Xiaomi Note 10 Pro, Layak diBeli Kah Sekarang? 

Xiaomi Note 10 Pro, adalah salah satu smartphone series flagship camera keluaran Xiaomi yang harganya mungkin agak mahal dari pada hp xiaomi lainnya.

Tapi, semahal-mahalnya smartphone Xiaomi, tentunya tidak semahal merek-merek lain yang mengeluarkan series flagshipnya juga. Setelah lama menanti, akhirnya xiaomi merilis Xiaomi Note 10 Pro secara resmi di Indonesia pada 4 Januari 2020 yang lalu.

Pada saat perilisannya, Alvin Tse yang merupakan Country Director Xiaomi Indonesia, menyebutkan bahwa smartphone ini mengusung kamera penta sebesar 106 MP pertama di dunia dengan baterai besar 5260 mAH.

Harga pada saat perilisannya adalah Rp. 6,999 Juta, beda sekitar 500 ribu dengan adiknya Xiaomi Note 10 yang dirilis bersamaan. Untuk Hp Xiaomi harga yang hampir 7 jutaan mungkin terdengar tidak biasa.

Biasanya xiaomi mungkin merilis hp 1-3 jutaan saja. Pada smartphone xiaomi dengan harga 3 jutaan saja sudah bagus, lalu bagaimana dengan Xiaomi 7 jutaan?

Bagi sebagian orang yang sudah menggunakan xiaomi note 7 pro, device yang satu ini bisa menjadi hp idaman yang menyediakan kebutuhan akan kamera, baterai dan layar andalan dalam 1 hp saja, namun terdapat hal yang kurang maksimal.

Anda penasaran dengan Hp unggulan Xiaomi yang satu ini? Yuk langsung saja kita ulas Xioami Note 10 Pro!

Packaging & Kelengkapan Perangkat

Secara pacakaging, Xiaomi Note 10 Pro menggunakan kotak warna hitam dove tanpa gambar handphone. Jadi hanya ada tulisan Xiaomi Note 10 Pro saja. Pada sisi kiri atas terdapat stiker segitiga bertuliskan “Garansi resmi Xiaomi- Kami buatan Indonesia”.

Namun pada bagian kotak belakang tetap saja bertuliskan made in china walaupun tetap di import dari PT Xiaomi Indonesia. Stiker ini mungkin hanya untuk membedakannya dengan hp blackmarket.

Pada bagian belakang juga terdapat keterangan singkat mengenai spesifikasi unggulan dari Xiaomi Note 10 Pro ini. Tertulis bahwa hp ini memiliki sertifikat Hi-Res Audio, baterai 5260 mAH, 108 P camera dengan lensa 8P, terdapat 5 camera dengan 10x hybrid zoom OIS, dan layar selebar 6,47 inch dengan display fingerprint. Jadi, untuk ukuran smartphone flagship, hp ini punya spesifikasi utama yang menarik sekali.

Masuk kebagian dalam kotak, tentunya terdapat 1 unit smarphone Xiaomi note 10 Pro, lalu ada juga jelly cashnya, sim ejector, kabel usb type C, kartu garansi, buku petunjuk dan juga kepala charger 10 volt 3 A (30 watt). Jadi chargernya sudah mendukuing fast charging.

Tidak seperti xiaomi note 8 sebelumnya yang baterainya sudah mendukung fast charging namun chargernya belum. Dengan Xiaomi Note 10 pro ini Anda tidak perlu membeli charger tambahan untuk mendukung fast charging.

Design Xiaomi Note 10 Pro

Desain Xiaomi Note 10 Pro

Selainjutnya kita mulai membahas dari segi designnya. Secara design, jelas bahwa Xiaomi Note 10 Pro ini memiliki design yang lebih premium dan lux dari hp Xiaomi yang lain.

Pada bagian depan sisi layarnya berbentuk melengkung seperti samsung galaxy S dan bagian kamera yang mirip dengan huawei.

Walaupun bukan design yang terkesan original, tapi bagi sebagian orang tidak masalah karena design tersebut masih terasa nyaman.

Selain itu, build quality dari Xiaomi Note 10 Pro ini sangat bagus dan tombol-tombolnya enak untuk di tekan. Walaupun ukuran samartphone ini cukup tebal, mengingat daya baterainya yang besar, tapi hp ini masih nyaman dalam genggaman.

Spesifikasi Xiaomi Note 10 Pro

Sebelumnya mungkin kita sudah membahas sekilas mengenai spesifikasi singkat dari Xiaomi Note 10 Pro. Sebelum memutuskan membelinya, tentu kita ingin memahami detail spesifikasi lainnya bukan? Berikut adalah spesifikasi lengkap Xiaomi Note 10 Pro.

  • Processor : Snapdragon 730G
  • Operating System : MUI 11
  • RAM : 8 GB
  • ROM : 256 GB
  • Kamera Belakang : Samsung HMX, 108 MP ; Camera potret 12 MP ; Camera sudut ultra lebar 20 MP, 117° ; ultra telefoto Camera 5 MP ; Kamera makro 2 MP
  • Kamera Depan : 32 MP
  • Layar : 6,47 inches layar lengkung AMOLED 3D
  • Baterai : 5260 mAH (fast charging)
  • Fingerprint : Yes, in display
  • Berat : 208 gram
  • Warna : Midnight black/ Glacier White/ Aurora Green

Chipset & OS MUI 11

Banyak yang mempermasalahkan chipset yang tersemat dalam Xaiomi note 10 pro ini, karena hanya menggunakan Snapdragon 730G.

Terdengar tidak seperti xiaomi biasanya yang kencang soal chipset. Chipset Snapdragon 730G mungkin memang bukan chipset yang paling up to date atau menurut sebgaian orang bukanlah chipset kelas atas.

Bagi Anda yang sangat hobby bermain game dengan settingan grafis tertinggi mungkin Xiaomi Note 10 Pro bukanlah yang terbaik.

Baca juga : Ponsel Flagship 5G, Realme X50 Pro Tersedia Mulai Rp11,9 Juta

Tapi jika Anda tidak masalah dengan hal tersebut, Xiaomi Note 10 Pro sudah cukup enak saat kita pakai bermain game. Jadi sebenarnya Anda tetap masih bisa bermain game dengan baik. Bahkan, untuk pemakaian harian sangat lancar hampir tanpa kendala.

Misalnya saat menggunakannya untuk bermain game PUBG akan terasa stabil. Begitu pula untuk performa harian dan editing foto.

Lalu bagaimana dengan OS MUI 11 pada Xiaomi Note 10 Pro? Tampilan dari OS terupdate xiaomi ini sangat nyaman dengan design yang lebih simple dan clean dari MUI 10.

Lalu apakah masih terdapat iklan? Jawabannya ya, masih terdapat iklan, Namun iklan ini tidak begitu mengganggu dan hanya muncul saat hendak menginstall aplikasi saja.

5 Kamera Xiaomi Note 10 Pro

Kamera penta Xiaomi Note 10 Pro

Xiaomi menyebut hp ini sebagai smartphone flagship camera dengan resolusi kamera utama sebesar 104 MP. Seperti yang telah kami sebutkan, Xiaomi Note 10 Pro memiliki 5 kamera belakang yakni Samsung HMX, 108 MP ; Kamera potret 12 MP ; sudut ultra lebar 20 MP, 117° ; ultra telefoto 5 MP ; dan juga Kamera makro 2 MP.

Bisa kita bilang bahwa kamera utama 104 MP Xiaomi Note 10 Pro memiliki kontribusi yang sangat besar dari kelemahan kamera lainnya. Kamera ini dapat menghasilkan efek background blur yang sangat natural dari pada bokeh software yang biasa terdapat pada handphone.

Namun pada sisi ketajamannya, kamera 108 MP nya ini terkesan fokus pada bagian tengah dan agak berkurang ketajamannya saat kesamping.

Walaupun begitu hasil gambar dari lensa potret, ultra wide terlihat tajam masih jernih dan detail, bahkan pada saat kondisi low light walaupun kualitasnya turun.

Ada juga kamera depan dengan resolusi 32 MP. Untuk mencetak foto selfie, hp ini sangat bisa menjadi andalan.

Namun para user Xiaomi Note 10 Pro biasanya kurang menyukai satu hal ini yakni, shutter lag. Mungkin menjadi tidak masalah jika hal ini terjadi saat 108 MP karena pasti pengambilan gambar pada resolusi sebesar ini akan cukup memakan proses.

Tapi pada mode auto-default terdapat jeda yang cukup panjang. Jadi, bagi Anda yang ingin memotret banyak momen dengan rentan waktu cepat dan ketika membandingkannya dengan hp lain, mungkin jumlahnya akan lebih sedikit. Walaupun begitu kualitasnya sangat baik pada setiap kameranya.

Selain itu, terdapat suatu fitur kamera yang unik dari Xiaomi note 10 pro yakni fitur vlog, dengan icon berbentuk huruf “v”.

Pengguna akan di berikan pre set transisi video dengan durasi kurang dari 15 detik dan default landscape. Untuk perekaman video menggunakan kamera belakang, walaupun chipset bagi sebagian orang kurang maksimal tapi masih bisa menghasilkan video dengan resolusi 4K yang stabil.

Apalagi dengan kamera 104 MP yang bisa memberikan efek background blur membuat pengambilan video menjadi lebih lebih menyenangkan.

Layar yang Lebar dan Jernih

Layar Layar Lebar dan Jernih xiaomi note 10 pro

Salah satu hal yang banyak di sukai dari smartphone ini adalah tampilan layar yang tidak mengecewakan. Dengan layar selebar 6,47 inches AMOLED 3D Anda bisa mendapatkan warna dan visibilitas outdoor yang bagus.

Baca juga : Mulai 1,5 Jutaan! Inilah 8 Smartphone Samsung Terbaik Tahun 2020

Karena menggunakan layar AMOLED, smartphone ini menghasilkan tone yang cenderung berwarna warm dan ketajaman layarnya sedikit soft. Untuk proteksi layarnya sendiri, Xiaomi Note 10 Pro sudah terproteksi dengan corning gorilla glass 5.

Jadi Anda tidak perlu khawatir smartphone Xiaomi note 10 pro ANda tergores dan juga tidak perlu repot memberi antigores tambahan.

Layar yang dimiliki Xiaomi Note 10 Pro ini nyaman untuk aktivitas menonton. Jadi jika Anda penggemar video streaming, Anda mungkin akan betah berlama-lama menonton karena kualitasnya yang baik.

Layarnya juga cukup responsif untuk bermain game dan speakernya yang cukup kencang untuk penggunaan dalam kamar.

Bentuk layarnya yang melengkung memang meningkatkan kesan premium, tapi bagi sebagian orang hal ini membuat sedikit tidak nyaman karena terkadang tidak sengaja menekannya saat menonton video atau memuka foto.

Daya Tahan Baterai

Dengan daya baterai 5260 mAH, Xiaomi Note 10 Pro memiliki daya tahan screen on yang panjang sekitar 9 jam (jika tidak bermain game) dan 5 jam saat bermain game.

Bahkan bisa KITA pakai 1-2 hari penuh. Jika kita gunakan selama 2 untuk nonton video atau menggunakan aplikasi untuk contact hanya berkurang sekitar 15% saja.

Charger bawaan pada Xiaomi note 10 Pro juga sudah fast charging jadi Anda tidak perlu khawatiruntuk waktu pengecasannya.

Baca juga : 9 Rekomendasi Smartwatch Murah dan Berkualitas Tahun ini

Untuk mengecas dari 0 hingga 100% hanya membutuhkan waktu 1 jam 15 menit saja. Sehingga kalaupun baterai habis saat Anda melakukan aktifitas menggunakn smartphone, ANda tidak terlalu khawatir karena waktu pengecasan yang relatif cepat.

Kesimpulan

Secara umum, Xiaomi Note 10 Pro memang bisa di katakan sebagai hp flagship camera. Hasil fotonya bagus, menyenangkan untuk di posting di social media, pantas di sebut sebagai hp dengan kamera andalkan, apalgi dengan kamera resolusi 104 MP-nya. Jadi jika Anda mencari hp flaship camera, Xiaomi Note 10 Pro mungkin bisa menjadi salah satu opsinya.

Secara performa dari Xiaomi Note 10 Pro sangat baik, namun jika Anda membutuhkan performa gaming yang lebih tinggi, ada hp lain yang banyak orang nilai lebih baik dari Xiaomi Note 10 Pro ini. Walaupun begitu bagi sebagian orang chipsetnya ini sudah sangat cukup. Layarnya yang lebar menggunakan layar AMOLED enak di lihat, system operasi sangat minimalis dan modern dan juga baterai yang besar, hp ini sangat cocok untuk di gunakan mengikuti kemajuan teknologi pada tahun 2020.