Fokus AIoT, ini 7 Perangkat Xiaomi Mi Home Untuk Rumah Pintar

Dalam industri elektronik dunia, nama Xiaomi jelas tak bisa diremehkan. Perusahaan multinasional China yang berdiri pada April 2010 itu kini menjelma menjadi salah satu yang tersukses secara global. Dikenal dengan berbagai produk smartphone, Xiaomi tampaknya ingin lebih dari itu karena berambisi jadi perusahaan AIoT lewat Xiaomi Mi Home.

Sebelum membahas mengenai apa itu Xiaomi Mi Home, tak ada salahnya kalau Anda ikut mengikuti perjalanan bisnis Xiaomi hingga menapakkan ’cakarnya’ di kancah global. Semua bermula 11 tahun lalu saat Lei Jun dan delapan mitra lainnya berambisi jadi nomor satu di industri elektronik. Merilis MIUI yang merupakan firmware berbasis Android, Xiaomi pun melaju.

Identik sebagai pabrikan ponsel berkualitas dengan harga sangat terjangkau, smartphone Xiaomi pun makin dikenal tak hanya di China, tapi hingga kawasan Asia lainnya sampai seluruh dunia. Bahkan di Indonesia, penjualan Xiaomi selalu ada di posisi teratas yang membuktikan kalau mereka adalah produsen smartphone sejuta umat.

Baca juga: Jawara Batre Gede, Xiaomi Redmi 9T Dijual Hari Ini Mulai Rp2 Jutaan

Dan kini Xiaomi tampaknya memahami kalau gaya hidup manusia bakal berubah. Tidak lama lagi, segala hal akan dilakukan oleh sebuah perangkat cerdas yang terhubung ke internet sehingga mempermudah hidup manusia. Konsep inilah disebut sebagai AIoT (Artificial Intellegence Internet of Things) dan menjadi rencana strategis perusahaan lewat Xiaomi Mi Home.

Sepanjang 2021, Xiaomi Boyong Perangkat AIoT

Salah satu alasan kenapa Xiaomi bisa begitu percaya diri mengusung strategi bisnis AIoT adalah karena mereka memiliki fans yang sangat loyal. Saat ini ada banyak sekali komunitas-komunitas Mi Fans yang akan selalu antusias dengan perilisan produk terbaru Xiaomi. Membaca fakta itu, Xiaomi pun berambisi jadi perusahaan AIoT terbesar di Indonesia.

Meskipun Indonesia masih cukup tertinggal dengan peluang masuknya jaringan internet 5G, tampaknya tidak masalah bagi Xiaomi. Xiaomi paham bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia sangat besar sehingga pangsa pasar masih luas. Revolusi teknologi jelas menjadi keinginan mereka yang akan diwujudkan dalam berbagai perangkat Xiaomi Mi Home.

Dilansir tek.id, ambisi Xiaomi ini bukanlah sesuatu yang diputuskan dalam hitungan hari. Karena sejak bertahun-tahun lalu, Sebetulnya Xiaomi sudah cukup ’cek ombak’ dalam meraba potensi pasar AIoT di Tanah Air. Kala itu Xiaomi memboyong Mi Band generasi pertama yang tentunya disambut dengan cukup hangat oleh gadgetfreak di Indonesia.

Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia menjelaskan kalau Xiaomi memang menawarkan cukup banyak teknologi yang bakal memudahkan aktivitas sehari-hari. Xiaomi bahkan berharap kalau semua orang di Tanah Air bisa mengakses inovasi teknologi, agar kesejahteraan dan kualitas hidup warga Indonesia meningkat.

Lewat Xiaomi Mi Home, berbagai perangkat AIoT yang ada memang jadi solusi dalam mewujudkan hidup tetap sehat anti ribet. Bagi Xiaomi penjualan perangkat AIoT tidaklah bisa dianggap remeh untuk keuntungan perusahaan. Pada kuartal-I 2020 misalnya, divisi IoT Xiaomi berhasil meraup CNY13 miliar (sekitar Rp28,3 triliun) yang meningkat 7.8% dibandingkan 2019.

