Realme

Rilis 24 Maret, Intip Spesifikasi Realme 6 dan 6 Pro: HP Kamera 64MP

Krisis ekonomi yang di depan mata lantaran serangan wabah virus corona atau Covid-19, sepertinya bukan masalah bagi Realme. Pabrikan ponsel yang berpusat di Shenzhen, China ini bahkan siap merilis lini Realme 6 Series di Indonesia pada Selasa (24/3) besok. Bukan hanya satu produk saja, sub-brand dari Oppo ini bahkan mengenalkan Realme 6 dan 6 Pro bersamaan.

Sudah dirilis di pasar global pada awal Maret 2020 ini, publik Indonesia memang hanya perlu menanti 2-3 minggu saja. Kondisi ini jelas jauh lebih cepat daripada perilisan Realme 5 Series yang saat ini Indonesia harus menunggu beberapa bulan, hingga akhirnya dijual pada September 2019.

Hanya saja memang karena pandemi Covid-19, Realme Indonesia tampaknya menerapkan kebijakan untuk perilisan secara online. Mengacu pada himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19, perilisan smartphone secara online ini memang jadi yang pertama bagi Realme Indonesia.

Baca juga: 6 HP Realme Terbaru Beserta Spesifikasinya Maret 2020

Melalui akun media sosial mereka di Twitter yakni @realmeindonesia, perilisan Realme 6 dan 6 Pro ini akan dilakukan mulai pukul 10.30 WIB besok. Untuk harganya sendiri, memang baru akan diketahui saat perilisan online. Hanya saja jika melihat kisaran harga di India, tampaknya Realme 6 bakal dijual mulai harga Rp2,5 juta sementara 6 Pro mulai Rp3,2 juta.

Inilah Spesifikasi Realme 6

  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Ukuran Layar: 6.5″ Corning Gorilla Glass 3
  • Resolusi Layar: IPS LCD 1080 x 2400 pixel
  • Chipset: MediaTek MT6785 Helio G90T (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.05 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • Memori/RAM: 64GB/4GB, 128GB/6GB, 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide)
  • Koneksi Internet: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: 4300 mAh dengan fitur fast charging 30W (diklaim bisa isi daya penuh hanya dalam waktu 55 menit

Seperti janji Realme, 6 dan 6 Pro membawa peningkatan spesifikasi apalagi jika dibandingkan dengan Realme 5 Series yang sudah dirilis beberapa bulan silam. Beberapa perubahan itu bisa Anda lihat dari penggunaan chipset generasi baru dan desain layar. Bahkan untuk Realme 6, memakai layar refresh rate 90Hz dengan lapisan pelindung Gorilla Glass 3.

Layar dan Kamera Meningkat dari Realme 5

Di tengah maraknya ponsel-ponsel quad-camera, Realme 6 jelas menghadirkan konsep serupa yakni bagian bodi belakang yang memuat empat kamera berukuran berbeda. Dibandingkan Realme 5 yang ‘hanya’ 12MP, kamera Realme 6 bisa dibilang jauh lebih ‘ganas’ yakni lensa utama mencapai ukuran 64MP dengan sensor Samsung ISOCELL Bright GW1.

© Gadgetren

Sekadar informasi, keunggulan dari sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 ini adalah mempunyai ketajaman ukuran 0.8um pixel seperti Samsung 48MP. Melalui fitur ini, Realme 6 bisa membuat sensor untuk resolusi gambar 16MP dengan menggabungkan empat piksel jadi satu. Mempunyai kemampuan menangkap cahaya yang lebih baik dan pencahayaan rendah, sensor tersebut memungkinkan Realme 6 bisa mengambil foto penuh 64MP dengan filter warna.

Sementara itu beralih ke kamera selfie, Realme 6 diperkuat dengan lensa berukuran 16MP. Kamera selfie ini bisa ditemukan di bagian notch berdesain punch-hole pada layarnya. Realme 6 menggunakan ukuran layar yang sebesar Realme 5 yakni 6.5″, tapi resolusinya meningkat jadi Full HD+.

Cocok untuk Gaming

© teknologi

Melihat chipset yang dipilih oleh Realme, bisa dibilang kalau Realme 6 ini memang ditujukan untuk kebutuhan gaming. Menyasar target generasi muda dan milenial yang hobi main game, Realme 6 diperkuat chipset MediaTek Helio G90T dengan konsep octa core. Untuk dapur GPU, Realme 6 menggunakan Mali-G76 MC4 yang memang cocok untuk nge-game.

