Vivo

Ponsel Flagship, Vivo X60 Series 5G Dibanderol Rp8-10 Juta

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan membuat perekonomian dunia tidak stabil, sepertinya bukanlah masalah berarti bagi Vivo. Pabrikan ponsel asal Tiongkok itu bahkan cukup percaya diri memboyong tak hanya satu, tapi dua langsung varian Vivo X60 Series 5G ke Indonesia dengan harga yang cukup segmented.

Sudah dikenalkan pada awal April 2021, kedua ponsel Vivo X60 Series 5G yakni X60 dan X60 Pro itu akhirnya resmi dijual di Indonesia pada 16 April pekan lalu. Bukannya kelas entry-level atau mid-range, kedua unggulan Vivo ini akan mengisi ceruk smartphone flagship yang tentunya punya harga cukup tinggi.

Mengedepankan desain yang premium dan kemampuan kamera sangat istimewa, Vivo X60 Series 5G ini ditawarkan di rentang maksimal Rp10 juta. Dimana untuk X60 dijual mulai Rp7,999 juta, sementara X60 Pro seharga Rp9,999 juta. Apakah kedua produk ini bisa menjadi flagship terbaik dari Vivo? Yuk simak ulasan lengkapnya.

Baca juga: Punya RAM 8GB, Vivo Y51 Dijual Mulai Rp3,5 Jutaan

Spesifikasi Vivo X60 Series 5G

Spesifikasi Vivo X60

© 91Mobile
  • Sistem Operasi: Android 11, Funtouch 11.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: AMOLED 6.56″ dengan resolusi 1080 x 2376 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • Internal/RAM: 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 13MP (telephoto), 13MP (ultrawide)
  • Kamera Selfie: 32MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4300mAh dengan fast charging 33W

Spesifikasi Vivo X60 Pro

© Gadgetren
  • Sistem Operasi: Android 11, Funtouch 11.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: AMOLED 6.56″ dengan resolusi 1080 x 2376 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • Internal/RAM: 256GB/12GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 13MP (telephoto), 13MP (ultrawide)
  • Kamera Selfie: 32MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4200mAh dengan fast charging 33W

Demi menjangkau calon konsumen di seluruh dunia, Vivo X60 Series 5G telah tersedia secara online di berbagai e-commerce partner dan gerai resmi Vivo di Tanah Air. Khusus untuk pembelian di Blibli, kemarin sempat dilakukan event Super Selling Day hingga hari Kamis (22/4).

Dilansir Kompas, Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia, menyebutkan kalau Vivo X60 Series 5G ini hadir tidak hanya dengan pembaruan segi teknologi, tapi juga tampilan dan desain.

Bagi Anda yang beruntung melakukan pembelian perdana kemarin, Vivo juga menggelontorkan cukup banyak bonus. Mulai dari Vivo Power Bank, Angker Speaker, layanan antar-jemput, pergantian produk, jalur VIP dan keuntungan X-Club hingga lebih dari Rp3 juta. Tak hanya itu saja, konsumen juga bisa memperoleh Screen Protection selama enam bulan.

Desain Kontemporer dengan Material Premium

© GameHolic

Sebagai ponsel kelas flagship, Vivo X60 Series 5G jelas tak punya tampilan main-main. Bahkan Edy dengan cukup percaya diri menyebutkan kedua ponsel ini memiliki desain yang premium dan terbaik di kelasnya.

Baca juga: Vivo V20 SE, Ponsel Menengah Fitur NFC Seharga Rp3,9 Juta

Kenapa begitu? Karena baik X60 atau X60 Pro, sama-sama mengusung paduan fashion dan teknologi. Dengan sentuhan desain kontemporer yang dibalut dengan material premium, kedua ponsel ini hadir dengan dua pilihan warna memikat yakni midnight black dan shimmer blue.

Vivo sendiri tampaknya tak mau berpisah dengan konsep rancangan Aesthetic Design yang akhirnya ditunjukkan lewat si kembar X60 dan X60 Pro. Hasilnya, kedua flagship ini hadir sebagai smartphone yang begitu estetis, ramping dan pastinya premium.

Khusus untuk pemindai sidik jadi, Vivo membenamkannya pada bagian bawah layar. Sebagai smartphone modern, X60 dan X60 Pro memiliki fitur NFC yang bisa Anda gunakan untuk mengisi atau mengecek saldo e-wallet yang dimiliki.

Berpindah ke bagian layar, Vivo X60 Series 5G ini sama-sama menggunakan panel AMOLED seluas 6.56 inci. Dimana layar kedua ponsel ini sudah mencapai refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz. Tak perlu cemas atas gesekan, lapisan pelindung Gorilla Glass 6 membuat layarnya akan sangat terlindungi.

Lensa Kamera Zeiss Super Berkualitas

© Bgr

Kalau ditanya apakah kemampuan yang menonjol dari Vivo X60 Series 5G? Maka jawabannya adalah foto dan video. Yap, kedua flagship unggulan Vivo ini memang dibekali dengan kemampuan kamera yang sangat memuaskan baik di bagian belakang ponsel atau kamera selfie, karena sudah diperkuat dengan teknologi lensa dan kamera asal Jerman, Zeiss.

Untuk X60 misalnya, mempunyai tiga kamera belakang yang terdiri dar lensa utama Big Eye Camera 48MP, ultrawide 13MP yang memiliki kemampuan Super Macro dan lensa portrait 13MP dengan 2x optical zoom.

Sementara untuk X60 Pro, meskipun spesifikasi kameranya cukup mirip dengan ’saudara kembarnya’, Vivo membenamkan aperture f/1.48 yang menjadikan lensanya lebih baik daripada X60. Dimana kemampuan aperture itu memungkinkan lensa kamera X60 Pro bisa menyerap cahaya 16,8% lebih banyak.

Tak berhenti di situ, X60 Pro sudah dibekali teknologi penstabil gambar Gimbal Stabilization 2.0 yang tak ditemukan di X60. Teknologi ini lebih baik daripada di Vivo Apex 2020 dan X50 Series, sehingga Anda bisa memperoleh hasil potret atau video yang luar biasa stabil sekalipun mengalami guncangan yang begitu ekstrim.

Kalau Anda juga sangat hobi fotografi, ada banyak fitur super istimewa yang bisa dinikmati di kamera belakang Vivo X60 Series 5G. Salah satunya adalah Zeiss Biotar Portrait Style. Apa hasilnya? Kemampuan menghasilkan foto portrait dengan efek bokeh berpuat yang sangat ikonik ala Zeiss, seperti dilansir Kompas.

Lalu kemudian ada pula teknologi Pixel Shift Ulta HD Imaging yang membuat foto-foto yang dihasilkan memiliki tingkat detail lebih maksimal. Untuk pemburu foto dan video malam hari, baik X60 dan X60 Pro sudah dibekali fitur Extreme Night Vision 2.0 yang membuat Anda bisa memotret gambar di lingkungan gelap gulita sekalipun.

Serangkaian fitur fotografi khusus malam hari juga dimiliki oleh Vivo X60 Series 5G seperti HDR Super Night Protrait, Ultra-Wide Night Mode, Super Pano hingga Long Exposure Mode, yang memanfaatkan latar belakang efek cahaya atau efek blur dramatis.

Baca juga: Punya 5 Kamera, Inilah Spesifikasi Vivo V19: HP Senilai Rp4,2 Juta

Chipset 5G Terbaik Pertama di Indonesia

© mashable

Dalam peluncuran online awal April lalu, Vivo Indonesia menyebutkan jika X60 dan X60 Pro adalah ponsel pertama yang dibekali chipset Snapdragon 870 5G di Indonesia. Sekadar informasi, chipset ini memiliki performa lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 700 Series yang dipakai di Vivo X50 Series.

Hadie Mandala selaku Product Manager Vivo Indonesia pun memaparkan kenapa pihaknya memilih chipset Snapdragon 870 5G sebagai otak dari kedua flagship unggulannya itu. “X60 Series ini punya kamera dan lensa bagus untuk fotografi. Jadi kami butuh chipset dengan CPU dan GPU tingkat tinggi.”

Meskipun begitu, Snapdragon 870 5G bukanlah chipset kelas atas di lini Qualcomm. Karena sejauh ini versi terbaiknya adalah Snapdragon 888 yang digunakan di dua ponsel flagship premium lainnya yakni Xiaomi Mi 11 dan Samsung Galaxy S21 versi Amerika Serikat.

Namun kendati begitu, Snapdragon 870 5G punya performa lebih baik daripada Snapdragon 865, sehingga sudah pasti pengguna akan sangat puas. Mau digunakan untuk multitasking, gaming, streaming, browsing, chatting atau fotografi? Vivo X60 Series 5G bisa berjalan dengan sempurna.

Sukses Geser Oppo, Vivo Berkuasa di China

© Pufap

Tak hanya begitu dinanti oleh konsumen, Vivo X60 Series 5G ini juga sangat dinanti oleh para petinggi Vivo. Kenapa begitu? Karena diharapkan semakin mampu mempertahankan posisi Vivo sebagai penguasa pasar smartphone di China.

Berdasarkan laporan terbaru firma riset Counterpoint bulan Maret (pekan ke-13 tahun 2021), Vivo berhasil menggeser posisi Oppo sebagai Raja Ponsel dengan pangsa pasar 24%, atau meningkat 4% dari raihan Januari 2021. Yang menarik, dari 76% total penjualan Vivo di Februari 2021 diraih berkat penjualan smartphone 5G.

Baca juga: Kapan Vivo S5 Rilis di Indonesia? Hp Dengan Kamera Belah Ketupat

Beberapa varian Vivo yang laris manis itu adalah seri NEX, X, S dan Y sengan seri NEX dan X adalah flagship dengan kemampuan kamera luar biasa, berkat kerjasama Vivo dengan Zeiss. Lantas bagaimana dengan seri S dan Y? Rupaya merupakan smartphone keluaran Vivo untuk kelas entry-level hingga mid range.

Bagaimana? Cukup menarik bukan menjadi pemegang Vivo X60 Series 5G? Untuk itulah bagi Anda yang sangat menyukai fotografi dan mendamba memiliki ponsel premium, kedua produk unggulan Vivo ini layak untuk dipertimbangkan.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago