Vivo

Bodi Tipis dan Jago Selfie, Vivo V21 5G Dijual Rp5,7 Jutaan

Menyambut penerapan jaringan internet 5G di Indonesia meskipun masih terbatas di 14 wilayah, produsen-produsen smartphone asal Tiongkok langsung berlomba-lomba mengeluarkan produk unggulan mereka. Salah satunya yang sangat menarik perhatian gadgetfreak di Indonesia adalah Vivo V21 5G.

Sudah diumumkan sejak 27 April lalu, V21 5G baru dirilis secara global pada 6 Mei. Sementara publik Tanah Air baru bisa menikmati salah satu ponsel kelas atas Vivo ini pada 24 Mei. Perusahaan yang berpusat di Dongguan, Guangdong ini sebetulnya juga meluncurkan versi 4G untuk V21 tepat hari Senin (22/6) ini.

Hanya saja mengingat permintaan akan smartphone 5G di Indonesia semakin meningkat seiring dengan penerapan 5G, terutama di ibukota Jakarta, kami memutuskan membahas V21 5G bersamaan dengan perilisan versi 4G-nya di Tanah Air. Sekadar informasi, Vivo sendiri memilih meluncurkan varian 4G untuk melengkapi line-up produk V-series mereka.

Ricky Bunardi selaku Senior Product Manages Vivo Indonesia angkat bicara kepada Selular, bahwa V21 dihadirkan bagi konsumen agar punya pilihan smartphone yang dapat diandalkan. Karena memang V21 sendiri adalah komitmen dari Vivo untuk selalu berinovasi sekaligus menjawab kebutuhan konsumen Indonesia.

Baca juga: Ponsel Flagship, Vivo X60 Series 5G Dibanderol Rp8-10 Juta

Hanya saja jika harga V21 baru diketahui di hari peluncurannya, Anda yang berminat membeli Vivo V21 5G sudah bisa menyediakan dana sebesar Rp5,799 juta untuk meminang smartphone tersebut. Apakah harga dan spesifikasi yang ditawarkan sangat worth-it? Kami akan membahasnya secara lengkap untuk Anda pertimbangkan lebih lanjut.

Spesifikasi Vivo V21 5G

© Vivo
  • Sistem Operasi: Android 11, Funtouch 11.1
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: AMOLED 6.44″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: MediaTek MT6853 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.4 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC3
  • Internal/RAM: 128GB/8GB dan 256GB/8GB
  • Kamera Utama: 64MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 44MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4000mAh

Saat Vivo V21 5G resmi bisa dibeli di Indonesia pada bulan lalu, tanggapan yang diberikan memang luar biasa positif. Apalagi jagoan baru Vivo di kelas menengah ini diklaim sebagai ponsel 5G paling tipis di Tanah Air. Bukan hanya itu saja, Vivo mengklaim kalau produk unggulan mereka ini sudah mendukung semua band (pita) frekuensi 5G yang bakal diterapkan di Indonesia.

Anda sebagai calon pengguna V21 5G juga tak perlu cemas karena band n40 yang bekerja di frekuensi 2.3 GHz (mid band) juga sudah didukung. Saat pertama kali dirilis, masyarakat sudah bisa memesannya langsung di gerai resmi Vivo baik online atau offline mulai 24-25 Mei saja. Cukup menyenangkan karena konsumen yang membeli lewat pre-order dapat banyak benefit.

Beberapa keuntungan yang saat itu digelontorkan Vivo untuk para pembeli V21 5G yang beruntung adalah adanya Special Gift senilai Rp800 ribu atau paket langganan pasca-bayar selama 12 bulan untuk pengguna Telkomsel, Indosat, XL atau Smartfren. Tak hanya itu saja, ponsel ini juga bisa dibeli lewat trade-in senilai hingga Rp625 ribu dari 24 Mei sampai 24 Juni 2021.

Tak berhenti di situ, Vivo juga memberikan penawaran perpanjangan garansi hingga 12 bulan dan garansi layar selama enam bulan. Calon pembeli juga berpeluang meraih cashback senilai Rp500 ribu dan cicilan nol persen sesuai syarat dan ketentuan yang ada. Ingin berbelanja kekinian dengan paylater? Gunakan saja Kredivo yang memberikan tenor 3-6 bulan.

Bodi Tipis Anti Selip dan Anti Gores

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Melihat penampilan Vivo V21 5G, tak dipungkiri kalau ponsel ini memang tampil bak ’saudara kembar’ V20, yang notabene adalah salah satu produk flagship dari Vivo. Bahkan kalau Anda ingat V20 untuk varian warna sunset melody, tampak memiliki corak warna dengan varian warna sunset dazzle V21 5G meskipun tone-nya terlihat lebih terang.

