Smartwatch

Tips Memilih Smartwatch Yang Cocok Buat Kamu

Smartwatch kini semakin menjadi kebutuhan masyarakat urban karena praktis dan mempunyai beragam fitur yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Gadget yang merupakan pengembangan dari jam tangan ini mempunyai banyak jenis dan model, pastikan kamu membeli smartwatch yang cocok dengan personalitas kamu ya.

Smartwatch merupakan pasangan dari smartphone yang selain berfungsi untuk menampilkan notifikasi, kini smartwatch dilengkapi dengan beragam fitur seperti mengukur tekanan darah, detak jantung, jam tidur, dan lainnya. Bahkan, smartwatch terbaru juga dilengkapi dengan fitur pembayaran elektronik maupun kartu kredit.

Semakin hari, tingkat popularitas smartwatch semakin menanjak. Akan tetapi masih banyak orang yang masih bingung ketika ingin membeli smartwatch. Mereka masih bingung untuk mencari smartwatch yang cocok dengan aktifitas dan kebutuhannya.

Yang harus kamu tahu bahwa fitur utama yang ditonjolkan dari smartwatch adalah fungsinya yang serbaguna. Tidak hanya dapat berfungsi sebagai jam tangan, smartwatch juga dapat dihubungkan dengan smartphone kamu.

Notifikasi ponsel pun bisa langsung Kamu pantau melalui smartwatch. Tak hanya itu, beberapa smartwatch juga dilengkapi fungsi lain seperti manajemen jadwal, fitur pembayaran digital, hingga pemantauan kesehatan yang dapat diatur mandiri.

Pada beberapa jenis smartwatch, kamu bisa membuat catatan atau membalas pesan tanpa harus mengeluarkan smartphone. Smartwatch membantu kamu untuk melakukan hal-hal kecil tanpa mengeluarkan smartphone.

Selanjutnya adalah bagaimana memilih smartwatch yang cocok buat kamu? Pertama adalah analisa dulu apa kebutuhan kamu dengan smartwatch. Apakah hanya untuk petunjuk waktu dan melihat notifikasi saja, atau kamu butuh fitur pemeriksa kondisi tubuh.

Baca juga: Rekomendasi Tablet yang Cocok Untuk Bekerja, Apa Saja Ya?

Berikut ini beberapa poin yang harus kamu perhatikan saat memilih smartwatch. Pilihlah produk yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu!

Kompatibel Dengan Smartphone

Hampir semua smartwatch sudah terpasang operating system (OS) di dalamnya. Yang perlu kamu ketahui, ada tiga jenis OS yang terpasang pada smartwatch, yakni watchOS, Wear OS by Google, dan Tizen. Pastikan smartwatch yang kamu pilih kompatibel dengan smartphone kamu

Sebagai contoh, watchOS hanya kompatibel dengan perangkat iOS, seperti Apple Watch atau produk Apple lainnya. Akan tetapi, OS ini tidak kompatibel dengan perangkat Android.

Ada juga OS yang dikembangkan oleh Google dengan nama Wear OS atau Android Wear. OS ini dapat menjadi pilihan terbaik karena tidak hanya kompatibel dengan Android, pengguna iOS juga dapat menggunakannya. Selain itu, OS ini dirancang untuk bisa ditautkan dengan akun Google.

Selanjutnya, ada Tizen yang dikembangkan oleh Samsung sehingga kompatibel dengan Galaxy smartphone. Selain digunakan pada smartwatch, Tizen juga digunakan dalam perangkat IoT (Internet of Things). Pengembangan ini dilakukan dengan harapan bahwa smartwatch dapat kompatibel dengan perangkat IoT di masa depan.

Fitur Dasar Smartwatch

Sebelum membeli smartwatch, sebaiknya kamu memeriksa fitur-fiturnya. Jangan sampai sudah membeli smartwatch tetapi tidak ada fitur yang kamu inginkan. Oleh karena itu, kamu harus memeriksa beberapa poin penting ini.

Jika kamu ingin mendapatkan notifikasi smartphone di smartwatch, Kamu harus mengecek fitur notifikasi ini. Sebagian besar smartwatch memang telah memiliki fitur notifikasi. Akan tetapi, ragam notifikasi yang terdapat pada smartwatch bergantung dari model atau seriny

Pilihlah smartwatch yang dilengkapi dengan notifikasi sesuai kebutuhan. kamu dapat memilih model yang hanya memiliki notifikasi panggilan dan pesan saja. Di sisi lain, kamu bisa memilih smartwatch yang dilengkapi berbagai macam notifikasi layaknya yang ada pada smartphone kamu.

Bagi Kamu yang sudah terbiasa dengan metode pembayaran cashless, kami merekomendasikan smartwatch yang dilengkapi dengan fitur pembayaran. Beberapa produk yang dilengkapi dengan fitur ini di antaranya adalah Apple Watch dan Wena. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua negara menerima pembayaran melalui Google Pay.

Fitur Kesehatan

Pilihlah smartwatch dengan fitur kesehatan jika kamu ingin memonitor diet dan kesehatan Kamu. Fitur monitoring kesehatan pada smartwatch juga merekam jumlah langkah kaki dan detak jantung. Selain itu, ada juga smartwatch yang dapat merekam olahraga dan menghitung kalori yang terbakar.

Ada juga model canggih yang bisa digunakan untuk mengukur tekanan darah dan mencatat menstruasi. Smartwatch dengan fitur kesehatan ini tentunya akan menjadi pilihan tepat untuk memantau kesehatan harian kamu.

Fitur GPS Buat Petualang

Apabila kamu gemar bertualang, risiko tersesat bisa saja terjadi. Oleh karena itu, pilihlah smartwatch dengan fitur GPS supaya mudah mengetahui lokasi kamu berada. Saat diaktifkan, sistem navigasi smartwatch akan memandu kamu ke tujuan. Sistem ini bekerja seperti sistem navigasi pada mobil.

Selain dapat memberikan navigasi sesuai tujuan, smartwatch yang dilengkapi GPS ini juga dapat digunakan untuk merekam jejak. Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan untuk merekam rute yang kamu gunakan saat berlari atau berjalan di aplikasi peta smartphone kamu.

Smartwatch dari Garmin, pabrikan alat gps untuk kendaraan, merupakan yang terbaik apabila kamu ingin mencari smartwatch dengan fitur GPS sebagai andalannya.

Baca juga: Review Advan Tab 8elajar, Perangkat Rp1,4 Juta untuk Belajar Online

Fitur Tahan Air dan Debu

Jika Kamu kerap menggunakan smartwatch untuk melakukan olahraga luar ruangan atau berenang, pilihlah produk yang tahan air dan tahan debu. Level ketahanannya biasanya dituangkan dengan kode IP atau waterproof .

Kode IP adalah dua digit angka yang angka pertamanya menunjukkan tingkat ketahanan debu dan angka kedua menunjukkan ketahanan air.

Tingkat ketahanan debu dilambangkan dengan angka satu hingga enam, sedangkan ketahanan air diwakili angka satu hingga delapan. Semakin tinggi angka yang tertulis, semakin kuat kinerja ketahanannya.

Ketahanan Baterai

Saat memilih smartwatch, kamu harus memerhatikan kapasitas daya baterainya dengan teliti. Sebagian besar model memiliki baterai yang dapat bertahan lebih dari setengah hari.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat memakainya ke tempat kerja atau ke sekolah. Namun, jika kamu berencana menggunakannya berhari-hari, pilihlah model yang baterainya tahan lama.

Beberapa smartwatch memiliki pilihan mode baterai, yaitu mode baterai tahan lama dan mode kinerja maksimal.

Model ini dapat menghemat daya baterai sesuai dengan aplikasi smartwatch sehingga lebih nyaman untuk penggunaan jangka panjang.

Pilih Desain Yang Tepat

Smartwatch adalah perangkat elektronik yang praktis, tetapi juga bisa menjadi aksesori yang dapat menunjukkan kepribadian Kamu. Pilihlah desain yang sesuai dengan selera kamu tanpa menafikan situasi dan waktu pemakaian.

Sebagian besar smartwatch diproduksi dengan layar digital, tetapi ada juga yang memiliki tampilan analog. Display digital selalu memberikan kesan kasual. Untuk itu, kami merekomendasikan smartwatch dengan tampilan analog untuk digunakan bekerja. Sedangkan saat libur atau berada di rumah, kamu bisa memakai smartwatch dengan tampilan digital.

Smartwatch jenis ini memiliki penunjuk waktu layaknya jam analog dengan layar kecil dan tombol di bagian band atau strap-nya. Penampilannya yang elegan akan membuat kamu terlihat berkelas saat memakainya dalam pertemuan bisnis.

Ada juga smartwatch yang memiliki model hybrid, yaitu memiliki tampilan analog dan digital. Apabila kamu memilih smartwatch hybrid, kamu dapat tampil profesional maupun kasual hanya dengan satu unit smartwatch.

Baca juga: Inilah Daftar 6 Monitor LCD Terbaik 2020, Tertarik?

Beberapa smartwatch memiliki desain band atau strap yang dapat diganti. Kamu tidak harus mengganti strap-nya saat rusak saja, melainkan bisa menggantinya sesuai dengan mood atau warna baju yang dipakai. Apabila Kamu menginginkan tampilan yang modis, smartwatch ini adalah pilihan yang sempurna.

Share
Tohir

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago