Vivo

Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Sudah makin terkendalinya pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang makin melonggar, merupakan indikasi jika perekonomian di Indonesia sudah semakin baik saja. Tak heran kalau industri smartphone mulai cukup percaya diri. Terbaru di bulan Oktober 2021 ini, Vivo X70 Pro akan hadir kepada gadgetfreak di Tanah Air. Membuktikan kalau saat ini adalah waktunya ponsel flagship berkibar.

Pabrikan ponsel asal Tiongkok yang berpusat di Dongguan, Guangdong ini memang selalu bersemangat merilis ponsel baru di Tanah Air. Bahkan kali ini, Vivo tidak memboyong lini ponsel entry-level ataupun kelas menengah, melainkan langsung menghadirkan smartphone flagship mereka yang tentunya dibanderol dengan harga di atas rata-rata. Membuktikan kalau nyali Vivo dalam persaingan ponsel di Indonesia sangatlah besar.

Keberanian Vivo dalam menghadirkan ponsel dengan harga yang cukup ‘mahal’ alih-alih terjangkau dengan kondisi perekonomian masyarakat Indonesia yang kini masih tahap pemulihan ini, memang patut diacungi jempol. Apalagi dalam laporan terbaru Canalys mengenai brand smartphone terlaris di Indonesia pada kuartal kedua 2021, Vivo harus rela turun kembali ke posisi kelima.

Baca juga: RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Tentu apa yang dicatat oleh Vivo dalam laporan Canalys ini bisa dibilang cukup muram. Mengingat dalam kuartal-kuartal sebelumnya, Vivo bahkan ada di posisi juara. Dengan market share 12%, Vivo mengalami annual growth -28% di kuartal kedua 2021 ini. Tak heran kalau akhirnya kehadiran Vivo X70 Pro di pasar Tanah Air akan memperoleh tantangan berat. Bisakah Vivo kembali berjaya dan kali ini lewat seri flagship? Patut dinantikan.

Spesifikasi Vivo X70 Pro

© GSM Arena
  • Sistem Operasi: Android 11, Funtouch OS 12
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: LTPS AMOLED, HDR10+, 6.56″ dengan resolusi 1080 x 2376 piksel
  • Chipset: Exynos 1080 (5nm)
  • CPU: Octa-core (1×2.8 GHz Cortex-A78 & 3×2.6 GHz Cortex-A78 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G78 MP10
  • Internal/RAM: 128GB/8GB, 256GB/8GB, 256GB/12GB, 512GB/12GB
  • Kamera Utama: 50MP (wide), 8MP (periscope telephoto), 12MP (telephoto), 12MP (ultrawide)
  • Kamera Selfie: 32MP (wide)
  • Jaringan: GSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4450 mAh

Dari spesifikasi yang ditawarkan, Vivo X70 Pro memang tampil begitu sempurna sebagai smartphone flagship yang sangat diunggulkan, terutama keberadaan lensa kamera ZEISS di dalamnya. Tak heran kalau akhirnya kehadiran X70 Pro ini seolah melengkapi lini profesional photography flagship smartphone dari Vivo. Tentunya bagi Anda yang mencari ponsel dengan kemampuan kamera super mumpuni, X70 Pro jelas tak bisa diremehkan.

Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia kepada Tirto menyebutkan kalau kehadiran X70 Pro ke Tanah Air ini bukanlah proses mudah. Karena pihaknya harus melewati serangkaian proses sampai akhirnya memboyong salah satu smartphone Vivo kelas atas ini. Sesuai dengan namanya, X70 Pro tentu merupakan bagian Vivo X Series yang hadir berkat kerjasama Vivo dengan ZEISS, perusahaan yang menjadi pemimpin global di bidang optik sekaligus opto-elektronik serta pelobor bidang pencitraan seluler.

Vivo sendiri memang telah menjalin kemitraan dengan ZEISS sejak tahun 2020 lalu. Di mana kalau itu Vivo dianggap sukses lewat series X60. Tak heran kalau akhirnya kehadiran Vivo X70 Pro dianggap begitu penting karena digadang-gadang mampu memberikan standarisas baru pada industri smarthone photography. Jika sesuai dengan jadwal, X70 Pro dilaporkan bakal dirilis resmi di Indonesia pada 7 Oktober 2021 nanti.

Bagi Anda yang sudah mengincar Vivo X70 Pro dan ingin mendapatkannya lebih awal, Vivo Indonesia menggelar program bertajuk Early Pre-Order Vivo X70 Pro. Program yang digelar secara ekslusif di Tokopedia ini akan berlangsung pada 2-6 Oktober 2021. Calon konsumen bisa memperoleh benefit shopping voucher Rp1 juta dan X-Tra Bundling Package Rp2 juta lewat program tersebut.

Baca juga: Bodi Tipis dan Jago Selfie, Vivo V21 5G Dijual Rp5,7 Jutaan

Desain Minimalis Tapi Sangat Mewah

© Vivo

Seperti kebanyakan ponsel-ponsel kelas flagship, sudah pasti akan menonjolkan kesan minimalis tapi begitu mewah. Hal itulah yang terlihat jelas dari Vivo X70 Pro. Ditawarkan dalam tiga varian warna secara global yakni cosmic black, aurora dawn dan white, X70 Pro menguatkan kesan classy pada pilihan material bodi ponsel yang sudah pasti tidak murahan entah saat diletakkan, digenggam atau dipakai.

Secara detail lagi, Vivo X70 Pro ini dikemas dalam desain 3D Curved Edge Design yang membuatnya tampil begitu estetik, ergonomis dan tentunya luar biasa nyaman saat digenggam. Kesan elegan yang sangat kuat seolah menjadi bukti bahwa Vivo memang tidak main-main dalam memilih desain X70 Pro kali ini. Material berstektur matte yang tidak mudah tergelincir saat dipegang ini juga membingkai layar 6.56” secara sempurna.

Panel LTPS AMOLED pun dipilih oleh Vivo untuk layar ponsel yang punya pengaturan warna lebih stabil terutama di bawah sinar matahari. Panel layar X70 Pro ini juga mampu mendukung cahaya hingga 1.300 nits pada titik puncaknya. Kendati kemampuannya masih kalah dengan kualitas panel layar smartphone terbaik saat ini yakni Dynamic AMOLED besutan Samsung, X70 Pro sudah menunjukkan kualitasnya lewat layar panel layar ini.

Lensa Kamera ZEISS Untuk Fotografi Berkelas

© GSM Arena

Nah, sekarang pembahasan kita berpaling pada hal yang paling diunggulkan dalam Vivo X70 Pro yakni kemampuannya di bidang fotografi. Tentu kehadiran lesan ZEISS saja sudah lebih dari cukup sebagai jaminan kalau flagship yang satu ini memang akan mampu menghasilkan jepretan foto dan rekaman video yang tidak main-main mempesonanya. Menjadikan X70 Pro sebagai gadget wajib penggemar fotografi.

Karena memang menargetkan pasar pecinta potret-memotret, sudah pasti Vivo X70 Pro hadir dengan sederet fitur teknologi kamera profesional. Disebutkan Vivo membenamkan beberapa teknologi andalan mulai dari Ultra-Sensing Gimbal Camera, Real-Time Extreme Night Vision sampai desain estetik yang tentunya punya performa tinggi anti ribet. Hadie Mandala selaku Product Manager Vivo Indonesia pun berpendapat soal X70 Pro ini.

Dilansir Kompas, Hadie menjelaskan jika kehadiran Vivo X70 Pro adalah bukti kesadaran Vivo Indonesia atas fotografi smartphone yang kini makin digandrungi masyarakat Indonesia. Khusus untuk keberadaan lensa kamera berteknologi ZEISS Optics, X70 Pro hadir khusus sebagai pembaharu lewat Imaging System yang makin optimal dan saling terintegrasi dengan kamera profesional lainnya.

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, X70 Pro bisa dianggap lebih baik karena adanya peningkatan berbentuk coating lensa ZEISS T* (T-Star). Di mana peningkatan ini disebut-sebut membuat X70 Pro dapat memperoleh kualitas gambar dengan cahaya dan warna yang tentunya lebih akurat. Berpindah ke fitur Ultra-Sensing Gimbal Camera, Vivo menggunakan stabilisasi lima sumbu gimbal alias VIS 5-Axis Video Stabilization. Hasilnya, hasil foto atau rekaman video tidak akan shaking meski dilakukan di atas kendaraan.

Begitu pula seluruh bidikan pengguna X70 Pro juga bakal terbebas dari blur entah dalam kondisi terang benderang di siang hari, maupun minim cahaya di malam hari. Khusus untuk urusan foto atau rekam video di malam hari, Vivo X70 Pro jelas sangat unggul berkat fitur Real-Time Extreme Vision. Fitur sistem preview real-time ini sudah mendukung preview intensitas eksposur dan kecerahan foto secara langsung sebelum obyek ditangkap.

Komponen Dapur Pacu Yahud Anti Lambat

© GSM Arena

Dengan statusnya sebagai ponsel flagship, Vivo juga memilihkan komponen terbaik untuk urusan dapur pacu X70 Pro. Di mana pada bagian chipset, Vivo memilih Exynos 1080 yang merupakan  besutan Samsung. Dirilis pada November 2020, Exynos 1080 yang merupakan evolusi dari Exynos 980 ini adalah chipset pertama Samsung yang dibuat dengan teknologi 5nm EUV FinFET.

Baca juga: Ponsel Flagship, Vivo X60 Series 5G Dibanderol Rp8-10 Juta

Dengan arsitektur Cortex-A78, Eynos 1080 tentu mampu membuat performa X70 Pro jadi luar biasa kencang, sesuai dengan kelasnya sebagai smartphone flagship. Chipset ini juga hadir dengan satu Cortex-A78 dengan kecepatan 2.8GHz, tiga Cortex-A78 dengan kecepatan 2.6GHz, dan empat Cortex-A55 dengan kecepatan 2.0GHz. Dengan paduan itu jelas membuat chipset ini punya kemampuan AI yang jauh lebih baik.

Adanya chip modem 5G yang sudah terintegrasi, membuat Vivo X70 Pro menjadi salah satu ponsel yang sudah dibekali kemampuan akses jaringan 5G. Ponsel ini sudah mendukung standar jaringan sub-6GHz (5.1 Gbps downlink dan 1.28 Gbps uplink), serta mmWave (3.67 Gbps downlink dan 3.67 uplink). Tak perlu cemas pula jika tempat tinggalmu belum mendapat akses 5G, karena X70 Pro tetap bisa mendukungan jaringan 4G LTE.

Jadi, Apakah Vivo X70 Pro ini Layak Dibeli?

© GSM Arena

Melihat berbagai spesifikasi yang ditawarkan, Vivo X70 Pro tentu tidak akan sulit untuk menjadi salah satu ponsel flagship yang paling diperhitungkan. Vivo sepertinya tidak hanya ingin dikenal sebagai produsen smartphone entry-level atau kelas menengah saja, tapi mereka juga menjanjikan produk-produk unggulan dengan spesifikasi yang layak diperhitungkan.

Tentu bagi Anda yang memang tergila-gila dengan fotografi dan begitu suka memotret atau merekam video lewat kamera ponsel, X70 Pro bisa jadi pilihan terbaik. Bukan hanya banjir fitur fotografi ala kamera profesional, ponsel ini juga memiliki chipset yang mampu mendukung berbagai kebutuhan skala berat itu. Dengan desain yang memukau, X70 Pro tidak akan sulit membuat siapapun terpikat.

Sudah diumumkan oleh Vivo kehadirannya pada 9 September lalu, Vivo X70 Pro baru saja resmi dijual secara global pada 17 September 2021. Penantian selama tiga minggu sebelum bisa dinikmati calon konsumen Tanah Air tentu dianggap sangat sebanding dengan spesifikasi memuaskan yang dimiliki X70 Pro. Hanya saja hingga saat ini Vivo Indonesia tampaknya belum mau membocorkan kisaran harga flagship elegan satu ini.

Baca juga: Punya RAM 8GB, Vivo Y51 Dijual Mulai Rp3,5 Jutaan

Jika merujuk pada informasi di GSM Arena, maka besar kemungkinan Vivo X70 Pro dibanderol dengan harga sekitar EUR630 (sekitar Rp10,4 juta) untuk varian terendahnya. Sekadar informasi, X70 Pro rupanya tidak hadir sendiri saat resmi dikenalkan untuk pertama kalinya ke publik. Karena menurut Vivo Indonesia, akan ada dua varian Vivo TWS 2 Series yang dirilis yaitu Vivo TWS 2 ANC dan Vivo TWS 2e.

Dijual dengan warna starry blue dan moonlight white, kedua perangkat IoT (Internet of Things) dari Vivo ini juga hadir dengan berbagai fitur andalan. Mulai dari kemampuan menghasilkan suara yang jernih, kapasitas baterai besar sehingga cukup awet dipakai dan tingkat latency rendah untuk kebutuhan gaming. Khusus TWS 2ANC dilengkapi fitur Adaptive Noise Cancellation yang dapat mengurangi kebisingan di luar telinga.

Tampaknya Vivo cukup percaya diri dengan smartphone flagship mereka dan perangkat IoT yang mampu mengembalikan kejayaan mereka di Indonesia. Apakah Vivo X70 Pro bisa melambungkan brand ke posisi pertama seperti bagaimana Xiaomi duduk di posisi puncak ponsel terlaris dan langsung menggeser Oppo, Samsung, Realme dan Vivo? Patut dinantikan.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago