Xiaomi Redmi Note 10 Pro, Penawaran Terbaik Ponsel Harga 6 Jutaan

Xiaomi Redmi Note 10 Pro adalah salah satu penawaran Android terbaik bagi pengguna level mid-end. Anda akan mendapatkan layar yang bagus, performa cepat, masa pakai baterai yang lama, dan kamera yang solid dengan harga 6 jutaan saja.

Selain kelebihan diatas, tentu ada beberapa hal yang tidak ada dalam ponsel ini. Misalnya tentang kompatibilitas terhadap jaringan 5G. Satu lagi, tidak ada stabiliser video 4K di ponsel ini.

Xiaomi Redmi Note 10 Pro
Xiaomi Redmi Note 10 Pro via www.techradar.com

HP ini memiliki layar OLED 120Hz yang besar. Snapdragon 732G-nya menghadirkan barang-barang untuk bermain game, dan ponsel ini memiliki speaker terbaik daripada kompetitornya dengan harga yang sama.

Anda mendapatkan kamera 108MP yang solid. Dan meskipun Anda tidak boleh terlalu percaya pada jumlah megapiksel ultra-tinggi itu, ini menghasilkan foto yang bagus dan memiliki akses ke mode malam yang baik.

Ada juga kamera makro yang sangat tidak biasa, dan luar biasa bagus. Sebagian besar kamera makro ponsel mid-end hampir tidak layak digunakan. Tapi Anda bisa mencoba ini untuk fotografi alam.

HP ini memiliki bagian belakang Gorilla Glass, bukan plastik yang sekarang kita lihat bahkan di ponsel Android yang sangat mahal.

Bagi yang malas membaca artikel, bisa melihat videonya di youtube;

Pesaing terkuat Redmi Note 10 Pro adalah Xiaomi Poco X3 NFC, ponsel dari perusahaan yang sama. Namun kekurangan Xiaomi Poco X3 NFC adalah lebih berat, lebih tebal dan memiliki layar LCD, bukan OLED. Ini sedikit kurang mewah, tetapi juga bagus untuk dibeli. Atau ada Realme X50 5G, yang harus Anda beli jika Anda menginginkan 5G.

Baterai Ini juga bertahan lama, bahkan jika Anda menggunakan mode layar 120Hz untuk menggulir layar lebih lancar.

Desain

Cover belakang terbuat dari kaca dengan bingkai plastik
Relatif ramping, tidak terlalu berat
Pemindai sidik jari yang dipasang di samping
Desain Redmi Note 10 Pro

HP ini memiliki campuran ciri desain kelas atas dan kelas bawah. Ini adalah perpaduan yang sangat kami sukai.

Misalnya, Anda mendapatkan jack headphone, seperti ponsel murah. Tapi punggung Redmi Note 10 Pro adalah Gorilla Glass yang sedikit melengkung, bukan plastik yang digunakan banyak ponsel yang jauh lebih mahal saat ini.

Ponsel Harga 6 Jutaan
Xiaomi Redmi Note 10 Pro via www.techradar.com

Satu-satunya tanda yang jelas bahwa Smartphone ini adalah ponsel yang terjangkau adalah sisi-sisinya terbuat dari plastik, bukan logam. Seperti yang lazim digunakan pada ponsel Mid-end, bahkan High-end.

Desain besar Redmi yang ‘dijual’ di sini sebenarnya bukan kaca belakangnya, tapi seberapa canggih susunan kamera belakangnya.

Lensa utama dikelilingi oleh bingkai perak mengkilap. Dengan kontur dua tingkat ada di sana untuk membuat kamera tampak lebih sempurna daripada yang sebenarnya.

Smartphone ini tidak terlalu tebal, sekitar 8.1mm. Memiliki berat 193g, ideal untuk sebuah smartphone.

Pada pandangan pertama Anda akan menebak harganya jauh lebih mahal. Kecuali Anda seorang pecinta ponsel yang tahu betapa kompetitifnya harga ponsel dari merek seperti Redmi dan Realme.

Bagian belakang smartphone yang kami ulas dengan warna Midnight Black memiliki lapisan satin menyenangkan yang bersinar perak saat terkena cahaya. Dan jika itu tampak terlalu polos Anda bisa mendapatkannya dalam pilihan warna lain seperti putih dan juga oranye.

Mengingat harganya, kami menyukai desain Redmi Note 10 Pro. Apalagi jika Anda berniat menggunakannya tanpa casing, tombol samping plastik akan sangat mudah dipakai. Namun seringkali casing menghalangi akurasi sidik jari.

HP ini menggunakan pemindai sidik jari yang dipasang di samping, bukan di layar, tetapi cepat dan andal.

Ada juga blaster IR di bagian atas, yang digunakan oleh aplikasi Mi Remote agar ponsel berfungsi sebagai remote universal. Anda hanya cenderung akan melihat blaster IR di ponsel China.

Ponsel Harga 6 Jutaan
Speaker Redmi Note 10 Pro via www.techradar.com

Speaker HP ini sangat bagus untuk ponsel level Mid-End. Suaranya keras, menawarkan bass, dan ada dua speaker di ponsel ini. Satu duduk di bawah, yang lainnya di atas layar. Ini memaksimalkan bidang suara stereo dan memastikan Anda tidak akan menutupinya saat bermain game.

Tampilan

Layar OLED dengan refresh maksimal 120Hz
Kecerahan yang sangat bagus
Mendukung HDR dan wide color
Tampilan Redmi Note 10 Pro

Layar Redmi generasi bari ini juga patut dicontoh. Ini adalah layar OLED 1080 x 2400 6,67 inci besar dengan panel 120Hz.

Ini menawarkan ketajaman yang baik, kontras yang sangat baik, warna yang dalam, dan ruang yang cukup untuk tampil sebagai tampilan yang dibuat untuk video dan game.

Ponsel Harga 6 Jutaan
Xiaomi Redmi Note 10 Pro via www.techradar.com

Panel OLED juga merupakan etalase yang bagus untuk kecepatan refresh yang tinggi. ‘120Hz’ berarti gambar diperbarui dua kali lipat dari kecepatan standar, dan ini membuat folder aplikasi Anda bergulir jauh lebih lancar daripada di kebanyakan ponsel terjangkau lainnya.

Ponsel dengan kecepatan refresh tinggi yang murah bukanlah hal baru. tetapi beberapa contoh LCD masih meninggalkan jejak transisi ketika menggeser layar dengan cepat. Anda tidak akan mempunyai masalah seperti itu di sini.

Redmi Note 10 Pro akan mencapai sekitar 400 nits pada kecerahan maksimum di dalam ruangan, tetapi meningkatkan tampilan hingga 594 nits dalam kondisi cerah, menurut colorimeter kami. Kami tidak memiliki masalah dalam menyusun foto dengan layar ini pada hari yang cerah.

Tentu, ponsel seperti iPhone 12 Pro Max dan Samsung Galaxy S21 Ultra memiliki kecerahan dua kali lipat. Tetapi banyak ponsel yang harganya tiga kali lipat memiliki tingkat yang hampir sama yang ditawarkan di sini.

Redmi Note 10 Pro memiliki layar bintang lima setara ponsel dengan harga 10jutaan.

Performa dan spesifikasi Xiaomi Redmi Note 10 Pro

Performa umum yang bagus
Game berjalan dengan baik bahkan dengan perangkat keras kelas menengah
Speaker mendukung dalam bermain game
Performa Redmi Note 10 Pro

Xiaomi Redmi Note 10 Pro juga memiliki jenis chipset yang kami harapkan di ponsel kelas ini. Ini adalah Snapdragon 732G, prosesor kelas menengah dengan beberapa pengoptimalan untuk bermain game, yang bermuara pada bagian grafis dengan clock lebih tinggi.

Ini bukan prosesor paling kuat yang pernah kami lihat di level harga ini. Snapdragon 765G dan 750G yang digunakan pada ponsel 5G, memiliki lebih banyak kekuatan GPU. Di sini kita mendapatkan alternatif ponsel 4G yang sedikit kurang kuat.

Kinerja sehari-hari Redmi Note 10 Pro sangat bagus seperti ponsel dengan level harga yang lebih mahal. Disamping itu, ponsel ini sangat cocok untuk bermain game.

Game Fortnite tidak akan membiarkan Anda menggunakan mode 60fps yang tersedia untuk beberapa ponsel kelas atas, dan ‘Medium’ adalah pengaturan visual maksimal. Tapi itu berjalan pada 30fps yang masih lumayan mulus, terlepas dari penurunan yang biasa terlihat saat Anda meluncur ke medan pertandingan.

Xiaomi Redmi Note 10 Pro adalah ponsel gaming yang hebat. Dan sementara bersaing dengan chipset Snapdragon 750G dan 765G memiliki kekuatan gaming yang sedikit lebih banyak.

Ada argumen kuat bahwa ini adalah ponsel gaming terbaik dengan harga berkat speaker dan layar OLED yang luar biasa.

Kami tidak dapat melebih-lebihkan betapa mengesankannya Redmi Note 10 Pro yang tidak memiliki pengurangan spesifikasi.

Misalnya, ia memiliki 6GB RAM LPDDR4X yang cepat, dan penyimpanan 128GB juga cepat. Ada juga model dengan 8GB, dan terbaca pada 512MB / s. Ini adalah kinerja gaya SATA SSD, dan tidak diragukan lagi berkontribusi pada kecepatan pemuatan game yang serupa dengan ponsel kelas atas.

Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro

Kamera makro yang menyenangkan untuk digunakan
Mode malam yang solid
Kamera utama menawarkan kualitas gambar yang bagus
Kamera Redmi Note 10 Pro

Xiaomi Redmi Note 10 Pro memiliki sensor kamera utama 108MP f / 1.9. Ini adalah spesifikasi yang menarik.

Kemudian kamera Makro Redmi Note 10 Pro menawarkan kepada kami beberapa kesenangan paling menyenangkan yang pernah kami alami dengan kamera ponsel pada tahun 2021 sejauh ini.

Fotografi makro adalah tentang menangkap apa yang bisa dilihat oleh lensa kamera khusus, tetapi mata kita tidak bisa.

Ponsel Harga 6 Jutaan
Kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro via www.techradar.com

Kamera zoom memungkinkan Anda memotret apa yang bisa Anda lihat, tetapi tidak semuanya terlihat dengan baik. Oleh karena itu, daya tarik fotografi makro jauh lebih khusus.

Bidikan zoom, diambil menggunakan preset 2x, mengandalkan crop digital dari sensor 108MP sebagai gantinya.

Sensor ini menggunakan 9-in-1 pixel binning, artinya informasi dari sembilan piksel pada sensor digunakan untuk membuat satu piksel pada gambar akhir. Ini tidak sama dengan, misalnya, sensor DSLR beresolusi sangat tinggi, jadi gambar yang diperbesar tidak memiliki detail yang spektakuler.

Meskipun demikian, gambar yang dihasilkan cukup meyakinkan dan pemrosesannya menghasilkan lebih banyak detail dalam beberapa pola halus daripada yang Anda lihat dalam bidikan standar 12MP.

Yuk baca ulasan lainya, Oppo Find X3 Pro, Ponsel Premium Lebih Mahal Dari Samsung dan Apple

Tampilan standar Gambar HP ini secara keseluruhan sangat menyenangkan, terutama mengingat harganya. The Pixel 4a menangani HDR kontras gambar sedikit lebih baik.

Xiaomi Redmi Note 10 Pro memiliki sensor Samsung HM2. Dan seperti beberapa sensor Samsung beresolusi tinggi lainnya, hasilnya tidak terlalu ‘canggih’ seperti yang terdengar di atas kertas. Tetap saja, dengan harga yang diberikan membuat kami tidak terlalu mengeluh.

Mode malam Redmi Note 10 Pro tampak biasa saja. Bidikan menggunakan mode otomatis dan area yang sangat gelap terlihat hampir hitam.

Namun, bagian dari jajaran kamera ponsel ini yang paling menonjol adalah ‘tele-macro’ 5MP f / 2.4. Ini adalah salah satu kamera makro ponsel terbaik yang kami uji hingga saat ini.

Banyak ponsel di level ini memiliki kamera makro. Hampir semuanya hanya seperti hiasan. sensor 2MP dengan lensa mainan mengambil foto yang bahkan tidak bisa ditangkap di layar ponsel itu sendiri.

Lensa Makro Redmi Note 10 Pro telah berupaya nyata dalam desainnya. Dan mendapatkan kesempatan untuk menggunakan fitur superlatif yang menurut kami keren.

Mengapa lensa makro sangat bagus? Sebagian besar ponsel menggunakan kamera ultra-lebar untuk pengambilan gambar makro, yang membuatnya sulit untuk memisahkan sebagian kecil subjek karena bidang pandangnya sangat lebar.

Lensa makro Redmi Note 10 Pro memiliki tampilan yang lebih ‘diperbesar’ daripada kamera utama. Anda bisa mendapatkan close-up yang luar biasa, sensor 5MP dapat menangkap detail yang cukup untuk mengekspos pemandangan alam yang menakjubkan pada jarak yang sangat dekat.

Hasil jepretan kamera Xiaomi Redmi Note 10 Pro
Bidikan Lensa Makro via www.techradar.com

Ponsel ini juga memiliki kamera ultra wide dengan sensor Sony IMX355 8MP f / 2.2. Ini digunakan sebagai kamera selfie di Pixel 3. Ini mungkin kamera pengambilan gambar yang paling tidak menarik di ponsel, dan yang paling jarang kami gunakan.

Rentang dan detail dinamis tidak berada pada level yang sama dengan kamera utama. Dan pengoptimalan perangkat lunak juga sedikit kurang.

Baca juga, OnePlus 9 dan OnePlus 9 Pro Resmi Diluncurkan

Tim Redmi dapat memperbaiki beberapa sorotan sesekali dengan teknik multi-eksposur (lebih baik), dan Anda tidak dapat menggunakan mode malam dengan kamera ultra-lebar.

Meski begitu, kamera lebar smartphone ini masih bisa diterima dengan baik dengan harga serendah itu.

Kamera terakhir adalah sensor OmniVison 2MP f / 2.4 low-end yang digunakan untuk mode efek bokeh. Menurut kami hasilnya biasa saja, jika tidak fokus saat pengambilan gambar Anda akan mendapatkan beberapa blur di sisi objeknya.

Kamera depannya menggunakan Sony IMX471 16MP, seperti yang terlihat di OnePlus 7T. Kami mendapatkan perangkat keras yang layak, dan resolusi yang lebih dari cukup. Tetapi pengoptimalan rentang dinamis sedikit ditingkatkan.

Bagaimana dengan video? Ponsel ini dapat memotret hingga resolusi 4K, 30 frame per detik. Rekaman ini terlihat bagus tetapi sama sekali tidak stabil, membuatnya kurang lebih tidak dapat digunakan jika Anda akan menggunakannya sambil berjalan-jalan.

Daya tahan baterai

Stamina hebat, dengan kecepatan refresh 60Hz atau 120Hz. Ponsel ini memiliki baterai 5.020mAh, yang tampaknya merupakan kapasitas yang cukup tinggi untuk ponsel ramping ini.

Boot pertama HP ini menggunakan tampilan 60Hz, hanya setengah dari maksimumnya. Hal ini cenderung memberikan yang terbaik tentang masa pakai baterai, karena kecepatan refresh yang lebih tinggi menghabiskan lebih banyak daya.

Ponsel ini bahkan memiliki pengisian daya yang cepat. Power brick 33W membawa Anda dari kondisi baterai 0 ke 55% dalam waktu setengah jam.