Oppo

Dijual Rp5,2 Juta, Inilah Spesifikasi Oppo Reno3: HP dengan Kamera Selfie 44MP!

Tepat hari Selasa (17/3) kemarin, pasar smartphone di Indonesia kembali diramaikan oleh salah satu produk unggulan dari Oppo. Kendati situasi perekonomian Tanah Air tengah limbung terkait hantaman pandemi virus corona atau Covid-19, hal ini tampaknya tidak menyurutkan rencana Oppo mengenalkan smartphone terbaru mereka.

Yap, pabrikan ponsel asal Dongguan, China ini akhirnya resmi meluncurkan Oppo Reno3 untuk penggemar gawai di Indonesia. Sekadar informasi, Reno3 sendiri sebetulnya sudah dikenalkan untuk pasar China pada tahun 2019 lalu, tepatnya di bulan Desember 2019. Untuk pasar Indonesia, perilisan dilakukan lewat acara bertajuk Reno3 Launch Show yang disiarkan langsung lewat channel YouTube Oppo Indonesia.

Sebagai penerus kesuksesan Reno2 yang sudah dijual pada tahun 2019 lalu, Reno3 memang memiliki sedikit perbedaan desain tapi tentunya dengan peningkatan performa. Bahkan menyadari bahwa minat konsumen Indonesia lebih tinggi pada ponsel dengan kemampuan fotografi, Reno3 pun hadir dengan spesifikasi tidak main-main yakni mempunyai empat lensa kamera!

Baca juga: Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo A9 2020

Lepas dari spesifikasinya yang cukup mentereng, Reno3 pun siap masuk dalam kalangan ponsel middle-high, lantaran dibanderol dengan harga Rp5.199.000 untuk dua pilihan warna yakni hitam dan putih. Periode pemesanan Reno3 ini dibuka oleh Oppo Indonesia pada 17-26 Maret 2020.

Reno3 Dibekali Kemampuan 5G, Bisa Dipakai di Indonesia?

© Airmagz

Sebagai ponsel kekinian, Reno3 disebut-sebut sudah bisa menjalankan sinyal internet 5G. Kemampuan ini jelas merupakan kabar gembira mengingat perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yakni Qualcomm, sempat menyebutkan kalau 2020 akan menjadi tahun di mana jaringan internet 5G akan makin banyak digunakan di seluruh dunia.

Bahkan Menkominfo Johnny G. Plate kepada CNN Indonesia sempat menyebutkan kalau Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) tengah mempersiapkan ekosistem secara menyeluruh, demi penerapan 5G di Tanah Air. Namun lantaran masih banyak hal yang harus disiapkan demi menyongsong revolusi digital tersebut, tampaknya impian berselancar di kecepatan internet 5G bagi penduduk Indonesia masih menjadi impian.

Tetapi hal itu bukanlah alasan untuk Anda dalam menolak kehadiran ponsel-ponsel 5G. Dengan alasan inovatif dan pemikiran jangka panjang, Reno3 jelas bisa jadi salah satu pilihan terbaik. Apalagi jika mempertimbangkan spesifikasi yang dimiliki, Reno3 jelas sangat istimewa dan bisa menjadi smartphone kesayangan.

Spesifikasi Oppo Reno3

© Gizmologi
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Ukuran Layar: 6.4″ FHD+, Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi Layar: Super AMOLED 1080 x 2400 pixel
  • Chipset: MediaTek Helio P90
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A77 & 6×2.0 GHz Cortex A55)
  • GPU: Mali-G77 MP9
  • Memori/RAM: 128GB/8GB, 128GB/12GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 13MP (telephoto), 8MP (ultrawide), 2MP (lensa mono)
  • Kamera Selfie: 44MP
  • Kapasitas Baterai: 4025 mAh dengan fitur fast charging 20W (diklaim bisa mengisi 50% daya baterai dalam waktu 20 menit)

Oppo Reno3 Cocok untuk Fotografi

Melalui Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia, Reno3 disebut sebagai smartphone yang menjawab kebutuhan konsumen Indonesia akan ponsel berkualitas yang mempunyai kemampuan fotografi mumpuni. Hal inipun langsung ditampilkan oleh Reno3 melalui empat lensa kamera di belakang bodi ponsel. Untuk kamera utamanya pun memiliki kemampuan resolusi sangat besar yakni 48MP.

