Punya RAM 8GB, Vivo Y51 Dijual Mulai Rp3,5 Jutaan

Memasuki bulan terakhir di tahun 2020, Vivo sepertinya enggan berhenti dalam mengenalkan produk baru mereka. Pabrikan yang berpusat di Dongguan, Guangdong, China itu akhirnya resmi merilis Vivo Y51 di Indonesia sebagai ponsel unggulan mereka berikutnya.

Y51 sendiri sudah mulai membuka pre-order pada 3-7 Desember lalu di salah satu marketplace terbesar, Shopee. Bahkan sehari setelah masa pre-order, Vivo Indonesia langsung menggelar penjualan perdana bertajuk Super Selling Day dengan beragam keuntungan bagi konsumen.

Tak perlu cemas ketinggalan, Super Selling Day dilangsungkan hingga hari Senin (14/12) ini yang membuat konsumen memperoleh sejumlah benefit di berbagai marketplace. Beberapa e-commerce lain yang digandeng Vivo untuk mengenalkan Y51 adalah Lazada, Tokopedia, Blibli dan JD.id karena bersamaan dengan event akbar 12.12 pada pekan lalu.

Baca juga: Vivo V20 SE, Ponsel Menengah Fitur NFC Seharga Rp3,9 Juta

Bukan hanya dijual secara online, Anda juga bisa memperoleh Vivo Y51 di outlet resmi penjualan Vivo seluruh Indonesia. Seperti apakah Y51 ini? Apakah Vivo bisa menahan laju Oppo sebagai brand ponsel nomor satu di Tanah Air? Simak ulasannya berikut ini.

Spesifikasi Vivo Y51

layar depan dan bodi belakang Vivo Y51
  • Sistem Operasi: Android 10, Funtouch 11
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.58″ dengan resolusi 1080×2340 piksel
  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • Internal/RAM: 128GB/8GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (multi mode), 2MP (super macro)
  • Kamera Selfie: 16MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh, fast charging 18W

Bisa dibilang bahwa kehadiran Vivo Y51 di Indonesia ini memang tidak banyak yang menduga. Bahkan varian Y51 sebelumnya sempat dikenalkan pada bulan September 2020, tapi untuk versi Desember ini mengalami perubahan terutama di bagian kamera belakang, daya baterai, kapasitas RAM, sistem operasi hingga dimensi layar.

Edy Kusuma selaku Senior Brand Director Vivo Indonesia kepada Tribun News menyebutkan bahwa kehadiran Y51 memang bertujuan untuk mengusung inovasi dan teknologi pada seluruh konsumen. Prinsip Vivo yang konsumen-sentris memang sengaja dihadirkan pada berbagai kelas smartphone.Tak heran kalau akhirnya dalam perilisan Y51, Vivo juga menawarkan program Early Buy serta paket bundling.

Dalam program itu, pembeli Vivo Y51 akan memperoleh beragam hadiah mulai smartwatch, langgan JOXX gratis selama sebulan dan voucher Vidio sebesar 30%. Konsumen juga mendapat kartu SIM XL dengan kuota data 108GB selama setahun.

Dibanderol dengan harga Rp3,599 juta, Y51 tak dipungkiri akan menjadi salah satu produk unggulan Vivo yang punya tampilan cantik dan elegan. Agar Anda makin bisa mempertimbangkan ponsel penuh tenaga ini, yuk kita bahas satu-persatu kelebihan dan kekurangannya.

Baca juga: Punya 5 Kamera, Inilah Spesifikasi Vivo V19: HP Senilai Rp4,2 Juta

Desan Premium dan Layar Elegan

dua pilihan warna Vivo Y51

Sebagai ponsel kelas menengah ke atas, Vivo Y51 jelas punya tampilan yang tak bisa diremehkan. Bahkan bisa dibilang, Y51 hadir dengan desain yang cukup cantik bahkan tampak premium. Ditawarkan dalam dua varian warna yakni crystal symphony dan titanium sapphire, Y51 dibungkus dengan bodi berbahan matte 3D.

Untuk bagian layar, Vivo memasang IPS dengan bentang 6.58″ pada Y51. Vivo mengklaim bahwa layar Y51 berjenis Ultra All Screen sehingga dapat menyaring cahaya biru yang berbahaya bagi mata. Anda tak perlu merasa lelah jika gaming atau streaming dalam waktu lama, karena tampilan layar sudah sangat luas dan melegakan.

Kamera Jernih Memuaskan

tampilan belakang Vivo Y51
© teknologue

Menguatkan kesan elegan, Vivo memasang modul kamera utama di bagian belakang ponsel dalam bentuk persegi panjang. Diletakkan di pojok kanan atas, tiga lensa kamera itu tampak makin menarik. Apalagi Vivo juga memindahkan pemindai sidik jari ke samping bodi, di dekat tombol power. Ketiga lensa kamera di bodi belakang Y51 ini masing-masing adalah 48MP Night Camera, 8MP Super Wide dan Bokeh serta 2MP Macro Kamera.

Untuk kamera selfie, Y51 terpasang 16MP AI Selfie Camera. Baik kamera depan atau kamera belakangnya, Vivo sudah membenamkan kemampuan Super Night Mode, AI Scene Recognition, Stylish Night Filter, 4K Videos Recording, dan EIS (Ultra Stable Video) yang membuat kemampuan fotografi dari Vivo Y51 memang tak bisa diremehkan.

Tak heran kalau akhirnya Y51 ini memang bisa jadi pilihan terbaik untuk Anda yang hobi memotret atau merekam video. Tidak hanya dalam kebutuhan travelling, Y51 juga sangat memuaskan dalam hal pembuatan konten. Anda bisa merekam video untuk InstaStory atau TikTok dengan lensa kamera depan yang cukup jernih. Bahkan dalam kebutuhan belajar atau bekerja online, Y51 bisa melakukan tugasnya dengan cukup baik.

Baca juga: Kapan Vivo S5 Rilis di Indonesia? Hp Dengan Kamera Belah Ketupat

Performa Anti Kecewa dan RAM Bikin Lega

Vivo Y51 untuk gaming
© teknologue

Lantaran menjadi lini premium dari Vivo, Y51 jelas memiliki kapasitas penyimpanan yang sangat lega. Dua kali lipat lebih besar daripada Y51 rilisan September 2020, Vivo kali ini membenamkan RAM sebesar 8GB untuk Y51 terbaru. Media penyimpanan internalnya pun sangat melegakan yakni hingga 128GB. Masih merasa kurang? Vivo menyebutkan jika Y51 bisa dipasang kartu microSD hingga 1TB tanpa perlu cemas lelet untuk multitasking.

RAM lega tanpa kemampuan ‘otak’ yang mumpuni jelas akan menjadikan Y51 sebagai ponsel biasa. Memahami hal itu, Vivo memilih Snapdragon 665 sebagai chipset untuk menghadirkan performa yang memuaskan. Sekadar informasi, Snapdragon 665 dibuat dengan konfigurasi Octa-Core berkecepatan 2GHz lewat teknologi fabrikasi 11nm.

Sehingga dengan proses pembuatannya itu, menjadikan chipset besutan Qualcomm ini punya performa bertenaga dengan konsumsi baterai hemat. Bahkan menurut Qualcomm, Snapdragon 665 punya kinerja puncak yang meningkat sebesar 15% dan energi lebih hemat 14% dibandingkan generasi sebelumnya. Untuk kebutuhan grafis, terpasang GPU Adreno 610 yang menjadikan Vivo Y51 tak punyamasalah berarti dalam menjalankan aplikasi atau game dengan grafis tinggi.

Untuk Anda yang hobi gaming, Snapdragon 665 punya fitur Game Boost 2.0 yang membuat performa ponsel makin meningkat. Ingin gaming lebih baik dan stabil? Qualcomm pun menyematkan fitur Frame Boost dan Touch Boost pada chipset andalannya ini. Performa oke dan memori lega, bagaimana dengan kemampuan konektivitas internet?

Tenang saja, Snapdragon 665 sudah memakai modem Qualcomm Snapdragon X12 LTE yang membuat pengguna bisa mengunduh dengan kecepatan hingga 60 Mbps dan mengunggah hingga 150 Mbps. Dengan kemampuannya itu, Vivo Y51 tak pelak lagi bisa menjadi sebuah ponsel idaman di masa pandemi Covid-19 karena tingginya kebutuhan online.

Baterai Jumbo Tak Bikin Repot

tampak belakang Vivo Y51

Menutup berbagai kelebihannya itu, Y51 rilisan Desember juga mengalami peningkatan baterai daripada Y51 rilisan September. Dimana untuk varian terbarunya ini, Vivo memasang baterai tanam berkapasitas 5000mAh. Baterai super jumbo itu jelas akan membantu kebutuhan online entah gaming, streaming, video call, webinar atau sekadar geser timeline media sosial.

Baca juga: Review Kekurangan dan Kelebihan Vivo Z1 Pro

Vivo juga mengklaim kalau kemampuan fast charging Y51 mencapai 18W yang membuat baterai bisa terisi hingga 70% dalam waktu 67 menit saja. Hanya saja ternyata fast charging Y51 ini dianggap ketinggalan zaman karena perangkat lain di kelasnya sudah mengusung fast charging 30W ke atas. Selain itu seperti dilansir Gadgetren, Vivo Y51 juga tak punya giroskop yang tentu mengurangi kesenangan bermain game tembak-menembak.

Jadi, Vivo Y51 Layak Dibeli Atau Tidak?

Meskipun memang Vivo Y51 bukanlah sebuah perangkat yang sempurna, tapi melihat tampilan desain, ekmampuan fotografi dan performa, smartphone ini cukup layak dipertimbangkan. Dengan harga kisaran Rp3,5 jutaan, Anda yang hendak punya ponsel kelas menengah dan tampak premium, bisa memilih Y51.