Baca juga: Punya RAM 8GB, Vivo Y51 Dijual Mulai Rp3,5 Jutaan

Seperti yang sudah diklaim oleh Vivo yakni ponsel 5G dengan bodi tertipis di Indonesia, hal itulah yang terlihat dari ponsel ini terutama untuk varian dusk blue. Riset internal Vivo pada Mei 2021 menyebutkan kalau V21 5G untuk warna dusk blue merupakan smartphone 5G tertipis lantaran ketebalan ponsel itu hanya 7.29mm dengan bobot 176 gram.

Cukup menarik karena dengan bodi yang ringan itu, Vivo sebetulnya menggunakan material premium. Yap, V21 5G dibekali bodi belakang lapisan AG Matte Glass dengan tekstur matte yang membuatnya memberikan gradasi warna bak pelangi seperti ungu, biru, keperakan, merah hingga kuning yang berubah sesuai dengan sudut mata pengguna saat melihatnya.

Meskipun menggunakan lapisan kaca di bagian punggung, material ini anti-gores dan anti-selip sehingga tampak bersih meskipun mudah membekas sidik jari tipis-tipis. Dengan bodinya yang cukup tipis dan sisi samping yang dibuat flat, genggaman V21 5G menurut Prasetyo Herfianto seperti dilansir Gizmologi, lebih nyaman daripada V20.

Panel Layar AMOLED Memanjakan Mata

Karena dianggap sebagai ponsel premium, Vivo V21 5G dibekali panel layar E3 AMOLED yang mempunyai refresh rate 90Hz. Hal inilah yang membuat ponsel ini memberikan tampilan visual layar memanjakan mata. Bahkan kontras dan tingkat kecerahan yang cukup tinggi membuat Anda tidak kesulitan menatap layarnya saat ada di luar ruangan.

Layar V21 5G juga diklaim sudah mendukung konten standar HDR10+ sehingga untuk kebutuhan entertainment begitu memuaskan. Dengan desain Ultra All Screen, layar ponsel ini menggunakan poni water drop untuk memasang sensor lensa kamera selfie. Vivo sudah memasang lapisan pelindung pada layar flat ponsel ini meskipun belum bisa dipastikan apakah itu Gorilla Glass.

Sang Jagoan Kamera Anti Kecewa

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Lagi-lagi hampir sama seperti V20, Vivo V21 5G ini menggunakan triple camera di bagian bodi belakang dengan desain Flat Frame agar mudah digenggam, dan Dual Tone Step yang membuat modul kamera terpasang lebih rapi dan halus. Ketiga kamera belakang masing-masing punya sensor lensa utama 64MP, lensa multimode ultra wide/depth sensor 8MP dan lensa macro 2MP.

Bisa dibilang sensor lensa kamera utama V21 5G ini lebih baik karena sudah dibenamkan stabilisasi berbasis hardware. Meskipun begitu lensa ultra wide tidak dilengkapi autofocus. Namun tenang saja, sensor macro pada lensa kamera ketiga membuat hasil foto macro lebih halus dan olah efek bokeh dengan software yang membuat ponsel ini menghasilkan potret memuaskan.

Memiliki reproduksi warna yang akurat, OIS yang sudah dipasang pada sensor kamera belakang membuat Anda tak perlu cemas memotret di malam hari. Hanya saja jagoan kamera pada V21 5G adalah lensa selfie yang sudah dilengkapi autofocus, sehingga Anda memperoleh hasil selfie yang tetap tajam meskipun diambil dari jarak dan kondisi cahaya apapun.

© Kompas/Oik Yusuf

Yap, sama seperti lensa kamera utama di bagian belakang, lensa selfie ini juga sudah dibekali OIS (Optical Image Stabiliizer) untuk meredam goyangan selfie low-light. Masih kurang? Vivo bahkan membenamkan sepasang LED flash di antara lensa kamera selfie agar wajah Anda tetap bercahaya meski kondisi gelap seperti malam hari atau jelang sunrise.

Baca juga: Vivo V20 SE, Ponsel Menengah Fitur NFC Seharga Rp3,9 Juta

Kinerja Dapur Pacu Bisa Diandalkan

Membahas Vivo V21 5G jelas tak akan lengkap tanpa menyinggung perihal performa komponen utama ponsel ini. Keberadaan chipset MT6853 Dimensity 800U dari MediaTek yang biasanya dipakai di ponsel-ponsel mid-range dengan jaringan 5G, menjadikan kinerja V21 5G tidak mengecewakan dan terjaga. Bahkan saat refresh rate stabil 90Hz, sama sekali tak ada kendala.

