Xiaomi

Jawara Batre Gede, Xiaomi Redmi 9T Dijual Hari Ini Mulai Rp2 Jutaan

Rasa-rasanya tak ada yang bisa menghentikan ambisi Xiaomi untuk makin menegaskan dirinya sebagai pabrikan ponsel terlaris di Indonesia. Jelang akhir bulan Februari 2021, perusahaan elektronik multinasional asal China ini pun memboyong Xiaomi Redmi 9T ke gadget freak di Tanah Air. Bisa dibilang kalau langkah Xiaomi ini memang cukup percaya diri.

Perusahaan pengembang SoC (System-on-Chip) mobile mandiri ini bahkan berhasil ada di posisi keempat secara global, setelah Apple, Samsung dan Huawei yang menjadikan Xiaomi memang tak bisa diremehkan. Seolah makin menegaskan diri sebagai ponsel sejuta umat di Indonesia, Redmi 9T tentu bisa jadi pilihan bagi calon konsumen yang berburu ponsel mid-range.

Baca juga: Dijual Mulai 26 Januari, Xiaomi Poco M3 Dihargai Rp1,8 Jutaan

Pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi yang melanda Indonesia sepertinya dianggap Xiaomi bukanlah masalah dan menyebabkan turunnya penjualan smartphone. Bahkan di saat beberapa pabrikan menawarkan ponsel entry-level, Xiaomi sangat percaya diri dengan Redmi 9T yang meskipun kelas menengah, akan tetap mampu mencuri perhatian.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 9T

© Soyacincau/Alexander Wong
  • Sistem Operasi: Android 10, MIUI 12
  • SIM: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
  • Layar: IPS LCD 6.53″ dengan resolusi 1080×2340 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM6115 Snapdragon 662 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • Internal/RAM: 64GB/4GB, 128GB/4GB, 128GB/6GB
  • Kamera Utama: 48MP (wide), 8MP (ultrawide), 2MP (macro), 2MP (depth)
  • Kamera Selfie: 8MP
  • Jaringan: GSM / HSPA / LTE
  • Kapasitas Baterai: 6000mAh baterai tanam. Dilengkapi teknologi fast charging 18W dan reverse charging 2.5W

Jika sesuai dengan jadwal, Xiaomi Redmi 9T ini akan dirilis secara virtual pada hari Senin (22/2) ini. Demi meningkatan antusias calon konsumen, Xiaomi sudah merilis materi promosi yang menunjukkan serangkaian keunggulan keluarga baru seri Redmi ini. Xiaomi menyebutkan kalau Redmi 9T lebih dari mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sekadar informasi, Redmi 9T sebetulnya sudah dikenalkan untuk publik global sejak 8 Januari 2021 meskipun baru resmi dijual sepuluh hari kemudian. Saat perilisan itu, Xiaomi mengenalkan varian Redmi Note 9T untuk varian 5G juga, mengingat teknologi jaringan internet generasi baru itu semakin booming di berbagai negara.

Xiaomi Redmi 9T memiliki empat pilihan warna yakni carbon gray, twilight blue, sunrise orange dan ocean green. Hanya saja belum diketahui apakah Xiaomi Indonesia bakal memboyong seluruh varian warna Redmi 9T. Karena informasi yang tertera di media sosial Xiaomi hanyalah ponsel yang dijuluki sebagai ’Jawara Batre Gede’ ini dikenalkan pukul 12.00 WIB.

Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia pun beberapa kali menggoda calon konsumen dengan merilis bocoran penampilan, spesifikasi dan keunggulan Redmi 9T. Menggaet member idol grup JKT48 yakni Jinan Safa Safira, Redmi 9T pun memperlihatkan kemampuan memotretnya yang sudah pasti menarik perhatian.

Hingga artikel ini terbit, belum ada kabar mengenai harga resmi Xiaomi Redmi 9T. Hanya saja dilansir GSMArena, smartphone ini dijual mulai dari US$159 (sekitar Rp2,2 juta). CNBC Indonesia menyebutkan kalau ada tiga pilihan RAM dan RoM untuk Redmi 9T yang mempengaruhi harganya.

Baca juga: Segera Hadir Ponsel Redmi 5G Pertama, Xiaomi Redmi Note 9T

Seperti 64GB/4GB dengan harga mulai Rp2,6 juta, 128GB/4GB dengan harga kisaran Rp3,1 juta dan varian 128GB/6GB yang dibanderol mulai Rp3,3 juta. Melihat spesifikasi yang ditawarkan dan kemampuan hardware, tak heran kalau Redmi 9T bakal bisa menjadi salah satu ponsel mid-range terbaik pada tahun 2021 ini.

Material Plastik Anti Murahan

© XIAOMI FOR RADAR JOGJA

Bagi Anda yang mendambakan ponsel dengan tampilan desain yang ’bersih’, Xiaomi Redmi 9T tentu bisa dipertimbangkan. Dari sekali lihat, bodi ponsel memang didesain dengan cukup clean. Hanya ada logo Redmi berukuran besar di bagian belakang ponsel yang ditulis vertikal pada bagian kanan bawah.

Xiaomi memilih material plastik untuk bodi sekaligus bagian bingkai ponsel yang sudah water-repellent coating. Jangan remehkan soal bodi plastik, karena desain ponsel ini cukup elegan sebagai smartphone mid-range sehingga membuatnya tak tampak murahan. Bodi Redmi 9T terutama di bagian belakang juga bertekstur sehingga meningkatkan ergonomi.

Anda yang tangannya mudah berkeringat dan basah tentu tak perlu cemas saat memegang ponsel dengan bentang layar 6.53″ yang berlapis Corning Gorilla Glass 3 ini. Mungkin perbedaan yang terlihat dari tampilan desainnya adalah hilangnya sensor pemindai sidik jari dari bagian bodi belakang ke samping di tombol daya.

Layar Bikin Lega untuk Entertainment

Xiaomi paham betul bahwa saat ini ponsel digunakan untuk gaming, streaming film/serial hingga pembelajaran online. Untuk itulah ukuran layar IPS yang dipakai sangat bikin lega. Cukup mengejutkan karena di saat kebanyakan smartphone mid-range memasang layar dengan resolusi rendah seperti kelompok entry-level, tidak dengan Redmi 9T yang berpanel HD+.

Hobi streaming di Netflix atau Disney+? Anda tentu akan dipuaskan jika tampilannya diatur untuk HD, sebab Redmi 9T sudah mengantongi sertifikat Widevine L1. Belum lagi speaker ganda di bagian atas-bawah ponsel, menjadikan kebutuhan entertainment sangat memuaskan.

Lima Lensa Kamera Tak Mengecewakan

© theaxo/Terry Bass

Foto dan video termasuk dua hal yang paling banyak dilakukan pengguna ponsel. Demi memuaskan konsumen, Xiaomi membenamkan lima kamera lensa. Dimana empat lensa terpasang dalam modul quad-camera di bodi belakang. Kendati memiliki sedikit masalah saat jangkauan dinamis dengan cahaya kuat, empat kamera belakang Redmi 9T sudah memuaskan.

Baca juga: HP Flagship Kamera 108MP, Xiaomi Mi 10T Pro Dijual Rp6,99 Juta

Sementara untuk lensa selfie, terpasang dalam desain water drop di bagian layar. Namun Anda harus bijaksana saat hendak selfie di lingkungan dengan intensitas cahaya rendha, karena bisa memunculkan sedikit noise sekalipun lensa kamera selfie sudah mencapai 8MP.

Dapur Pacu Terbaik di Serinya

Berpindah ke dapur pacu, Xiaomi memilih chipset Snapdragon 662 sebagai otak utama dari Redmi 9T. Chipset ini sendiri sudah dirilis Qualcomm pada awal Januari 2020 silam. Saat pertama kali dirilis, Snapdragon 662 hadir sebagai chipset dengan kemampuan kamera dan AI terbaik di seri 600 yang menjadikan kebutuhan foto dan video Redmi 9T tak mengecewakan.

Dengan Qualcomm Spectra 340T, chipset ini memiliki ISP lebih kuat dan bisa memotret dalam format HEIF (Hight Effiency Image File). Keberadaan Qualcomm AI Engine generasi ketiga yakni Hexagon Vector Extensions, semakin membuat jepretan memuaskan saat malam. Chipset ini juga dapat melakukan kecepatan unduh hingga 390Mbps dan unggah 150Mbps.

Baterai Jumbo Bikin Puas

© theaxo/Terry Bass

Meskipun pengaturan octa-core pada chipset memiliki empat inti yang cukup tangguh, Anda tak perlu cemas baterai mudah boros karena ponsel bisa melakukan efisiensi daya secara maksimal. Apalagi Xiaomi juga membenamkan kapasitas baterai sangat besar yakni 6000mAh yang menjadikan Redmi 9T sebagai ’Jawara Batre Gede’.

Ponsel ini juga didukung fast charging 18W dan reverse yang tentunya akan sangat membantu konsumen dengan mobilitas tinggi. Keberadaan kapasitas baterai yang cukup besar ini seolah makin menegaskan Xiaomi sebagai produsen ponsel berkualitas dengan harga terjangkau, sehingga membuat smartphone lain di kelas menengah atau entry-level layak cemas.

Baca juga: Xiaomi Poco X3 NFC, Ponsel Menengah Rasa Premium Seharga Rp3,2 Juta

Jadi, Apakah Xiaomi Redmi 9T Layak Dibeli?

Melihat ulasan di atas, tentu bisa disimpulkan dengan sangat mudah bahwa Xiaomi Redmi 9T adalah salah satu ponsel unggulan. Apalagi di masa serba sulit dan butuh berbagai kegiatan online, Redmi 9T tentu menjadi produk smartphone yang layak dibeli. Untuk itu bagi Anda yang ingin upgrade smartphone baru, bisa mempertimbangkan Redmi 9T.

Share
Arai Amelya

Pecinta seni dan film yang saat ini harus menikahi jurnalistik serta penulisan

Recent Posts

Oppo A94 5G, Lebih Mahal Tapi Tidak Lebih Baik dari Oppo A54

Oppo A94 5G adalah ponsel Android yang solid, dan layak menjadi perangkat andalan yang tidak…

2 hari ago

Realme GT Tampil Mewah Mengadopsi Warna Mustang GT

Realme GT adalah smartphone Android kecil yang kuat dengan prosesor level atas. Xiaomi menyematkan semua…

1 minggu ago

Manjakan Content Creator, Oppo Reno6 Dibanderol Rp5,2 Juta

Situasi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat di Indonesia sejak 3 - 20 Juli 2021,…

2 minggu ago

The Real 5G Killer, Xiaomi POCO M3 Pro 5G Dijual Rp2,5 Jutaan

Pertama kali dikenalkan pada bulan Agustus 2018, sub-brand milik Xiaomi yakni POCO, kini sudah menjelma…

2 minggu ago

Sony Xperia 1 III, Pertama di Dunia Dengan Layar 4K

Sony Xperia 1 III memang bukan untuk banyak orang, tetapi bagi para pengguna ponsel puluhan…

3 minggu ago

Standar Emas TV OLED 2021, LG C1 OLED

LG C1 OLED merupakan salah satu TV terbaik dengan harga berapa pun. C1 menghasilkan gambar…

4 minggu ago