Inilah 7 Youtuber Gaming Terpopuler dan Terkaya di Indonesia

Semakin tergantungnya manusia terhadap internet, rupanya membuka peluang penghasilan baru di dunia maya. Salah satunya adalah menjadi Youtuber gaming.

Seperti namanya, Youtuber gaming adalah mereka para content creator di Youtube yang memposting video mengenai game. Entah review game baru, siaran saat sedang main game hingga berbagai tips dan trik seputar game seperti cara menaikkan level dengan cepat atau membunuh monster.

Tentu bagi mereka yang adalah maniak game, kehadiran Youtuber gaming ini sangat membantu. Nama-nama seperti PewDiePie, VanossGaming sampai Markiplier adalah sederet Youtuber gaming dunia yang popularitasnya begitu luar biasa. Dan ternyata sosok-sosok populer ini menginspirasi sejumlah gamer di Indonesia, untuk melakukan hal serupa.

Baca juga: Ludes Terjual, Sony PlayStation5 Dihargai Rp7,3 Juta di Indonesia

Apalagi dengan makin meningkatnya keinginan nge-game di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, gaming bisa menjadi sesuatu yang menjanjikan. Lewat Youtube, sejumlah content creator ini memperoleh massa yang sangat besar mulai dari subscriber hingga penonton yang berimbas pada penghasilan mereka.

Tak main-main, seorang Youtuber gaming di Indonesia yang punya banyak pengikut bisa memperoleh puluhan juta Rupiah secara mudah dalam satu bulan saja. Apa benar? Tentu! Berikut 7 di antaranya!

7 Youtuber Gaming Terpopuler di Tanah Air

1. Jess No Limit

Jess No Limit
© metaco.gg
  • Subscriber: 19,9 juta orang
  • Bergabung sejak: 7 September 2017
  • Total tayang video: 2 miliar lebih tontonan

Siapakah Youtuber gaming terpopuler dan terkaya di Indonesia? Maka channel Jess No Limit adalah jawabannya. Pemuda kelahiran 5 Februari 1996 ini berhasil membuktikan kalau gamer bisa menjadi profesi yang menjanjikan. Sebagai generasi Z, gamer bernama asli Tobias Justin ini sudah memperoleh pundi-pundi Rupiah yang luar biasa fantastis.

Menurut estimasi Social Blade, channel Jess No Limit mencatat pendapatan bulanan minimal US$18.500 (sekitar Rp262 juta) dan penghasilan tahunan minimal US$222,3 ribu (sekitar Rp3.1 miliar)! Tentu penghasilan itu hanya perkiraan karena belum dipotong pajak dan perhitungan aturan iklan domestik. Namun meskipun begitu, penghasilannya memang sungguh luar biasa apalagi Justin adalah gamer pertama di Indonesia yang meraih 10 juta subscriber.

Mantan atlet profesional Mobile Legends (ML) dari tim EVOS Legends ini bisa dianggap sebagai salah satu gamer paling berbakat di Indonesia dan dunia. Pada season 6, Justin pernah ada di posisi keenam Top Global dunia jagat ML. Setelah pensiun dari gaming profesional, Justin kini sibuk mengelola akun Youtube dan menjadi gaming influencer. Tak heran kalau penghasilannya tak hanya dari Youtube, tapi juga berbagai endorsement yang membuat pemuda berusia 24 tahun ini jadi yang terkaya di daftar.

Baca juga: Resmi Rilis, Game ‘THE LAST OF US 2’ Dijual Rp860 Ribu – Rp3,3 Juta

2. Frost Diamond

Frost Diamond
© Instagram.com/frostdiamondd
  • Subscriber: 16 juta orang
  • Bergabung sejak: 22 Januari 2014
  • Total tayang video: 2,8 miliar lebih tontonan

Setahun lebih muda daripada Tobias Justin, Kananda Widyantara adalah gamer yang juga sukses menjadi content creator di Youtube. Pria kelahiran Yogyakarta, 23 Juni 1997 ini memilih channel Youtube Frost Diamond untuk berinteraksi dengan penyukai game lainnya. Berbeda dengan Justin, konten video game Kananda adalah Minecraft.

Hanya dalam waktu tiga bulan, Kananda bisa memperoleh ribuan subscriber yang menjadikan Frost Diamond sebagai salah satu channel gaming populer. Uniknya Kananda memadukan cerita sehari-hari dan kejahilan hingga social experiment untuk konten video Minecraft yang dia buat. Dari data Social Blade, channel Frost Diamon minimal meraup US$40.300 (sekitar Rp572 juta) per bulan dan US$484 ribu (sekitar Rp6,8 miliar) per tahun.

3. MiawAug

MiawAug
© Instagram.com/miawaug
  • Subscriber: 13,1 juta orang
  • Bergabung sejak: 15 Maret 2014
  • Total tayang video: 3,2 miliar lebih tontonan

Membuat channel Youtube di waktu yang sama seperti Kananda, MiawAug adalah salah satu gamer dengan penghasilan terbesar di Indonesia. Paras tampan pria bernama asli Reggie Prabowo Wongkar ini menjadikannya turut populer di kalangan perempuan non gamer. Berbeda dengan Youtuber gaming lainnya dalam daftar, Reggie lebih sering membahas game yang tengah viral.

