internasional, perangkat PS5 dibanderol mulai Rp7,299 juta (Digital Edition) dan Rp8,799 juta (drive disk Ultra HD Blu-ray/reguler). Pre-order (PO) ini akan dimulai di retail resmi Sony pada 18 Desember 2020 mendatang.

Baca juga: Dibanderol Rp7 Jutaan? Inilah Foto Resmi Sony PlayStation 5!

Bersamaan dengan penjualan PS5, Sony juga menyediakan sejumlah aksesoris yang bisa dinikmati publik Indonesia yakni:

  1. DualSense Wireless Controller (standalone) – Rp1,269 juta
  2. Headset nirkabel PULSE 3D yang didukung audio 3D dan mikrofon peredam bising ganda – Rp1,699 juta
  3. Kamera hD dengan lensa ganda 1080p – Rp999 ribu
  4. Media Remote untuk navigasi film dan layanan streaming – Rp499 ribu
  5. DualSense Charging Station – Rp499 ribu
  6. Game-game khusus PS5 seperti Marvel’s Spider-Man: Miles Morales, Call of Duty: Black Ops Cold War dan Demon’s Soul – Rp729 ribu sampai Rp1,029 juta

Seperti dilansir Selular, ada sekitar 24 toko sebagai mitra penjualan resmi PS5 di Indonesia yang mayoritas berada di Jabodetabek. Beberapa toko itu berlokasi di Mall Grand Indonesia, Multigame Kelapa Gading, Terminal Game-Mall Taman Anggrek dan PS Enterprise Mangga Dua.

Keunggulan yang Ditawarkan Sony PlaySation5

perbandingan PS5 dengan PS4 dan Xbox Series X
© Video Games Chronicle

Sebagai produk baru, tentunya banyak orang yang kepo dengan keunggulan PS5. Hanya saja sejauh ini, review PS5 didapat dari beberapa orang di luar negeri yang cukup beruntung bisa mencoba konsol canggih ini. Supaya bisa mempertimbangkan membeli produk ini atau tidak, berikut sederet keunggulan yang ditawarkan PS5:

Desain Bongsor Futuristik

Dibandingkan ‘kakaknya’ yakni PS4 Pro, bodi PS5 memang lebih bongsor bahkan tingginya dua kali lipat daripada generasi sebelumnya. Sehingga jika Anda memang berniat membeli PS5, sediakan ruangan yang cukup lega. Didominasi dengan warna hitam putih, kesan futuristik dari PS5 memang sangat menonjol sehingga cocok dianggap sebagai konsol masa depan.

Sama seperti sang pesaing abadi, Xbox One Series X dari Microsoft, PS5 dirancang bisa diletakkan dalam posisi tiduran atau berdiri. Salah satu sisi PS5 berbentuk melengkung yang memang terdapat sistem ventilasi (heat dissipation).

Kualitas Gambar Mulus, Performa Ciamik

Mereka yang beruntung mencoba PS5 untuk kali pertama sepakat bahwa performa konsol ini memang amat sangat istimewa. Apalagi keberadaan Internal Storage Custom 825GB SSD, menjadikan sensasi gaming dengan PS5 berbeda level karena loading game menjadi sangat cepat. Contohnya dilakukan oleh The Verge saat memainkan Final Fantasy VII Remake di PS4 butuh loading 1 menit 29 detik, sementara PS5 cuma 35 detik saja.

Baca juga: 8 Game Offline PC Terbaik yang Cocok Untuk Ngabuburit

Sony juga memasang prosesor PS5 jauh lebih kencang dari PS4 yang AMD Jaguar 1.6GHz yakni AMD Zen 2 octa-core yang mencapai kecepatan 3.5GHz. PS5 juga mempunyai RAM 16GB serta GPU yang memiliki 36 Computing Unit dan daya komputasi 10,28 Teraflops.

Mampu Putar Game 8K dan Streaming Netflix

Dengan spesifikasi yang dimiliki, PS5 memang akan sangat memanjakan para gamer yang mendambakan visual memuaskan. Bahkan disebutkan kalau Sony PlayStation5 ini bisa memutar game hingga kualitas 8K, 4K di refresh rate 120Hz dan audio 3D. Tak cuma sekadar sebagai konsol game, PS5 juga jadi perangkat elektronik masa kini.

Dimana Sony menambahkan dukungan PS5 menjadi aplikasi streaming yang memungkinkan knsumen bisa menonton video, mengobrol dengan orang lain dan lain-lain. Beberapa aplikasi streaming yang sudah bisa dinikmati di PS5 seperti Apple TV+, Disney+, Spotify, Twitch, Youtube dan tentunya Netflix. Asalkan Anda sudah berlangganan di aplikasi-aplikasi tersebut, tentu bisa langsung dinikmati.

Masalah yang Muncul dari Sony PlayStation5

Kehadiran PS5 memang disambut dunia dengan sangat berbahagia di kala pandemi Covid-19 ini. Majalah TIME bahkan memilih PS5 bersama Xbox Series S yang sudah dirilis 22 September lalu sebagai penemuan terbaik di 2020. Tak berlebihan kalau kedua konsol ini dianggap meletakan standar baru dalam sejarah industri gaming di dunia.

Namun lepas dari berbagai pujian yang diterima, Sony PlayStation5 bukanlah konsol game paling sempurna. Forbes bahkan menemukan tiga masalah utama dari PS5 yang kurang lebih mirip dengan masalah di PS4. Masalah itu adalah kecepatan unduhan PS5 yang dianggap lambat dan tak mengalami peningkatan, bahkan sekalipun unduhan sudah dijeda.

PS5 juga tak luput dari kemampuan penyalinan game yang butuh puluhan menit. Dan masalah terakhir adalah daya baterai kontroler yang dianggap boros. Xtreme PS menambahkan bahwa sistem PS5 masih belum stabil sehingga bisa saja gamer mengalami kelumpuhan sesaat. PS5 juga berpeluang crash dan memuat ulang game begitu saja.

Kendati masalah yang timbul tidaklah dialami oleh semua orang, tetap saja beberapa keraguan muncul. Tapi bagaimanapun juga, itu semua tak mempengaruhi PS5 sebagai salah satu konsol game terbaik saat ini.

Baca juga: Jenuh di Rumah Terus Karena Corona? Ini 8 Game Seru yang Bisa Dimainkan di HP!

PS5 Dirilis, Bagaimana Nasib PS4?

Sony PlayStation4
© Deseret News

Kini dengan PS5 yang sudah resmi dirilis dan dinikmati, pertanyaan pun muncul mengenai nasib PS4. Sony tampaknya tak ingin melupakan PS4 begitu saja. Hideaki Nishino selaku Vice President Sony memprediksi bahwa akan ada waktu transisi selama tiga tahun dari PS4 ke PS5. Dimana Sony bakal merilis sejumlah judul game yang bisa dimainkan di PS4 dan PS5.

Apalagi menurut data Apere Analysis, PS4 yang dirilis pada 2013 lalu sudah terjual lebih dari 111 juta unit di seluruh dunia, membuat Sony tak bisa main-main dalam masa peralihan ini. Jika Sony berhasil, maka PS5 jelas akan menjadi konsol game yang sulit terkalahkan.

Demi mewujudkan peralihan itu, beberapa game-game baru seperti Marvel’s Spider-Man: Miles Morales dan Horizon: Forbidden West dirilis bersamaan di PS4 dan PS5. Sementara Demon’s Soul dipastikan bakal eksklusif tersedia untuk Sony PlayStation5. Jadi, apakah kalian sudah siap menikmati PS5 tahun depan?