Flagship Zaman Now, Xiaomi Mi 11 Dijual Rp9,999 Juta

Bicara soal Xiaomi, pabrikan smartphone asal China ini memang dikenal akan produk dengan harga terjangkau tapi spesifikasi berkualitas. Hal ini yang membuat banyak ponsel entry-level Xiaomi selalu diburu konsumen di Indonesia. Namun kali ini, mereka tampaknya siap untuk memuaskan para penggemar flagship lewat Xiaomi Mi 11.

Seperti yang sudah Anda ketahui, ponsel-ponsel dari jajaran flagship jelas memiliki harga yang cukup fantastis tapi tentunya sebanding dengan spesifikasi dan kemampuannya.

Hal itu pula yang diperlihatkan Xiaomi Mi 11 ini. Sekadar informasi, Mi 11 sebetulnya sudah dikenalkan secara global sejak akhir tahun 2020 lalu, meskipun baru dijual sejak 8 Februari 2021.

Untuk konsumen di Indonesia sendiri, Mi 11 telah resmi dirilis pekan lalu, tepatnya pada 16 Maret 2021 lewat acara live streaming di kanan Youtube resmi, Xiaomi Indonesia.

Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia menyebutkan bahwa Mi 11 merupakan smartphone pertama di dunia sekaligus di Tanah Air, yang menggunakan Snapdragon 888, chipset tercanggih saat ini.

Di tengah gempuran ponsel-ponsel flagship, Xiaomi Mi 11 termasuk salah satu yang paling banyak mencuri perhatian. Apalagi di China saja, Xiaomi merilis Mi 11 dalam dua varian paket penjualan yakni tanpa dan dengan adapter charger.

Untuk pasar global, Mi 11 hadir dengan harga lebih mahal dan dilengkapi adapter charger. Sekeren apa sih ponsel berjuluk flagship zaman now itu?

Baca juga: Fokus AIoT, ini 7 Perangkat Xiaomi Mi Home Untuk Rumah Pintar

Spesifikasi Xiaomi Mi 11

Mi 11 saat digenggam
© Future
  • Sistem Operasi: Android 11, One UI 3.1
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: AMOLED 6.81″ dengan resolusi 1440 x 3200 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 (5 nm)
  • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 680 & 3×2.42 GHz Kryo 680 & 4×1.80 GHz Kryo
  • GPU: Adreno 660
  • Internal/RAM: 128GB/8GB, 256GB/8GB, 256GB/12GB
  • Kamera Utama: 108MP (wide), 13MP (ultrawide), 5MP (macro)
  • Kamera Selfie: 20MP (wide)
  • Jaringan: GSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 4600mAh

Melihat spesifikasi super gahar yang ditawarkan, Mi 11 tampaknya akan menjadi salah satu yang tertangguh.

Tak heran jika pengguna akan siap menikmati inovasi teknologi terbaru lewat Mi 11 ini, seperti dilansir Selular. Kehadiran Mi 11 sendiri memang sudah ramai dibicarakan tapi Xiaomi menunggu sertifikasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri).

Untuk pasar Indonesia, Mi 11 tampaknya cuma hadir lewat satu varian penyimpanan saja yakni 256GB/8GB.

Dimana ponsel ini dibanderol dengan harga Rp9,999 juta, serta dua pilihan warna saja yakni midnight gray dan horizon blue. Padahal untuk perilisan globalnya, Mi 11 masih punya opsi warna lain seperti cloud white, special edition blue, gold dan violet.

Tertarik memiliki? Xiaomi Mi 11 akan memulai masa pre order pada hari Selasa (23/3) ini lewat situs resmi Xiaomi, mi.com.

Selain itu Anda juga bisa melakukan pemesanan di beberapa martketplace rekanan dan gerai resmi Mi Store di seluruh Indonesia. Yang menarik, harga jual di Indonesia jauh lebih murah daripada harga global yang menembus belasan juta Rupiah.

Baca juga: Jawara Batre Gede, Xiaomi Redmi 9T Dijual Hari Ini Mulai Rp2 Jutaan

Material Bodi Premium

tampilan belakang Mi 11
© Future

Menyadari ketatnya persaingan smartphone di kelas flagship, membuat Xiaomi Mi 11 hadir tidak main-main.

Bahkan secara desain dan tampilan, brand Tiongkok ini berhasil membuktikan diri setara dengan merk global lain yang jauh lebih populer dan senior. Untuk bodi ponsel sendiri, ada dua pilihan material yakni kaca frosted anti-glare bebas sidik jari dan eco leather.

Dibingkai dengan material aluminum serta terlindungi Gorilla Glass Victus dan Gorilla Glass 5, menjadikan bodi Mi 11 memang sangatlah tangguh.

Kendati berukuran besar, Mi 11 bisa dipegang dengan sangat nyaman apalagi adanya bezel ultra tipis. Keanggunan bodi belakang makin dilengkapi dengan modul tiga kamera yang terpasang sedikit menonjol dan satu bagian berlapis kaca.

Kualitas Panel Layar Menakjubkan

layar Mi 11 saat hendak memotret
© Future

Pindah ke bagian layar, Xiaomi Mi 11 menawarkan kualitas yang sangat menakjubkan sehingga berbagai kebutuhan entah streaming atau gaming bisa berjalan dengan luar biasa tajam.

Kalau sebelumnya puas dengan resolusi maksimal full HD+, Mi 11 justru menggunakan panel layar 2K AMOLED dan refresh rate 120Hz serta touch sampling rate hingga 480Hz.

Agar layar bisa bekerja makin optimal, Xiaomi membekali ponsel ini dengan fitur AI Image Engine. Lewat fitur ini, ada tiga kegunananya yakni Super Resolution untuk meningkatkan resolusi video tayang di Mi 11, AI Image Enchancement untuk mendeteksi obyek dan membuat warnanya optimal, AI Image Engine untuk meningkatkan kualitas video dengan efek HDR dan Motion Estimation, Motion Compensation (MEMC).

Sekadar informasi, MEMC ini biasanya terdapat pada produk smart TV premium karena bisa menambah extra frame saat sedang nonton video.

Terakhir, ponsel ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari yang terintegrasi langsung dengan layarnya. Untuk kamera selfie-nya, desain punch-hole cantik jelas tak akan mengganggu di bagian kiri atas layar.

Baca juga: HP Flagship Kamera 108MP, Xiaomi Mi 10T Pro Dijual Rp6,99 Juta

Lensa Kamera Foto dan Video Istimewa

modul kamera gagah Mi 11
© Future

Satu-satunya kekurangan yang muncul adalah absennya sensor telefoto yang biasanya dimiliki oleh ponsel flagship.

Namun tenang saja, lensa utama ponsel ini memiliki resolusi 108MP dan sudah dilengkapi OIS (Optical Image Stabilizer) serta tujuh lapis lensa. Dua lensa lainnya memiliki sensor ultrawide dan telemacro yang mendukung autofocus.

Lensar telemacro pada Mi 11 memiliki jenis yang mirip seperti Poco F2 Pro dan mengandalkan digital zoom dengan maksimal perbesaran 30x.

Tak ada depth sensor tak bisa foto dengan efek bokeh? Tenang saja. Mode Portrait bisa anda manfaatkan untuk memberikan efek bokeh pada hasil potret. Jika ingin foto hasil lebih unik, Anda harus mempelajari mode Long Exposure.

Mode ini membuat serangkaian opsi seperti Moving Crowd, Neon Trails, Oil Painting, Light Painting, Starry Sky dan Star Trails.

Sementara untuk kebutuhan video, Xiaomi Mi 11 sudah dilengkapi fitur stabilisasi video yakni Standard, Steady Video dan Steady Video Po. Tak perlu cemas juga jika harus merekam video saat malam hari.

Mi 11 sudah dibekali kemampuan ultra night video, hasil rekaman tetap istimewa. Satu hal lagi, Mi 11 juga sudah dilengkapi teknologi voice isolation sehingga menahan kebisingan saat merekam video, sehingga audio makin jernih. Sementara untuk fitur kamera lainnya seperti AI Erase 2.0, Night Mode 2.0, Ultra Nigh Video, One Click AI Cinema dan Pro Time-lapse.

Performa Dapur Pacu Mengerikan

sensor sidik jari Mi 11
© Future

Dan inilah yang paling menonjol dari Xiaomi Mi 11, chipset Snapdragon 888. Dikenalkan dalam event Qualcomm Snapdragon Tech Summit Digital 2020 akhir tahun lalu, chipset satu ini adalah yang pertama menyematkan inti Cortex-X1. Keberadaan CPU Kryo 680 membuat kinerja chipset meningkat 25% daripada seri Snapdragon 865.

Terpasangnya grafis Adreno 660 membuat Mi 11 mampu menghasilkan rendering 35% lebih cepat sehingga sangat membantu kebutuhan gaming.

Tak heran kalau game grafis monster 144 fps bisa dimainkan tanpa lemot sama sekali. Dipadukan dengan RAM 8GB, tentunya membuat berbagai kinerja aplikasi mulai rendah sampai tinggi, single/multitask bisa berjalan lancar jaya.

Agar tercipta pengalaman pemakaian yang sempurna, Xiaomi memasang baterai tanam 4600mAh. Serta fitur pengisian daya mulai fast charging 55W (terisi 100% dalam 45 menit), fast wireless charging 50w (terisi 100% dalam 53 menit), reverse wireless charging 10W, Power Delivery 30 dan Quick Charge 4+.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 NFC, Ponsel Menengah Rasa Premium Seharga Rp3,2 Juta

Jadi, Apakah Layak Beli Xiaomi Mi 11?

Membuktikan diri sebagai flagship terbaik di tahun 2021, Mi 11 memiliki sensor sidik jari istimewa. Dimana jika software di-update, Anda bisa mendeteksi ritme denyut jantung selama beberapa detik.

Kerjasama dengan Harman Kardon juga membuat pengaturan speaker stereo di ponsel ini, yang menjadikan Mi 11 sebagai ponsel pemilik speaker terbaik.

Tentunya dengan berbagai keunggulan spesifikasi mulai dari material bodi, desain, layar, kamera, komponen hardware, baterai hingga fitur, Xiaomi Mi 11 jelas akan jadi incaran gadgetfreak yang memutuhkan gawai super canggih. Dengan harga yang ditawarkan, smartphone ini jelas worth-to-buy.