Kini pria kelahiran 13 Agustus 1988 itu menurut perhitungan Social Blade meraup penghasilan bulanan minimal US$27.800 (sekitar Rp395 juta) dan US$333 ribu (sekitar Rp4,7 miliar) dalam satu tahun. Konsisten membuat konten aneka genre game mulai dari horor, MOBA, battle royale hingga adventure menjadikan Reggie punya penonton setia dari berbagai latar belakang.

Baca juga: 10 Rekomendasi Game Petualangan PC yang Patut Dicoba

4. Dyland PROS

Dyland PROS
© Instagram.com/dylandpros
  • Subscriber: 12,8 juta orang
  • Bergabung sejak: 28 Januari 2015
  • Total tayang video: 976 juta lebih tontonan

Dijuluki sebagai Youtuber gaming sultan, channel Dyland PROS dimulai karena sekadar iseng. Namun seiring berjalannya waktu, Dyland PROS justru menjadi favorit penggemar game terutama karena hobinya memborong banyak bundle dan hadiah dalam Free Fire. Bahkan ada banyak penonton yang memburu giveaway dari pria bernama asli Dyland Maximus Zidane ini.

Sebelum fokus ke Free Fire, Dyland sempat menjadikan ML sebagai konten utamanya. Dia pun seringkali memborong diamond guna memperoleh aneka skin berharga mahal. Dari data Social Blade, Dyland kabarnya meraup minimal US$7.200 (sekitar Rp102 juta) per bulan dan US$86.500 (sekitar Rp1.2 miliar) dalam waktu setahun. Tak cuma bergelimang barang mewah, Dyland menggunakan penghasilannya untuk membuka cafe bernama PROS Coffee.

5. FrontaL Gaming

FrontaL Gaming
© Instagram.com/frontalgamingch
  • Subscriber: 9,67 juta orang
  • Bergabung sejak: 26 September 2015
  • Total tayang video: 775 juta lebih tontonan

Hobi bermain game Free Fire rupanya menjadi berkah bagi Muhamad Fauzi Filawan. Pemuda asal Lampung ini bahkan sukses mengelola channel Youtube, FrontaL Gaming. Menurut Social Blade, estimasi penghasilan bulanan Fauzi minimal di angka US$5.700 (sekitar Rp81 juta) dan US$68.100 (sekitar Rp967 juta) dalam satu tahun.

Baca juga: 8 Game Offline PC Terbaik yang Cocok Untuk Ngabuburit

Mempunyai kemampuan shootgun yang luar biasa, Fauzi bahkan dijuluki sebagai Bapak JumpShoot Indonesia. Hal ini pula yang akhirnya menjadikan Aura Esport merekrut Fauzi untuk bergabung dalam tim NESC IND dan menjadi seorang gamer profesional.

6. BUDI01 Gaming

BUDI01 Gaming
© Instagram.com/budisembrenget
  • Subscriber: 9,41 juta orang
  • Bergabung sejak: 19 Juli 2019
  • Total tayang video: 670 juta lebih tontonan

Dibandingkan channel gaming lain dalam daftar, BUDI01 Gaming terbilang masih sangat baru. Baru genap 1,5 tahun, BUDI01 Gaming bahkan sudah menjadi salah satu Youtuber gaming paling populer dan berpenghasilan terbesar di Indonesia. Memilih game Free Fire, pemuda asal Medan ini membuktikan kalau dirinya mampu meraup sukses dengan nge-game di depan layar smartphone dan PC.

Dalam waktu relatif singkat, channel BUDI01 Gaming bahkan sudah memperoleh peringkat A- di Social Blade. Menurut situs yang sama, estimasi penghasilan bulanan BUDI01 Gaming minimal US$12.800 (sekitar Rp181 juta) dan US$153 ribu (sekitar Rp2.1 miliar) dalam waktu satu tahun. Luar biasa, bukan?

7. Kemas Pake Z

Kemas Pake Z
© Instagram.com/kemaspakez
  • Subscriber: 7,78 juta orang
  • Bergabung sejak: 3 April 2013
  • Total tayang video: 696 juta lebih tontonan

Satu lagi pemuda luar pulau Jawa membuktikan kalau mereka adalah content creator berbakat, Kemaz Rendy. Lewat channel Youtube Kemas Pake Z, Rendy menghasilkan konten gaming yang ternyata disukai penonton Indonesia. Dalam wawancaranya dengan Tribun News, Rendy menjelaskan kalau dirinya sempat bergelut dalam bisnis dance tapi bangkrut. Rasa stres itu kemudian dilampiaskan Rendy untuk bermain game dan direkam dalam video live streaming.

Rupanya aksinya bermain game disukai banyak orang sehingga membuat pemuda asal Bangka Belitung ini fokus menjadi Youtuber gaming. Menurut estimasi Social Blade, penghasilan minimal Rendy setiap bulan menyentuh US$3700 (sekitar Rp52,5 juta) dan UUS$44.400 (sekitar Rp631 juta) dalam satu tahun.

Baca juga: Jenuh di Rumah Terus Karena Corona? Ini 8 Game Seru yang Bisa Dimainkan di HP!

Kesimpulan

Bagaimana? Sungguh luar biasa sekali kan penghasilan para Youtuber gaming di atas? Tentu saja apa yang diraup itu membuktikan jika game kalau dijalankan secara profesional dan serius, dapat menjadi ladang pekerjaan yang sangat menjanjikan. Tentu dibutuhkan konsistensi dan disiplin dalam menciptakan konten di Youtube, supaya memperoleh penghasilan fantastis dan jauh lebih besar daripada pekerjaan pada umumnya.