Baca juga: Dijual Mulai 26 Januari, Xiaomi Poco M3 Dihargai Rp1,8 Jutaan

Inilah 7 Perangkat Xiaomi Mi Home yang Bisa Dimiliki

Setidaknya hingga tahun 2021 saat ini, sudah lebih dari 250 juta perangkat IoT Xiaomi yang online (tidak termasuk smartphone dan laptop). Tertarik memiliki salah satu di antaranya? Berikut ini tujuh perangkat Xiaomi Mi Home yang berguna dalam kehidupan sehari-hari dan menciptakan rumah cerdas.

1. Mi Smart Sensor

Mi Smart Sensor
© nasilemaktech

Seperti yang sudah diketahui, konsep IoT (Internet of Things) memungkinkan berbagai peralatan tersambung ke internet. Sementara AIoT perangkat IoT itu semakin cerdas karena bisa mengenali pengguna lewat perintah suara. Lewat Mi Smart Sensor, seluruh perangkat IoT Xiaomi tersambung yang membuat semuanya bisa mati dan aktif dengan satu pusat pengontrolan.

Dalam satu set Mi Smart Sensor, ada Mi Motion Sensor, Mi Window & Door Sensor, Mi Wireless Switch dan Mi Control Hub yang sangat multifungsi. Sebagai AIoT, perangkat ini bisa memberikan notifikasi keamanan jarak jauh kepada pemiliknya melalui smartphone lantaran mampu menangkap sensor gerakan hewan atau orang dengan teknologi inframerah ramah lingkungan.

2. Mi Smart LED Bulb Essential

Mi Smart LED Bulb Essential
© gadgets.ndtv

Lampu ruangan adalah salah satu item terpenting di dalam rumah. Bahkan cahaya lampu bisa juga menentukan mood dan kebutuhan penghuni. Karena itulah Mi Smart LED Bulb Essential hadir sebagai lampu yang cerdas. Kenapa dianggap cerdas? Karena Anda bisa mengatur kecerahan dan temperatur warna mulai dari cahaya putih yang sejuk, hingga kuning yang hangat.

Sudah mendukung pengenalan suara Amazon Alexa dan Google Asistant, menjadikan Mi Smart LED Bulb Essential sebagai salah satu perangkat AIoT terbaik dari Xiaomi. Anda bisa menyalakan lampu, mematikan, mengganti warna hingga menyesuaikan kecerahannya cuma lewat perintah suara atau dikontrol lewat aplikasi Xiaomi Mi Home.

3. Mi Smart Kettle

Mi Smart Kettle
© Xiaomi Planet

Bangun tidur dan sudah ada kopi panas yang disiapkan di meja makan tentu menyenangkan. Hanya bisa terjadi jika memiliki pasangan hidup? Tentu tidak jika Anda memiliki Mi Smart Kettle. Seperti namanya, perangkat ini adalah mesin atau ketel pemanas air listrik. Berbahan stainless steel, teko air modern ini bisa menampung air hingga 1.5 liter.

Baca juga: HP Flagship Kamera 108MP, Xiaomi Mi 10T Pro Dijual Rp6,99 Juta

Anda bisa mengatur tingkat suhunya, termasuk mempertahankan suhu air selama 12 jam. Ada empat mode pemanas yang bisa dipilih untuk kopi, teh, susu bayi hingga custom mode. Semua mode ini bisa dipantau dan diatur lewat Mi Home. Misalkan memanaskan kopi pukul 06.00, maka ketika Anda bangun tinggal jalan ke dapur dan tinggal seduh ke cangkir saja.

4. Mi Rice Cooker

Mi Rice Cooker
© theweddingvowsg

Sebagai orang Indonesia, nasi adalah bahan makanan pokok. Hal itulah yang membuat mesin penanak dan penghangat nasi alias rice cooker sebagai salah satu bagian penting dalam Xiaomi Mi Home. Sama seperti produk lain yang sudah dibahas, rice cooker ini terhubung langsung ke smartphone pengguna lewat jaringan WiFi.

Anda bisa tahu sejauh apa proses nasi yang tengah dimasak lewat aplikasi Mi Home di ponsel, termasuk tipe atau merk beras yang dipakai. Xiaomi menyebutkan kalau Mi Rice Cooker ini memakai teknologi magnetik supaya tekanan di dalam perangkat terjaga pada 1.2 tekanan atmosfer. Lantaran dimasak dengan teknologi elektromagnetik, rasa nasi diklaim lebih lezat.

5. Mi Home Security Camera 360° 1080P

Mi Home Security Camera 360° 1080P
© Android Central

Kamera pengawas alias CCTV adalah salah satu perangkat wajib di rumah modern. Namun Xiaomi membuat CCTV naik tingkat lewat Mi Home Security Camera 360° 1080P. Sudah mendukung sistem operasi minimal Android 4.4 dan iOS 9.0, menjadikan Anda bisa memantau seluruh area yang terpasang kamera selama 24 jam lewat aplikasi Mi Home di ponsel.

Dengan mic dan speaker yang terpasang, Anda pun bisa mendengar suara yang terekam secara realtime atau mengeluarkan suara lewat kamera pengawas ini yang bisa mengurangi peluang aksi kriminal. Tak perlu cemas saat merekam di malam hari, karena kamera ini dilengkapi Night Vision Infrared LED yang menjadikan kualitas video tetap istimewa.

6. Mi Bedside Lamp

Mi Bedside Lamp
© Mi Global Home

Ada beberapa orang yang bisa tidur dalam kondisi ruangan gelap, ada juga yang butuh penerangan lampu remang-remang hingga mereka yang mendambakan suasana terang. Memahami kondisi itu, Mi Bedside Lamp bisa jadi teman tidur terbaik. Menawarkan beragam warna yang indah, perangkat ini terhubung ke WiFi sehingga Anda bisa mengontrolnya di ponsel.

Menawarkan kaleidoskop virtual warna yang beragam, lampu tidur ini bahkan bisa disesuaikan dengan suasana hati. Entah Anda sedang rebahan sambil streaming film, gaming, membaca buku atau pillowtalk bersama pasangan, Mi Bedside Lamp menyuguhkan kinerja maksimal dengan pencahayaan sesuai keinginan pengguna.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 NFC, Ponsel Menengah Rasa Premium Seharga Rp3,2 Juta

7. Mi Roborock

Mi Roborock
© Gizmochina

Dan inilah perangkat terakhir yang bisa Anda pertimbangkan dalam rangkaian Xiaomi Mi Home. Mi Roborock adalah sebuah mesin vacuum cleaner cerdas yang bisa membersihkan area rumah tanpa perlu bantuan manusia. Anda tinggal menghubungkan Mi Roborock pada jaringan WiFi dan mengaturnya lewat smartphone.

Perangkat ini bisa menyelesaikan tugas dengan cerdas asalkan Anda sudah mengatur area yang harus dibersihkan. Dengan kapasitas kotoran 480ml, Mi Roborock cukup efektif menghisap debu, bulu-bulu binatang peliharaan hingga parasit mungil. Mempunyai kapasitas baterai 5200mAh, Mi Roborock dapat membersihkan area hingga 250 meter persegi.

Kesimpulan

Bagaimana? Terbukti tidak main-main kan berbagai perangkat AIoT yang ditawarkan dalam sistem Xiaomi Mi Home? Dengan begitu kini siapapun bisa mempunyai rumah cerdas yang dapat dikontrol lewat smartphone secara mudah. Karena bagaimanapun, teknologi AIoT dan IoT adalah masa depan yang memang sudah harus kita mulai pelajari sejak saat ini.