Namun yang istimewa dari kemampuan memotret Reno3 ini adalah kendati lensa kamera utama berukuran 48MP, foto yang dihasilkan layaknya seperti lensa dengan resolusi 108MP. Kok bisa begitu? Karena Oppo menyematkan sensor 108MP pada Reno3 sehingga mampu menggabungkan beberapa foto dan melakukan kalibrasi warna. Untuk bisa menggunakan mode 108MP, Anda bisa menggunakannya di mode pemotretan Pro yang biasanya dipakai saat memotret pengaturan manual. Nanti tinggal dipilih mode XHD sehingga Anda bisa menghasilkan foto yang jauh lebih jernih.

© Tagar

Untuk tiga lensa kamera lain yang disusun secara vertikal, pengguna bakal memperoleh resolusi lensa masing-masing 13MP, 8MP dan 2MP. Lewat paduan keempat lensa ini, Reno3 pun mempunyai kemampuan 5x Hybrid Zoom dan 20x Digital Zoom baik untuk mode kamera atau video. Yang unik, Reno3 memiliki fitur Super Macro padahal tak dibekali kamera makro. Lantas bagaimana memotret dengan fitur tersebut? Lewat kamera ultrawide 8MP, sehingga Anda bisa mengambil foto obyek kecil dengan jarak 3 cm.

Baca juga: Review Kekurangan dan Kelebihan Oppo K3

Bahkan untuk perekaman video, Reno3 memiliki EIS (Electronic Image Stabilizer) dengan fitur Ultra Steady Video 2.0. Lewat EIS dan fitur tersebut, Reno3 bisa melakukan perekaman dan menghasilkan video yang mulus hingga tanpa guncangan alias shaking yang bikin pusing. Seolah kurang, Oppo juga membenamkan beberapa kemampuan fitur untuk video lainnya seperti Video Bokeh, Video Zoom, AI Beauty Mode dan bonus Soloop sebagai aplikasi editing video.

Sekadar informasi, fitur Ultra Steady 2.0 ini sebelumnya sudah hadir di seri Oppo Find X2. Tak hanya EIS, teknologi baru yang juga bisa ditemukan pada Reno3 ini adalah OSIE (Oppo Screen Image Engine). Lewat OSIE, pengguna Reno3 bisa merekam video pendek dengan hasil lebih baik sebelum akhirnya diunggah ke aplikasi pihak ketiga seperti TikTok atau Instagram Story.

© Daily Social

Ketika Anda merekam video dengan fitur OSIE, hasil video yang diunggah akan jauh lebih mulus. Tidak seperti kebanyakan video-video pendek yang direkam dengan smartphone Android lain yang tampak patah-patah.

Beralih ke kamera depan yang digunakan untuk kebutuhan selfie, Reno3 tampak meninggalkan mekanisme kamera pop-up di Reno2. Di mana sebagai gantinya, kamera depan 44MP ini dipindah ke dalam ‘poni’ serupa tetesan air atau yang disebut Oppo sebagai waterdrop camera.

Salah satu fitur baru yang diusung dalam kamera Reno3 ini adalah kemampuan ultra dark mode. Berbeda dengan mode malam pada umumnya, ultra dark mode dari Reno3 bakal aktif otomatis ketika mendeteksi tingkat pencahayaan di bawah 1 lux alias setara dengan sinar sebuah lilin. Bagaimana bisa hal ini terjadi? Lantaran Oppo menggabungkan algoritma AI, HDR sekaligus pengurangan noise supaya hasil foto di kondisi sangat minim cahaya bisa maksimal.

Performa Oppo Reno3

Sebagai ponsel kelas menengah ke atas, Reno3 jelas harus tampil dengan desain menawan dan performa yang tidak mengecewakan. Untuk itulah Oppo masih menggunakan panel Super AMOLED. Tak hanya layar mewah, Reno3 dikemas dengan tampilan glossy pada bagian belakang yang memberikan kesan pantulan holografik istimewa.

Untuk bagian komponen dapur pacu, Reno3 diperkuat dengan prosesor octa-core MediaTek Helio P90. Dengan prosesor tersebut, Reno3 dapat melaju dengan kecepatan proses mencapai 2.2Ghz dan 2.0Ghz. Tak heran kalau kebutuhan multitasking baik pengolahan data, kamera hingga gaming bisa ‘ditelan’ cukup memuaskan oleh Reno3.

