Arus

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis. Hampir setiap pekannya, pabrikan-pabrikan ponsel mengenalkan produk baru mereka ke pasaran. Hal ini rupanya membuat ponsel lawas mulai terlihat jadul sampai akhirnya tidak bisa pakai WhatsApp, salah satu aplikasi banyak orang di dunia.

Meskipun ada banyak sekali aplikasi perpesanan online dan bahkan sempat menuai kontroversi mengenai kebijakan privasi, faktanya WhatsApp masihlah begitu powerful dan digunakan banyak orang di seluruh dunia. Diluncurkan pada November 2009, aplikasi yang kerap disebut WA ini artinya sudah berusia 12 tahun. Hanya butuh waktu empat tahun saja sampai akhirnya WA punya pengguna aktif sebesar 200 juta.

Satu windu berlalu semenjak tonggak sejarah itu, WA dilaporkan punya dua miliar pengguna aktif bulanan yang artinya lebih dari 20% populasi manusia di Bumi. Aplikasi yang kini sudah dimiliki media sosial raksasa Facebook (FB) itu bahkan melaporkan adanya tambahan satu miliar pengguna aktif, dalam kurun waktu empat tahun terakhir. Hal inilah yang membuat WA selalu melakukan pembaruan sistem.

Baca juga: Prosesor dan GPU Terbaik Untuk Menambang Crypto

Nah, pembaruan sistem ini rupanya berimbas pada ponsel-ponsel lawas yang disebut tidak bisa pakai WhatsApp. Tentu saja informasi ini sempat bikin heboh karena saat WA dan FB sama-sama down, banyak orang berpikir kalau aplikasi yang sudah punya fitur bisnis itu bakal dihapus. Kabar ini tentu saja tidak benar karena faktanya WhatsApp hanya menyebutkan bakal tidak bisa diakses pada sejumlah ponsel lama.

Daftar Ponsel yang Tidak bisa Pakai WhatsApp

© Tech Beezer

Informasi penghentian dukungan ke sejumlah ponsel Android dan iOS ini jelas membuat para pengguna smartphone kebingungan. Karena bagaimanapun juga, WA adalah salah satu aplikasi pesan online favorit, terutama bagi orang Indonesia. Dalam laporan Digital 2021: The Latest Insights Into the State of Digital dan Hootsuite, terungkap bahwa dari 170 juta pengguna internet Indonesia, 87,7% di antaranya memiliki akun WA.

Tak hanya digunakan untuk keperluan berkomunikasi saja, WA di Indonesia bahkan menjadi media untuk berjualan online. Apalagi setelah kehadiran WhatsApp Business, para pelaku bisnis online bisa bebas berjualan mulai dari mengenalkan produk, memberikan pesan informasi soal layanan hingga melakukan transaksi. Hal inilah yang membuat posisi WhatsApp di Tanah Air cukup penting.

Namun menjadi masalah karena dengan jumlah pengguna smartphone yang sangat besar, masih banyak orang Indonesia yang menggunakan ponsel dengan sistem operasi lawas. Kelompok inilah yang paling banyak dicemaskan dengan keputusan WhatsApp untuk menghentikan akses pada ponsel-ponsel Android dengan versi OS 4.0.4 ke bawah atau iOS 9 ke bawah.

Proses penghentian ini sendiri disebutkan sudah resmi dijalankan per 1 November 2021 kemarin. Karena kebijakan ini, setidaknya ada 50 ponsel yang tidak bisa pakai WhatsApp baik Android maupun iOS.

Daftar Ponsel Android yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp

  • Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 Mini, Galaxy XCover 2, Galaxy Core, Galaxy Ace 2
  • LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 II Dual, Optimus L3 II, Optimus L3 II Dual, Optimus L7, Optimus L7 II, Optimus L7 II Dual, Optimus F6, Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD, Optimus F3Q
  • ZTE: Grand S Flex, V956, Grand X Quad V987, Grand Memo
  • Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, Ascend D2
  • Sony: Xperia Miro, Xperia Neo L, Xperia Arc S
  • Alcatel: One Touch Evo 7

Daftar Ponsel iOS yang Tidak Bisa Pakai WhatsApp

Berbeda dengan ponsel Android yang memiliki banyak brand, smartphone iOS memang menjadi dominasi Apple lewat iPhone. Memang ada beberapa iPhone lawas yang mampu upgrade sistem operasi ke iOS 10 atau versi terbaru, tapi banyak juga iPhone-iPhone lawas yang tak mampu melakukannya sehingga cuma berhenti di iOS 9 yang rupanya menjadi sistem operasi terakhir yang dapat menggunakan WA.

Dilansir Glitched Online, setidaknya ada lima jenis iPhone yang tidak bisa pakai WhatsApp per 1 November 2021 kemarin. Kelima ponsel iOS itu adalah iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4 dan iPhone 4S. Tentunya jika Anda termasuk salah satu dari pengguna ponsel-ponsel itu, harus mulai berpikir untuk membeli perangkat iOS baru maupun mengganti aplikasi perpesanan online selain WhatsApp.

Baca juga: 5 Speaker Eksternal Edisi 2021, Pilih Speaker Pintar Atau Bass?

Cara Cek Sistem Operasi Ponsel

© Reuters

Pengumuman WhatsApp untuk menarik dukungan ke sejumlah smartphone Android dan iOS yang menggunakan sistem operasi lama ini jelas mengejutkan. Dari informasi yang tertera di halaman resmi mereka, pihak WA memang tidak memiliki solusi lain untuk sejumlah smartphone jadul yang tidak bisa pakai WhatsApp ini selain mengganti perangkat dengan yang lebih baru.

Tak heran dalam pengumuman mereka pekan lalu itu, WhatsApp juga mengingatkan para pemilik ponsel jadul untuk menyimpan riwayat perpesanan sebelum 1 November 2021. Karena ketika akses WA benar-benar hilang pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 4.0.4 (Ice Cream Sandwich) atau iOS 9, tidak ada yang bisa dilakukan lagi.

Bicara soal sistem operasi Android 4.0.4, mungkin banyak di antara Anda yang tak menduga kalau usianya sudah 10 tahun. Yap, Google merilis sistem operasi itu pada 19 Oktober 2011 lalu dan memutuskan menghentikan dukungan untuk Ice Cream Sandwich jeka tahun 2018. Tak heran kalau dalam statistik distribusi sistem operasi Android di website resmi developer Android, Ice Cream Sandwich sudah tidak tercantum.

Bukan tanpa alasan tidak dicantumkan, karena lewat laporan Statcounter, smartphone Android versi 4.0.4 atau yang lebih tua saat ini jumlahnya sangat sedikit. Setidaknya hanya 3,44% dari pengguna Android di seluruh dunia. Sementara itu untuk iOS 9, sistem operasi ini sebetulnya lebih muda daripada Android versi 4.0.4 karena dirilis oleh Apple sebagai pembaruan iOS 8, sekitar delapan tahun silam.

Sedikit berbeda dengan Android, perangkat iOS pada dasarnya cepat memperoleh updating sistem operasi lantaran tidak adanya masalah pada fragmentasi pembuat perangkat. Bahkan ponsel-ponsel iPhone keluaran lawas seperti berumur lima tahun, disebut masih bisa melakukan update hingga iOS terbaru. Hanya saja memang ada sejumlah iPhone yang mentok alias tak bisa di-upgrade lagi sistem operasinya.

Beberapa iPhone yang dikabarkan berhenti di iOS 9 dan tak bisa upgrade adalah iPhone 4S dan iPhone 4, atau jenis yang lebih tua. Sehingga bagi Anda pemilik iPhone kategori tersebut, harus rela mengucapkan selamat tinggal pada WA lantaran tidak bisa pakai WhatsApp lagi. Sementara kalau Anda adalah pemilik iPhone 5, iPhone 5C dan iPhone 5S bisa lebih lega karena perangkat itu mampu update hingga iOS 10.

Nah, supaya tidak bingung dan dapat mengetahui sistem operasi apa yang ada dalam ponsel masing-masing, ada baiknya Anda melakukan pengecekan. Dengan begitu bisa meyakinkan diri apakah perangkat ponsel masih atau justru sudah tidak bisa pakai WhatsApp lagi.

Cara Cek Sistem Operasi di Ponsel Android

Sekadar informasi, tutorial ini dilansir dari KompasTekno yang mana dalam proses pengecekannya, menggunakan ponsel Samsung Galaxy Note 9 yang sudah dibenamkan Android 10 dan One UI 2.5 sebagai tampilan antarmuka. Sehingga jika ponsel Android yang Anda miliki sedikit berbeda, mungkin pada bagian antarmuka alias User Interface (UI). Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu PENGATURAN atau SETTING pada ponsel. Bisa dilakukan lewat tarikan pop-up layar
  • Pada menu PENGATURAN, gulir ke bawah dan pilih menu TENTANG PONSEL alias about phone
  • Pilih informasi perangkat lunak, maka nanti Anda akan diberikan informasi sistem operasi pada perangkat Android termasuk UI yang dipakai
  • Jika ponsel Anda bisa melakukan update Android, Anda bisa memilih kembali ke menu PENGATURAN lalu UPDATE SOFTWARE/PERANGKAT LUNAK, baru kemudian pilh UNDUH dan INSTALL alias PASANG

Baca juga: Apa Itu Clubhouse? Media Sosial Baru yang Booming di Indonesia

Cara Cek Sistem Operasi di Ponsel iOS

  • Buka menu SETTING/PENGATURAN pada iPhone
  • Pilih opsi GENERAL/UMUM
  • Lanjutkan ke pilihan ABOUT/TENTANG
  • Anda akan memperoleh informasi mengenai versi software pada layar, sehingga tahu sistem operasi iPhone
  • Jika ingin melakukan update atau upgrade sistem operasi, langsung saja kembali ke menu SETTING/PENGATURAN
  • Lanjutkan ke opsi SOFTWARE UPDATE atau pembaruan perangkat lunak
  • Akan muncul versi iOS terbaru jika memang iPhone Anda memperoleh akses. Baru kemudian bisa dilanjutkan ke UNDUH dan PASANG/INSTALL
  • Tunggu sampai proses download usai dan lanjutkan pasang sistem operasi iOS yang baru

Jika seluruh tahapan baik pada ponsel Android atau iOS sudah Anda lakukan, maka Anda tentu sudah memperoleh sistem operasinya. Kalau memang sudah tidak bisa pakai WhatsApp sekalipun dilakukan upgrade sistem, maka satu-satunya cara yang dilakukan memang hanyalah membeli perangkat baru. Atau Anda dipersilahkan untuk menggunakan aplikasi perpesanan online yang lain, sebagai pengganti WA.

WhatsApp Luncurkan Fitur Satu Akun Empat Perangkat

via Medcom

Terlepas dari akan ada pengguna ponsel-ponsel lawas yang tidak bisa pakai WhatsApp lagi, kabar gembira justru menghampiri Anda yang masih bisa memakai WA. Setelah menunggu, akhirnya fitur dukungan multi-device yang dikenalkan WhatsApp sejak Juli 2021, dapat dinikmati juga oleh para pengguna WA di Tanah Air. Apa artinya fitur tersebut?

Baca juga: 7 Hal Soal Kebijakan Baru WhatsApp, Jangan Sampai Akun Bermasalah!

Dukungan multi-device ini memungkinkan Anda memakai satu akun WhastApp di empat perangkat secara bersamaan, tanpa bergantung pada ponsel, asal menggunakan nomor yang terdaftar. Hal ini tentu jadi kabar gembira mengingat biasanya saat kita menggunakan WhatsApp di desktop atau website, nomor yang terdaftar di ponsel harus selalu  online.

Hanya saja fitur ini menurut KompasTekno, hingga 21 Oktober 2021 kemarin masihlah dalam tahapan beta sehingga tak semua orang bisa menggunakan dukungan multi-device. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba atau memilih melakukan pembelian baru untuk ponsel yang tidak bisa pakai WhatsApp? Semua tergantung Anda.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 bulan ago