Anda bisa bermain game dengan ponsel ini dalam waktu lama tanpa perlu cemas cepat panas, sekalipun bodinya cukup tipis. Yang menarik, V21 5G juga akan sangat memanjakan pengguna yang selalu memakai banyak aplikasi. Kebutuhan multitasking yang kerap ’memakan’ RAM dalam jumlah besar bukan masalah karena adanya fitur Extended RAM.

Seperti namanya, Extended RAM memungkinkan Vivo V21 5G mengubah sedikit bagian dari memori internalnya untuk jadi virtual RAM sebanyak 3GB. Sehingga dari kapasitas 8GB, RAM-nya bisa jadi 11GB! Bahkan untuk fitur ini, Anda tak perlu ponsel cepat penuh atau cepat panas karena chipset dengan fabrikasi 7nm sudah lama dikenal irit daya baterai.

Demi menunjang performanya pula, Vivo V21 5G sudah dibekali fitur Dual Mode 5G pada kedua kartu SIM yang kelak dipakai. Fitur ini bisa membuat konektivitas dengan jaringan 5G jauh lebih efisien. Apalagi adanya NFC Multifunctions juga membuat ponsel ini sangat kekinian sehingga memuaskan dalam seluruh kebutuhan transaksi cashless.

Ponsel 5G dengan Pertumbuhan Tercepat, Vivo Utamakan Pelanggan

© Gizmologi/Prasetyo Herfianto

Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia menyebutkan kalau Vivo V21 5G ini diharapkan bisa jadi pilihan tepat untuk konsumen Indonesia, karena dibuat dengan inovasi teknologi terkini. Apalagi Dual Mode 5G pada ponsel ini sudah mendukung jaringan 5G pada mode SA (Stand Alone) dan NSA (Non-Stand Alone).

Bahkan kemampuan 5G pada ponsel ini disebut-sebut mempunyai kecepatan downlink hingga 2.77Gbps dan kecepatan uplink mencapai 1.25Gbps. Artinya dengan kecepatan itu, Anda bisa mengunduh film HD dengan kualitas HD sebesar 800MB dalam waktu kurang dari 10 detik saja! Tak heran kalau kecepatan akses internet yang 100x lebih cepat ini membuat ponsel 5G diburu.

Tak heran kalau akhirnya Vivo bersama dengan Samsung, disebut dalam laporan Strategy Analytics sebagai brand ponsel 5G dengan pertumbuhan tercepat dan terbesar per kuartal. Dimana Samsung tumbuh sekitar 79% sementara tercatat Vivo 62%, jauh lebih baik daripada kuartal keempat tahun 2020.

Fakta bahwa Indonesia adalah salah satu pasar ponsel terbesar di dunia, terutama Asia Tenggara, dan sudah mulai diterapkannya jaringan internet 5G, membuat ponsel-ponsel 5G mulai diburu. Industri smartphone yang kembali berdenyut semenjak pandemi Covid-19 ini, terus bergerak cepat demi menghadirkan inovasi bagi para pelanggan di Tanah Air.

Khusus untuk Vivo, pabrikan Tiongkok ini bahkan bisa berbangga diri karena terpilih sebagai penguasa pasar ponsel Indonesia. Di mana pada kuartal IV-2020, pangsa pasar Vivo mencapai 23,3%! Raihan Vivo ini menurut firma riset IDC memang diperoleh setelah usaha tanpa lelah selama bertahun-tahun termasuk jaringan distribusi luas, layanan purna jual dan inovasi.

Demi terus menggenjot penjualan mereka, Vivo bahkan membangun pabrik sendiri di wilayah Cikupa, Tangerang, Banten, pada Maret 2016. Keberadaan pabrik ini dilakukan Vivo demi memenuhi syarat TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) yang dibesut oleh Kemkominfo Republik Indonesia. Vivo sendiri sudah hadir di Tanah Air sejak tahun 2014 silam.

Kini dengan Vivo V21 5G yang sudah dirilis sejak bulan lalu dan penyambutan peluncuran V21 pada hari Selasa (22/6) ini, tampaknya antusias akan terjadi lagi. Untuk itu bagi Anda yang mencari ponsel kelas menengah dengan performa memuaskan, kemampuan kamera super yahud dan desain premium, V21 5G sangat layak dipertimbangkan baik-baik.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago