HP Flagship Kamera 108MP, Xiaomi Mi 10T Pro Dijual Rp6,99 Juta

Tak berlebihan kalau perilisan Xiaomi Mi 10T Pro di Indonesia bisa dianggap sebagai langkah berani. Seperti yang diketahui, negeri kita ini sekarang tengah memasuki masa resesi ekonomi sejak November 2020 akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

Ketika resesi ekonomi terjadi, sudah pasti daya beli masyarakat menurun. Sehingga demi bisnis tetap berjalan lancar, banyak produsen yang memilih menjual produk mereka dengan harga yang bisa dijangkau daya beli masyarakat. Namun tampaknya kelesuan ekonomi itu bukanlah sinyal buruk bagi Xiaomi.

Produsen smartphone yang berpusat di Beijing, China ini bahkan tampak sangat percaya diri memboyong Xiaomi Mi 10T Pro ke Indonesia. Tentu bukan ponsel biasa karena Mi 10T Pro masuk dalam jajaran smartphone flagship alias HP kelas premium yang tentunya punya harga cukup tinggi daripada ponsel pada umumnya.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 NFC, Ponsel Menengah Rasa Premium Seharga Rp3,2 Juta

Resmi dikenalkan terlebih dulu secara global pada pertengahan Oktober 2020, Xiaomi Mi 10T Pro melanjutkan jejak seri Mi 10 yang sudah dijual di Indonesia sejak Maret 2020. Tak hanya satu produk saja, Xiaomi juga ikut memboyong Mi 10T berbarengan dengan Mi 10T Pro dalam rangkaian ponsel flagship mereka.

Spesifikasi Xiaomi Mi 10T Pro

unboxing Xiaomi Mi 10T Pro
  • Sistem Operasi: Android 10, MIUI 12
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.67″ dengan resolusi 1080×2400 piksel, 144Hz HDR10+
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)
  • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
  • GPU: Adreno 650
  • Internal/RAM: 128GB/8GB dan 256GB/8GB
  • Kamera Utama: 108MP (wide), 13MP (ultrawide), 4MP (macro)
  • Kamera Selfie: 10MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh, fast charging 33W

Bertajuk entertainment flagship, Mi 10T Pro memang hadir sebagai ponsel yang memberikan pengalaman hiburan premium untuk para penggunanya. Dimulai pada hari Selasa (15/12) ini, penjualan Mi 10T dan Mi 10T Pro resmi dimulai pada pukul 12.00 di JD.ID dan mi.com.

Tak ingin beli secara online? Tenang saja. Anda bisa langsung datang ke gerai Mi Store terdekat pada pukul 12.00 WIB di hari yang sama. Sejauh ini, Xiaomi membanderol Mi 10T dengan harga Rp5,99 juta untuk varian 128GB/8GB dan Mi 10T Pro mulai Rp6,99 juta untuk varian 256GB/8GB, seperti dilansir Sindonews.

Sebelum resmi dijual pada hari ini, ponsel yang menawarkan dua macam warna yakni lunar silver dan cosmic black ini sudah melangsungkan event pre-order pada 10-14 Desember 2020. Di mana dalam masa pre-order itu, tercatat ada 5.000 unit telah dipesan.

Anda yang membeli Mi 10T Pro pada pekan perdana akan memperoleh voucher Rp100 ribu, perpanjangan masa garansi perbaikan layar jadi dua tahun serta berkesempatan mendapatkan Mi 18W Fast Charge Power Bank 3 berkapasitas 10000mAh atau Mi True Wireless Earphone 2 Basic. Hanya saja kedua produk ini cuma akan diberikan untuk 3.000 transaksi pertama.

Bodi Ponsel Punya Desain Mewah

Tampilan bodi Xiaomi Mi 10T Pro
© KOMPAS.com/Bill Clinten

Sebagai ponsel flagship, Xiaomi Mi 10T Pro memang langsung memberikan kesan mewah saat pertama kali dilihat. Xiaomi menggunakan polikarbonat glossy untuk material bodi ponsel yang makin menguatkan sentuhan premium. Belum lagi bagian layar, Mi 10T Pro sudah berlapis Gorilla Glass 5 yang benar-benar menegaskan kelasnya sebagai smartphone flagship.

Baca juga: Murah Meriah, Xiaomi Jual Redmi 8A Pro Seharga Rp1,6 Juta

Demi semakin tampak premium, Mi 10T Pro juga dibingkai oleh bahan aluminium yang membuatnya sangat elegan. Bagian kamera di bodi belakang ponsel dirangkai dalam modul persegi panjang yang cukup menonjol. Hanya saja jika Anda terbiasa memegang ponsel dengan bodi yang cukup tipis, mungkin harus sedikit beradaptasi jika menggunakan Mi 10T Pro.

Karena Xiaomi merakit bodi Mi 10T Pro dengan dimensi ketebalan 9,3mm. Sehingga membuat smartphone ini sedikit lebih tebal daripada ponsel-ponsel kelas menengah atau flagship lainnya yang lebih tipis di kisaran 7-8mm. Namun meskipun cukup tebal, Mi 10T Pro masih sangat nyaman digenggam lantaran tak begitu berat.

Layar 144Hz Untuk Kebutuhan Entertainment

tampilan layar Xiaomi Mi 10T Pro
© TechRadar

Bukan tanpa alasan kenapa Xiaomi menjuluki Mi 10T Pro ini sebagai entertainment flagship. Karena memang itulah yang dijanjikan dari kualitas layarnya. Di mana ponsel ini sudah menggunakan panel IPS LCD dengan bentang 6.67″ yang pastinya luar biasa bikin lega. Kendati belum sampai level AMOLED, Mi 10T Pro tetap punya resolusi HD+ yang sudah cukup memuaskan kebutuhan visual.

Tak ingin mengurangi keindahan layarnya, Xiaomi membenamkan lensa kamera selfie di modul punch hole mungil yang berada di kiri atas layar. Modul kamera selfie ini memang tampak begitu menggemaskan sehingga tidak mengganggu penampilan mewah Mi 10T Pro.

Untuk tingkat kecerahannya, Anda tak perlu bingung jika berada di bawah terik matahari. Karena panel Mi 10T Pro punya tingkat kecerahan hingga 500 nits (typical)/650 nits (peak). Ditambah dengan refresh rate 144Hz, menjadikan kegiatan streaming video atau film hingga multitasking yang berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, berlangsung begitu lancar dan tajam.

Namun yang patut diingat adalah Xiaomi menghilangkan port jack 3.5mm di Mi 10T Pro. Lantas bagaimana untuk mendengarkan audio? Gunakan adapter jack 3.5mm yang disertakan dalam kotak penjualan ke port USB-C, baru pasang headset/earphone/headphone. Namun jika ingin lebih modern, pakai saja earphone wireless.

Mendukung dirinya sebagai entertainment flagship, Xiaomi Mi 10T Pro memasang lubang speaker, lubang mikrofon dan modul IR blaster di bagian atas bingkai ponsel untuk fitur remote control. Lubang speaker juga diletakkan kembali di bagian bawah bingkai ponsel termasuk lubang mikrofon dan port USB-C.

Kemampuan Kamera Manjakan Fotografi

modul kamera belakang Xiaomi Mi 10T Pro

Video dan foto jelas masuk ke dalam kebutuhan entertainment. Hal inilah yang membuat Xiaomi tak main-main dalam memasang lensa kamera Mi 10T Pro. Di mana dalam modul berisi tiga lensa di bodi belakang ponsel, kamera utamanya mencapai resolusi 108MP (f/1.7) dan sudah dilengkapi OIS alias pembuat stabil gambar fisik.

Baca juga: HP Belajar Online, Xiaomi Redmi 9A Dijual Mulai Rp1,2 Jutaan

Ketiga lensa kamera dalam satu modul itu merupakan konfigurasi dari kamera wide, ultrawide dan macro. Karena kamera utama yang cukup istimewa itulah, Mi 10T Pro bisa merekam video hingga [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/120fps yang sudah gyro-EIS.

Lalu untuk kamera selfie, Xiaomi Mi 10T Pro memasang satu lensa di bagian layar dengan resolusi 20MP. Lensa jenis wide ini sudah memiliki fitur HDR dan bisa digunakan untuk merekam video hingga [email protected] atau [email protected] Tentu saja kemampuan Mi 10T Pro dalam hal fotografi ini sangat menguntungkan para content creator yang diharuskan merekam video untuk pekerjaannya.

Dapur Pacu Ngebut Anti Kecewa

Xiaomi Mi 10T Pro saat digenggam

Tidak lengkap rasanya jika membicarakan Mi 10T Pro tanpa membahas kemampuan komponen di dalamnya. Menyadari hal itu, Xiaomi pun memasangkan chipset yang gahar pada flagship kesayangannya ini yakni Snapdragon 865. Di awal perilisannya, Qualcomm memang menyebutkan jika chipset premium mereka ini punya fungsi utama pada kebutuhan gaming, AI (Artificial Intellegent) dan kamera.

Keberadaan Qualcomm Spectra 480 CV-ISP yang memiliki 4 pixel per Clock Cycle, menjadikan Snapdragon 865 bisa memproses gambar lebih efisien dan cepat. Bahkan hal ini juga mengurangi noise saat Mi 10T Pro dipakai untuk memotret di malam hari atau dalam kondisi minim cahaya, seperti dilansir Selular.

Untuk kebutuhan gaming, Snapdragon 865 sudah menggunakan GPU Adreno 650 yang termasuk kategori canggih sehingga meningkatkan performa ponsel hingga 25%, tapi daya yang dibutuhkan justru turun 35%. Anda pun bisa menikmati game jauh lebih realistis berkat fitur Desktop Forward Rendering yang ditawarkan Adreno 650.

Baca juga: Sang Jawara, Xiaomi Rilis Redmi Note 9 dan Redmi Note 9 Pro di Indonesia

Dengan memasang RAM berkapasitas 8GB serta memori internal 256GB, Xiaomi Mi 10T Pro jelas tak akan menemui kesulitan dalam kebutuhan sehari-hari. Anda bisa memasang aplikasi atau game dengan kebutuhan ruang besar tanpa khawatir kinerja ponsel bakal melamban. Hal ini menjadikan bukti bahwa Mi 10T Pro adalah flagship yang memang dapat dipertimbangkan.

Jadi, Apakah Layak Membeli Xiaomi Mi 10T Pro?

Melihat ulasan di atas mulai dari spesifikasi, tampilan bodi desain, layar, kemampuan kamera hingga performa dapur pacu, Xiaomi Mi 10T Pro tak dipungkiri memang bakal jadi flagship buruan penggemar gawai di Indonesia Apalagi Mi 10T Pro sudah bisa menjalankan akses internet 5G, menjadikan Anda tak akan merugi membeli smartphone yang satu ini, sekalipun teknologi 5G belum datang ke Indonesia.