Vivo

Vivo V21 5G, Ponsel Harga Merakyat

Vivo V21 5G adalah ponsel dengan harga merakyat yang bisa melakukan banyak hal. Vivo mengandalkan desain ramping dan kamera selfie yang luar biasa untuk menarik minat pembeli.

Namun, dalam pertarungan melawan beberapa kompetitor  yang benar-benar tangguh, V21 mempunyai sedikit kekurangan dalam hal kinerja.

Ini adalah perangkat yang ramping, ringan, dan dibuat dengan gaya yang menyenangkan untuk digunakan sehari-hari.

Jika Anda memandang V21 dari depan akan nampak seperti ponsel harga menengah ke bawah seperti biasanya. Begitu pula tampilan belakangnya, tidak nampak segar dan kekinian.

Mungkin Vivo ingin menunjukkan kesan retro dan sederhana. Satu hal yang menjadi daya jual Vivo adalah kamera.

Ponsel Vivo sering kali dilengkapi dengan beberapa fitur kamera menonjol yang jarang Anda lihat di tempat lain, begitu pula dengan V21 5G.

Kamera selfie 44MP-nya adalah yang paling baik dan fleksibel yang akan Anda temukan untuk ponsel dengan harga merakyat.

Kamera selfi ini sudah mempunyai fitur optical image stabilization (OIS) dan sistem dual flash khusus. Ini bisa menjadi ponsel yang sempurna untuk seseorang yang ingin menjadi vlogger dengan anggaran terbatas.

Namun sistem kamera belakang utama agak lebih biasa dan tentu saja bukan yang terbaik. Seperti ponsel Vivo sebelumnya, ada sedikit kelemahan dari segi performa.

Bukan karena V21 5G memiliki kinerja sangat buruk dalam penggunaan sehari-hari, namun V21 memiliki kinerja yang lebih rendah dari kompetitornya. Misalkan Xiaomi Poco M3.

Desain

Profil ramping dan bergaya

Bagian depan ponsel terlihat kuno berkat takik tetesan air mata

Vivo V21 5G melanjutkan kemampuan merek untuk memproduksi ponsel yang ramping dan tampak berkelas, setidaknya dari penampilan bagian belakang.

Jika melihat sekilas panel belakang ponsel, Anda mungkin mengira sedang melihat anggota lain dari keluarga unggulan Vivo X60.

Ada modul kamera persegi panjang yang dibuat dengan gaya, finishingnya agak sedikit matte namun mengilap. Warna Dusk Blue model kami yang bergaya ungu, dan logo Vivo yang halus pada sudutnya.

Ketika Anda menyentuh panel belakang, Anda akan menyentuh kaca bertekstur halus. Sebuah jenis yang mungkin Anda harapkan dari perangkat yang jauh lebih mahal.

Namun segalanya menjadi sedikit lebih murah saat Anda memutar telepon di tangan Anda. Ada tampilan dan nuansa yang sedikit murah pada plastik mengkilap yang digunakan untuk bingkai layar bagian depan.

Tombol daya bertekstur berat pada tepi kanan merupakan salah satu ciri khas ponsel Vivo.

Namun, jika Anda mengharapkan jack headphone 3,5 mm, kami punya kabar buruk untuk Anda. Dengan ketebalan hanya 7,3mm, tidak ada ruang untuk menyertakan fitur seperti itu.

Ini adalah ponsel yang cukup ringan juga, dengan berat 176 gram. Meskipun memiliki jejak yang sangat mirip dengan OnePlus Nord 2, ini lebih ringan 13 gram.

Bobot yang lebih ringan ini tidak diragukan lagi berkat penggunaan plastik dan baterai yang jauh lebih kecil.

Kini rotasikan 180 derajat V21 dan Anda akan merasakan bagian terburuk dari desain V21 5G dengan hati yang lapang.

Baca review, Realme GT

Dagu ponsel tampaknya sedikit kurang menonjol daripada OnePlus Nord 2, dan terlepas dari pembicaraan Vivo tentang kurva layar 2.5D (kami tidak benar-benar melihatnya). Perhatian Anda pasti akan tertuju pada takik layar ponsel.

Ya, fitur yang mendefinisikan Vivo V21 5G menjadi lebih baik juga membuatnya menjadi lebih buruk. Takik water drop / tetesan air mata ini tampaknya berasal dari desain ponsel cerdas beberapa tahun yang lalu.

Tetapi mengingat OIS dan flash dual-LED pada kamera depan, punch-hole berukuran biasa sepertinya tidak akan mampu memuat mereka. Maka takik water drop ini adalah solusi yang paling nyata untuk V21.

Tampilan

6,44 inci 1080 x 2400 AMOLED cerah dan seimbang

Kecepatan refresh 90Hz bukan yang tercepat mutlak, tetapi masih lancar

Vivo V21 5G memiliki layar AMOLED 6,44 inci 1080 x 2400 dengan kecepatan refresh 90Hz dan dukungan HDR10+.1

Ini adalah spesifikasi yang sangat mirip dengan pesaing kelas menengah lainnya seperti OnePlus Nord 2 dan Xiaomi Mi 11 Lite 5G.

Seperti kebanyakan ponsel, default refresh rate adalah 60Hz, tetapi dapat dialihkan ke 90Hz.

Anda juga mempunyai pilihan untuk mode Smart Switch yang secara otomatis menyesuaikan dengan kecepatan refresh yang paling sesuai untuk tugas tersebut.1

Meski dengan harga ini, Anda mungkin saja bisa mendapatkan layar AMOLED 120Hz untuk uang sebanyak ini.

Tampilan layar Vivo V21 tampak bagus dan kecerahannya hingga 500 nits dalam kondisi biasa. Itu akan menjadi lebih tinggi dalam mode otomatis, jika Anda sedang ada di luar ruangan pada siang hari yang cerah.

Dalam hal akurasi warna, pengaturan layar Standar default di sini cukup seimbang sehingga kami tidak merasa harus mengotak-atiknya.

Baca yuk, Sony Xperia 1 III

Anda dapat beralih ke Profesional yang lebih hangat atau pengaturan Bright untuk tampilan yang lebih dingin agar mata Anda lebih nyaman. Ada pula penggeser Suhu Warna jika Anda ingin menyempurnakan profil.

Kualitas Kamera

Kamera utama 64MP mampu menghasilkan bidikan yang layak dan tajam

Kamera depan 44MP menonjol, dengan hasil selfie yang luar biasa

Fitur yang menentukan Vivo V21 5G adalah kameranya, tetapi mungkin bukan sebagus yang Anda pikirkan.

Penawaran kamera utamanya adalah sensor 64MP 1/1,72 inci dengan OIS, yang layak, tetapi tidak spektakuler.

Kamera tampak melakukan pekerjaan yang wajar menangkap gambar yang tajam dan alami. Fasilitas HDR otomatisnya tidak selalu menangani cahaya dan bayangan yang ekstrem dengan cemerlang, tetapi selain itu kami memiliki sedikit keluhan.

Meski sensor kameranya tidak sedetail OnePlus Nord 2, tetapi beberapa ponsel di bawah harga 3jutaan lainnya memiliki sensor lebih baik dari itu.

Sensor utama V21 didukung oleh sensor ultra-lebar 8MP yang jelas dan sensor makro 2MP yang hampir tidak berguna.

Sekali lagi, ini sangat mirip dengan ponsel sezamannya seperti Xiaomi Mi 11 Lite 5G dan OnePlus Nord 2, jadi meskipun mengecewakan, ini juga tetap layak untuk ponsel kelas menengah.

Bidikan ultra-lebar tidak memiliki detail dan kontras sensor utama. Sementara sebagian besar UI kamera akan menempatkan opsi 0,6x di samping 1x dan 2x.

Vivo mengharuskan Anda untuk mengetuk opsi lensa dan mengatur tombol sudut super lebar.

Sementara bidikan mode malam Vivo V21 5G menurut kami hampir mengungguli Xiaomi Mi 11 Lite 5G. Namun kualitasnya masih tertinggal jauh di belakang OnePlus Nord 2 pada kecerahan dan detail sekali lagi.

Namun, seperti yang kami sebutkan di awal, Vivo V21 5G tidak hadir untuk membuat Anda terkesan dengan kamera utamanya. Namun kamera untuk selfie, dan di bagian depan itu benar-benar luar biasa.

Kami mengira bahwa kamera selfie 32MP OnePlus Nord 2 cukup mengesankan, tetapi V21 5G mengeluarkannya dari air – dan melakukan hal yang sama pada beberapa ponsel unggulan yang bernilai dua hingga tiga kali lipat.

Vivo telah mengambil langkah yang tidak biasa dengan mengemas sensor selfie 44MP yang besar ke dalam V21 5G.

Kamera 44MP sendiri cukup tidak biasa, tetapi faktor dalam OIS dan dua lampu kilat LED pada kedua sisi takik), dan kemudian Anda memiliki perangkat selfie yang dilengkapi dengan sangat baik.

Spesifikasi itu juga bukan sekadar kotak kosong. Selfie yang diambil dengan V21 5G memiliki jumlah detail yang tidak biasa, dan jauh lebih baik walaupun tidak sempurna.

Anda bisa lebih banyak melakukan ekspos daripada yang biasa Anda lakukan dari ponsel yang lebih murah.

Keunggulan ini meluas pada hasil bidikan selfie dalam ruangan dan cahaya rendah. Kami mengambil serangkaian bidikan identik dalam pencahayaan yang menantang dengan Vivo V21 5G dan OnePlus Nord 2.

V21 5G selalu jauh lebih tajam dan jernih, warna objek tetap sangat penuh dan berbeda. Bahkan dengan mode Ultra Night yang aktif, hasil potret V21 dengan cerdas menggunakan jendela bidik putih di samping dua blitz itu. Ini adalah hal yang sangat mengesankan.

Video selfie juga mendapat manfaat dari pengaturan ini, dengan rekaman yang sangat stabil dan jernih pada 1080p.

Vlogger juga mendapat perhatian lebih dari V21 ini. Anda dapat merekam video selfie 4K, tetapi Anda akan kehilangan manfaat OIS, yang sangat disayangkan.

Spesifikasi dan performa

MediaTek Dimensity 800U tidak kompetitif untuk harganya

Penyimpanan 128GB dan slot microSD

Vivo V21 5G berjalan pada chipset MediaTek MT6853 Dimensity 800U. Mendapatkan dukungan dari RAM 8GB yang sehat, tetapi pilihan chip masih sedikit mengecewakan.

Masalah kami bukanlah fakta bahwa ini bukan chip Qualcomm arus utama. Memang, kami telah melihat chip ini sebelumnya di Oppo Reno 4 Z 5G, Realme 7 5G , dan Xiaomi Redmi Note 9T.

Kami melihat performanya masih cukup bagus, tetapi dengan harga yang sedikit lebih rendah dari Vivo V21 5G.

Baca, Cara Join Aplikasi Club House Di iPhone dan Android

Secara praktis, Vivo V21 5G melakukan tugas rutin harian dengan baik. Tapi itu tidak memiliki transisi aplikasi dan menu yang mulus.

Setidaknya sebagian dari itu mungkin karena Funtouch 11.1, UI Android 11 khusus Vivo.

Daya tahan baterai

Baterai 4.000 mAh bagus untuk penggunaan ringan

Pengisi daya 33W

Vivo V21 5G berjalan pada baterai 4.000 mAh, yang sedikit lebih kecil dari kompetitor. Namun, tidak ada kekhawatiran di bagian depan. Kami secara rutin dapat melewati satu hari penuh dengan satu kali pengisian.

Jika Anda bukan pengguna berat atau gamer dengan frekuensi tinggi, maka Anda tidak akan kehabisan baterai pada tengah hari.

Bahkan dengan konsumsi musik atau video, Vivo V21 5G bekerja dengan cukup baik. Kami menjalankan video 720p berdurasi 90 menit, dengan layar pada kecerahan penuh, dan Vivo kehilangan 8 persen baterai.

V21 5G hadir dengan pengisi daya cepat 33W, yang sama dengan Xiaomi Mi 11 Lite 5G dan Poco F3. Mampu mengisi dari nol hingga 100% dalam 1 jam.

Share
Alfian Ihsan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago