Xiaomi

The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2018, sub-brand milik Xiaomi yakni POCO, kini sudah menjelma menjadi salah satu brand smartphone terbaik dan terpopuler di dunia termasuk Indonesia. Menyambut kehadiran jaringan internet 5G di Tanah Air, Xiaomi POCO M3 Pro 5G pun meluncur dan siap ’menggoda’ gadget freak di Indonesia.

Sesuai dengan namanya, Xiaomi POCO M3 Pro 5G tentu akan mengingatkan Anda dengan POCO M3 yang sudah dikenalkan sejak Januari 2021 lalu. Yap, bisa dibilang kalau POCO M3 Pro 5G ini adalah ’saudara kembar’ dari POCO M3, tapi tentunya sang ’adik’ terlihat lebih superior dengan kemampuan akses 5G yang baru-baru ini siap dijalankan di sejumlah wilayah Indonesia.

Sudah dikenalkan sejak 19 Mei dan mulai dijual pada 22 Mei, POCO M3 Pro 5G baru bisa dinikmati masyarakat Indonesia pada pekan terakhir bulan Juni 2021. Melihat waktu perilisannya, bisa ditebak kalau POCO M3 Pro 5G ini bakal head-to-head langsung dengan unggulan dari realme yakni seri 8 5G yang sudah dikenalkan satu pekan lebih dulu.

Menurut Andi Renreng selaku Head of Marketing POCO Indonesia, Xiaomi POCO M3 Pro 5G ini hadir sebagai The Real 5G Killer. “Kehadiran ponsel ini dilakukan POCO untuk menjangkau sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, agar memungkinkan semuanya merasakan teknologi 5G. Ponsel ini menarik dimiliki karena mengusung fitur-fitur esensial yang dibutuhkan pasar,” seperti dilansir Bisnis.

Baca juga: Xiaomi Mi 11 Ultra, Harganya Dua Kali Lipat Xiaomi Mi 11

Spesifikasi Xiaomi POCO M3 Pro 5G

© NDTV Venture
  • Sistem Operasi: Android 11, MIUI 12
  • SIM: Hybrid Dual SIM (Nano-SIM dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.5″ dengan resolusi 1080 x 2400 piksel
  • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • Internal/RAM: 64GB/4GB, 128GB/6GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 2MP (depth), 2MP (macro)
  • Kamera Selfie: 8MP (wide)
  • Jaringan: GSM/HSPA/LTE/5G
  • Kapasitas Baterai: Baterai tanam 5000mAh

Melihat spesifikasi yang ditawarkan, bisa disimpulkan dengan mudah bahwa Xiaomi POCO M3 Pro 5G ini punya banyak kemiripan dengan realme 8 5G. Sama-sama mengklaim diri sebagai ’ponsel 5G pembunuh’, POCO M3 Pro 5G sepertinya bisa membuat petinggi realme cukup ketar-ketir karena harganya lebih terjangkau.

Di mana untuk dua varian yang dirilis, Xiaomi membanderol POCO M3 Pro 5G dengan harga mulai dari Rp2,599 juta untuk varian 64GB/4GB dan Rp2,899 juta untuk varian 128GB/6GB. Ditawarkan global dengan tiga pilihan warna yakni poco yellow, power black dan cool blue, tentunya tinggal urusan selera bagi konsumen memilih POCO atau realme sebagai ponsel 5G terjangkau.

Dalam acara peluncuran Xiaomi POCO M3 Pro 5G pada 29 Juni lalu, Andi dengan bangga menyebutkan kalau pembeli POCO di Indonesia sudah menyentuh 850 ribu orang. Artinya jumlah itu meningkat dari bulan April yang masih sekitar 500 ribu orang. POCO sepertinya akan semakin serius menggarap pasar Indonesia, lewat kampanye #POCOnyaBeraksi.

Tak hanya itu saja, POCO Indonesia juga menyediakan program POCO Space yang menjadi wadah bagi POCO Fans untuk saling berjumpa entah mengulas produk, hingga berbagai kegiatan komunitas lainnya. Lantaran didukung langsung oleh POCO Indonesia, POCO Space tentu menjadi cara terbaik supaya penggemar setia POCO makin besar, mengikuti jejak Xiaomi.

Layar Melegakan dengan Dynamic Switch

© GSMArena

Hal pertama yang sangat menonjol dari Xiaomi POCO M3 Pro 5G adalah tampilan layarnya yang berjenis punch-hole, serta punya resolusi full HD+. Kendati punya dimensi layar sama-sama berukuran 6.5 inci, bisa dibilang POCO M3 Pro 5G lebih unggul dari sisi refresh rate. Tak hanya itu saja, Xiaomi membenamkan teknologi Dynamic Switch pada layarnya.

Memang, apa sih teknologi Dynamic Switch itu?

Secara mudahnya, memungkinkan layar mengganti refresh rate secara otomatis mulai dari 90Hz, 60Hz, 50Hz hingga 30Hz.

Lantas, untuk apa fungsinya?

Membuat ponsel bisa menampilkan konten sesuai dengan daya tahan bateri, sehingga penggunaan baterai pada POCO M3 Pro 5G ini lebih efisien. Dengan refresh rate maksimal 90Hz, kemampuan scrolling layar DotDisplay ini pun terasa begitu halus. Anda yang suka streaming video dengan resolusi 1080p juga sangat dimanjakan karena terasa begitu nyaman.

Baca juga: Xiaomi Poco F3, Langkah Maju dari POCO X3 NFC

Terutama berkat adanya sertifikasi Widevine L1, membuat kualitas video dari Netflix akan sesuai dengan kemampuan layar. Sementara untuk gaming, Xiaomi POCO M3 Pro 5G punya touch sampling rate 180Hz yang membuat kegiatan gaming bisa berlangsung lebih responsif.

Tak perlu cemas juga soal tingkat kecerahan, karena adanya sensor cahaya ganda di bagian belakang dan depan bodi ponsel, membuat POCO M3 Pro 5G bisa mendeteksi cahaya dan menyesuaikan tingkat kecerahan layar. Layar yang istimewa ini tak ayal lagi menjadi salah satu keunggulan yang ditonjolkan.

Desain Bodi Mulus Nyaman Digenggam

© GSMArena

Bukan cuma punya tampilan layar yang memuaskan, POCO M3 Pro 5G ini juga memiliki desain bodi yang istimewa. Tak seperti POCO M3 yang punya tekstur sedikit lebih kasar, bagian bodi belakang varian 5G ini terlihat begitu mulus dan glossy alias mengkilap. Namun meski punya layar lebar dan bodi tampak licin, ponsel ini disebut cukup nyaman dalam genggaman.

Di bagian belakang ponsel, terdapat modul triple camera yang dipasang vertikal, lengkap dengan lampu flash di bagian samping. Modul kamera ini terletak pada bodi berwarna hitam. Berpindah ke sisi samping kanan bodi ponsel, Anda akan menemukan tombol power yang jadi satu dengan sensor sidik jari, serta tombol volume.

Kamera Berkemampuan Tinggi

© BGR/Amritanshu Mukherjee

Kendati terlihat jelas menonjolkan kemampuan jaringan 5G, Xiaomi POCO M3 Pro 5G rupanya diperkuat dengan lensa-lensa kamera yang disebut berkemampuan tinggi. Untuk triple camera di bagian belakang, POCO melakukan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan generasi milenial dan generasi Z dalam membuat konten-konten kreatif.

tek.id melansir bahwa lensa kamera utama berukuran 48MP bisa membuat pengguna memotret obyek dengan detail sangat tinggi tanpa perlu cemas tampak artifisial. Sudah dilengkapi fitur Night Mode, membuat Anda tak perlu cemas lagi saat harus memotret di malam hari dalam kondisi minim cahaya. Kalau ingin mendapat efek bokeh, Anda juga bisa memakai Portrait Mode.

Baca juga: Layar Super AMOLED, Xiaomi Redmi Note 10 Dijual Rp2,4 Jutaan

Untuk Anda yang gemar memotret obyek-obyek dalam jarak dekat atau terlihat begitu detail, lensa makro akan menjalankan fungsinya secara sempurna. Hasilnya, foto dengan lensa makro bisa hadir lebih tajam termasuk dari segi warna. Bukan cuma fotografi saja, Anda yang gemar merekam video akan dipuaskan dengan fitur time-lapse, time burst dan slow-mo yang bisa dibuat dalam resolusi 720p atau 1080p.

Berpindah ke kamera selfie, POCO memasang lensa berukuran standar yakni 8MP. Kendati mungkin lebih kecil daripada sang pesaing realme 8 5G, Xiaomi POCO M3 Pro 5G bisa memberikan hasil foto selfie memuaskan. Lensa selfie dapat menangkap cahaya secara maksimal, sehingga Anda yang menggunakan fitur portrait, akan mendapat hasil memuaskan karena wajah akan lebih fokus dengan latar belakang sedikit blurry.

Dari klaim POCO, setiap mode pada kamera ponsel ini juga sudah didukung teknologi AI. Artinya, Anda tak perlu lagi mengatur kamera karena sudah otomatis disesuaikan pada kondisi pengguna. Namun kalau memang ingin mengaturnya secara manual, Anda bisa mengubah ISO, shutter speed dan lain-lain lewat mode Pro.

Performa Ala Ponsel Flagship

© BGR/Amritanshu Mukherjee

Sama seperti realme 8 5G, Xiaomi POCO M3 Pro 5G juga dilengkapi dengan chipsetMediaTek MT6833. Menurut POCO, chipset ini mampu membuat performa ponsel jadi mirip smartphone kelas flagship berkat teknologi fabrikasi 7nm. Seperti penjelasan Dr. JC Hsu selaku Corporate VP dan GM Wireless Communications Business Unit MediaTek, chipset ini memiliki fitur-fitur gabungan konektivitas 5G, seperti dilansir KompasTekno.

Dengan chipset itu pula, kemampuan kamera tingkat lanjut pun akhirnya dimiliki POCO M3 Pro 5G dalam desain yang sangat hemat daya baterai. Untuk konektivitas tingkat lanjutnya, MediaTek membenamkan 5G Carrier Aggregation (2CC 5G-CA) dan 5G dual SIM dual Standby (DSDS). Di mana kedua teknologi ini mampu mengakses layanan 5G VoNR (Voice Over New Radio) dari koneksi mana saja.

Punya kecepatan downlink hingga 2,77Gbps, membuat Xiaomi POCO M3 Pro 5G tentu menjadi salah satu gawai unggulan menyambut penerapan 5G secara nasional. Dalam review yang dilakukan Anggoro Suryo Jati untuk detikInet, ponsel ini bisa memainkan PUBG Mobile dengan resolusi maksimal HD dan frame rate tingkat High.

Kemampuan Jaringan 5G

© Sindonews/Danang Arradian

Sesuai dengan namanya, tidak lengkap rasanya membahas Xiaomi POCO M3 Pro 5G tanpa mengulas soal kemampuannya terhadap akses jaringan 5G. Dari pengujian yang dilakukan Danang Arradian untuk Sindonews di TSO (Telkomsel Smart Office) pada awal Juli lalu, Xiaomi POCO M3 Pro 5G mampu meraih kecepatan 150Mbps – 200Mbps.

Hasil ini membuat ponsel ini mampu meraih sepuluh kali lipat kecepatan 4G LTE yang rata-rata di angka 10Mbps. Kemampuan ini membuat POCO M3 Pro 5G sejajar dengan flagship Xiaomi Mi 11 Ultra. Bisa disimpulkan jika nanti pada akhirnya jaringan 5G bisa dinikmati untuk seluruh masyarakat Indonesia, POCO tampaknya semakin percaya diri dengan M3 Pro 5G satu ini.

Baca juga: Flagship Zaman Now, Xiaomi Mi 11 Dijual Rp9,999 Juta

Sekadar informasi, jaringan internet 5G di Indonesia baru saja diluncurkan secara resmi pada 27 Mei 2021. Adalah Telkomsel yang pertama kali mengenalkan layanan 5G dan baru bisa diakses di enam lokasi residensial Jabodetabek.

Lokasi-lokasi itu adalah Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai dan Alam Sutera. Kemudian pada 3 Juni 2021, layanan diperluas oleh Telkomsel hingga Balikpapan, Medan dan Surakarta alias Solo.

Jadi, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Layak Dibeli?

Tak cuma menonjolkan konektivitas jaringan internet 5G, triple camera yang sangat memuaskan dan performa anti lelet, ponsel ini juga masih dilengkapi dengan jalur penghubung ’tradisional’ seperti IR blaster. Namun untuk tampil begitu inovatif dan sesuai kebutuhan konsumen saat ini, POCO memasangkan fitur NFC pada ponsel.

Seperti yang sudah Anda tahu, teknologi NFC memang kini bisa dibilang sangat penting. Tak hanya identik dengan smartphone kelas flagship di POCO M3 5G Pro seolah membuktikan kalau ponsel ini memang bisa digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Terutama bagi And yang gemar memburu ponsel mid-range dengan kualitas flagship.

Sehingga jika disimpulkan melihat dari kemampuan dan spesifikasinya, Xiaomi POCO M3 Pro 5G dengan mudah akan hadir sebagai salah satu ponsel 5G terbaik di Tanah Air. Punya harga yang cukup terjangkau, tak heran kalau akhirnya baik Xiaomi dan POCO begitu percaya diri melabeli smartphone yang satu ini sebagai The Real 5G Killer.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Ponsel Flagship Hemat Baterai, Sony Xperia 5 III

Setelah bulan lalu kita membahas Sony Xperia 1 III, sekarang kita akan membedah Sony Xperia…

6 hari ago

Samsung Galaxy Z Fold 3, Stylusnya Lebih Besar Dari S21 Ultra

Samsung Galaxy Z Fold 3 adalah ponsel lipat pertama yang kami rekomendasikan kepada orang-orang yang…

6 hari ago

Cocok Untuk PPKM, Samsung Galaxy M32 Dihargai Rp2,7 Juta

Hingga hari Selasa (31/8) siang ini, sudah ada lebih dari 4,07 juta kasus Covid-19 di…

3 minggu ago

Moto G Stylus 5G, Fitur Stylusnya Sudah Jarang Ada

Moto G Stylus 5G adalah smartphone kelas menengah yang kompeten dengan komponen internal yang layak…

3 minggu ago

RAM Bisa Sampai 11GB, Vivo Y53s Dijual Rp3,6 Jutaan

Menyambut paruh kedua tahun 2021, produsen smartphone banyak yang mulai berani memboyong ponsel-ponsel kelas menengah…

3 minggu ago

Ponsel Lipat Fashionable, Samsung Galaxy Z Flip 3

A full-sized smartphone that folds to fit small-sized pockets. Ini adalah tagline Samsung untuk ponsel…

4 minggu ago