© Airmagz

Dipadukan dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB, Reno3 lebih dari mampu menyimpan sekaligus menjalankan aplikasi-aplikasi berukuran besar. Karena itu, Reno3 bisa menjadi ponsel pilihan generasi masa kini yang memang begitu gemar bermain game dengan grafis tingkat tinggi atau aplikasi-aplikasi edit video hingga desain gambar yang membutuhkan RAM cukup besar.

Tak perlu khawatir dengan daya tahan Reno3, Oppo memberikan kapasitas baterai cukup mumpuni yakni 4025 mAh pada Reno3. Dengan kapasitas baterai itu, Reno3 bisa dibilang sebagai salah satu smartphone dengan daya tahan terbaik. Karena baterai itu bisa membawa Reno3 menyala selama lebih dari satu hari dengan hanya sekali pengisian daya. Bahkan Reno3 bisa menyala non-stop selama delapan jam.

Tentu saja hal ini semakin membuat Reno3 cocok untuk kalangan profesional yang sehari-hari sangat membutuhkan keberadaan ponsel dalam pekerjaannya. Apalagi lewat fitur pengisian daya cepat VOOC Flash Charge 3.0 dengan keluaran arus 20 watt, baterai Reno3 bisa terisi penuh dalam waktu singkat. Anda tak perlu khawatir harus segera berpindah tempat ketika sedang mengisi baterai.

Baca juga: Spesifikasi Hp OPPO Reno Z, Dibandrol Dengan Harga 3 Jutaan

Oppo Reno3 Versi Indonesia Berbeda dengan Versi Global

Jika melihat spesifikasi yang ada pada Reno3 versi Indonesia, tentu memiliki perbedaan dengan versi internasional yang sudah dirilis sekitar tiga bulan lalu. Fakta ini kemudian dibenarkan oleh Aryo, karena memang Reno3 melakukan penyesuaian sendiri pada masing-masing market. Seperti dilansir KompasTekno, perbedaan yang cukup mencolok dari Reno3 versi Indonesia ini adalah pada resolusi kamera.

Di mana untuk produk Indonesia, resolusi lensa kamera utama hanya 48MP, padahal untuk versi global mencapai 64MP. Meskipun begitu keberadaan teknik penggabungan gambar (image stitching) pada Reno3 membuat ponsel ini tetap bisa menghasilkan foto dengan resolusi mencapai 108MP. Kemudian perbedaan berikutnya juga bisa dilihat dari kamera depan, di mana untuk Reno3 versi Indonesia lebih tinggi.

© Gadgetin

Pada Reno3 versi global, kamera selfie hanya memiliki resolusi 32MP, sementara di produk Indonesia mencapai 44MP. Hal ini seolah membuktikan kalau pengguna ponsel di Indonesia memang begitu gemar melakukan selfie baik untuk mode kamera atau perekaman video. Tak heran kalau akhirnya membuat Oppo Indonesia membenamkan spesifikasi kamera yang lebih baik pada Reno3 versi Tanah Air ini.

Jika melihat kemampuan kameranya ini, bisa dibilang kalau Reno3 akan menjadi saingan berat bagi ponsel-ponsel pabrikan China lain yang juga merilis lensa kamera ‘monster’. Beberapa di antaranaya seperti Vivo V19 yang dirilis di Indonesia pada pekan lalu. Di mana Vivo V19 dibekali quad-camera dengan lensa utama 48MP. Selain Vivo V19, pesaing Reno3 berikutnya adalah Realme 5 Pro.

Sama seperti Vivo V19, Realme 5 Pro juga memiliki quad-camera dengan lensa utama 48MP. Terakhir, yang mungkin akan cukup sulit dikalahkan oleh Reno3 ialah Xiaomi Redmi Note 8 Pro. Berbeda dengan Vivo V19 dan Realme 5 Pro, Xiaomi Redmi Note 8 Pro yang juga sama-sama memiliki quad-camera ini memilih lensa utama dengan resolusi 64MP.

Namun lantaran harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro lebih terjangkau dari Reno3, tentu saja ini akan menjadi pertimbangan sendiri bagi calon pembeli. Bagaimana? Masih tertarik ingin meminang Reno3 lantaran kemampuan luar biasa pada kameranya? Segera lakukan pre-order ya!

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago