Vivo

RAM ‘12GB’, Vivo Y33s Ponsel Gaming Rp3 Jutaan

Salah satu brand ponsel terpopuler di Indonesia yakni Vivo, akhirnya kembali lagi di bulan Oktober 2021 ini dengan produk baru mereka. Adalah Vivo Y33s yang terpilih untuk menyapa gadgetfreak di Indonesia. Masih menyesuaikan dengan permintaan konsumen di Tanah Air, pabrikan ponsel yang berpusat di Dongguan, Guangdong, China ini memboyong smartphone kelas menengah.

Tentu saja kehadarian Vivo Y33s ini dengan segera langsung menarik perhatian publik, karena memang hingga sejauh ini Vivo dianggap berhasil menarik perhatian berkat produk-produk entry level atau kelas menengah yang berkualitas. Dengan kisaran harga yang cukup terjangkau, Y33s ini jelas akan jadi unggulan Vivo dalam menggeser tahta Xiaomi, yang kini tengah nyaman duduk di posisi teratas sebagai brand smarpthone terlaris di Indonesia.

Sama-sama berasal dari Tiongkok, Xiaomi dan Vivo memang tengah bersaing ketat di Tanah Air. Menurut laporan terbaru firma riset pasar Counterpoint Research, kedua brand ini ada di posisi puncak sebagai smartphone dengan pangsa pasar tertinggi. Bahkan untuk Xiaomi, ini adalah kali pertama berhasil berkuasa di Indonesia dengan cakupan 26%. Vivo sendiri ada di posisi kedua dengan pangsa pasar 21%.

Keberhasilan Vivo ada di posisi kedua sendiri disinyalir berkat model-model dari seri Y yang memang sangat diminati. Sebelum Y33s, Vivo sudah merilis Y12s, Y1s dan Y20s yang mencatat penjualan tertinggi. Lantas apakah Vivo Y33s akan mampu membawa perusahaan dengan total 10 ribu karyawan itu menggeser tahta Xiaomi yang makin lama makin nyaman? Tentu sangat patut dinantikan.

Baca juga: Rilis 7 Oktober di Indonesia, Vivo X70 Pro Pakai Lensa ZEISS

Spesifikasi Vivo Y33s

  • Sistem Operasi: Android 11, Funtouch 11.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.58″ dengan resolusi 1080×2408 piksel
  • Chipset: Mediatek Helio G80 (12 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • Internal/RAM: 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 50 MP (wide), 2 MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 16 MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh

Mulai dijual secara global sejak akhir Agustus 2021, kehadiran Vivo Y33s memang sudah begitu dinantikan. Bahkan sekalipun hanya punya satu model RAM/ROM dengan dua opsi warna, tidak mengurangi antusias calon konsumen. Seperti versi globalnya, Y33s hadir dengan pilihan warna mirror black dan midday dream untuk publik Indonesia.

Dalam peluncuran resmi Y33s di Tanah Air pada awal Oktober 2021, ponsel ini dibanderol seharga Rp3,399 juta. Dari penjelasan Vivo, unggulan mereka yang satu ini menawarkan pengalaman hiburan sekaligus produktivitas yang terbaik di kelasnya, hanya lewat satu genggaman saja. Menurut Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia, Y33s hadir sebagai jawaban bahwa smartphone bukan hanya sekadar alat komunikasi.

Smartphone kini harus bisa jadi partner yang mampu diandalkan dalam berbagai aktivitas mulai dari pekerjaan, sekolah hingga hiburan. Untuk itulah kami, Vivo, berkomitmen memenuhi seluruh kebutuhan itu lewat Y33s yang memiliki spesifikasi tinggi tapi harga terjangkau,” jelas Edy seperti dilansir Selular.

Bahkan dengan cukup percaya diri, Edy menjelaskan kalau Vivo Y33s akan menjadi ponsel yang memang dibutuhkan sekaligus diinginkan oleh konsumen Tanah Air. Berbagai fitur dan spesifikasi mumpuni yang ditawarkan, dapat diperoleh dengan harga terjangkau khas ponsel-ponsel kelas menengah. Mampu hadir dalam berbagai kegiatan sehari-hari, Y33s tampaknya akan menjadi kejutan baru dari Vivo menghadapi persaingan ponsel Tanah Air.

Usai perilisan resminya pada 11 Oktober kemarin, Y33s akhirnya mulai resmi dijual di Indonesia pada Jumat (22/10) kemarin. Calon konsumen bis amembelinya secara offline di jaringan toko resmi Vivo Indonesia atau secara online, di sejumlah marketplace yang bekerjasama. Demi meningkatkan antusias, calon pembeli Y33s akan memperoleh paket bundling kartu Indosat dengan kuota internet hingga 252GB yang berlaku setahun.

Asalkan pemilik Vivo Y33s senantiasa melakukan pengisian pulsa rutin sebesar Rp 60 ribu per bulan, kuota data internet itu tak akan hangus. Bukan itu saja, konsumen juga mendapat paket berlangganan JOXX VIP Premium selama 30 hari dan voucher diskon aplikasi layanan streaming Vidio. Untuk pembelian offline, Kompas melansir jika Vivo menawarkan promo cicilan 0% serta benefit trade-in (tukar tambah) hingga Rp400 ribu.

Baca juga: RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Layar dan Bodi Desain Besar Tapi Tetap Nyaman

© Youtube/Satzomake Unbox

Hal pertama yang menonjol dari Vivo Y33s ini jelas pada bodi ponsel yang cukup besar. Bagaimana tidak besar, karena Y33s menggunakan layar selebar 6.58”. Dengan panel layar IPS LCD, ponsel ini memiliki 401 ppi density yang tentunya akan memuaskan pengalaman berlama-lama di depan layar entah untuk menonton streaming video atau film, hingga bermain game online sehari-hari.

Namun meskipun ukuran panel layar yang besar berimbas pada desain bodinya, Anda tak perlu cemas. Vivo memilih Trendy Slim Design dengan flat frame 2.5D, membuat Y33s memiliki bodi yang cukup tipis yakni 0.8mm. Bahkan dalam dua varian warnanya, Y33s punya keunggulan tersendiri. Misalkan saja warna midday dream, memiliki tekstur AG Matte yang halus dan teknologi pewarnaan dynamic color yang memanjakan mata di setiap sisinya.

Lalu untuk varian warna mirror black, Vivo Y33s menggunakan teknik mirror finishing lewat proses double layer coating. Hasilnya? Smartphone ini terlihat begitu gagah dengan bodi material hitam. Lantaran begitu optimal dalam urusan desain bodi dan layar yang kabarnya sudah dilegkapi P3 Color Gamut sehingga warna hadir lebih jernih dan mendetail, Y33s tak pelak akan mamu menyuguhkan pengalaman menonton yang sangat menyenangkan.

Lensa Triple Camera Canggih dan Banjir Fitur

via Hops

Seperti kebanyakan ponsel-ponsel Vivo terdahulu yang menonjolkan kemampuan kamera, hal itu pula yang tampak pada Y33s ini. Untuk modul kamera utamanya sendiri, tiga lensa terpasnag di bodi belakang ponsel dalam konfigurasi persegi panjang di bagian pojok kaanan tas. Lengkap dengan LED flash yangt tentunya bakal sangat membantu kebutuhan. Lantas apa yang menjol dari triple camera yang diusung Y33s ini?

Yang pertama tentu pada lensa kamera beresolusi tinggi yakni 50 MP Night Camera. Sesuai dengan namanya, lensa ini memungkinkan Anda memperoleh hasil foto dan rekaman video yang lebih jelas sekaligus mendetail, sekalipun digunakan pada malam hari atau kondisi minim cahaya. Sedangkan dua lensa kamera lain sama-sama beresolusi 2 MP dan berfungsi sebagai Super Bokeh Camera dan Super Macro Camera.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari gsmarena, kamera utama Vivo Y33s kabarnya mampu merekam video hingga 4K@30fps dan 1080p@30fps. Agar konsumen makin puas, ponsel ini juga kebanjiran berbagai fitur fotografi seperti Super Night Mode, Super Night Selfie, Eye Autofocus, Stylish Night Filters dan tentunya Ultra Stable Video berkat dukungan EIS (Electronic Image Stabilization).

Berpindah ke lensa kamera selfie, Vivo memasang lensap beresolusi 16 MP yang ternyata mampu merekam video 1080p@30fps. Tentu dengan kemampuannya ini, Y33s akan bisa menghasilkan video-video tatap wajah menarik baik untuk keperluan diunggah ke media sosial, maupun dalam kaitannya dengan sekolah online hingga WFH (Work From Home) yang sampai saat ini masih ditetapkan di beberapa perusahaan.

Baca juga: Bodi Tipis dan Jago Selfie, Vivo V21 5G Dijual Rp5,7 Jutaan

Performa Tajam dengan RAM Hingga 12GB

© Vivo Indonesia

Seperti yang sudah disebutkan dalam judul, Vivo Y33s adalah ponsel gaming. Status itu makin diperkuat berkat chipset yang dipilih yakni Helio G80. Sekadar informasi, chipset produksi MediaTek yang sudah dikenalkan sejak Februari 2020 itu memang merupakan komponen kelas menengah khusus gaming, sesuai dengan Y33s. MediaTek sendiri menyediakan chipset gaming flagship lewat Helio G90.

Dilansir GSM Arena, Helio G80 yang lebih terjangkau ini dibangun dari node 12nm dan CPU octa-core 2x Cortex A-75. Dibekali Mali-G52, membuat Helio G80 mampu mencapai GPU 950MHz, Agar kemampuannya makin memauskan, MediaTek membenamkan sejumlah fitur seperti HyperEngine Game seperti dalam chipset-chipset premium yang membuat penggunaan daya Helio G80 sangatlah efisien seperti Helio G90.

Supaya makin memuaskan, chipset ini juga dilengkapi fitur Multi Turbo 5.0 sehingga performanya lebih cepat dan efisien. Berpadu dengan Ultra Game Mode yang ditingkatkan, pengguna dapat bermain game yang jauh lebih nyaman. Masih kurang? Vivo Y33s akan sangat memanjakan para gamer berkat 4D Game Vibration, Game Picture-in-Picture, Do Not Disturb dan eSports Mode.

Dan melengkapi performanya yang begitu kencang itu, Vivo Y33s menawarkan keunggulan yang tentu membuat calon konsumen tak bakal merugi. Apa itu? 8GB+4GB Extended RAM. Yap, fitur ini akan membuat kapasitas RAM Y33s mampu memperoleh tambahan sebesar 4GB dari memori ROM idle. Dengan demikian akan sangat membantu Anda menjalankan berbagai aplikasi berat termasuk game online yang memang butuh porsi RAM besar.

Ah, RAM besar tapi ROM kurang mantap. Apakah masih bisa ditambah?

Tenang saja. Meskipun ROM asli milik Y33s ini ‘hanya’ 128GB, Anda bisa menambahkan memori eksternal hingga 1TB. Tentu dengan kemampuan penyimpanan cadangan ini, tak perlu lagi repot-repot harus menghapus file penting. Apalagi kalau file itu ternyata amat sangat dibutuhkan dalam kegiatan sekolah online sampai bekerja di rumah yang tentunya masih dijalankan meskipun pandemi Covid-19 berangsur-angsur dapat dikendalikan.

Baca juga: Ponsel Flagship, Vivo X60 Series 5G Dibanderol Rp8-10 Juta

Jadi, Apakah Vivo Y33s Ini Layak Dibeli?

© Vivo Indonesia

Dengan berbagai kemampuan fotografi, performa dan spesifikasi yang ditawarkan, Vivo Y33s tentu akan membuat konsumen di Tanah Air tertarik. Apalagi embel-embel tambahan RAM 12GB dengan kisaran harga Rp3 jutaan saja, Anda tentu layak mempertimbangkan smartphone yang satu ini. Sekadar informasi pula, ponsel ini memiliki kapasitas baterai jumbo yakni 5000mAh yang membuatnya awet sepanjang hari.

Dilengkapi teknologi pengisian daya baterai cepat yakni 18W FastCharge, Anda yang sangat mobile tak perlu lama-lama dalam melakukan charging kelas. Untuk membuat konsumen makin nyaman pula, Vivo membenamkan teknologi Cooling System yang membuat ponsel ini tetap mengeluarkan suhu stabil kendati dipaksa untuk bekerja keras. Teknologi ini seolah mampu bersanding dengan VEG (Vivo Energy Guardian) yang membuat baterainya mampu menghasilkan energi lebih efisien.

Bagaimana? Sangat memuaskan sekali bukan hal-hal yang ditawarkan Vivo Y33s ini? Tak heran kalau akhirnya Vivo memang menaruh perhatian penuh agar Y33s setidaknya bisa mendekati posisi nyaman Xiaomi. Dengan begitu Vivo mampu memasang garis pemisah yang cukup jauh dari brand di posisi ketiga, keempat dan kelima. Di mana ketiga brand ponsel itu adalah Oppo dengan pasar 20%, Samsung dengan 13% dan realme dengan 11%.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Perbedaan realme Narzo 50A dan Narzo 50i

Jelang akhir tahun 2021 sepertinya dianggap sebagai momen yang tepat bagi realme untuk memboyong ponsel-ponsel…

1 minggu ago

Kamera Selfie 32 MP, Samsung Galaxy M52 5G Dihargai Rp5,3 Jutaan

Kendati pasar smartphone di Indonesia seolah digempur oleh ponsel-ponsel pabrikan Tiongkok, tampaknya itu bukanlah masalah…

4 minggu ago

Siap-Siap, Sederet Ponsel ini Tidak Bisa Pakai WhatsApp Per November

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, industri smartphone memang memiliki pergerakan yang luar biasa dinamis.…

1 bulan ago

Dijual Rp1,5 Jutaan, realme C11 2021 Punya RAM 4GB

Peta persaingan ponsel-ponsel asal Tiongkok di Indonesia memang sangat seru untuk diperhatikan. Segera setelah resesi…

1 bulan ago

RAM 8GB dan Sudah 5G, Asus Zenfone 8 Dijual Rp8 Juta

Tak mau terlalu jauh ketinggalan peta persaingan smartphone di Indonesia, Asus akhirnya memboyong produk baru…

1 bulan ago

Nokia G50 5G, Ponsel 5G Harga Merakyat

Satu lagi ponsel 5G dari Nokia yang murah dan bisa dimiliki oleh banyak orang, Nokia…

2 bulan ago