Baca juga: Spesifikasi Dan Harga Serta Keunggulan Realme 5i

Dibuat oleh perusahaan Arm Norway asal Norwegia, keunggulan utama GPU Mali memang pada optimasi yang baik. Bahkan Mali cukup mampu melakukan clock speed dan memiliki kemampuan rendering yang lebih baik daripada Adreno. Lantaran bisa ‘menggambar’ lebih cepat, pengalaman gaming dengan Realme 6 tentu sudah cukup memuaskan. Apalagi keberadaan tiga varian RAM yakni 4/6/8 membuat Realme 6 mampu memainkan game dengan grafis tinggi dan ukuran file besar.

Hanya saja Mali juga memiliki kekurangan seperti terbatasnya konfigurasi dan lebih cepat panas. Namun Anda tak perlu khawatir, ponsel dengan fitur sensor fingerprint ini mempunyai baterai dengan kapasitas cukup besar yakni 4300 mAh. Keberadaan fitur fast charging 30W, memungkinkan seluruh daya Realme 6 terisi penuh dalam waktu 55 menit saja.

Dijual dengan dua varian warna yakni comet blue dan comet white, harga Realme 6 di Indonesia memang baru bisa diketahui besok saat perilisan. Namun jika mengacu Realme India, maka Realme 6 akan dijual di kisaran Rp2,8 juta (64GB/ 4GB), Rp3,2 juta (128GB/6GB) dan Rp3,4 juta (128GB/8GB).

Inilah Spesifikasi Realme 6 Pro

© Phoneradar
  • Sistem Operasi: Android 10.0
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, aktif dua-duanya)
  • Ukuran Layar: 6.6″ Corning Gorilla Glass 5
  • Resolusi Layar: IPS LCD 1080 x 2400 pixel
  • Chipset: Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver)
  • GPU: Adreno 618
  • Memori/RAM: 64GB/6GB, 128GB/6GB, 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 12MP (telephoto), 8MP (ultrawide), 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide) dan 8MP (ultrawide)
  • Koneksi Internet: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: 4300 mAh dengan fitur fast charging 30W (diklaim bisa isi daya penuh hanya dalam waktu 57 menit

Sama seperti Realme 6 yang mengalami peningkatan dari Realme 5, begitu pula dengan Realme 6 Pro terhadap 5 Pro. Realme sepertinya memahami bahwa konsumen ponsel-ponsel menengah ke atas di Indonesia masihlah cukup menjanjikan. Bahkan di tengah pandemi Covid-19, Realme begitu berani mengenalkan dua produk mereka secara bersamaan.

Diperkuat dengan 6 Kamera

Satu hal yang paling menonjol dari Realme 6 Pro adalah penggunaan enam kamera pada bodinya. Yap, Realme tampaknya tidak main-main dalam memanjakan pasar penggemar fotografi. Kendati digarap lebih advance daripada Realme 6, 6 Pro masih memakai konsep quad-camera vertikal di bagian belakang dengan ukuran lensa utama sama yakni 64MP.

Namun untuk ketiga lensa lainnya, 6 Pro tampil lebih impresif yakni lensa telephoto berukuran 12MP, lensa ultra-wide 8MP dan terakhir lensa makro berukuran 2MP. Untuk lensa utamanya, 6 Pro juga diberkahi sensor Samsung ISOCELL Bright GW1 yang artinya bisa menghasilkan potret foto dan video yang lebih tajam, sekalipun dalam kondisi pencahayaan rendah.

© androidauthority

Sementara bagi Anda yang ingin memotret obyek dengan lokasi cukup jauh tanpa khawatir blur, 6 Pro menawarkan lensa telephoto berukuran 12MP. Dengan focal length 54mm, kamera 6 Pro mampu melakukan 2x optical zoom berteknologi PDAF (Phase Detection Auto Focus). Lensa telephoto ini jelas sangat membantu Anda yang doyan nonton konser atau pertandingan olahraga, sehingga obyek jauh bisa terpotret atau terekam jelas.

Baca juga: Spesifikasi Realme X2 Pro Kelebihan dan Kekurangan Serta Harganya

Lalu kemudian bagi Anda yang hobi memotret panorama alam, lensa ultra-wide 8MP adalah jawabannya. Dengan cakupan jangkauan sudut yang luas, sebuah area yang indah bisa terekam hanya lewat satu bingkai foto saja. Untuk komposisi quad-camera yang terakhir diperkuat oleh lensa makro berukuran 2MP. Lensa ini membuat pengguna bisa memotret obyek kecil dalam jarak sangat dekat. Dengan rasio 1:1, besar gambar yang difoto punya ukuran persis dengan obyek asli.

© moneycontrol

Berpindah ke kamera selfie, 6 Pro juga tidak main-main dalam memanjakan milenial dan generasi Z lantaran menggunakan dua lensa kamera selfie sekaligus. Dibenamkan pada layar dengan desain punch hole pada pojok kiri atas, kedua lensa kamera selfie 6 Pro ini jelas tak akan mengganggu kinerja Anda termasuk gaming. Kedua lensa selfie yang ditempatkan sejajar ini memiliki ukuran 16MP dan 8MP yang juga bisa digunakan dalam selfie berlatar pemandangan indah.

Meskipun sama-sama mengusung layar IPS LCD dengan resolusi sama, ukuran layar 6 Pro lebih lebar satu inchi dibandingkan Realme 6. Begitu pula dengan pelindungnya, 6 Pro sudah menggunakan Corning Gorilla Glass 5 yang artinya lebih rentan goresan dan pasti awet.

Ponsel Kelas Menengah ‘Rasa’ Flagship

Enam kamera yang dibenamkan pada bodi 6 Pro memang membuktikan kalau smartphone ini bakal jadi salah satu ‘anak emas’ Realme. Bahkan kendati ditujukan untuk konsumen kelas menengah, 6 Pro justru tampil dalam kemasan mewah layaknya ponsel-ponsel flagship dengan harga menembus Rp5 jutaan

Bukan hanya pada tampilan luarnya saja, dapur pacu 6 Pro juga cukup mumpuni dalam berbagai kegiatan dan tentunya multi-tasking. Tidak seperti Realme 6, 6 Pro memilih chipset Snapdragon 720G terbaru yang dibangun pada proses 8nm. Seperti yang diketahui, chipset besutan Qualcomm ini memang diproduksi menggunakan teknologi baru sehingga kemampuan memproses data lebih cepat dan tidak boros baterai.

Dengan harga Snapdragon yang lebih mahal daripada MediaTek, tak heran kalau pangsa pasar Realme 6 dan 6 Pro berbeda. Untuk mendukung performa, 6 Pro menggunakan GPU Adreno 618 yang juga tidak bisa diremehkan. Sekadar informasi, Adreno sudah mendukung API (Application Programming Interface) terbaru sehingga menjadikan 6 Pro lebih inovatif.

© Smartprix

Dibandingkan Mali, performa Adreno mampu mencatat raihan lebih tinggi padahal sama-sama menggunakan chipset sekelas. Namun kalau untuk urusan gaming, Adreno memang patut mengalah dengan Mali lantaran chip yang dikembangkan oleh Qualcomm ini cukup lemah dalam urusan rendering gambar.

Tapi jika melihat pangsa pasar 6 Pro adalah kelompok produktif, smartphone ini jelas menjadi pilihan terbaik. Dengan sensor fingerprint, accelerometer, gyro, proximity dan kompas, 6 Pro dibekali baterai dengan kapasitas 4300 mAh. Realme mengklaim proses pengisian daya ulang 6 Pro hingga penuh cuma membutuhkan waktu 57 menit, berkat VOOC 4.0.

Sehingga untuk Anda yang super sibuk, waktu 30 menit saja bisa untuk membuat baterai Realme 6 Pro terisi 70%. Bahkan kendati charging dilakukan sambil menonton video, 30W Flash Charge tetap akan melakukan tugasnya dengan sempurna.

Baca juga: Spesifikasi Dan Harga Baru Realme X2 Pro

Sama seperti Realme 6, harga resmi Realme 6 Pro masihlah harus menunggu hingga perilisan resminya esok. Namun jika memang mengacu pada harga di Realme India, Realme 6 Pro akan dijual di kisaran Rp3,6 juta (64GB/6GB), Rp3,8 juta (128GB/6GB) dan Rp4 jutaan (128GB/8GB).

Kesimpulan

Melihat spesifikasi yang diulas, tentu baik Realme 6 dan Realme 6 Pro memiliki keunggulan masing-masing. Sama-sama diperkuat dengan ukuran lensa utama 64MP, Realme 6 Series jelas jadi jawaban atas penggemar fotografi lewat ponsel yang membutuhkan gawai berkualitas dengan harga kompetitif. Pastikan Anda menggunakan Realme 6 Series sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, sehingga smartphone itu bisa digunakan lebih awet.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

8 jam ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

2 hari ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 minggu ago

Nikon Z Fc, Kamera Retro Untuk Teman Travelling Anda

Nikon Z fc mengusung desain yang nyaman dalam genggaman dan menawarkan pengalaman pengambilan gambar berbeda…

3 minggu ago

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar,…

3 minggu ago

Layar Luas 6.5”, Nokia C20 Dibanderol Rp1 Jutaan

Kalau bicara mengenai smartphone Android, banyak di antara kita yang akan identik menyebut brand Xiaomi,…

4 minggu ago